Catat! Ini Syarat Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online!

Kartu Pra Kerja itu apa sih? Gimana cara daftar prakerja gelombang 2? Secara teori, ini adalah sebuah kartu yang dikeluarkan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, untuk program pelatihan, juga pembinaan warga negara Indonesia yang masih belum mempunyai ketrampilan. Dengan harapan, setelah mendapatkan pelatihan ketrampilan tersebut, skillnya meningkat dan bisa mendapatkan pekerjaan. Kartu ini juga ditujukan untuk pekerja yang terkena PHK dan ingin meningkatkan keahlian. Secara praktek, keberhasilannya belum teruji karena program ini baru berjalan.

Yang membuat kartu pra kerja “terlihat” menarik adalah, selain mendapatkan insentif untuk pelatihan, peserta disebutkan jug aakan mendapatkan uang. Mekanismenya seperti apa, nanti bisa dibaca saja sampai selesai. Kalau berdasarkan wikipedia, total nilai yang akan didapatkan dari program pelatihan ini adalah IDR 3.350.000 dengan rincian sebagai berikut :

  • IDR 1.000.000 untuk biaya pelatihan kerja.
  • Total IDR 600.000 berupa insentif setelah pelatihan yang akan diberikan untuk 4 bulan.
  • IDR 150.000 adalah insentiv survey sebesar IDR 50.000 per survey selama 3 kali.

Tentunya untuk mendapatkan insentif diatas harus melakukan pendaftaran atau permohonan Kartu Pra Kerja online dulu di prakerja.go.id. Setelah daftar akan dilakukan seleksi. Kalau lolos seleksi, para pemegang kartu ini baru bisa mengikuti kursus secara online dan mendapatkan insentif sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. Perlu dicatat, kartu ini bukan buat mendapatkan gaji bulanan seperti PNS ya. Tapi merupakan bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja.

Syarat Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online Gelombang 2 Gimana?

 

Playlist: Tutorial Youtube

Kalau nggak menang lotere dapet kartu prakerja, sebenarnya kamu bisa ikutan kursus online sendiri secara gratis sih. Seperti kursus online di Youtube yang saya buat diatas misalnya. Gratis, cukup subscribe ke channel bloggerpi.com/youtube saja kok. Di channel itu saya akan banyak berbagi mengenai cara dapetin ribuan dolar dari Youtube dan Blog.

BACA JUGA :  Pengalaman Tips Interview Kerja Online Dimasa Pandemi!

Kembali dulu ke topik ya. Pertama kamu harus tahu syarat untuk daftar Kartu Pra Kerja Online. Eh, tapi sebelum itu pastikan kamu punya pulsa, kuota atau akses internet ya. Pastikan juga kamu punya smartphone, laptop atau PC (bisa diakali dengan ke warnet sih) yang mumpuni untuk daftar di website pendaftaran program pra kerja ini.

Kalau enggak punya ya secara otomatis kamu tidak memenuhi prasyarat untuk daftar program pemerintah yang “paling millenial” ini. Oke, anggap saja kamu memenuhi syarat paling dasar yang sudah disebutkan yak. Berarti sekarang beranjak ke syarat administratif program ini, yang bisa kamu baca di bloggerpi.

Syarat Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 2 Apa saja?

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar program Kartu Pra Kerja dari pemerintah ini. Sebaiknya dipelajari dan dipahami biar kamu yang ingin ikutan program ini bisa lolos. Beberapa syarat tesebut adalah:

  • Harus lolos verifikasi dan merupakan WNI (Warga Negara Indonesia). Karena itu akan diperlukan Foto KTP dan Foto Selfie ketika daftar di website prakerja.
  • Punya email aktif dan nomor hp. Kalau belum punya, bisa daftar dulu email. Bisa pake gmail (Google Mail) atau email lain.
  • Usia harus diatas 18 tahun, dan tentunya sedang tidak sekolah.
  • Tidak sedang menerima bantuan sosial lain seperti Bantuan Langsung Tunai atau Program Keluarga Harapan (PKH) misalnya.
  • Beruntung karena terpilih secara acak, karena memang pendaftarnya banyak dan kuota Kartu Pra Kerja sedikit.

Lalu Bagaimana Langkah Cara Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 2?

Untuk-langkah pendaftaran secara singkat kurang lebih seperti dibawah ini :

  1. Buka website atau situs prakerja.go.id
  2. Masukkan data yang diminta seperti nama lengkap, email dan kamu akan diminta untuk membuat kata sandi ketika buat akun di situs prakerja.go.id.
  3. Setelah proses pendaftaran selesai, cek e-mail dari website prakerja untuk konfirmasi e-mail kamu. Jadi jangan sampai salah memasukkan data email ya.
BACA JUGA :  Cara Mencari Lowongan Kerja Di Linkedin Terbaru!

Setelah e-mail terkonfirmasi, buka lagi website prakerja.go.id, lalu login atau masuk dengan akun dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya. Baru kemudian kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Isi verifikasi Data KTP kamu Dengan Benar ya!

Isi verifikasi data KTP kamu dengan benar sebagai syarat untuk mendapatkan Kartu Prakerja.
Isi verifikasi data KTP kamu dengan benar sebagai syarat untuk mendapatkan Kartu Prakerja.

2. Klik Tombok Berikutnya

Lengkapi ya data diri yang diminta oleh website prakerja.go.id. Setelah itu kamu unggah foto KTP dan lakukan swafoto atau selfie dengan KTP asli kamu.

Lengkapi data diri dan selfie dengan KTP yang merupakan syarat daftar Kartu Pra Kerja Online!
Lengkapi data diri dan selfie dengan KTP yang merupakan syarat daftar Kartu Pra Kerja Online!

3. Lakukan Verifikasi Nomor Handphone Kamu Yang Asli

Syarat Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online!
Verifikasi Nomor Handphone

4. Langkah Selanjutnya Klik Kirim

Syarat Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online!
Langkah Selanjutnya Klik Kirim, dan kode OTP akan dikirimkan ke nomor handphone kamu.

Setelah menerima kode OTP yang dikirimkan lewat SMS ke HP kamu, lanjutkan dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan tadi ke bagian form diatas. Baru kemudian Klik Verifikasi.

5. Langkah Selanjutnya Adalah Mengisi Pernyataan Pendaftar Seperti Dibawah

Syarat Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online!
Harap isi dengan jujur untuk syarat daftar Kartu Pra Kerja online.
Syarat Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online!
Klik oke setelah pengisian pernyataan pendaftar selesai.

6. Setelah Itu Kamu Wajib Mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar Seperti Dibawah Ini

Syarat Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online!
Tes motivasi dan kemampuan dasar harus diikuti.

7. Klik Mulai Tes Sekarang

Hasil tes sedang dievaluasi.

Setelah mengikuti tes sampai selesai, hasil tes ini akan di evaluasi oleh sistem. Jadi harap mohon menunggu sebentar ya. Jangan tinggalkan halaman ini dulu. Kurang lebih waktunya sekitar 5 menit. Namun jika sudah melewati 5 menit belum ada perubahan sama sekali, kamu bisa klik tombol Refresh.

8. Pendaftaran Hampir Selesai!

Pendaftaran yang kamu lakukan sedikit lagi selesai ya. Setelah ini kamu tinggal mengikuti seleksi Gelombang. Bisa dipilih sesuai  Gelombang yang kamu inginkan, dan tentu sesuaikan dengan domisili kamu.

Termakasih sudah mendaftar.

Ya, tahap pendaftaran sudah selesai! Selanjutnya tinggal menunggu notifikasi yang akan memberitahukan apakah kamu lolos dan bisa ikut Gelombang yang pilih di Dashboard akun prakerja.go.id kamu. Banyak berdoa ya, karena kuota tidak terlalu banyak, dan seleksi dilakukan secara acak dari pendaftar yang telah terverifikasi.

BACA JUGA :  Ini Dia Daftar Gaji PNS Terbaru Lengkap! Lumayan Banyak Juga Ya?

Setelah Lolos Daftar Prakerja Gelomban 2 Lalu Apa? Bagaimana?

Andaikan kamu terpilih sebagai salah satu orang penerima Kartu Pra Kerja, kamu bisa memilih mengikuti pelatihan online dengan beberapa perusahaan atau instansi yang telah bekerjasama dengan prakerja.go.id seperti :

  • Mengikuti pelatihan online di Tokopedia dengan berbagai pilihan pelatihan yang telah ada di Tokopedia seperti Udemi, Tempo Institute, EF, ITC, IDS dan beberapa lainnya.
  • Pemegang kartu bisa mendapatkan kupon pelatihan di Bukalapak.
  • Bisa digunakan di Kemnaker untuk pelatihan online atau offline.
  • Mengikuti pelatihan online di Skill Academy.
  • Mengikuti pelatihan di Pinteria
  • Mengikuti pelatihan di MauBelajarApa
  • Belajar skill di Sekolah.mu
  • Belajar di Pijar

Contoh kasus daftar pelatihan di Tokopedia dengan Kartu Pra Kerja :

  • Buka Tokopedia dan pilih lembaga pelatihan dan kelas sesuai minat kamu.
  • Klik “Bayar”, dan kamu juga bisa menggunakan kode promo Tokopedia yang berlaku.
  • Untuk pembayaran pastikan kamu pilih gunakan metode pembayaran “Kartu Pra Kerja”.
  • Ikuti proses di Tokopedia selanjutnya hingga transaksi pemabyaran tadi berhasil.
  • Kalau sudah berhasil, kamu tinggal mengikuti pelatihan yang kamu pilih secara online.

***

Oke, bagaimana setelah baca cara daftar Kartu Pra Kerja online, juga syarat sebelum daftar agar bisa mendapatkan fasilitas pelatihan kerja setelahnya di bloggerpi.com ini? Apakah kamu tertarik mendaftar? Kalau iya, harap dicatat kalau pendaftaran program prakerja gelombang 2 akan dibuka lagi pada Senin 20 April 2020. Buruan disiapin semuanya ya. Karena siapa cepat dia dapat! Jumlahnya sudah pasti terbatas.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *