Cara Dapat Uang Dari Instagram Berdasarkan Pengalaman Pribadi Beserta Tipsnya!

Tahu nggak sih kamu kalau kita bisa dapat uang dari Instagram? Nah, disini saya akan berbagi cara dapat uang dari Instagram berdasarkan pengalaman pribadi beserta tipsnya deh. Ini beneran lho, jadi emang Instagram itu bukan cuma tempat buat berbagi foto narsis, berita hoax atau foto-foto nggak penting doang.

Kalau kamu bisa mengelola Instagram dengan benar, kamu bisa dapat uang dari Instagram untuk sekedar buat uang jajan tambahan, atau malah bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang lumayan. Ini bukan hoax ya, karena ini berdasarkan pengalaman pribadi sendiri. Jadi bukan sekedar cuap – cuap tulisan SEO belaka.

Namun disini saya berbagi berdasarkan pengalaman saya mengelola akun instagram travel blog @catperku disini. Gara-gara mengelola akun Instagram pribadi bertema traveling tersebut, selain dapat uang dari Instagram, saya juga bisa pergi ke beberapa negara secara gratis. Kadang malah masih dibayar juga sih.

Nah, kalau penasaran gimana caranya, mending kamu baca sampai selesai saja tulisan di bloggerpi.com ini. Siapa tahu kamu pengen mulai mengelola akun instagram kamu dengan baik, sampai bisa menghasilkan uang. Terus, kalau kamu merasa tulisan ini bisa berguna, boleh banget lho dibagikan juga ke media sosialmu atau ke teman-teman yang lainnya! Oke!?

Nah, Disini Bloggerpi.Com Akan Berbagi Cara Dapat Uang Dari Instagram Berdasarkan Pengalaman Pribadi!

Nah, saya mulai dari yang paling sering saya lakukan dulu saja ya, yaitu jadi KOL AKA Key Opinon Leader.

1. Jadi KOL ( Key Opinion Leader ) / Influencer Di Instagram Yang Paling Sering Saya Kerjakan

Biar lebih enak, disebut aja Influencer ya. Sebenarnya saya enggak menyangka kalau Influencer bisa jadi pekerjaan dimasa sekarang. Saya sendiri mulai sering share foto jalan-jalan di Instagram @catperku mulai dari tahun 2013, dengan tanpa niatan untuk dapat jalan-jalan gratis atau cari uang. Namun seiring bertambahnya follower instagram @catperku, tawaran kerjasama sebagai Influencer mulai berdatangan.

Awalnya paling sering hanya barter posting di Instagram dengan stay di hotel gratis (ditawarin, saya jarang kirim proposal). Lalu bertambah dengan tawaran barter posting foto di Intagram dengan jalan-jalan gratis ( Paling sering jalan jalan ke Jepang gratis ). Bahkan kemudian selain diajak jalan-jalan gratis, saya masih dibayar dengan syarat saya harus posting foto, video atau Instagram Story selama jalan-jalan.

 

View this post on Instagram

 

Saking sibuknya sama kerjaan, kemaren gak sempet ngecek kelas tiketnya apa. Ternyata dapet Airbus A350-900 di kelas bisnis ???. Tadi juga gak ngeh kalau bisa masuk lounge dan lewat jalur Sky Priority. Kan @chinaairlinesjkt ini masuk Sky Team juga. Mayan sih, dapet miles. Anyway, selama beberapa hari kedepan saya bakalan explore Taiwan. Saya belum tau destinasinya kayak apa, biarlah jadi kejutan saja. Tapi sepertinya sih bakal menarik. Soalnya Taiwan ini adalah salah satu negara yang bikin saya penasaran. Siapa tahu ada juga yang pengen liburan kesana. Jadi stay tune terus ya! Kalau perlu aktifin notifikasi biar nggak ketinggalan update konten menarik mengenai Taiwan! ? Karena dapet Airbus A350-900 punya @chinaairlinesjkt jadinya ada fasilitas wifi. Gak bakalan bosen sampe landing karena bisa online deh. #catperku #catperkuintaiwan #FlywithChinaAirlines #TaiwanLeisureFarm #TimeforTaiwan

A post shared by Fahmi (@catperku) on

Kadang untuk posting konten di Instagram saya harus mengikuti brief atau harus dengan hastag tertentu. Namun seringnya hal tersebut tidak selalu diwajibkan. Sebagian besar mereka hanya memberikan brief kalau saya posting saja sesuatu yang saya suka. Kalau semisal ada yang saya kurang suka atau ada kritik, boleh langsung bilang ke penyelenggara yang mengajak saya.

BACA JUGA :  Apakah Covid19 Mengakhiri Karir Travel Blogger, Travel Vlogger Dan Travel Influencer?

Tahun terbaik menjalani pekerjaan seorang Influencer adalah di tahun 2014-2018. Ya kalau secara nominal pendapatan dari kerja sebagai influencer yang saya lakukan bisa dibilang masih receh. Namun sudah lebih dari gaji saya selama masih kerja sebagai mas-mas kantoran deh. Buat pekerjaan sebagai Influencer ini saya memiliki ratecard tersendiri yang besarnya kira-kira dibawah ini. Bisa berubah tergantung brand yang ajak kerjasama, juga jenis kerjasamanya seperti apa.

  • Instagram Photo @catperku : Mulai dari IDR 3.000.000,Multiple post (carrousel) di IDR 3.500.000 per post, maksimal 3 photo.
  • Instagram Video post @catperku : Mulai dari IDR 5.000.000.
  • Instagram Story @catperku : IDR 1.000.000 per post, with swipe up link IDR 1.500.000 per post.

O iya, saya memulai dari rate card sekitar 1 juta per post untuk posting konten foto di Instagram pada tahun 2014 awal. Nominal yang bisa dibilang kecil. Karena saya tahu ada Influencer lain yang rate per postnya bisa sampai dua digit. Kalau udah dikenal, jadi Influencer ini memang salah satu cara dapat uang dari Instagram yang cukup cuan.

2. Jadi Buzzer, Boleh Saja, Namun Sebaiknya Hindari Jadi Buzzer Politik

Jadi Buzzer, Boleh Saja, Namun Sebaiknya Hindari Jadi Buzzer Politik

Mungkin ada yang bertanya, apa bedanya Buzzer dan Influencer? Kalau menurut saya posisi Buzzer dan Influencer ini berbeda, meski sama sama mempromosikan sesuatu. Menjadi influencer, kamu harus memiliki personal branding yang kuat, karena kamu harus mempengaruhi orang. Kalau buzzer, asal kamu punya follower atau fans sebesar yang ditentukan para pengiklan, kamu sudah bisa qualified.

Terus satu lagi, biasanya Influencer itu bukan akun anonim, sementara kalau buzzer biasanya malah akun anonim. Selain akun utama @catperku, saya memang punya beberapa akun anonim dengan beberapa niche. Kalau ada pekerjaan yang gak sesuai dengan kriteria akun utama, biasanya saya lempar ke akun lainnya. Yang membedakan adalah, rate iklan di akun anonim khusus buzzer ini sangat rendah. Biasanya mulai dari 250 ribu per post, atau pernah juga dapet paket kampanye bulanan sebesar IDR 10.000.000.

Harganya sangat fleksible, karena sebelum menawarkan ratecard, saya akan melihat brand yang mengajak kerjasama terlebih dahulu. Kalau brand besar, saya tidak sungkan untuk menawarkan rate yang lebih besar juga. Untuk UMKM ratenya akan lebih murah. Bahkan kadang bisa saya kasih gratis.

Namun satu yang menjadi pantangan saya mengelola akun buzzer ini. Saya tidak pernah menerima tawaran kerjasama kampanye politik. Meski mungkin kampanye politik ini adalah salah satu cara dapat uang dari Instagram yang lumayan. Pantangan saya memang jadi yang namanya BuzzeRp politik. Tetap netral saja. Untuk detail akun, tidak bisa dipublikasi disini. Karena kekuatan akun buzzer itu menurut saya adalah kerahasiaanya. Jadi biasanya baru saya buka untuk pengiklan yang serius saja.

3. Terima Endorse Barang, Cara Dapat Uang Dari Instagram Yang Cukup Banyak Dilakukan Para Instagrammer

Kadang ada juga brand yang mau endorse barang untuk dipromosikan di Instagram. Jadi untuk endorse barang ini biasanya lebih bersifat barter. Antara suatu barang dengan beberapa post di Instagram. Entah barangnya nanti saya pakai terus menerus, atau bakal dijual agar jadi uang. Namun menjual barang endorse dari Brand bukanlah cara dapat uang dari Instagram favorit saya.

 

View this post on Instagram

 

Kira-kira seperti inilah penampakan Travel Blogger on duty! Sebagai Travel Blogger, kamera adalah gadget yang gak bisa gue tinggalkan untuk keperluan pekerjaan. Kebutuhan gue adalah kamera yang bisa memenuhi dalam pembuatan konten video dan foto sekaligus. Untuk itu gue percayakan pada kamera @fujifilm_id X-A5 dengan lensa XC 15-45mm F3.5-5.6 OIS PZ, dab XF 18-135mm f3.5-5.6 R LM OIS WR sebagai lensa tambahan. Masih pengen nambah lensa lagi sih sebenarnya. Seperti 10-24 mm, 56 mm, dan 35 mm. Tapi pelan-pelan dulu deh. Nunggu budgetnya kekumpul~ ?? Eh, ada yang bilang gue agak gendutan? Emang iya kah? ??? _____ Photo taken by @wiranurmansyah #FujiWorldCameraDay #showofffujifilm4 #fujifilm_id #gofujifilm #fujinonxf18135 #fujifilmxa5 #xa5_id #xa5 #fujifilm_xa5 #xf56mm #xf56mmf12 #xf56 #catperku

A post shared by Fahmi (@catperku) on

Saya juga kurang suka jual barang endorse. Nggak etis saja sepertinya. Karena itu, saya agak selektif menerima pekerjaan endorse dalam bentuk barang. Biasanya saya hanya menerima barang yang memang akan saya pakai, atau saya memang suka menggunakan produk dari brand tersebut. Selain itu, saya tidak mau feed akun utama saya dibilang “Indomaret berjalan”.

Selain itu, dengan selektif menerima barang endorse, proses reviewnya akan terasa lebih mantap dan juga mengena. Bahkan tak jarang saya review barang endorse setelah saya pakai beberapa bulan. Makanya, untuk kerjasama endorse barang, saya lebih suka yang jenisnya kerjasama jangka panjang. Jadi saya ada waktu untuk beneran mencoba dan mengenal barang yang akan saya promosikan.

BACA JUGA :  Berbagi Pengalaman, Suka Duka Menjadi Blogger Lokal, Blogger Import, Blogger Internasyenel! Eh Apa Sih Ini?

3. Jual Foto Lewat Instagram, Kurang Efektif, Tapi Bisa Dicoba

Salah satu cara dapat uang dari Instagram adalah jual foto lewat Instagram. Meski berdasar pengalaman saya cara ini kurang efektif, namun bisa dicoba kalau kamu punya akun instagram khusus yang diisi portofolio hasil jepretan kamu. Namun ingat, jangan lupa dikasih watermark ya. Tapi ya gitu, hasilnya nggak seberapa. Saya hanya bisa menjual beberapa saja. Karena memang cara jual foto paling tepat ya di website stockphoto.

4. Jual Produk Lewat Instagram, Bisa Barang Atau Jasa

Cara Dapat Uang Dari Instagram Berdasarkan Pengalaman Pribadi Beserta Tipsnya!

Kamu juga bisa jual produk atau jasa lewat Instagram. Ini juga merupakan cara dapat uang dari Instagram yang cukup oke. Apalagi kalau kamu punya produk atau jasa yang bisa dijual. Meski jarang, saya pernah jual open trip lewat Instagram. Sempat jalan beberapa kali dengan keuntungan yang lumayan. Cuma, karena ternyata saya jadi tahu kalau bawa open trip itu capek buanget, dan sepertinya gak terlalu cocok buat saya, jadinya saya stop dulu. Selain itu, jual barang preloved atau barang second di Instagram juga cukup efisien. Barang jadi terjual dengan cepat ketika dipromosikan di Instagram.

5. Buka Jasa Titip Barang, Ini Adalah Cara Dapat Uang Dari Instagram Yang Bisa Dilakukan Siapapun, Bahkan Yang Followernya Gak Terlalu Banyak

Buka Jasa Titip Barang, Ini Adalah Cara Dapat Uang Dari Instagram Yang Bisa Dilakukan Siapapun, Bahkan Yang Followernya Gak Terlalu Banyak.

Salah satu cara yang banyak ditekuni Instagrammer yang suka traveling nih. Jadi cara buat dapat uang dari Instagram itu salah satunya buka jasa titip barang, atau istilahnya buka jastip. Cara ini paling efektif kalau kamu sedang traveling ke negara yang unik, terkenal atau yang tidak biasa. Karena itu berarti barang yang dicari untuk dikoleksi makin banyak.

Misalnya, saya pernah buka jastip suatu barang yang harganya termasuk pajak di sekitar IDR 500 ribu. Di Instagram saya buka jasa jastip, dengan harga di 900 ribuan. Kebetulan laku sampai 10 lebih. Itu artinya sekali jalan untung sekitar 4 jutaan. Lumayan buat tambah beli jajan selama traveling. Namun demikian, kalau terima jastip terlalu banyak ya agak riskan.

Karena jastip ini sebenarnya adalah kegiatan import. Sementara itu nilai barang bebas cukai perseorangan di Indonesia itu terbatas. Jadi ya enggak bisa bawa terlalu banyak. Dari website kemenkeu.go.id disebutkan kalau nilai bebas cukai / FOB tiap penumpang itu sebesar USD 500. Diatas nilai tersebut, kamu harus bayar pajak import begitu sampai di Bandara Indonesia. Karena itu, saya gak terlalu sering juga buka jastip, terutama buat barang yang susah dicari.

6. Ternak Akun Instagram, Cara Dapat Uang Dari Instagram Yang Mudah Tapi Tidak Sesuai TOS Instagram

Ternak Akun Instagram.

Meski ini adalah cara dapat uang dari Instagram yang cukup cuan, namun ini adalah cara illegal yang tidak sesuai dengan term of service Instagram. Saya bisa, dan memang tahu bagaimana cara ternak akun Instagram, namun saya tidak pernah jualan.

Pertama saya males, karena cukup time consuming. Kedua, cara ini illegal dan tidak sustainable. Sekarang kalau gak salah harganya juga udah turun.

Padahal jualan akun instagram beberapa tahun lalu ini nilainya lumayan. Satu akun bisa dijual ratusan ribu sampai jutaan. Bisa dihitung sendiri berapa dapatnya kalau kamu bisa jualan puluhan akun instagram?

Sekarang sepertinya cara ini agak susah, mengingat algoritma Instagram yang baru sudah pintar untuk mendeteksi aplikasi bot. Jadi daripada ternak akun instagram, mending ternak blog saja, biar bisa dapat uang dari Google Adsense.

7. Jadi Pembicara, Cocok Untuk Influencer Berpengalaman

Cara Dapat Uang Dari Instagram Berdasarkan Pengalaman Pribadi Beserta Tipsnya!

Pada awal Instagram mulai booming, saya sempat diundang jadi pembicara. Biasanya yang dibahas ya seputar bagaimana bikin dan mengelola akun Instagram yang bagus dan benar. Honor pertama saya jadi pembicara yang dibayar adalah IDR 1.500.000. Cara dapat uang dari Instagram yang lumayan banget kan?

Sekarang pun saya masih lumayan sering jadi pembicara, terutama ketika sebelum masa pandemi Virus Corona. Portofolio saya jadi pembicara bisa dilihat disini. Namun untuk sekarang ratenya sudah berbeda, mulai dari IDR 7.000.000 untuk mengisi satu sesi (3-4 jam) di workshop sebagai pembicara. Masih bisa nego sih, tapi ya tipis saja ya.

8. Jadi Kuis Hunter Di Instagram, Cara Dapat Uang Dari Instagram Yang Ternyata Cukup Cuan!

 

View this post on Instagram

 

Yang ditunggu-tunggu udah tiba!!! . Pengumuman pemenang #IDARETOCHALLENGE Photo Competition! Berikut hasil pemenangnya: . Juara 1 @fahmiadimara Mendapatkan Kamera EOS M6 Kit Lens 18-150mm . Juara 2 @giovanni_tendean Mendapatkan DJI Spark Fly More Drone Combo Camera . Juara 3 @catperku Mendapatkan Samsung Galaxy S8 . Juara 4-10 @fahmy_haris @schode_ @annscm @id_feri @sennabp @oscar.forendo @ata.is.me Mendapatkan Casio G-Shock GA-400- 1BDR Analog & Digital . 5 Pemenang Favorit @siddiq_siagian @hesbulkhofi @aam_riyanto @alliabidin @sinyoureh Mendapatkan Paket Merchandise Super Adventure . Selamat kepada pemenang!!! Untuk yang belum menang jangan berkecil hati. Petualangan lo gak berenti sampe di sini. Terus berpetualang! #SuperadventureID #IDARETOCHALLENGE #IDARE

A post shared by Super Adventure (@superadventure_id) on

Salah satu cara dapat uang dari Instagram yang cukup cuan lho jadi kuis hunter di Instagram ini. Saya bahkan pernah ngobrol dengan seorang kuis hunter mengenai berapa yang didapatkan dari seorang kuis hunter. “Bisa dapat 20-30 juta perbulan lho, kalau serius jadi kuis hunter”. Agak kaget juga sih pas dikasih tau. Tapi ya masuk akal, kalau satu kuis hadiahnya jutaan hingga puluhan juta. Kuis Hunter ini biasanya militan, dan niat banget. Dalam sebulan bisa ikutan puluhan kuis dan lomba.

BACA JUGA :  Meramal Masa Depan Travel Blogger Indonesia! Sampai Kapankah Mereka Bisa Bertahan?

Sekarang kan banyak banget tuh kuis seperti itu. Kelemahan dari cara ini adalah, kamu harus menjadi seorang yang beruntung banget. Terus kamu juga harus punya mental siap kalah. Saya tahu ada orang yang seperti itu. Rasanya, tiap ada kuis pasti dapet juara. Saya sendiri beberapa kali menang ikutan kuis. Tapi jarang dapat hadiah uang cash. Lebih sering dapet barang atau dapet hadiah liburan gratis. Mungkin ada yang mau seriusin pekerjaan jadi kuis hunter? Cukup cuan sih kalau serius. Lumayan lah buat dijadiin penghasilan tambahan.

9. Jadi Admin Pengelola Akun Instagram, Cocok Untuk Siapapun!

Jadi Admin Pengelola Akun Instagram.

Cara dapat uang dari Instagram yang ini bisa dilakukan siapa saja sih sebenarnya. Asal kamu sudah kenal dengan baik fitur-fitur Instagram. Akan lebih baik lagi jika kamu juga punya akun instagram dengan kualitas yang baik. Karena itu bisa jadi portofolio kamu untuk melamar pekerjaan mengelola akun instagram. Istilahnya jadi mimin akun IG gitu. Gajinya lumayan kok. Kalau brand besar, kamu bisa dapat diatas UMR lah.

Tips Agar Kamu Bisa Mendapat Uang Dari Instagram

Nah, lalu bagaimana tips cara dapat uang dari Instagram ini? Akan bloggerpi.com ulas secara singkat saja disini ya.

Cara Dapat Uang Dari Instagram Berdasarkan Pengalaman Pribadi Beserta Tipsnya!
Cara Dapat Uang Dari Instagram Berdasarkan Pengalaman Pribadi Beserta Tipsnya!

1. Buat Profil Dengan Menarik Dan Detail

Sebelum kamu bisa “menjual” akun instagram kamu, tentu saja kamu harus membuat konten di Instagram kamu menjadi semenarik mungkin. Minimal, kamu harus posting konten yang original dan unik. Terutama kalau kamu ingin jadi seorang buzzer atau influencer di Instagram. Karena menjadi unik dan berbeda adalah modal awal di pekerjaan ini. Tentu saja akan lebih baik lagi kalau konten Instagram yang kamu buat bisa memberi manfaat untuk orang lain.

2. Konsisten Posting Ke Instagram

Nah, yang namanya konsisten upload konten ke Instagram ini perlu banget ya. Apalagi kalau melihat algoritma Instagram yang sekarang, minimal kamu harus upload 1 post ke Instagram setiap hari. Jadi ya kamu harus bisa membuat konten yang menarik kalau kamu mau “terlihat” di lautan Influencer di Instagram yang sudah muncul ke permukaan lebih dulu. Apalagi bisa dibilang Instagram sekarang itu udah over saturated. Konten yang kamu buat harus benar-benar menarik dan bermanfaat agar dilirik oleh netizen di Instagram.

3. Jaga Kualitas Post Di Instagram

Ini penting, bahkan sebelum kamu berpikir tentang bagaimana cara dapat uang dari Instagram. Jangankan uang, kalau kamu tidak bisa mempertahankan kualitas post di Instagram, follower baru pun mungkin kamu tidak akan dapat. Lalu cara jaga kualitas post di Instagram bagaimana? Ya banyak berlatih dengan sering posting di Instagram.

4. Jangan Cuma Posting Konten Foto, Sesekali Buat Konten Video Juga

Kalau dulu di Instagram hanya bisa upload konten foto, sekarang ini di Instagram bisa upload konten video. Apalagi sekarang instagram juga ada IGTV yang memungkinkan kamu untuk upload konten video dalam durasi yang panjang. Dari pengalaman saya, konten video ini memiliki engagement yang lebih tinggi. Mungkin karena formatnya audio visual, jadi orang lebih tertarik untuk melihat. Karena itu, enggak ada salahnya kamu sesekali posting konten video di akun instagram kamu.

5. Jadilah Unik, Dengan Menjadi Diri Sendiri

Yang terakhir, meski ini terlihat sepele ini adalah hal terpenting. Belajar dengan metode amati, tiru dan modifikasi untuk konteks mengembangkan akun Instagram boleh saja. Namun demikian, jangan sampai tidak menjadi diri sendiri. Untuk tujuan jangka panjang, menjadi diri sendiri adalah yang paling penting, sebelum kamu memikirkan lebih lanjut bagaimana cara dapat uang dari Instagram!


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *