Cara Tips Merawat Kacamata Agar Awet! - Bloggerpi.com

Sebagai orang yang menggunakan kacamata, saya mau berbagi cara tips merawat kacamata agar awet nih. Karena selain kalau jarang dirawat itu kacamata bisa tidak nyaman kalau dipakai, kacamata tersebut akan cepat rusak juga. Padahal harga satu set kacamata bisa dibilang lumayan juga. Kan sayang tuh kalau harus sering ganti kacamata karena tidak dirawat.

Karena itu buat yang memakai kacamata, penting banget untuk tahu cara merawat kacamata agar awet deh. Dan di tulisan ini bloggerpi.com akan berbagi beberapa tips tersebut. Biar kamu yang menggunakan kacamata, tahu bagaimana cara yang benar untuk merawat kacamata. Karena mungkin saja masih banyak orang yang bingung dengan cara merawatnya.

Nah, boleh dibaca sampai selesai ya. Biar kacamata yang kamu pakai tetap awet, bebas dari debu dan tentunya tetap nyaman untuk kamu pakai setiap harinya. Dengan menerapkan ini, kamu bisa berhemat banyak karena tidak perlu sering ganti kacamata juga. Lebih baik uangnya dipakai buat yang lain saja. Oke, simak dengan baik!

Beberapa Cara Tips Merawat Kacamata Agar Awet Di Bloggerpi.com Ini!

Dibaca dengan baik, dan kalau bisa dipraktekkan juga, terutama buat kamu yang memakai kacamata.

BACA JUGA :  Travel Influencer Indonesia Penggemar Jalan Jalan Ini Boleh Kamu Subscribe!
Beberapa Cara Tips Merawat Kacamata Agar Awet Di Bloggerpi.
Beberapa Cara Tips Merawat Kacamata Agar Awet Di Bloggerpi.

1. Rutin Periksakan Kondisi Kacamata Ke Optik Tempat Beli Kacamata

Salah satu cara tips merawat kacamata agar awet paling mudah adalah dengan membawanya ke Optik untuk maintenance rutin. Terutama buat kamu yang males bersihin sendiri, atau memang kacamata yang kamu pakai sudah lama tidak diservis. Biasanya saya membawa kacamata ke Optik kalau ada bagian dari kacamata yang rusak.

Kalau sudah begitu, pilihan paling bagus ya membawanya ke toko optik saja. Mereka sudah pasti punya spare part kacamata. Atau kalau kacamata sudah tidak seperti kondisi awal karena miring, ada skrup yang hilang atau longgar, langkah paling bagus ya membawanya ke Optik saja. Biasanya saya bawa ke tempat beli kacamata sih. Apalagi kalau masih garansi, bisa dikasih gratis untuk maintenance.

2. Jangan Lap Kacamata Dalam Kondisi Kering

Sebaiknya jangan lap kacamata kamu ketika kondisinya kering. Ini adalah salah satu cara tips merawat kacamata agar awet, terutama pada bagian lensa biar enggak tergores. Apalagi kalau kamu lap kacamata yang kering dengan menggunakan tisu atau kain sembarangan. Lama-lama lensa kacamata kamu bisa tergores nanti. Kalau sudah tergores, biasanya fungsi kacamata, terutama kacamata minus pasti berkurang.

Paling bener ya membersihkannya pada kondisi basah. Lebih baik menggunakan cairan khusus, dan tentu saja pastikan kondisi tangan kamu juga lagi bersih ya. Jadi biar enggak malah mengotori kacamata kamu. Teruama kalau tangan kamu sedang berminyak. Lap atau bersihkan permukaan kedua lensa dengan merata.

Lalu bisa juga bersihkan bagian kacamata yang lainnya seperti pada frame, bingkai kacamata, bagian penyangga hidung dan bagian penyangga di belakang telinga. Pokoknya bersihkan semua bagian yang mungkin terkena kotoran dan debu secara menyeluruh agar kacamata tetap nyaman digunakan.

Bersihkan Kacamata Dengan Cairan Khusus, Adalah Salah Satu Cara Tips Merawat Kacamata Agar Tetap Awet!
Bersihkan Kacamata Dengan Cairan Khusus, Adalah Salah Satu Cara Tips Merawat Kacamata Agar Tetap Awet!

3. Bersihkan Kacamata Dengan Cairan Khusus, Adalah Salah Satu Cara Tips Merawat Kacamata Agar Tetap Awet!

Seperti yang bloggerpi.com sebutkan sebelumnya, sebaiknya kamu bersihkan kacamata dengan cairan khusus sebelum di lap dengan kain khusus untuk membersihkan kacamata. Ini adalah salah satu cara tips merawat kacamata agar bagian lensa tidak tergores ketika dibersihkan. Kamu bisa menyimpan cairan khusus pembersih kacamata tersebut dalam bentuk botol spray, biar mudah dibawa kalau pas dijalan atau ketika traveling. Dengan begitu kamu bisa membersihkan kacamata dimana saja kapan saja.

BACA JUGA :  Pertolongan Pertama Mengatasi DDOS Attack!

Terus, sebaiknya kamu bersihkan terlebih dahulu dengan air mengalir sebelum disemprot dengan cairan pembersih kacamata. Namun jika tidak ada air mengalir yang bersih, kamu bisa juga langsung menyemprotkan cairan pembersih kacamata dengan ukuran yang lebih banyak. Baru kemudian dikeringkan dengan kain khusus untuk membersihkan kacamata. Mengenai kain khusus ini akan dibahas lebih lanjut dibawah ya.

4. Jika Tidak Ada Cairan Khusus, Bersihkan Dengan Air Hangat Dan Sabun Cair

Kalau kamu tidak punya cairan khusus untuk membersihkan kacamata, atau memang sedang habis cairannya, kamu bisa menggunakkan air hangat dan sabun cair. Ini adalah salah satu cara tips merawat kacamata yang murah namun efektif. Karena kamu hanya perlu air hangat dan sabun cair yang biasa dipakai saja.

Untuk langkah membersihkan kacamata yan benar adalah dimulai dengan membilas kacamata dengan air hangat yang mengalir, untuk menghilangkan debu yang menempel di bingkai dan lensa kacamata. Lanjutkan dengan meneteskan sabun cair pada lensa kacamata, dan sebagian pada bingkai. Ratakan sabun cair pada bingkai dan lensa dengan tangan, baru bilas lagi dengan air mengalir sampai sabun hilang. Baru kemudian keringkan dengan kain khusus untuk membersihkan kacamata.

Keringkan Atau Bersihkan Kacamata Dengan Kain Khusus.
Keringkan Atau Bersihkan Kacamata Dengan Kain Khusus.

5. Keringkan Atau Bersihkan Kacamata Dengan Kain Khusus

Sebaiknya hindari membersihkan kacamata dengan kain sembarangan atau menggunkaan tisu. Karena hal tersebut malah akan merusak lensa kacamata kamu. Salah satu cara tips merawat kacamata yang benar adalah bersihkan atau keringkan kacamata kamu dengan menggunakan kain mikofiber atau kain katun ya. Terus, pastikan kain katun atau kain mikrofiber tersebut kamu simpan pada tempat yang benar agar tidak terkena debu. Karena kalau kainnya juga kotor atau terdapat debu, bisa jadi malah akan menggores lensa kacamata kamu ketika sedang dibersihkan.

BACA JUGA :  Mengatasi Reuploader Yang Suka Reupload Youtube Konten Tanpa Izin!

6. Gunakan Kedua Tangan Saat Melepas dan Menggunakan Kacamata, Cara Tips Merawat Kacamata Agar Tetap Awet Yang Sepele Tapi Bisa Dicoba

TIps yang satu ini mungkin terdengar sepele dan gampang buat dilakukan. Namun seringnya kita malah kelupaan menerapkan cara tips merawat kacamata yang satu ini. Karena kadang kita malah melepas kacamata dengan satu tangan saja tanpa disadari. Apa efeknya kalau kita sering melepas kacamata dengan satu tangan? Kemungkinan bingkai kacamata kamu bisa patah, dan bisa jadi menjadi tidak balance.

Hindari juga menaruh kacamata di atas kepala, karena akan membuat kacamata akan cepat longgar dan menjadi tidak nyaman untuk dipakai. Kacamata mungkin juga menjadi cepat rusak entah karena terjatuh, atau karena terlalu sering ditaruh diatas kepala. Jadi sebaiknya kamu yang menggunakan kacamata jangan melakukan hal ini ya.

7. Selalu Simpan Kacamata Di Tempat Aman

Jika kamu sedang tidak memakai kacamata, sebaiknya disimpan di tempat yang benar ya. Sediakan case atau tempat khusus kacama yang dengan mudah dibawa kemana mana. Tujuan hal ini adalah untuk melindungi kacamata dari kotoran, debu dan juga goresan. Terlebih lagi kalau kamu tidur, jangan meletakkan kacamata begitu saja. Simpan di tempat yang aman agar menghindari terinjak secara tidak sengaja.

***

Nah, diatas adalah beberapa cara tips merawat kacamata agar awet untuk kamu praktekkan. Semoga bisa berguna ya. Kalau kamu merasa tulisan ini bermanfaat, bole juga dibagikan ke teman-teman lain yang mungkin juga membutuhkannya. Oke?


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Memulai karir sebagai Software Engineer, tapi sekarang menjadi pecinta dunia Digital Marketing dengan skill utama: SEO ( Search Engine Optimization ), Menulis, Search Engine Marketing (SEM), Media Sosial dan SEO Data Analisis. Saya suka bekerja secara remote, membantu bisnis berkembang untuk meraih laba dengan kemampuan yang saya miliki. PS: Meskipun Software Engineer bukan profesi utama lagi, namun saya masih bisa coding lho! Saya masih bisa coding bahasa pemograman PHP, dan sedang serius belajar Phyton untuk analisis data.
https://bloggerpi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *