Rate Card: Fungsi Dan Contoh dalam Dunia Influencer Marketing

Rate card adalah salah satu hal yang memiliki peran yang sangat penting dalam dunia influencer marketing. Dokumen ini membantu influencer dalam menjalankan bisnisnya dengan lebih profesional dan memudahkan proses negosiasi dengan klien potensial.

Rate card juga memberikan panduan harga yang jelas kepada klien, sehingga mereka dapat memilih jasa penempatan iklan yang sesuai dengan anggaran yang mereka miliki. Dengan demikian, rate card menjadi salah satu alat yang sangat berguna dalam industri influencer marketing yang semakin berkembang pesat saat ini.

Daftar Isi

Apa Itu Pengertian Rate Card?

Rate card adalah dokumen yang digunakan untuk menyatakan harga dari berbagai layanan yang disediakan oleh penyedia jasa atau layanan.

Dokumen ini umumnya digunakan dalam berbagai industri, terutama di industri periklanan, publikasi, dan pemasaran.

Dalam konteks periklanan dan publikasi, rate card berisi daftar harga untuk penempatan iklan serta opsi penempatan yang tersedia.

Namun, saat ini, penggunaannya telah meluas dan tidak hanya terbatas pada industri periklanan dan publikasi.

Banyak content creator, influencer, dan individu lainnya yang menggunakan rate card untuk menetapkan harga jasa mereka, terutama dalam konteks endorsement dan promosi di media sosial.

Arti dan Peran Rate Card dalam Influencer Marketing

Dalam dunia influencer marketing, rate card memiliki peran yang sangat penting.

Biasanya ini digunakan oleh influencer untuk menunjukkan tarif dan jasa yang mereka tawarkan kepada brand atau perusahaan yang tertarik bekerja sama dengan mereka.

Dokumen ini membantu dalam mempertahankan profesionalisme seorang influencer dan memudahkan proses negosiasi dengan klien potensial.

Ratecard juga bisa membantu brand atau perusahaan untuk mendapatkan gambaran awal tentang harga yang mereka perlu bayarkan untuk mendapatkan jasa penempatan iklan dari seorang influencer.

Meskipun tarif yang tercantum dalam ratecard mungkin dapat berubah tergantung pada hasil negosiasi, dokumen ini memberikan panduan awal kepada klien mengenai harga yang harus mereka bayar.

Siapa Saja yang Membutuhkan Rate Card?

Siapa Saja yang Membutuhkan Rate Card?

Rate card merupakan sebuah alat yang penting bagi berbagai pihak yang menyediakan layanan atau produk kepada klien dan pelanggan.

Meskipun tidak selalu diperlukan dalam setiap situasi, ada beberapa entitas yang secara khusus dapat mendapat manfaat besar dari penggunaan ratecard.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Bisnis

Bisnis dari berbagai ukuran dan bidang industri memerlukan rate card untuk menampilkan layanan dan harga yang mereka tawarkan kepada klien dan pelanggan.

Misalnya, agensi pemasaran digital perlu memiliki ratecard yang jelas untuk menunjukkan jenis layanan seperti manajemen media sosial, optimisasi mesin pencari (SEO), iklan berbayar, dan lainnya.

Dengan rate card, bisnis dapat memperjelas apa yang ditawarkan kepada klien dan menetapkan ekspektasi mengenai biaya yang terkait dengan layanan tersebut.

2. Freelancer

Freelancer adalah individu yang bekerja secara independen dan menawarkan berbagai jenis layanan, seperti desain grafis, penulisan konten, fotografi, dan banyak lagi.

Bagi para freelancer, memiliki rate card adalah suatu keharusan.

Rate card membantu freelancer menetapkan harga standar untuk layanan mereka dan memastikan bahwa mereka dibayar secara adil untuk pekerjaan yang mereka lakukan.

Selain itu, ratecard juga membantu freelancer dalam menegosiasikan harga dengan klien potensial dan meminimalkan kesalahpahaman mengenai biaya proyek.

3. Industri Kreatif

Industri kreatif, termasuk desain, seni, dan produksi konten, seringkali menggunakan rate card sebagai panduan harga untuk layanan yang mereka tawarkan.

Misalnya, studio desain grafis dapat memiliki rate card untuk layanan seperti desain logo, branding, dan materi pemasaran.

BACA JUGA :  Rekomendasi SEO Youtube Tool Gratis Untuk Riset Keyword Kata Kunci Di Youtube

Dengan ratecard , industri kreatif dapat mengkomunikasikan harga dengan jelas kepada klien dan memastikan bahwa mereka dibayar sesuai dengan nilai pekerjaan mereka.

[ Baca Juga: Jasa Pembuatan Blog SEO Blogspot Atau WordPress! ]

4. Penyedia Layanan Publikasi dan Periklanan

Rate card juga sering digunakan dalam industri publikasi dan periklanan, di mana harga untuk ruang iklan atau penempatan iklan ditentukan berdasarkan berbagai faktor seperti ukuran iklan, lokasi, dan frekuensi pemuatan.

Publisher dan perusahaan periklanan menggunakan rate card untuk menunjukkan harga untuk berbagai opsi penempatan iklan kepada klien dan memfasilitasi proses pemesanan iklan.

Beberapa Contoh Kasus Penggunaan Rate Card

Penggunaan rate card tidak terbatas pada perusahaan atau brand saja, tetapi juga oleh individu seperti influencer, Key Opinion Leader (KOL), dan content creator.

Mereka menggunakan ratecard untuk menjelaskan tarif jasa yang mereka tawarkan kepada klien potensial.

Contoh konkrit penggunaan ratecard adalah ketika seorang influencer ingin bekerja sama dengan brand untuk melakukan endorsement produk di platform media sosial mereka.

Influencer akan menyusun rate card yang berisi informasi seperti jumlah followers, harga per posting, platform yang digunakan, dan informasi kontak yang diperlukan.

Dokumen ini akan diberikan kepada brand sebagai panduan awal dalam proses negosiasi.

Contoh Rate Card KOL – Influencer – Blogger Untuk Di Email

Berikut ini adalah contoh yang sering saya gunakan ketika mendapat email tawaran kerjasama dari brand atau agency:

Selain menawarkan jasa sebagai freelancer, sebagai KOL dan Influencer, saya juga tersedia untuk kerjasama sebagai pembicara, hadir dalam acara, Penempatan Konten, Penempatan Linkback, dan Ulasan Produk di Berbagai Media Sosial dan Website dengan tarif mulai dari berikut:

  • Instagram Foto @catperku : Mulai dari IDR 3.000.000, Postingan ganda (carrousel) di IDR 3.500.000 per posting, maksimal 3 foto.
  • Video Reels Instagram @catperku : Mulai dari IDR 5.000.000
  • Instagram Story @catperku : IDR 1.000.000 per posting, dengan tautan swipe up IDR 1.500.000 per posting
  • Twitter @catperku : IDR 300.000 per posting (pesan minimum 5 posting)
  • Facebook.com/catperku : IDR 500.000 per posting (pesan minimum 2 posting)
  • Travel Blog catperku.com: IDR 6.500.000 per posting
  • Advertorial / penempatan konten di beberapa sosial media dan situs web yang saya kelola mulai dari IDR 1.000.000 per posting. Karena ada beberapa situs web, untuk detail lebih lanjut tentang situs web tersebut, silakan hubungi saya melalui email [email protected].
  • Video YouTube di youtube.com/catperku mulai dari IDR 10.000.000 per video.
  • Event attendance / Kehadiran dalam acara: IDR 6.500.000 (termasuk minimal 7 Instagram Story selama acara).
  • Event attendance / Kehadiran dalam acara sebagai pembicara: IDR 10.000.000.

Ada puluhan brand yang sudah bekerja sama dengan saya seperti terlihat pada portofolio saya di sini.

Beberapa Contoh Desain Rate Card Di Canva

Untuk Anda yang perlu desain visual menarik, Anda bisa gunakan beberapa contoh di Canva berikut ini.

Gray and White Professional and Modern Content Creator Media Kit

[ Download ]

Content Creator Rate Card And Media Kit

Content Creator Rate Card And Media Kit

[ Download ]

Apa Saja Kegunaan Rate Card Secara Umum?

Rate card memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi bisnis dan entitas lain yang memanfaatkannya.

Berikut adalah beberapa kegunaan utama dari ratecard :

a. Transparansi Harga

Rate card membantu memastikan transparansi harga bagi klien dan pelanggan.

Dengan menampilkan harga secara terbuka dan jelas, ratecard memungkinkan klien untuk mengetahui biaya yang terkait dengan layanan atau produk tertentu sebelum mereka melakukan pembelian atau pemesanan.

b. Penetapan Ekspektasi

Rate card membantu dalam menetapkan ekspektasi bagi klien dan pelanggan mengenai biaya yang terkait dengan layanan atau produk tertentu.

Dengan mengetahui harga yang tertera dalam ratecard , klien dapat memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa yang diharapkan dari perspektif biaya.

c. Meminimalkan Kesalahpahaman

Dengan menampilkan harga secara terbuka dan jelas, ratecard membantu dalam meminimalkan kesalahpahaman dan konflik yang mungkin timbul terkait dengan biaya layanan atau produk.

Hal ini membantu dalam menciptakan hubungan yang lebih baik antara penyedia layanan dan klien atau pelanggan.

d. Memudahkan Proses Penjualan

Rate card memudahkan proses penjualan bagi bisnis dan entitas lain yang menggunakan mereka.

Dengan memiliki harga yang tertera dalam rate card, bisnis dapat dengan cepat memberikan penawaran kepada klien dan pelanggan tanpa perlu melakukan negosiasi harga setiap kali.

e. Mengatur Profitabilitas

Rate card membantu dalam mengatur profitabilitas jangka panjang dan kesuksesan finansial bisnis.

Dengan memiliki harga yang tertera dalam ratecard , bisnis dapat menetapkan harga yang memadai untuk layanan atau produk mereka dan memastikan bahwa mereka tetap menghasilkan keuntungan yang memadai dari setiap penjualan.

[ Baca Juga: Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Dengan Memasang End Screen ]

Apa Saja Fungsi Rate Card dalam Influencer Marketing?

Berikut dua fungsi utamanya!

1. Untuk Mempermudah Kerja Sama dengan Brand

Rate card menjadi instrumen yang sangat penting dalam menjembatani kerja sama antara influencer dengan brand atau perusahaan.

BACA JUGA :  Pelajaran Berharga Dari Google Core Dan Spam Update Oktober 2023

Dokumen ini memberikan kejelasan harga kepada brand, sehingga mereka dapat dengan mudah memahami tarif yang ditawarkan oleh influencer.

Ini sangat bermanfaat karena dalam dunia influencer marketing, harga seringkali menjadi salah satu titik tawar utama dalam negosiasi antara kedua belah pihak.

Dengan adanya rate card, influencer dapat menyajikan daftar harga secara terperinci dan terstruktur kepada klien potensial.

Hal ini tidak hanya mempermudah proses komunikasi, tetapi juga meningkatkan kesan profesionalisme influencer dalam berbisnis.

Brand cenderung lebih percaya pada influencer yang memiliki ratecard yang jelas dan terstruktur dengan baik karena menunjukkan kesiapan dan kematangan dalam mengelola kerja sama.

Selain itu, rate card juga membantu influencer untuk mengelola ekspektasi brand.

Dengan menyediakan tarif yang jelas, influencer dapat mengkomunikasikan batasan-batasan layanan yang mereka tawarkan serta memastikan bahwa brand memiliki pemahaman yang tepat tentang apa yang mereka harapkan dari kerja sama tersebut.

Ini membantu mencegah kesalahpahaman di kemudian hari dan menciptakan kerangka kerja yang jelas untuk kolaborasi yang sukses.

2. Untuk Memberi Acuan Tiap Tarif Jasa Seorang Influencer

Salah satu fungsi utama dari rate card adalah memberikan panduan harga yang terperinci untuk setiap jenis layanan yang ditawarkan oleh seorang influencer.

Dalam konteks influencer marketing, influencer sering menawarkan berbagai jenis layanan, seperti unggahan foto, video, atau story di platform media sosial mereka.

Dengan ratecard , influencer dapat menetapkan tarif yang berbeda untuk setiap jenis konten yang mereka hasilkan.

Misalnya, influencer mungkin menetapkan tarif yang lebih tinggi untuk unggahan video karena membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha daripada unggahan foto biasa.

Hal ini memungkinkan klien untuk memilih layanan yang sesuai dengan anggaran mereka dan memastikan bahwa mereka mendapatkan nilai yang sesuai dengan investasi mereka.

Selain itu, rate card juga membantu influencer dalam menetapkan harga yang adil dan konsisten untuk setiap jenis layanan yang mereka tawarkan.

Dengan menyediakan panduan harga yang jelas, influencer dapat memastikan bahwa mereka tidak merugi dalam melakukan kerja sama dengan brand atau perusahaan.

Ini juga memungkinkan influencer untuk mengukur nilai dan keberhasilan kerja sama dengan lebih baik karena mereka memiliki panduan harga yang konsisten untuk setiap jenis layanan yang mereka tawarkan.

[ Baca Juga: Apa Itu Tugas dan Skill Wajib Dimiliki Oleh Content Planner? ]

Kenapa Anda Perlu Perhatikan Rate Card Saat Menggunakan Jasa Influencer Marketing?

Berikut alasan kenapa Anda perlu perhatikan ini:

1. Pastikan Mereka dapat Memberikan Value

Dalam dunia pemasaran, memberikan nilai kepada audiens merupakan kunci kesuksesan.

Influencer marketing menawarkan kesempatan bagi merek untuk berinteraksi dengan audiens mereka melalui konten yang relevan dan menarik.

Salah satu keunggulan besar menggunakan influencer adalah kemampuan mereka untuk memahami dan merespons kebutuhan serta keinginan pengikut mereka.

Dengan memperhatikan ratecard , bisnis dapat memilih influencer yang tidak hanya memiliki jumlah pengikut yang besar, tetapi juga memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan merek mereka.

Ketika influencer memiliki nilai yang sejalan dengan merek, mereka lebih mampu menyampaikan pesan merek dengan cara yang alami dan meyakinkan.

Konten yang dibuat oleh influencer yang sesuai dengan nilai-nilai merek akan terasa lebih otentik dan dapat memberikan nilai tambah bagi audiens.

Oleh karena itu, memilih influencer yang memiliki tarif yang sesuai dengan nilai-nilai bisnis dapat membantu memastikan bahwa konten yang dihasilkan memberikan nilai yang diharapkan kepada audiens.

Selain itu, memperhatikan rate card juga membantu bisnis untuk memilih influencer yang memiliki audiens yang tepat.

Dengan menargetkan influencer yang memiliki pengikut dengan minat dan kebutuhan yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh merek, bisnis dapat memastikan bahwa konten yang disampaikan oleh influencer akan lebih efektif dalam menarik perhatian dan menggerakkan audiens untuk bertindak.

2. Untuk Membantu Strategi Content Marketing

Salah satu tantangan utama dalam pemasaran konten adalah menciptakan konten yang menarik dan relevan secara konsisten.

Dengan bekerja sama dengan influencer, bisnis dapat memperluas dan memperkaya strategi konten mereka dengan konten yang dibuat oleh influencer.

Influencer memiliki kreativitas dan keahlian dalam menciptakan konten yang menarik dan relevan bagi pengikut mereka.

Dengan mempertimbangkan rate card influencer, bisnis dapat memilih influencer yang memiliki gaya dan jenis konten yang sesuai dengan merek mereka.

Misalnya, jika bisnis ingin fokus pada konten visual yang menarik, mereka dapat memilih influencer yang memiliki kemampuan fotografi atau videografi yang baik.

Hal ini membantu memastikan bahwa konten yang dihasilkan tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga sesuai dengan merek dan tujuan bisnis.

Selain itu, rate card juga dapat membantu dalam merencanakan anggaran pemasaran konten.

Dengan mengetahui tarif yang ditawarkan oleh influencer, bisnis dapat mengalokasikan anggaran mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya mereka dan mencapai hasil yang maksimal dari kampanye influencer marketing.

BACA JUGA :  7 Macam Search Engine atau Mesin Pencari Populer Alternatif Google!

3. Influencer Bisa Memberikan Manfaat Jangka Panjang

Salah satu keuntungan utama dari influencer marketing adalah kemampuannya untuk membangun hubungan jangka panjang antara merek dan audiens.

Dengan bekerja sama dengan influencer secara berulang kali, bisnis dapat memperkuat kesan merek mereka di mata pengikut influencer dan membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan.

Dengan memperhatikan ratecard, bisnis dapat memilih influencer yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis mereka saat ini, tetapi juga memiliki potensi untuk menjadi mitra jangka panjang.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk membangun hubungan yang kuat dan saling menguntungkan dengan influencer, yang dapat membawa manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak.

Selain itu, memperhatikan rate card juga membantu bisnis untuk memilih influencer yang memiliki visi dan nilai yang sejalan dengan merek mereka.

Dengan memilih influencer yang memiliki visi dan nilai yang sejalan dengan merek, bisnis dapat memastikan bahwa konten yang disampaikan oleh influencer mendukung pesan merek dan memperkuat citra merek di mata audiens.

4. Penggunaan Influencer Bisa Membantu Menemukan Target Audiens dengan Mudah

Influencer memiliki pengaruh yang besar terhadap audiens mereka, dan konten yang dibuat oleh influencer dapat membantu dalam mendorong keputusan pembelian dan meningkatkan penjualan.

Dengan memperhatikan rate card, bisnis dapat memilih influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan target pasar mereka.

Dengan memilih influencer yang memiliki audiens yang sesuai, bisnis dapat dengan mudah menjangkau target pasar mereka dan meningkatkan penjualan.

Dengan memilih influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar mereka, bisnis dapat memastikan bahwa konten yang disampaikan oleh influencer lebih efektif dalam menarik perhatian dan menggerakkan audiens untuk bertindak.

Selain itu, memilih influencer yang memiliki audiens yang sesuai juga membantu bisnis untuk memastikan bahwa konten yang disampaikan oleh influencer lebih relevan dan bermanfaat bagi audiens.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk mencapai hasil yang maksimal dari kampanye influencer marketing dan memaksimalkan pengembalian investasi mereka.

5. Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu manfaat utama dari influencer marketing adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan audiens yang lebih luas.

Dengan memilih influencer yang memiliki jangkauan yang besar dan pengikut yang setia, bisnis dapat memperluas jangkauan merek mereka dan meningkatkan kesadaran merek di kalangan audiens yang relevan.

Dengan memperhatikan ratecard, bisnis dapat memilih influencer yang memiliki pengikut yang sesuai dengan target pasar mereka.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk memaksimalkan efektivitas kampanye influencer marketing dan mencapai hasil yang maksimal dalam membangun kesadaran merek dan meningkatkan penjualan.

Dalam keseluruhan, memperhatikan rate card dalam menggunakan influencer marketing adalah langkah penting untuk memastikan kesuksesan kampanye.

Dengan mempertimbangkan nilai yang ditawarkan oleh influencer, mengintegrasikan influencer ke dalam strategi konten marketing, membangun hubungan jangka panjang dengan influencer, menjangkau audiens yang relevan, dan meningkatkan kesadaran merek, bisnis dapat mencapai hasil yang maksimal dari investasi mereka dalam influencer marketing.

FAQ Pertanyaan Umum tentang Pembuatan Rate Card

FAQ Pertanyaan Umum tentang Pembuatan Rate Card

1. Apa itu Rate Card?

Rate card adalah dokumen yang berisi daftar layanan yang ditawarkan beserta tarifnya.

Dokumen ini digunakan untuk memberikan informasi kepada klien tentang biaya yang akan dikenakan untuk setiap layanan yang disediakan.

2. Bagaimana Cara Membuat Rate Card?

2.1 Buat Daftar Semua Layanan yang Ditawarkan

Langkah pertama dalam membuat rate card adalah membuat daftar lengkap semua layanan yang akan ditawarkan. Pastikan daftar ini mencakup semua layanan yang akan disediakan kepada klien. Pikirkan tentang proyek-proyek sebelumnya dan rencana masa depan untuk menentukan layanan yang relevan.

2.2 Sertakan Detail yang Akan Diterima Klien

Setelah membuat daftar layanan, kelompokkan daftar tersebut berdasarkan hasil yang akan diterima klien. Setiap layanan mungkin memiliki detail yang berbeda, seperti jumlah kata untuk penulisan konten atau jumlah revisi yang disediakan. Ini akan membantu dalam menetapkan tarif yang sesuai untuk setiap layanan.

2.3 Tentukan Tarif Dasar

Langkah selanjutnya adalah menentukan tarif dasar untuk setiap layanan yang ditawarkan. Anda dapat melihat ke belakang untuk menentukan target gaji tahunan dan berapa jam kerja yang diinginkan setiap minggunya. Jangan lupakan untuk mempertimbangkan cuti dan tagihan pajak dalam perhitungan tarif dasar.

Selain itu, pertimbangkan juga pengalaman Anda serta jenis klien yang mungkin akan bekerja sama dengan Anda di masa depan. Ini akan membantu Anda menentukan tarif yang wajar dan kompetitif.

2.4 Tentukan Format

Langkah terakhir adalah memastikan bahwa format rate card mudah dipahami oleh semua jenis klien. Buatlah rate card yang sederhana, lugas, dan detail. Satu halaman rate card yang ringkas sudah cukup untuk memberikan informasi yang dibutuhkan kepada klien.

3. Apakah Ada Contoh Format Rate Card yang Disarankan?

Ya, berikut adalah contoh format rate card yang sederhana namun informatif:

Nama Freelancer/Perusahaan: [Nama Anda/Perusahaan Anda] Kontak: [Nomor Telepon/Email] Layanan yang Ditawarkan:

  1. Penulisan Artikel Blog
    • Jumlah Kata: 500-1000 kata
    • Tarif: RpXX.000 per artikel
  2. Penulisan Artikel Pendek
    • Jumlah Kata: 300-500 kata
    • Tarif: RpXX.000 per artikel
  3. Penulisan Buku
    • Jumlah Kata: Sesuai Permintaan
    • Tarif: RpXX.000 per kata

Catatan: Harga dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas proyek dan kebutuhan klien. Mohon hubungi kami untuk penawaran yang lebih spesifik.

4. Bagaimana Cara Mengatur Tarif yang Kompetitif?

Untuk menetapkan tarif yang kompetitif, Anda perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui tarif yang umumnya dikenakan oleh freelancer atau perusahaan sejenis. Selain itu, pertimbangkan juga faktor-faktor seperti pengalaman Anda, kualitas layanan yang Anda tawarkan, dan jenis klien yang Anda targetkan.

Jangan ragu untuk menyesuaikan tarif Anda sesuai dengan nilai yang Anda berikan kepada klien dan biaya hidup di wilayah Anda. Tetaplah fleksibel dan terbuka untuk bernegosiasi dengan klien jika diperlukan.

5. Apakah Ada Pertimbangan Tambahan dalam Membuat Rate Card?

Selain langkah-langkah yang telah disebutkan, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Keterbukaan dan Transparansi: Pastikan rate card Anda jelas dan transparan mengenai layanan yang ditawarkan dan tarif yang dikenakan.
  • Fleksibilitas: Berikan fleksibilitas dalam menyesuaikan tarif dan layanan sesuai dengan kebutuhan klien.
  • Perbarui Secara Berkala: Perbarui rate card Anda secara berkala untuk mencerminkan perubahan dalam layanan yang ditawarkan atau tarif yang dikenakan.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat membuat rate card yang efektif dan profesional untuk membantu meningkatkan bisnis Anda.


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Memulai karir sebagai Software Engineer, tapi sekarang menjadi pecinta dunia Digital Marketing dengan skill utama: SEO ( Search Engine Optimization ), Menulis, Search Engine Marketing (SEM), Media Sosial dan SEO Data Analisis. Saya suka bekerja secara remote, membantu bisnis berkembang untuk meraih laba dengan kemampuan yang saya miliki. PS: Meskipun Software Engineer bukan profesi utama lagi, namun saya masih bisa coding lho! Saya masih bisa coding bahasa pemograman PHP, dan sedang serius belajar Phyton untuk analisis data.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *