Apa Itu Technical SEO dan Bagaimana Praktek Terbaiknya

Technical SEO adalah bagian penting dari strategi SEO yang efektif dan berkelanjutan. Dengan memperhatikan aspek-aspek teknis seperti kecepatan loading website, schema markup, internal link, XML sitemap, AMP, sertifikat SSL, dan beberapa faktor teknis lain Anda dapat meningkatkan kinerja website Anda di mesin pencari, meningkatkan pengalaman pengguna, dan menghasilkan trafik organik yang lebih banyak.

Apa Itu Technical SEO?

Technical SEO adalah salah satu cabang dari optimisasi mesin pencari (SEO) yang fokus pada aspek-aspek teknis dari sebuah website.

Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa website memiliki struktur dan konfigurasi teknis yang optimal agar dapat diindeks dan diinterpretasikan dengan baik oleh mesin pencari seperti Google.

Technical SEO melibatkan serangkaian praktik dan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja teknis sebuah website.

Dalam hal ini, teknis tidak berarti hanya tentang kode-kode yang kompleks, tetapi juga melibatkan aspek seperti kecepatan loading, keterbacaan oleh mesin pencari, mobile-friendliness, dan arsitektur website secara keseluruhan.

[ Baca Juga: Apa Target dari Menggunakan SEO? Bagaimana Cara Menentukannya? ]

Implementing SEO for UMKM, small and medium enterprises is now affordable. We help Indonesian UMKMs and small businesses grow through digitalization

Mengapa Technical SEO Ini Sangat Penting?

Mengapa Technical SEO Ini Sangat Penting?

Technical SEO, atau optimisasi teknis mesin pencari, adalah bagian penting dari strategi SEO yang berhasil.

Meskipun seringkali terabaikan atau diabaikan, technical SEO memiliki peran yang krusial dalam menentukan apakah situs web Anda akan muncul di hasil pencarian mesin pencari atau tidak.

Di sini Bloggerpi Digital akan menjelaskan mengapa technical SEO sangat penting dan beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh mengabaikannya.

Titik Awal Mesin Pencari Pencari Bisa Menemukan Website Anda

Poin pertama yang perlu dipahami adalah bahwa situs web Anda harus ditemukan oleh mesin pencari seperti Google agar bisa dimasukkan ke dalam hasil pencarian.

Tanpa optimisasi teknis yang memadai, mesin pencari mungkin tidak dapat menemukan halaman-halaman situs Anda, sehingga situs Anda tidak akan muncul di hasil pencarian sama sekali.

Penentu Apalah Spider/Crawler Bisa Lakukan Crawling dan Render Website Anda

Selain menemukan situs Anda, mesin pencari juga perlu dapat melakukan crawling dan rendering terhadap konten situs Anda.

Crawling adalah proses di mana mesin pencari mengikuti link dan mengumpulkan informasi tentang halaman-halaman situs web.

Sementara itu, rendering adalah proses di mana mesin pencari menafsirkan kode HTML dari halaman-halaman situs Anda dan menampilkan konten tersebut kepada pengguna.

Jika situs Anda tidak dapat di-crawl atau di-render dengan baik, maka konten Anda tidak akan ditemukan atau ditampilkan di hasil pencarian.

Akan Menentukan Indexing dan Peringkat

Setelah konten situs Anda di-crawl dan di-render, langkah selanjutnya adalah indexing.

Indexing adalah proses di mana mesin pencari menyimpan dan mengatur informasi tentang halaman-halaman situs web di basis data mereka.

Jika situs Anda tidak diindeks, maka konten situs Anda tidak akan muncul di hasil pencarian.

Lebih lanjut lagi, situs web yang diindeks dengan baik memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian.

Menentukan Tingkat Keamanan Situs

Keamanan situs adalah aspek penting dari technical SEO yang tidak boleh diabaikan.

Google dan mesin pencari lainnya memberikan perhatian khusus pada situs web yang aman dan terenkripsi.

Jika situs Anda tidak aman, pengguna mungkin tidak merasa nyaman untuk berinteraksi dengan situs Anda, dan Google mungkin tidak akan memprioritaskan situs Anda di hasil pencarian.

Untuk Acuan Optimisasi Mobile

Dengan semakin banyaknya pengguna yang mengakses internet melalui perangkat mobile, optimisasi mobile telah menjadi faktor penting dalam technical SEO.

Situs web yang tidak dioptimalkan untuk perangkat mobile mungkin sulit diakses atau tidak berfungsi dengan baik pada perangkat tersebut.

Oleh karena itu, Google mengutamakan situs web yang responsif dan mobile-friendly di hasil pencarian mereka.

Untuk Deteksi dan Membantu Pengurangan Konten Duplikat

Konten duplikat adalah masalah umum yang dapat merugikan peringkat situs Anda di hasil pencarian.

Ketika mesin pencari menemukan konten yang sama atau serupa di berbagai halaman situs Anda, mereka mungkin kesulitan untuk menentukan halaman mana yang seharusnya muncul di hasil pencarian.

Dengan mengurangi konten duplikat dan memastikan setiap halaman situs Anda unik, Anda dapat meningkatkan peluang situs Anda untuk muncul di hasil pencarian.

Untuk Audit Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading situs adalah faktor penting lainnya yang berkontribusi pada peringkat situs Anda di hasil pencarian.

Pengguna internet memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap kecepatan loading situs, dan situs yang lambat dapat menyebabkan pengguna meninggalkan situs Anda sebelum halaman tersebut bahkan selesai dimuat.

Dengan mengoptimalkan kecepatan loading situs Anda, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan peluang situs Anda untuk muncul di hasil pencarian.

Dengan memperhatikan pentingnya technical SEO, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda siap untuk bersaing di pasar online yang semakin kompetitif.

Baca Juga:  Cara Meningkatkan Skor Pagespeed Google Insight Mendekati Sempurna Di Wordpress Itu Begini lho!

Dengan menerapkan praktik-praktik terbaik dalam technical SEO, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan kinerja situs web Anda di hasil pencarian mesin pencari, serta meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Jika Anda tidak yakin tentang bagaimana melaksanakan technical SEO dengan efektif, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli SEO atau spesialis teknis yang berpengalaman untuk mendapatkan bantuan dan panduan yang diperlukan.

[ Baca Juga: Bagaimana Saya Bisa Melipatgandakan Traffic Web Bloggerpi Dari Google ]

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Untuk Penerapan Praktek Terbaik Technical SEO

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Untuk Penerapan Praktek Terbaik Technical SEO

Dengan menerapkan praktek-praktek terbaik dalam technical SEO, Anda dapat memastikan bahwa website Anda teroptimasi dengan baik dari segi teknis dan siap untuk bersaing di pasar online yang semakin kompetitif.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mengevaluasi dan meningkatkan aspek-aspek teknis dari website Anda secara teratur, dan Anda akan melihat hasil yang signifikan dalam jangka panjang.

Kecepatan Loading

Kecepatan loading sebuah website merupakan faktor kritis dalam SEO teknis.

Pengguna modern mengharapkan website untuk memuat dalam waktu singkat, dan mesin pencari seperti Google juga memberikan perhatian besar pada kecepatan loading.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk memaksimalkan kecepatan loading website Anda:

  • Caching Website: Menggunakan plugin caching atau memanfaatkan layanan caching yang disediakan oleh server hosting Anda dapat membantu menyimpan versi website yang telah dimuat sebelumnya, sehingga mempercepat proses loading.
  • Mengompresi Gambar: Ukuran gambar yang besar dapat memperlambat loading website. Mengompresi gambar secara tepat sebelum mengunggahnya ke website dapat membantu mengurangi waktu loading.
  • Mengurangi Redirect Halaman: Redirect yang berlebihan dapat memperlambat proses loading. Pastikan untuk mengurangi atau menghindari penggunaan redirect yang tidak perlu.

Selain itu, Anda dapat menggunakan alat seperti GTmetrix dan PageSpeed Insights untuk mengidentifikasi komponen-komponen yang memperlambat kecepatan loading website Anda dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Schema Markup dan Structured Data

Structured data for web developers
Schema markup adalah kode yang dapat ditambahkan ke halaman website Anda untuk memberikan informasi tambahan kepada mesin pencari.

Dengan menggunakan schema markup, Anda dapat meningkatkan kemungkinan tampilan cuplikan (snippet) kaya di hasil pencarian.

Beberapa jenis schema markup yang umum digunakan termasuk markup untuk artikel, ulasan, rating, harga produk, acara, resep, dan banyak lagi.

Dengan menambahkan schema markup yang relevan, Anda dapat membantu mesin pencari memahami konten halaman Anda dengan lebih baik.

Hal ini tentu akan dapat meningkatkan peluang tampil di hasil pencarian yang kaya dan menarik.

Schema markup dan structured data juga merupakan cara untuk memberi tahu mesin pencari tentang konten di halaman web Anda agar bisa ditampilkan lebih informatif dalam hasil pencarian.

Ini membantu meningkatkan visibilitas dan klik melalui laju (CTR) dari listing Anda.

Berikut adalah contoh sederhana dari schema markup untuk artikel:

<script type="application/ld+json">
{
"@context": "http://schema.org",
"@type": "Article",
"headline": "10 Tips Memulai Bisnis Online untuk Pemula",
"description": "Artikel ini memberikan panduan langkah demi langkah untuk memulai bisnis online, termasuk strategi pemasaran dan pengembangan produk.",
"author": {
"@type": "Person",
"name": "Ayu Lestari"
},
"publisher": {
"@type": "Organization",
"name": "Digitalpreneur Indonesia",
"logo": {
"@type": "ImageObject",
"url": "https://example.com/logo.png"
}
},
"datePublished": "2023-03-01",
"dateModified": "2023-03-05"
}
</script>

Contoh di atas adalah schema markup untuk artikel yang memberikan informasi tentang judul artikel, deskripsi, penulis, penerbit, dan tanggal publikasi.

Schema ini dimasukkan ke dalam halaman HTML dalam format JSON-LD (JavaScript Object Notation for Linked Data), yang dianjurkan oleh Google karena mudah digunakan dan ditempatkan di bagian <head> atau <body> dari kode halaman.

Dengan menambahkan schema markup seperti ini, mesin pencari dapat lebih mudah memahami konten halaman Anda dan menampilkan snippet kaya (rich snippets) atau fitur pencarian terkait yang dapat menarik perhatian pengguna dan potensial meningkatkan CTR dari hasil pencarian Anda.

Internal Link

Internal link adalah hyperlink yang menghubungkan halaman-halaman di dalam website yang sama, satu hal yang perlu diperhatikan dalam Technical SEO.

Menambahkan internal link dengan cerdas dapat membantu meningkatkan struktur website Anda, membantu mesin pencari untuk menemukan dan mengindeks halaman-halaman yang lebih dalam, serta meningkatkan otoritas halaman.

Misalnya, Anda dapat membuat internal link dari halaman beranda ke halaman-halaman produk atau layanan tertentu, atau dari blog post ke halaman lain di dalam website yang relevan dengan topik yang sedang dibahas.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya membantu pengguna untuk menavigasi situs Anda dengan lebih mudah, tetapi juga meningkatkan kredibilitas dan otoritas website Anda di mata mesin pencari.

XML Sitemap

XML sitemap adalah file yang berisi daftar URL halaman-halaman di dalam website Anda yang ingin Anda sampaikan kepada mesin pencari.

Sitemap ini membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi dan mengindeks halaman-halaman yang penting di website Anda dengan lebih efisien.

Dengan menggunakan XML sitemap, Anda dapat memberi petunjuk kepada mesin pencari tentang halaman-halaman mana yang seharusnya diindeks, frekuensi pembaruan halaman, dan prioritas relatif halaman-halaman tersebut.

Hal ini dapat membantu meningkatkan kemungkinan halaman-halaman Anda untuk muncul di hasil pencarian mesin pencari.

Beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membuat XML sitemap yang efektif termasuk:

  • Menggunakan plugin SEO yang mendukung pembuatan XML sitemap, seperti Yoast SEO untuk platform WordPress.
  • Menggunakan alat online atau generator XML sitemap gratis seperti InSpyder atau Screaming Frog untuk membuat sitemap secara manual.

Setelah Anda membuat XML sitemap, langkah technical SEO selanjutnya dalah memastikan untuk mengirimkannya ke Google Search Console dan mesin pencari lainnya untuk memastikan bahwa halaman-halaman di website Anda dapat diindeks dengan baik.

Baca Juga:  Apa Itu Backlink dalam SEO, Fungsi, Dan Manfaatnya?

Accelerated Mobile Pages (AMP)

Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah framework web yang dirancang untuk menghasilkan halaman web yang ringan dan cepat dimuat di perangkat seluler.

Framework ini sangat berguna untuk meningkatkan kecepatan loading dan keterbacaan halaman-halaman website Anda di perangkat seluler, yang merupakan faktor penting dalam SEO teknis.

Saat Anda mengaktifkan AMP untuk website Anda, halaman-halaman tersebut akan dikirimkan melalui cache yang sudah ditentukan oleh Google, sehingga dapat dimuat dengan cepat bahkan dalam sekejap.

Selain itu, Google juga memberikan prioritas lebih tinggi kepada website yang menggunakan AMP, yang dapat meningkatkan peringkat pencarian dan visibilitas website Anda.

Beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengaktifkan AMP di website Anda meliputi:

  • Menginstal dan mengkonfigurasi plugin AMP untuk platform CMS yang Anda gunakan, seperti plugin AMP untuk WordPress.
  • Membuat halaman-halaman AMP untuk konten-konten tertentu di website Anda, seperti artikel blog atau halaman produk.
  • Memvalidasi dan menguji halaman-halaman AMP Anda menggunakan alat-alat validasi AMP yang disediakan oleh Google untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar yang ditetapkan.

Dengan mengaktifkan AMP untuk website Anda, Anda dapat meningkatkan kecepatan loading, keterbacaan, dan pengalaman pengguna di perangkat seluler, yang semuanya dapat berkontribusi pada peningkatan peringkat pencarian dan pertumbuhan trafik organik.

Sertifikat SSL

Sertifikat SSL adalah sertifikat keamanan yang menjamin bahwa koneksi antara browser pengguna dan server website Anda terenkripsi dan aman.

Menggunakan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) sebagai protokol komunikasi dapat membantu melindungi data sensitif pengguna, seperti informasi pembayaran atau informasi login, dari serangan pihak ketiga.

Selain itu, Google telah mengumumkan bahwa HTTPS adalah salah satu faktor peringkat dalam algoritma pencarian mereka.

Dengan kata lain, website yang menggunakan HTTPS memiliki keunggulan dalam peringkat pencarian dibandingkan dengan website yang tidak memiliki sertifikat SSL.

Untuk mengaktifkan SSL di website Anda, Anda dapat menghubungi penyedia hosting Anda atau menggunakan layanan sertifikat SSL pihak ketiga.

Setelah Anda mengaktifkan SSL, pastikan untuk memperbarui pengaturan website Anda dan mengarahkan semua versi URL website Anda (misalnya http://example.com dan https://example.com) ke versi HTTPS-nya.

Hreflang

Hreflang adalah atribut HTML, bagian dari technical SEO yang digunakan untuk memberi tahu mesin pencari tentang variasi bahasa yang tersedia di situs web Anda, terutama jika Anda menargetkan audiens internasional.

Penggunaan hreflang memungkinkan mesin pencari untuk menampilkan hasil yang relevan dengan bahasa yang dimengerti oleh pengguna, meningkatkan pengalaman pengguna dan kemungkinan konversi.

Penerapan hreflang memerlukan pemahaman yang baik tentang bahasa dan lokasi target Anda.

Anda perlu menentukan tag hreflang yang sesuai untuk setiap versi bahasa atau lokasi situs Anda, dan memastikan bahwa tag-tag tersebut ditambahkan dengan benar ke dalam kode HTML halaman-halaman terkait.

Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan bahwa mesin pencari memahami hubungan antara berbagai versi bahasa atau lokasi situs Anda dan menampilkan hasil yang sesuai kepada pengguna yang tepat.

Konten Multimedia

Ketika Anda menyertakan multimedia seperti gambar, video, atau audio di situs web Anda, penting untuk memastikan bahwa konten tersebut dapat diakses oleh semua pengguna, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau sensorik.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyediakan teks alternatif untuk gambar (alternative text) dan transkripsi untuk video atau audio.

Alternative text adalah deskripsi singkat yang menjelaskan isi gambar dan dapat dibaca oleh pembaca layar atau mesin pencari.

Transkripsi adalah teks yang berisi transkripsi dari konten video atau audio, memungkinkan pengguna yang tidak dapat mendengar atau melihat untuk mengakses informasi tersebut.

Selain itu, Google juga memiliki panduan lengkap tentang aksesibilitas konten multimedia, yang dapat membantu Anda memastikan bahwa konten multimedia Anda memenuhi standar aksesibilitas yang diperlukan.

Crawling dan Indexing

Crawling dan indexing adalah proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk menemukan, mengindeks, dan memasukkan halaman-halaman situs web ke dalam basis data mereka.

Penting untuk memastikan bahwa halaman-halaman situs Anda dapat di-crawl dan di-index oleh mesin pencari dengan baik, sehingga dapat muncul di hasil pencarian dan ditemukan oleh pengguna.

Discoverability, dalam konteks ini, mencakup semua aspek taksonomi atau arsitektur situs web, termasuk navigasi situs.

Anda perlu memastikan bahwa halaman-halaman yang ingin Anda tampilkan di hasil pencarian dapat di-crawl oleh robot mesin pencari, sementara halaman-halaman lain yang tidak ingin ditampilkan (misalnya, halaman pembayaran atau halaman yang dilindungi oleh paywall) tidak di-crawl.

Salah satu cara untuk mengelola crawling dan indexing adalah dengan menggunakan file robots.txt dan sitemap.

Robots.txt adalah file teks yang berisi instruksi untuk robot mesin pencari, memberi tahu mereka halaman mana yang boleh di-crawl dan halaman mana yang tidak.

Sitemap adalah file XML yang berisi daftar URL halaman situs web Anda, membantu mesin pencari untuk menemukan dan mengindeks halaman-halaman tersebut dengan lebih efisien.

Internal dan Outbound Linking

Internal linking adalah praktik menambahkan hyperlink dari halaman satu ke halaman lain di situs web yang sama.

Internal linking yang baik tidak hanya membantu navigasi pengguna di situs Anda, tetapi juga membantu mesin pencari untuk menemukan dan mengindeks halaman-halaman tersebut dengan lebih baik.

Pastikan untuk menggunakan tag link yang sesuai dengan kebutuhan, seperti rel=”nofollow” untuk link sponsor atau rel=”sponsored” untuk link yang mengarah ke konten berbayar.

Outbound linking, di sisi lain, adalah praktik menambahkan hyperlink dari situs web Anda ke situs web lain di luar situs Anda.

Baca Juga:  Jasa Pembuatan Blog SEO Blogspot Atau Wordpress!

Penting untuk memilih situs yang terkait dan berwenang untuk di-link, dan memastikan bahwa link tersebut relevan dengan konten Anda.

Hal ini dapat membantu meningkatkan otoritas situs Anda dan memperluas jaringan Anda dengan situs-situs terkait.

Duplicate Content

Duplicate content adalah konten yang muncul di lebih dari satu URL, baik di situs web Anda sendiri maupun di situs web lain.

Konten duplikat dapat merugikan situs Anda karena dapat menyebabkan kebingungan bagi mesin pencari dan mengurangi kredibilitas dan otoritas situs Anda.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah duplicate content adalah dengan melakukan content audit.

Identifikasi konten yang memiliki intent serupa dan gabungkan konten tersebut ke dalam satu halaman yang unik dan bernilai.

Pastikan bahwa setiap halaman situs Anda unik, memiliki nilai tambah, dan sesuai dengan peran atau tujuannya.

Untuk konten yang sama namun memiliki URL yang berbeda, seperti versi masing-masing perangkat atau URL dinamis, gunakan tag canonical sesuai dengan praktik terbaik.

Tag canonical memberi tahu mesin pencari halaman mana yang harus dianggap sebagai sumber utama konten, membantu mengurangi kemungkinan konten duplikat dan memperbaiki pengindeksan situs Anda.

[ Baca Juga: 7 Macam Search Engine atau Mesin Pencari Populer Alternatif Google! ]

8 Tools Gratis dan Berbayar untuk Membantu dalam Melakukan Technical SEO

8 Tools Gratis dan Berbayar untuk Membantu dalam Melakukan Technical SEO

Dalam upaya untuk meningkatkan performa dan kualitas teknis sebuah situs web, penggunaan berbagai tools atau alat bantu menjadi suatu keharusan.

Berikut ini adalah beberapa tools yang sering digunakan tim Bloggerpi Digital untuk digunakan untuk menilai, mengaudit, dan mengoptimasi technical SEO:

Google Search Console

Google Search Console merupakan salah satu alat yang paling penting dalam kaitannya dengan SEO, termasuk technical SEO.

Alat ini memberikan berbagai informasi yang berguna, termasuk laporan tentang kinerja situs web Anda di hasil pencarian Google, serta masalah teknis yang mungkin memengaruhi penampilan situs web Anda di hasil pencarian.

Google Search Console juga menyediakan alat untuk mengirimkan sitemap, memeriksa keberadaan error crawl, dan menganalisis kata kunci yang mendatangkan traffic ke situs web Anda.

PageSpeed Insights

PageSpeed Insights adalah alat yang disediakan oleh Google untuk mengukur kecepatan dan kinerja situs web Anda di perangkat desktop maupun mobile.

Dengan alat ini, Anda dapat melihat seberapa cepat halaman situs web Anda dimuat dan menerima rekomendasi untuk meningkatkan kecepatan halaman tersebut.

PageSpeed Insights juga memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan halaman, seperti ukuran gambar, kompresi file, dan penggunaan cache.

Chrome DevTools

Chrome DevTools adalah serangkaian alat pengembangan yang disertakan dalam browser Google Chrome.

Alat ini dapat digunakan untuk menganalisis dan memeriksa elemen-elemen halaman web secara langsung di browser.

Dengan Chrome DevTools, Anda dapat memeriksa kode HTML, CSS, dan JavaScript halaman web Anda, serta mengidentifikasi masalah teknis yang mungkin memengaruhi performa dan kinerja situs web Anda.

Site Audit oleh Semrush / Ahrefs

Site Audit adalah salah satu fitur yang disediakan oleh platform Semrush.

Alat ini memungkinkan Anda untuk melakukan audit teknis lengkap terhadap situs web Anda, dengan mengidentifikasi berbagai masalah teknis yang mungkin memengaruhi kinerja dan peringkat situs web Anda di hasil pencarian.

Site Audit akan memberikan laporan rinci tentang masalah-masalah seperti tag meta duplikat, error crawl, dan halaman tidak terindeks, serta memberikan rekomendasi tentang cara memperbaiki masalah-masalah tersebut.

On Page SEO Checker oleh Semrush / Ahrefs

On Page SEO Checker juga merupakan fitur yang disediakan oleh platform Semrush.

Alat ini membantu Anda untuk meningkatkan peringkat halaman-halaman spesifik situs web Anda dengan memberikan daftar lengkap ide dan rekomendasi.

On Page SEO Checker akan memberikan saran tentang pembangunan tautan, penulisan konten, penargetan fitur SERP, dan banyak lagi, sehingga membantu Anda untuk mengoptimalkan halaman-halaman situs web Anda secara efektif.

Log File Analyzer oleh Semrush

Log File Analyzer adalah alat yang membantu Anda untuk menganalisis file log server situs web Anda.

Dengan alat ini, Anda dapat melacak aktivitas bot mesin pencari, memahami pola pengindeksan situs web Anda, dan mengidentifikasi masalah-masalah teknis yang mungkin memengaruhi kinerja situs web Anda di hasil pencarian.

Log File Analyzer juga memberikan wawasan tentang bagaimana bot mesin pencari berinteraksi dengan situs web Anda, sehingga membantu Anda untuk mengoptimalkan struktur dan navigasi situs web Anda.

Screaming Frog

Screaming Frog adalah salah satu tools Technical SEO yang sangat populer dalam dunia SEO.

Alat ini membantu dalam melakukan audit terhadap berbagai aspek teknis situs web, termasuk menemukan judul dan deskripsi halaman duplikat, serta memeriksa struktur URL untuk menentukan apa yang perlu diperbaiki.

Screaming Frog juga dapat digunakan untuk menganalisis internal dan outbound link, serta mengidentifikasi masalah-masalah teknis lainnya yang memengaruhi kinerja situs web Anda di hasil pencarian.

Microsoft Clarity

Microsoft Clarity merupakan alat analitik untuk bantu optimasi Technical SEO gratis, dan juga analisis perilaku pengguna yang ramah pengguna.

Alat ini membantu Anda untuk memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web Anda, dengan menyediakan data anonim tentang perilaku pengguna seperti klik, interaksi, dan navigasi.

Dengan informasi yang diberikan oleh Microsoft Clarity, Anda dapat memperbaiki pengalaman pengguna situs web Anda dan meningkatkan kinerja teknis situs web Anda di hasil pencarian.

Semua tools di atas merupakan alat yang sangat berguna dalam membantu Anda untuk mengevaluasi, mengaudit, dan mengoptimalkan aspek-aspek teknis situs web Anda.

Dengan menggunakan kombinasi dari berbagai tools ini, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda teroptimasi dengan baik dari segi teknis dan siap untuk bersaing di lingkungan online yang semakin kompetitif.

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

Info: Jika Anda memerlukan Jasa Freelancer Pembuatan Blog, Website, Toko Online, SEO, dan Digital Marketing, jangan ragu untuk hubungi Bloggerpi Digital lewat email di [email protected] atau hubungi kami lewat WA sekarang di sini!

Rijal Fahmi Mohamadi

Starting my career as a Software Engineer, I have now become a Digital Marketing enthusiast with core skills in SEO (Search Engine Optimization), writing, Search Engine Marketing (SEM), Social Media, and SEO Data Analysis. I enjoy working remotely, helping businesses grow and achieve profitability with my expertise. PS: Although Software Engineer is no longer my main profession, I can still code! I am proficient in PHP and am seriously learning Python for data analysis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *