Tutorial Wordpress Untuk Pemula, Terlengkap Di 2024

Dengan begitu banyak tutorial yang ada, tidak heran jika WordPress menjadi pilihan yang populer bagi jutaan pengguna di seluruh dunia, baik pemula atau professional. Kemampuan untuk membuat situs web yang profesional, fungsional, dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan membuatnya menjadi platform yang ideal untuk berbagai macam proyek, mulai dari blog pribadi hingga situs web bisnis yang kompleks. Dengan memilih WordPress, Anda dapat memulai perjalanan Anda dalam dunia online dengan langkah yang mantap dan percaya diri. Karena itu, Anda harus baca kumpulan tutorial belajar wordpress di Bloggerpi Digital ini ya.

Sejarah WordPress

Kumpulan Tutorial WordPress Untuk Pemula Terlengkap

WordPress, sebuah sistem manajemen konten (CMS) yang sangat populer saat ini, memiliki sejarah yang menarik sejak diluncurkan pada tanggal 27 Mei 2003.

Dibuat oleh Matt Mullenweg dan Mike Little, WordPress awalnya merupakan platform yang sederhana, diciptakan untuk memudahkan pembuatan blog.

Namun, seiring berjalannya waktu, WordPress telah berkembang menjadi salah satu CMS terbesar dan paling populer di dunia.

Pada awalnya, WordPress hanya memiliki sedikit pengguna terdaftar. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan pola pikir dalam dunia digital, popularitasnya mulai meroket.

Saat ini, WordPress adalah CMS yang telah menjadi fondasi bagi jutaan situs web di seluruh dunia, termasuk situs-situs besar seperti CNN, Forbes, dan The New York Times.

Tunggu dulu, apa itu CMS? Mari kita bahas sedikit setelah ini.

Apa itu CMS?

Sistem Manajemen Konten (Content Management System/CMS) adalah sebuah aplikasi atau platform yang digunakan untuk membuat, mengedit, mengelola, dan mempublikasikan konten digital secara efisien. Dalam dunia online yang terus berkembang, CMS menjadi fondasi penting bagi pembuatan dan pengelolaan berbagai jenis situs web, mulai dari blog pribadi hingga situs web perusahaan yang kompleks.

Dengan CMS, pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan tentang pemrograman web atau bahasa markup seperti HTML untuk membuat dan memodifikasi konten, karena CMS menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan.

Komponen Utama CMS

CMS terdiri dari dua komponen utama yang bekerja bersama untuk menyediakan fungsi-fungsi yang diperlukan dalam manajemen konten:

Aplikasi Manajemen Konten (CMA)

Aplikasi Manajemen Konten (Content Management Application/CMA) adalah bagian dari CMS yang menyediakan antarmuka pengguna (GUI) yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, menghapus, dan mempublikasikan konten dengan mudah.

Melalui antarmuka ini, pengguna dapat menulis artikel, mengunggah gambar atau video, mengatur tata letak halaman, dan melakukan tugas-tugas lainnya terkait manajemen konten, tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang HTML atau bahasa pemrograman lainnya.

Aplikasi Pengiriman Konten (CDA)

Aplikasi Pengiriman Konten (Content Delivery Application/CDA) adalah bagian dari CMS yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menyampaikan konten kepada pengguna setelah diproses melalui CMA.

CDA mengambil konten yang telah dibuat dan diatur melalui antarmuka pengguna, dan mengubahnya menjadi format yang sesuai untuk disampaikan kepada pengguna melalui situs web atau aplikasi.

Proses ini melibatkan pengambilan konten dari database, pemformatan, dan pengiriman konten ke browser pengguna.

Fitur-fitur Penting CMS

Selain kedua komponen utama di atas, CMS juga menawarkan berbagai fitur penting yang memungkinkan pengguna untuk mengelola situs web dengan lebih efisien dan efektif.

Beberapa fitur ini termasuk:

URL SEO-Friendly

CMS sering kali menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat URL yang ramah mesin pencari (SEO-friendly). Ini memungkinkan situs web Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, meningkatkan visibilitas online Anda.

Online Support dan Komunitas Online

CMS populer seperti WordPress, Joomla, dan Drupal memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif.

Komunitas ini menyediakan dukungan teknis, tutorial, dan sumber daya lainnya yang sangat berguna bagi pengguna yang membutuhkan bantuan atau ingin belajar lebih lanjut tentang platform tersebut.

Fungsi User/Grup

CMS biasanya menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelola akses dan izin pengguna secara terpusat.

Ini memungkinkan administrator untuk menetapkan peran dan hak akses berbeda kepada pengguna individu atau kelompok pengguna, sesuai dengan kebutuhan situs web.

Berbagai Macam Template dan Desain

CMS menyediakan berbagai macam template dan desain yang dapat dipilih dan disesuaikan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna.

Template-template ini memudahkan pengguna untuk membuat tampilan visual yang menarik dan sesuai dengan identitas merek atau tujuan situs web mereka.

Instalasi Wizards dan Upgrade/Update

CMS sering kali menyediakan instalasi wizard yang memandu pengguna melalui proses instalasi dan konfigurasi awal platform. Ini membuat proses memulai dengan CMS menjadi lebih mudah bagi pengguna baru.

Selain itu, CMS juga menyediakan fitur pembaruan dan upgrade yang memungkinkan pengguna untuk memperbarui versi CMS mereka dengan mudah dan aman, sehingga mereka dapat mengakses fitur-fitur terbaru dan perbaikan keamanan.

Mengapa CMS Penting?

Pentingnya CMS dalam dunia digital modern tidak dapat diragukan lagi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa CMS menjadi komponen kunci dari setiap situs web yang sukses:

Kemudahan Penggunaan

CMS menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola konten tanpa memerlukan pengetahuan tentang pemrograman atau desain web yang kompleks.

Efisiensi dalam Pengelolaan Konten

Dengan CMS, pengguna dapat dengan mudah membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten dengan cepat dan efisien.

Fitur seperti editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) memungkinkan pengguna untuk melihat hasil akhir konten mereka secara real-time, tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang HTML atau CSS.

Konsistensi dan Keseragaman

CMS memungkinkan pengguna untuk mempertahankan konsistensi dan keseragaman dalam tampilan dan gaya konten mereka di seluruh situs web.

Template dan desain yang dapat disesuaikan memastikan bahwa semua halaman situs memiliki tata letak dan estetika yang seragam.

Kolaborasi dan Manajemen Tim

CMS mendukung kolaborasi tim dengan menyediakan fitur manajemen pengguna dan akses yang memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja bersama dalam membuat dan mengelola konten.

Ini memungkinkan untuk proyek-proyek yang melibatkan lebih dari satu kontributor, seperti situs web perusahaan atau proyek-proyek komunitas.

Pembaruan dan Peningkatan

CMS secara teratur diperbarui dengan fitur-fitur baru dan perbaikan keamanan untuk memastikan bahwa situs web tetap aman dan up-to-date.

Fitur pembaruan dan peningkatan yang mudah memungkinkan pengguna untuk mengakses versi terbaru dari CMS dan menginstalnya dengan cepat dan mudah.

CMS Populer: WordPress, Joomla, dan Drupal

Di antara berbagai CMS yang tersedia, WordPress, Joomla, dan Drupal adalah tiga platform CMS yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Ketiganya memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangan masing-masing, yang membuatnya cocok untuk berbagai jenis proyek dan kebutuhan pengguna.

Namun disini Bloggerpi Digital hanya akan fokus untuk membahas terkait tutorial CMS WordPress saja ya.

Kenapa WordPress Bisa Begitu Populer?

Kenapa WordPress Bisa Begitu Populer?

Terdapat beberapa faktor yang menjadikan WordPress begitu populer di kalangan pengguna internet:

Kemudahan Penggunaan

Salah satu alasan utama popularitas WordPress adalah karena kemudahan penggunaannya.

Dengan antarmuka yang intuitif dan sederhana, bahkan pengguna yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang mendalam pun dapat dengan mudah membuat dan mengelola situs web mereka sendiri.

Fleksibilitas

WordPress tidak hanya cocok untuk pembuatan blog, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis situs web, mulai dari situs portofolio dan bisnis kecil hingga toko online yang kompleks.

Kemampuan untuk menyesuaikan situs web sesuai kebutuhan membuat WordPress menjadi pilihan yang populer di kalangan berbagai macam pengguna.

Open Source

Sebagai proyek open source, WordPress memungkinkan siapa pun untuk mengakses dan mengedit kode sumbernya sesuai keinginan mereka.

Hal ini membuka pintu bagi pengembang dan desainer untuk membuat tema dan plugin kustom yang dapat meningkatkan fungsionalitas dan penampilan situs web.

Ada Banyak Plugin dan Tema

WordPress memiliki ribuan plugin dan tema yang tersedia secara gratis atau dengan harga terjangkau.

Plugin ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur tambahan ke situs mereka, sementara tema memungkinkan mereka untuk dengan mudah mengubah tata letak dan desain situs web mereka tanpa perlu memiliki pengetahuan desain yang mendalam.

Komunitas Besar

WordPress memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif di seluruh dunia.

Komunitas ini menyediakan dukungan teknis, tutorial, dan sumber daya lainnya yang sangat berharga bagi pengguna WordPress, baik yang baru maupun yang berpengalaman.

Keamanan dan Pembaruan Berkala

WordPress terus melakukan pembaruan rutin untuk meningkatkan keamanan dan kinerja platformnya.

Dengan pembaruan yang berkala, pengguna WordPress dapat yakin bahwa situs web mereka dilindungi dari kerentanan keamanan yang mungkin dieksploitasi oleh pihak jahat.

Gratis dan Terbuka untuk Semua

Salah satu aspek terbaik dari WordPress adalah bahwa platform ini sepenuhnya gratis dan terbuka untuk semua orang.

Ini berarti bahwa siapa pun, tanpa memandang latar belakang atau anggaran mereka, dapat menggunakan WordPress untuk membuat situs web yang profesional dan fungsional.

Dengan kombinasi faktor-faktor ini, tidak mengherankan bahwa WordPress telah menjadi salah satu CMS yang paling dominan dan populer di dunia saat ini.

Keunggulan dalam kemudahan penggunaan, fleksibilitas, dan dukungan komunitas membuatnya menjadi pilihan yang jelas bagi jutaan pengguna di seluruh dunia.

Mengapa Anda Harus Memilih WordPress Untuk CMS Website Anda?

Mengapa Anda Harus Memilih WordPress Untuk CMS Website Anda?

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membuat situs web, baik itu untuk keperluan pribadi atau bisnis, ada banyak alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan WordPress sebagai platform pilihannya.

Berikut beberapa alasan utama mengapa WordPress bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda:

Kemudahan Penggunaan

Sebagai platform yang didesain untuk semua orang, WordPress menawarkan antarmuka yang ramah pengguna dan mudah dipahami bahkan bagi pemula sekalipun.

Dengan sedikit latihan, Anda dapat mulai membuat situs web Anda sendiri dalam waktu singkat.

Fleksibilitas dan Skalabilitas

Dengan ribuan tema dan plugin yang tersedia, WordPress memungkinkan Anda untuk membuat situs web yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Anda dapat mulai dengan situs sederhana dan kemudian mengembangkannya seiring waktu saat bisnis atau proyek Anda berkembang.

Selain itu, WordPress juga mampu menangani situs web dengan jumlah pengunjung yang besar tanpa mengalami penurunan kinerja, sehingga Anda dapat memperluas situs Anda sejauh yang Anda inginkan.

Dukungan Komunitas yang Luas

Sebagai platform yang sangat populer, WordPress memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif di seluruh dunia.

Komunitas ini menyediakan dukungan teknis, tutorial, dan sumber daya lainnya yang sangat berguna bagi pemula maupun pengguna berpengalaman.

Dengan bergabung dalam komunitas ini, Anda dapat memperluas jaringan Anda, belajar hal baru, dan mendapatkan bantuan jika Anda mengalami masalah dengan situs Anda.

Keamanan dan Pembaruan Berkala

WordPress terus melakukan pembaruan rutin untuk meningkatkan keamanan dan kinerja platformnya.

Dengan pembaruan yang berkala, Anda dapat yakin bahwa situs web Anda dilindungi dari serangan cyber dan kerentanan keamanan lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan plugin keamanan tambahan, Anda dapat memperkuat lapisan keamanan situs Anda lebih lanjut.

Biaya yang Terjangkau

Salah satu keuntungan utama menggunakan WordPress adalah bahwa platform ini sepenuhnya gratis untuk digunakan.

Anda hanya perlu membayar biaya hosting dan domain, yang relatif terjangkau, untuk memiliki situs web yang profesional dan fungsional.

Selain itu, karena banyaknya tema dan plugin gratis yang tersedia, Anda dapat menghemat biaya desain dan pengembangan situs web.

Fleksibilitas Pemasaran dan SEO

WordPress memiliki fitur yang kuat untuk SEO (Search Engine Optimization), yang memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan situs web Anda agar mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google.

Selain itu, dengan menggunakan plugin pemasaran digital tambahan, Anda dapat meningkatkan visibilitas situs Anda, memperluas jangkauan audiens Anda, dan meningkatkan konversi.

Integrasi dengan Berbagai Platform

WordPress dapat dengan mudah diintegrasikan dengan berbagai platform dan layanan lainnya, seperti media sosial, layanan email, dan platform e-commerce.

Ini memungkinkan Anda untuk memperluas fungsionalitas situs Anda dan menghubungkannya dengan berbagai alat dan layanan yang Anda gunakan dalam bisnis Anda.

Kemampuan Analisis yang Kuat

Dengan menggunakan plugin analisis web tambahan, Anda dapat melacak dan menganalisis kinerja situs web Anda dengan lebih baik.

Ini memungkinkan Anda untuk memahami perilaku pengunjung situs Anda, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang Anda kumpulkan.

Bagaimana, tertarik untuk belajar wordpress?

Apa Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org?

Ketika Anda memutuskan untuk memulai proyek pembuatan situs web menggunakan WordPress, penting untuk memahami perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org.

Kedua platform ini memiliki karakteristik dan fitur yang berbeda, yang dapat mempengaruhi pilihan Anda dalam memilih tempat untuk menjalankan situs web Anda.

Di sini Bloggerpi Digital akan membahas secara rinci perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing platform.

WordPress.org: Self-Hosted WordPress

WordPress.org, sering disebut sebagai self-hosted WordPress, adalah platform yang memungkinkan Anda untuk mengunduh dan menginstal perangkat lunak WordPress secara gratis.

Dengan menggunakan WordPress.org, Anda memiliki kendali penuh atas situs web Anda karena Anda harus install dan menjalankannya sendiri di server yang Anda pilih.

Berikut adalah beberapa poin penting tentang WordPress.org:

  1. Kendali Penuh: Salah satu keuntungan utama dari WordPress.org adalah bahwa Anda memiliki kendali penuh atas situs web Anda. Anda dapat memilih penyedia hosting, mengatur domain Anda sendiri, dan memiliki akses penuh ke file WordPress, database, dan kode situs Anda.
  2. Fleksibilitas: WordPress.org menawarkan tingkat fleksibilitas yang tinggi dalam hal desain dan fungsionalitas situs web Anda. Anda dapat menginstal tema dan plugin dari berbagai sumber untuk menyesuaikan tampilan dan fitur situs Anda sesuai keinginan Anda.
  3. Tidak Ada Batasan: Tidak seperti WordPress.com, tidak ada batasan dalam hal penggunaan tema, plugin, atau kode kustom di WordPress.org. Anda bebas untuk menyesuaikan situs web Anda sesuai kebutuhan Anda tanpa batasan yang diberlakukan oleh platform hosting.
  4. Opsi Monetisasi: Dengan WordPress.org, Anda memiliki lebih banyak opsi untuk monetisasi situs web Anda. Anda dapat mengintegrasikan iklan, menjual produk atau layanan, atau mengumpulkan sumbangan dari pengguna situs Anda.

Namun, meskipun WordPress.org menawarkan banyak keuntungan, ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

  1. Tanggung Jawab Teknis: Karena Anda bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemeliharaan situs web Anda sendiri, Anda perlu memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk menangani aspek hosting dan pengembangan situs web.
  2. Biaya Hosting: Anda perlu membayar biaya hosting untuk menjalankan situs web Anda di WordPress.org. Biaya ini bisa bervariasi tergantung pada penyedia hosting dan paket yang Anda pilih.
  3. Keamanan dan Pembaruan: Anda juga bertanggung jawab untuk memastikan keamanan situs web Anda dan melakukan pembaruan teratur untuk menjaga keamanan dan kinerja situs Anda.

WordPress.com: Hosted WordPress

Di sisi lain, WordPress.com adalah platform hosting yang menyediakan hosting dan manajemen situs web WordPress untuk Anda.

Berikut adalah beberapa poin penting tentang WordPress.com:

  1. Kemudahan Penggunaan: Salah satu keunggulan utama WordPress.com adalah kemudahan penggunaannya. Anda tidak perlu mengurus hosting atau pemeliharaan teknis, karena semuanya ditangani oleh WordPress.com.
  2. Gratis untuk Mulai: Anda dapat membuat situs web di WordPress.com secara gratis. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pemula yang ingin mencoba membuat situs web tanpa investasi awal yang besar.
  3. Pilihan Kustomisasi: Meskipun WordPress.com menawarkan berbagai tema dan plugin untuk dipilih, pilihan kustomisasi Anda akan lebih terbatas dibandingkan dengan WordPress.org. Anda tidak dapat menginstal tema atau plugin kustom, dan iklan WordPress.com akan ditampilkan di situs Anda kecuali Anda mengupgrade ke paket berbayar.
  4. Pembaruan Otomatis: WordPress.com akan secara otomatis melakukan pembaruan perangkat lunak untuk Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang memelihara situs Anda sendiri.

Meskipun WordPress.com menawarkan kemudahan penggunaan dan pilihan gratis untuk memulai, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

  1. Keterbatasan Kontrol: Anda tidak memiliki kendali penuh atas situs web Anda di WordPress.com. Anda terbatas dalam hal apa yang dapat Anda lakukan dengan situs Anda, termasuk kemampuan untuk menginstal tema dan plugin kustom.
  2. Biaya Tambahan: Meskipun Anda dapat membuat situs web secara gratis di WordPress.com, ada biaya tambahan jika Anda ingin mengakses fitur-fitur premium seperti domain kustom, penghapusan iklan, atau penyimpanan tambahan.
  3. Ketergantungan pada WordPress.com: Karena situs Anda di-hosting oleh WordPress.com, Anda tergantung pada platform ini untuk mempertahankan dan mengelola situs Anda. Jika ada masalah dengan layanan atau keputusan perusahaan, Anda mungkin memiliki keterbatasan dalam hal apa yang dapat Anda lakukan dengan situs Anda.

Kesimpulan Pilih WordPress.com atau WordPress.org Untuk Website Saya?

Dalam memilih antara WordPress.com dan WordPress.org, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan situs web Anda. Jika Anda mencari kemudahan penggunaan dan tidak ingin repot dengan pengelolaan hosting, WordPress.com mungkin menjadi pilihan yang baik.

Namun, jika Anda menginginkan kendali penuh atas situs web Anda dan fleksibilitas dalam desain dan fungsionalitas, WordPress.org adalah pilihan yang lebih baik. Yang terbaik adalah mengevaluasi kebutuhan Anda secara menyeluruh dan memilih platform yang paling sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda.

Berikut Tutorial WordPress Untuk Pemula Terlengkap Di 2024

Mulai dari cara install wordpress, rekomendasi plugin wordpress yang bermanfaat, hingga tutorial cara penggunaannya yang mudah.

Blogspot VS WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula?

Blogspot vs WordPress bagus mana untuk Blogger Pemula? Yak, biasanya para pemula sebelum mulai ngeblog bakalan bingung memilih antara dua platform blog terpopuler itu. Sudah sejak lama, perbandingan antara platform Blogger vs WordPress bagus mana ini menjadi perdebatan di kalangan para blogger baik yang baru mau mulai atau yang sudah berpengalaman. Nah, makanya disini saya ...

12 WordPress Redirect Plugin Terbaik

Dengan menggunakan salah satu atau kombinasi dari wordpress redirect plugin terbaik di ini, Anda dapat mengelola pengalihan atau redirect 301 dengan lebih efisien dan memastikan bahwa pengunjung situs Anda tidak kehilangan akses ke konten yang mereka cari. 1. Redirection   Redirection adalah salah satu plugin yang sangat berguna untuk memantau kesalahan 404 dan mengelola pengalihan ...

Mengenal Tags Dan Categories Di WordPress, Apa Bedanya?

Tags dan Categories di WordPress, apa sih bedanya? Setelah belajar mengenai Page dan Post di WordPress, sekarang waktunya mengenal lebih dekat mengenai Tag dan Categories ya! Karena ini adalah salah satu fitur dari WordPress CMS yang perlu kamu ketahui juga. Fungsinya agak mirip, yaitu untuk mengelompokkan sebuah post ke dalam topik tertentu. Hanya saja untuk ...

Page Dan Post Di WordPress Apa Bedanya?

Antara page dan post di wordpress apa sih perbedanya? Buat para blogger pemula mungkin akan muncul pertanyaan seperti ini di benaknya. Tenang, saya dulu waktu pertama kali megang WordPress CMS juga gitu. Saya bingung mau bikin konten tulisan itu sebaiknya di WordPres page atau post. Karena itu ada baiknya baca-baca dulu mengenai perbedaan dari kedua ...

Tutorial Cara Membuat Post Baru Di WordPress

Belajar cara membuat post baru di WordPress adalah langkah paling pertama untuk mengenal lebih dekat dengan WordPress CMS. Jadi setelah kamu berhasil install WordPress, ini adalah langkah selanjutnya. Karena untuk bisa membuat konten, seorang blogger harus bisa membuat blog post kan? Tanpa konten tentu nggak akan ada orang yang mampir ke blog pribadi kamu. Dengan ...

Cara Install WordPress Lengkap Untuk Pemula

Cara install WordPress itu sebenarnya mudah, makanya bloggerpi.com pernah bilang kalau WordPress adalah CMS terbaik untuk blogger. Baik cara install WordPress di CPanel seperti CWP, atau cara install WordPress di localhost offline untuk sekedar testing. Karena itu disini bloggerpi akan berbagi beberapa cara install WordPress untuk pemula. Siapa tahu kamu ada yang baru kenal WordPress ...