Waspadai Cara Penularan Virus Corona Ini!

Virus Corona atau Covid19 belakangan ini menjadi salah satu permasalahan dunia. Hampir semua negara terserang oleh virus ini. Tak ada satupun negara di dunia yang bisa lepas dari serangan Covid19. Nah, sebagai manusia, kita tentu harus berusaha bertahan. Salah satunya adalah dengan waspadai cara penularan Virus Corona atau Covid 19 ini.

Apalagi virus ini memang sangat cepat penyebarannya. Jadi, selain mengikuti himbauan agar sebisa mungkin di rumah aja, kamu harus tahu bagaimana cara penularan Virus Corona. Siapa tahu, kamu terpaksa harus keluar rumah, entah untuk beli makan atau beli sesuatu yang membuat kamu tidak mungkin untuk berada dirumah.

Karena itu, penting buat kamu untuk mengetahui bagaimana cara penularan Virus Corona, juga bagaimana cara agar kamu bisa aman dari virus ini. Paling tidak, dengan pencegahan akan meminimalisir terkena virus ketika kamu sedang berada di luar rumah. Namun ingat, dalam kondisi krisis seperti sekarang, sebisa mungkin kamu ya #DiRumahAja ya.

Waspadai Ya Beberapa Cara Penularan Virus Corona Dibawah Ini!

Ya, beberapa ini adalah cara penularan virus covid19, juga beberapa kondisi yang memungkinkan kamu tertular virus ini.

Waspadai cara penularan Virus Corona, juga cara pencegahan agar tidak tertular dan menularkan virus covid19.
Waspadai cara penularan Virus Corona, juga cara pencegahan agar tidak tertular dan menularkan virus covid19.

1. Menyentuh Benda Yang Terpapar Droplet Dengan Virus Corona

Biasanya kalau keluar rumah, bakalan sering menyentuh benda yang tidak steril. Kondisi ini makin membuat rawan terinfeksi virus ketika kamu menyentuh benda yang banyak disentuh orang. Misalnya, tombol di lift, pegangan di dalam bus Transjakarta, handle di kereta KRL Commuterline juga beberapa benda yang lain.

Dalam kondisi tertentu, menurut penelitian virus bias beratahan dalam waktu yang cukup lama di permukaan benda. Jadi bukan tidak mungkin kalau tombol di lift, pegangan di bus dan kereta atau beberapa benda lain di tempat umum tadi terdapat virus covid 19. Kita tidak tahu kan benda tadi habis disentuh oleh orang sehat atau sakit? Kadang kamu juga tidak menyadari menyentuh benda benda tersebut. Makanya, lebih baik ya diam di rumah aja deh.

2. Berjabat Tangan Dengan Orang Yang Terinfeksi Virus Covid19

Berjabat tangan mungkin adalah hal yang biasa dalam kondisi normal. Namun pada masa pandemi seperti sekarang, berjabat tangan ini bisa menjadi salah satu cara penularan virus corona di Indonesia lho. Apalagi kalau berjabat tangan saat belum cuci tangan. Kemungkinan tertular virus covid19 ini bakalan semakin besar.

Seremnya lagi, kalau lebaran kan orang sudah biasa tuh, mudik kembali ke desa, lalu silaturahmi sambil berjabat tangan. Ya, semoga saja virus corona ini sudah hilang dari muka bumi sebelum hari raya idul fitri tiba ya teman teman. Jadi aman kalau mau silaturahmi dan berjabat tangan. Kalau sekarang, sebaiknya hindari dulu berjabat tangan untuk mencegah penularan virus corona.

Waspadai Cara Penularan Virus Corona Ini!

3. Tidak Cuci Tangan Sebelum Makan, Menyentuh Muka, Atau Hidung

Kamu baru saja keluar rumah, menyentuh berbagai benda yang tidak steril di tempat umum? Berjabat tangan dengan orang di jalan, lalu makan, menyentuh muka atau hidung? Kemungkinan kamu tertular virus corona ini makin besar. Karena ini adalah salah satu cara penularan Virus Corona yang sering terjadi. Makanya, sering sering cuci tangan agara tidak tertular covid19 ya.

4. Mengunjungi Zona Merah Virus Covid19

Salah satu kenapa Indonesia visa tertular virus Corona adalah karena ada banyak yang berdatangan dari Zona Merah tempat Virus Corona ini berasal. Apalagi sebelum sempat terdeteksi di Indonesia, lalu lintas perjalanan manusia dari luar negeri masih cukup banyak. Jadi mungkin karena ada yang datang dari Wuhan, yang merupakan Zona Merah Virus Covid19, kamu bisa tertular.

Kalau di Indonesia, yang Zona Merahnya adalah di Jakarta. Karena itu sebaiknya kamu tidak pergi dulu ke Jakarta atau mudik pulang ke rumah dari Jakarta agar tidak tertular Virus Corona. Paling bener sih untuk sekarang ini ya di rumah saja, demi mengurangi penyebaran virus covid19 yang bisa menular dengan cepat ini.

5. Berada Di Kerumunan Orang Banyak

Makin sering kamu berada di kerumunan orang, makin besar kemungkinan kamu terinfeksi Virus Corona. Karena kamu tidak akan tahu siapa saja yang sudah terinfeksi pada kerumunan tersebut. Karena itu penting banget untuk menjaga jarak aman antara satu sama lain. Yang direkomendasikan sih menjaga jarak 1-2 meter dengan orang lain selama masa pandemi. Hindari berkerumun, dan sebaiknya di rumah saja.

6. Terpapar Batuk Atau Bersin Orang Yang Terinfeksi Virus Corona

Kalau kamu terkena droplet dari batuk atau bersin orang terinfeksi Virus Corona, kemungkinan kamu tertular semakin besar. Karena droplet ini adalah salah satu cara penularan Virus Corona yang paling sering ditemui. Karena itu, kalau kamu merasa sakit, sebaiknya kamu menggunakan masker agar tidak menulari orang lain. Disebutkan juga orang sehat direkomendasikan untuk menggunakan masker, untuk mengurangi resiko tertular virus Covid19 ini. Misalnya seperti yang diterangkan di website berbahasa inggris masks4all.co ini,

7. Tidak Membersihkan Diri Setelah Keluar Rumah

Dalam kondisi pandemi ini, yang pertama kali kamu harus lakukan setelah sampai di rumah adalah membersihkan diri. Entah cuci tangan dengan sabun, atau paling aman mandi dengan sabun. Karena dengan membersihkan diri begitu sampai di rumah, kemungkinan kamu tertular virus akan menurun.

Karena tanpa inang, virus ini tidak bisa bertahan hidup. Apalagi jika virus ini terkena sabun sebelum sempat menginfeksi, sudah bisa dipastikan kalau virus ini akan segera mati. Salah satu untuk mencegah cara penularan Virus Corona lainnya adalah langsung mencuci pakaian yang kamu pakai ketika di luar rumah. Soalnya tanpa inang, virus ini mungkin masih bisa bertahan hidup untuk beberapa lama ketika droplet menempel di benda.

8. Daya Tahan Tubuh Rendah, Hingga Tidak Mengkarantina Sendiri Atau Isolasi Sendiri Setelah Pulang Dari Zona Merah Virus

Dalam kondisi sekarang ini penting menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat, untuk mencegah penularan virus corona. Karena itu konsumsi vitamin seperti vitamin C akan berguna untuk mencegat terpapar virus. Selain itu, untuk kamu yang baru saja datang dari Zona Merah, sebaiknya kamu mengisolasi diri minimal 14 hari. Hal ini penting untuk mencegah penularan Virus Covid19 lebih lanjut.

9. Terpapar Virus Corona Dari Udara

Meski masih diragukan, ada yang menyebutkan kalau salah satu cara penularan Virus Corona adalah melalui udara dalam bentuk Aerosol. Aerosol ini adalah partikel yang berupa padat atau cair di udara. Namun, daripada mengobati, lebih baik mencegahnya bukan. Misalnya dengan mengurangi aktifitas di luar rumah, menjaga jarak dan dirumah saja. Jangan lupa untuk sering mencuci tangan, dan membersihkan diri jika terpaksa bepergian. Baiklah, semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya. Jaga diri dan kesehatan, semoga pandemi ini segera berakhir!


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply