7 Tips Memilih Jasa Tulis Artikel SEO Berdasarkan Pengalaman Blogging 10 Tahun Lebih!

Apakah kamu mencari jasa tulis Artikel SEO untuk website atau blog yang kamu kelola? Sebenarnya kamu bisa juga memesan jasa freelancer penulis artikel SEO di bloggerpi.com ini. Namun, sebelum itu mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk membaca beberapa tips untuk memilih jasa penulis berdasarkan pengalaman saya mengelola blog dan website selama lebih dari 10 tahun.

Ya, selain membuka jasa freelancer menulis, saya juga blogger yang mengelola beberapa blog dan Youtube yang menghasilkan adsense cukup lumayan seperti video dibawah. Karena itu, berdasarkan pengalaman blogging yang cukup lama, saya mau berbagi tips nih, mengenai bagaimana cara memilih penulis artikel untuk blog atau website kita dengan benar.

 

Berapa Gaji Pendapatan Youtuber Pemula Selama Satu Tahun Lebih Dikit? [ Tutorial Youtube ]

Selain menulis dan jadi blogger, youtube juga cukup menghasilkan.

Ada beberapa faktor yang bisa kamu pertimbangkan sebelum mulai memilih jasa penulis untuk konten di blog kamu. Yang paling utama tentu kualitas dan harga. Jangan sampai karena tergiur harga jasa tulis artikel SEO murah, kamu tidak mempertimbangkan faktor lainnya. Selain itu, harga terlalu murah juga tidak menghargai skill para penulis tersebut.

Sebagai blogger dan konten writer, saya tahu menulis itu perlu waktu, pengalaman dan tentu saja modal untuk kuota internet ya. Kalau ditawar terlalu murah, bagaimana bisa balik modal dan membuat dapur para penulis tersebut tetap ngebul? Jadi sebaiknya ya memberikan harga yang sepantasnya saja untuk para penulis artikel tersebut. Nggak kemahalan, nggak kemurahan gitu.

Nah, sekarang lanjut ya ke bagian…

Daftar Isi

Tips Memilih Jasa Tulis Artikel SEO Berdasarkan Pengalaman Blogging 10 Tahun Lebih!

7 Tips Memilih Jasa Tulis Artikel SEO Berdasarkan Pengalaman Blogging 10 Tahun Lebih!
7 Tips Memilih Jasa Tulis Artikel SEO Berdasarkan Pengalaman Blogging 10 Tahun Lebih!

Mungkin kamu bisa mencoba mempertimbangkan beberapa tips dibawah ini sebelum mencari jasa penulis artikel SEO untuk keperluan konten blog atau website kamu ya.

1. Kamu Temukan Jasa Tulis Artikel SEO Tadi Dari Google Search Atau Mesin Pencari Google

Mencari jasa penulis Artikel SEO yang berkualitas sebenarnya bisa dibilang cukup mudah. Tinggal cari di mesin pencari Google saja. Biasanya yang muncul di halaman pertama pencarian atau SERP ( Search Engine Result Page ) itu adalah beberapa dari yang berkualitas. Cuma masalahnya, halaman pertama itu biasanya dipenuhi oleh website agency yang kualitas penulisnya bisa bervariasi.

Karena itu, kalau saya misalnya ingin mencari penulis personal yang bukan agency, ya bakal melihat lagi halaman 2-3 dan seterusnya di SERP ( Search Engine Result Page ) tadi. Bukan enggak mau pake agency ya, namun saya lebih suka bekerja sama dengan penulis freelance saja asal berkualitas. Soalnya lebih enak buat diskusi dan negosiasinya. Selain itu, sekalian nambah relasi sesama blogger juga. Siapa tahu kalau ada project menulis banyak bisa berbagi project sesama blogger. Iya enggak?

2. Harga Jasa Tulis Artikel Termurah Bukan Jaminan, Bandingkan Dengan Penulis Lainnya Juga

Kebanyakan orang mungkin mencari jasa tulis artikel SEO termurah ya. Namun kadang saya malah ragu kalau harga yang diberikan terlalu murah dari pasaran. Takutnya kualitasnya jauh dari yang saya harapkan. Meski memang tidak semua artikel yang harganya murah itu juga murahan. Terus selain itu, kalau harganya terlalu murah juga bisa merusak harga pasaran penulis.

Karena itu, biasanya cari yang harganya normal saja sesuai harga pasar. Yang penting kualitas artikel SEO yang dihasilkan penulis tersebut bisa sesuai standard yang sudah saya tetapkan sebelumnya. Untuk itu, sebelum memutuskan bekerjasama dengan seorang konten writer, biasanya saya kumpulkan dulu daftar penulis dan kalau ada contoh tiap tulisannya untuk dibandingkan. Baru deh kemudian diputuskan mau bekerja sama dengan yang mana.

BACA JUGA :  Kalau Rezim "Influencer" Bisa Jatuh, Gimana Dengan Rezim "Blogger" dan "Konten Kreator"?

3. Pertimbangkan Berapa Lama Artikel Selesai Dibuat Oleh Si Penulis

Berapa lama artikel dikerjakan juga menjadi salah satu pertimbangan sendiri buat memutuskan bekerjasama dengan konten writer yang mana. Tentu saja ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing. Kalau kamu perlu hasil tulisan yang cepat karena mendesak, ya cari yang menyediakan jasa tulis artikel dengan hasil yang cepat. Misalnya tiap hari bisa setor satu atau dua artikel.

Namun kalau sesuai standar saya, penulis yang bisa menyelesaikan sekitar 5 artikel berkualitas selama 3-4 hari itu sudah sangat bagus. Jadi kalau misalnya saya memang perlu banget banyak tulisan dalam waktu cepat, biasanya ya dibagi bagi aja. Bekerja sama dengan beberapa penulis artikel sekaligus, bukan terpusat pada satu content writer saja.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai mengajak kerjasama para penulis.
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai mengajak kerjasama para penulis.

4. Lihat Bagaimana Kebijakan Revisi Artikel, Dan Garansi Artikel Seperti Apa

Normalnya artikel bagus yang dihasilkan adalah artikel unik. Standard umumnya ya bisa lolos copyscape, dan tidak terdeteksi sebagai artikel duplikat oleh Google. Jadi kalau tidak memenuhi standard ini, si konten writer wajib merevisi atau mengganti artikel yang dihasilkan. Selain itu, untuk kebijakan revisi lain yang bersifat minor sekitar 2-3 kali adalah hal yang normal.

Misalnya, standard On-page SEO belum terpenuhi boleh lah minta revisi ke penulisnya. Bisa juga revisi karena ada yang typo pada bagian tulisan, atau karena ada bagian paragraph tulisan yang kurang enak dibaca. Namun biasanya ini jarang terjadi kalau bekerja sama dengan penulis artikel SEO yang sudah berpengalaman.

5. Pastikan Kamu Baca Portofolio Sang Penulis, Dan Bagaimana Hasil Tulisannya

Hal yang saya lakukan setelah mendapat list beberapa penulis yang akan diajak kerjasama, langkah selanjutnya adalah membaca beberapa contoh tulisan mereka. Karena itu, saya lebih suka kalu penulis tersebut juga punya blog sendiri. Karena dari situ akan terlihat seperti apa kualitas tulisannya. Jadi enggak perlu repot-repot menanyakan contoh tulisannya.

Buat saya, memilih jasa tulis artikel SEO yang baik itu bukan cuma melihat apakah tulisan yang dihasilkan nanti sudah SEO Friendly atau belum ya. Namun tulisan tersebut juga harus enak dibaca. Karena mesin pencari Google sekarang itu makin pintar memilih mana tulisan SEO yang bagus untuk direkomendasikan di halaman petama SERP ( Search Engine Result Page ). Jadi bukan sekedar tulisan SEO untuk robot Google, tapi enak juga dibaca manusia.

BACA JUGA :  Travel Influencer Indonesia Penggemar Jalan Jalan Ini Boleh Kamu Subscribe!

Logika sederhananya gini deh. Kalau tulisannya enak dibaca, itu berarti pengunjung website atau blog kita akan betah berlama-lama untuk membacanya. Itu berarti, waktu kunjung juga makin lama. Kalau nggak salah, ini adalah salah satu sinyal yang akan dibaca Google untuk memutuskan apakah artikel tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama. Ya, meski banyak juga faktor lain, namun ini adalah salah satunya. Namun tetap saja, content is a king!

6. Penulis Artikel Yang Punya Blog Biasanya Bisa Menghasilkan Tulisan Lebih Bagus

Penulis yang juga seorang blogger biasanya akan menghasilkan tulisan yang lebih menarik. Soalnya tanpa dibayar saja dia bisa menulis di blog yang dia punya. Apalagi kalau dibayar sebagai penyedia jasa tulis artikel SEO, tentu dia akan bekerja lebih professional. Ya meski tidak selalu seperti itu, namun secara rata-rata, ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum mengajak kerjasama seorang penulis atau konten writer buat blog dan website kita. Bagaimana menurut kamu?

7. Jangan Langsung Pesan Banyak, Coba Dulu Beberapa Artikel

Ini berlaku jika kamu baru mulai bekerjasama dengan seorang penyedia jasa tulis artikel SEO. Kenapa? Ya namanya baru pertama kali kerjasama, harus dilihat dulu konsistensi hasil tulisannya seperti apa. Jadi daripada langsung pesan banyak, lebih baik pesan per-paket terlebih dahulu saja. Misalnya, untuk jasa penulisan artikel SEO yang saya sediakan di blogerpi.com ini adalah 5 tulisan per paket.

Itu tujuannya agar yang mau menggunakan jasa saya bisa memutuskan dulu apakah bakal berlanjut atau tidak kerjasamanya. Kalau memang sudah cocok, bisa deh langsung pesan banyk artikel. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang mau memesan artikel di tempat lainnya ya. Nah, itu dulu deh tipsnya. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang mungkin perlu informasi ini.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *