Emulator Android Paling Ringan Terbaik Bisa Download Disini Ya!

Apa itu android emulator? Dan apa Emulator Android paling ringan terbaik yang bisa kamu download apa saja? Nah, disini saya akan merekomendasikan beberapa emulator tersebut, sekaligus sedikit menjelasnya mengenai hal ini. Tentu saja beserta fungsi dan manfatnya untuk siapapun yang memerlukannya ya.

Pengertian dari Android Emulator adalah sebuah perangkat virtual atau emulator ponsel yang memungkinkan kamu menjalankan aplikasi Android di PC atau Laptop. Jadi dengan memanfaatkan emulator ini kamu bisa menguji perangkat lunak atau software yang sudah dibuat untuk smartphone berbasis Android tanpa harus mempunyai smartphone fisik.

Karena dengan menggunakan emulator ini fungsinya sudah hampir sama dengan ponsel fisik berbasis android. Mungkin ada emulator yang memerlukan spesifikasi PC yang bagus agar bisa menjalankannya. Namun ada cukup banyak juga emulator Android paling ringan terbaik yang bisa digunakan.

O iya, jadi selain digunakan oleh pada developer aplikasi smartphone Android, ada banyak juga yang menggunakan emulator ini untuk bermain game. Bahkan ada juga emulator yang sengaja dibuat dan dioptimisasi untuk bermain game. Nah, untuk tujuan tersebut, di tulisan ini saya akan berbagi mengenai beberapa yang sudah ada di Internet beserta link untuk download emulatornya.

Emulator Android Paling Ringan Terbaik Bisa Download Disini Ya!

Emulator Android Paling Ringan Terbaik Bisa Download Disini Ya!
Emulator Android Paling Ringan Terbaik Bisa Download Disini Ya!

Kira-kira untuk bermain game, kamu menggunakan Emulator yang mana?

1. Droid4x, Salah Satu Emulator Android Paling Ringan Untuk Mobile Gamer Nih!

Apakah kamu mencari Emulator Android yang ringan untuk bermain game? Mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan Droid4x ini. Beberapa kelebihan dari Droid4x ini adalah kemampuannya untuk add-ons yang mendukung kebutuhan para gamer. Misalnya, kamu bisa mengontrol game yang kamu mainkan dengan smartphone kalau kamu mengunakan Emulator Droid4x ini. Bagaimana cara kerjanya?

Misal, ada sebuah game yang kontrolnya menggunakan sensor acelerometer, dan smartphone kamu terhubung dengan Droid4x. Kamu akan bisa mengontrol game tadi dengan accelerometer yang ada di smarphone kamu. Selain itu tentu saja kamu bisa menggunakan keyboard di PC atau laptop kamu untuk digunakan bermain game.

  • Spesifikasi Minimum Droid4x : AMD/Intel Dual Core Processor, Windows 7/8/8.1/10 (32/64Bit), 4GB Ram, 4GB HDD Space, GPU dengan Open GL 2.0 keatas.
  • Download Emulator Droid4x disini.
BACA JUGA :  Pertolongan Pertama Mengatasi DDOS Attack!

2. Windroye, Cocok Untuk Pengguna PC/Laptop Kentang

Windroye ini adalah salah satu emulator android paling ringan yang cukup terkenal. Menjalankan emulator Windroye ini tidak akan memberatkan PC atau Laptop kamu, bahkan kalau spec laptop/pc kamu standar aja. Diklaim juga kalau Windroye ini bisa dijalankan seperti aplikasi yang berjalan pada windows lainya. Enggak jauh beda gitu. Emulator Windroye ini bisa dijalankan pada beberapa versi windows ya. Mulai dari Windows jadul seperti windows 7, atau yang sudah lebih modern windows 8 dan 10.

3. Gameloop Dulunya Dikenal Sebagai Tencent Gaming Buddy

Gameloop ini dulunya pernah dikenal dengan nama Tencent Gaming Buddy, karena emulator Android yang ringan ini memang produk atau aplikasi yang dibuat oleh Tencent. Mungkin emulator ini ringan karena memang dibuat khusus untuk para mobile gamer yang ingin memainkan game mobile smartphone di PC/Laptop dengan memanfaatkan emulator Android ringan.

Gameloop ini emulator yang cukup disukai para pemain Mobile Game seperti PUBG Mobile. Soalnya dibuat langsung oleh Tencent sih, sudah pasti mereka tahu cara mengoptimalkan emulator ini untuk game PUBG Mobile. Namun tentu saja emulator ini juga bisa digunakan untuk memainkan Game Android yang terkenal lainnya.

  • Spesifikasi Minimum Gameloop : AMD/Intel Dual Core Processor, Windows 7/8/8.1/10 (32/64Bit), 3GB/8GB Ram, 6GB HDD Space, GPU dengan Open GL 3.0 keatas.
  • Download Emulator Gameloop disini.

4. Remix OS Player, Lumayan User Friendly Gaes!

Remix OS Player bukan hanya salah satu Android Emulator paling ringan yang bisa kamu coba, namun emulator ini bisa juga digunakan pada layar terpisah atau dual screen. Kan ada tuh gamer yang suka memainkan Mobile Game pada pc atau laptop dengan dua layar. Performa dari Remix OS Player ini juga bisa dibilang bagus. Tampilan yang cukup User Friendly membuat emulator Remix OS Player ini banyak dicari oleh pengguna yang ingin memainkan Game Android di Emulator. Tertarik untuk memakainya juga?

5. Bluestacks 4, Emulator Android Paling Ringan Terpopuler?

Bluestack ini bisa dibilang salah satu emulator android yang populer. Nggak cuma buat keperluan gaming, namun juga untuk keperluan lainya. Sampai sekarang sudah rilis seri Bluestacks 4 yang bisa digunakan secara gratis. Untuk install emulator Bluestacks 4 ini kamu bisa menggunakan offline installer atau juga online installer yang tersedia di website resmi Bluestacks 4.

Salah satu keunggulan lain dari emulator Android Bluestacks 4 ini adalah, pengguna Mac Book bisa menginstallnya. Jarang banget lho ada emulator yang bisa jalan dengan baik di platform Mac. Jadinya, pengguna Mac pun bisa bermain Mobile Game favorit dengan menggunakan Emulator Bluestacks 4 deh. Terus, mengenai kinerja Bluestacks 4 ini juga tidak usah diragukan lagi, karena developernya rajin membuat pembaharuan agar Bluestacks 4 tetap nyaman digunakan.

  • Spesifikasi Minimum Bluestacks 4 : AMD/Intel Dual Core Processor, Windows 7/8/8.1/10 (32/64Bit), 2GB Ram, 5GB HDD Space, GPU dengan Open GL 3.0 keatas.
  • Download Emulator Bluestacks 4 disini.
BACA JUGA :  Panduan Tutorial phpMyAdmin Lengkap Untuk Pemula
Selain untuk main game, emulator juga berguna untuk develop Aplikasi Android seperti Android Studio ini.
Selain untuk main game, emulator juga berguna untuk develop Aplikasi Android seperti Android Studio ini.

6. MEmu, Bisa Jalan Optimal Di Laptop/PC Dengan CPU AMD

Biasanya, gamer agak kebingungan mencari Emulator Android paling ringan yang bisa digunakan secara optimal pada PC/Laptop yang menggunakan CPU AMD. Padahala kebanyakan laptop gaming yang bagus itu menggunakan CPU AMD kan ya? Makanya, beruntung banget ada Android Emulator MEmu, yang bisa mensupport dua brand prosesor terkenal yaitu Intel dan AMD. Jadi pengguna CPU AMD bisa mencoba menginstall Android Emulator MEmu saja di PC/Laptop mereka.

Android Emulator MEmu ini bisa dibilang cukup keren, karena selain performa bagus dan cepat, kualitas grafisnya juga bisa dibilang bukan kaleng kaleng. MEmu juga memiliki akses root, dengan banyak fungsi yang bisa digunakan. Makanya, selain untuk keperluan Mobile Gaming, Android Emulator MEmu juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti untuk testing aplikasi Android misalnya. Yang membuat makin menarik, MEmu memiliki forum yang bisa dimanfaatkan untuk berdiskusi, ketika kamu menemukan suatu masalah pada penggunakan Android Emulator MEmu ini. Tertarik untuk mencobanya?

  • Spesifikasi Minimum MEmu : AMD/Intel Dual Core Processor, Windows 7/8/8.1/10 (32/64Bit), 2GB Ram, 2GB HDD Space, GPU dengan Open GL 2.0 keatas.
  • Download Emulator MEmu disini.

7. Andy, Emulator Android Paling Ringan Yang Dikenal Juga Sebagai Andyroid

Tampilan dari Andyroid yang dibuat sederhana seperti sistem OS Android default mungkin yang membuat emulator Andyroid ini menjadi ringan. Pun begitu, Andyroid ini bisa digunakan untuk memainkan Android Mobile Game dengan nyaman lho. Terus, emulator Andyroid ini juga bisa diinstal pada platform Windows atau Mac. Fitur paling menarik dari Emulator Andyroid ini mungkin adalah kemampuannya untuk menjadikan Smartphone kamu sebagai controller melalui koneksi WiFi atau Bluetooth. Menarik juga ya untuk dicoba?

  • Spesifikasi Minimum Andyroid : AMD/Intel Dual Core Processor, Windows 7/8/8.1/10 (32/64Bit)/Ubuntu 14.04+/Mac OSX 10.8+, 1/3GB Ram, 10GB HDD Space, GPU dengan Open GL 2.1 keatas.
  • Download Emulator Andyroid disini.

8. LDPlayer, Emulator Android Dibuat Khusus Untuk Gamer!

LDPlayer adalah salah satu emulator Android paling ringan yang bisa kamu pertimbangkan untuk bermain game. Apalagi LDPlayer ini memang dibuat khusus untuk para Android Mobile Gamer. Ada banyak Game Android populer seperti Mobile Legend atau PUBG Mobile yang bisa kamu mainkan dengan nyaman di Android Emulator LDPlayer ini.  Beberapa fitur unggulan yang ada pada LDPlayer ini antaralain fitur multitasking yang memungkinkan kamu memainkan Game sekaligus.  Selain itu tentunya stabilitas dan kecepatan dari Android Emulator LDPlayer ini juga bisa diandalkan para gamer Android.

  • Spesifikasi Minimum LDPlayer : AMD/Intel Dual Core Processor, Windows 7/8/8.1/10 (32/64Bit), 2GB Ram, 2GB HDD Space, GPU dengan Open GL 2.0 keatas.
  • Download Emulator LDPlayer disini.

9. KoPlayer, Salah Satu Emulator Android Paling Ringan Terbaik Yang Memiliki Interface Keren!

Mungkin kamu cari Emulator Android yang tampilannya tidak membosankan? Itu berarti kamu bisa mencoba menginstall KoPlayer Android Emulator di PC/Laptop Gaming kamu. KoPlayer ini tidak hanya memiliki tampilan yang menarik, namun juga mengutamakan kenyamanan bermain Game Android yang tidak main main. Selain ringan, KoPlayer dibuat khusus untuk bermain game. Makanya emulator ini dibilang bisa memainkan hampir semua game yang ada di Playstore Android. Apakah benar seperti itu? Silahkan dicoba sendiri saja ya.

  • Spesifikasi Minimum KoPlayer : AMD/Intel Dual Core Processor, Windows 7/8/8.1/10 (32/64Bit)/Mac OSX 10.8+, 2/4GB Ram, 10GB HDD Space, GPU dengan Open GL 2.1 keatas.
  • Download Emulator KoPlayer disini.
BACA JUGA :  Cara Meningkatkan Skor Pagespeed Google Insight Mendekati Sempurna Di Wordpress Itu Begini lho!

10. Phoenix OS, Emulator Android Tampilan Mirip Windows OS

Yang membuat Phoenix OS ini menarik adalah tampilannya yang lumayan mirip seperti tampilan pada Windows Operating System. Meski enggak 100 persen mirip, namun ya sebelas dua belas lah. Ini adalah emulator Android paling ringan yang cocok untuk kamu yang suka mencoba eksperimen. Sayangnya, Phoenix OS ini tidak didukung layanan Google Play. Jadi kalau kamu mau install aplikasi atau Game Android, kamu harus menginstallnya lewat APK ya.

  • Spesifikasi Minimum Phoenix OS : AMD/Intel Dual Core Processor, Windows 7/8/8.1/10 (32/64Bit)/Mac OSX 10.8+, 2GB Ram, 4GB HDD Space, GPU dengan Open GL 2.0 keatas.
  • Download Emulator Phoenix OS disini.

11. Genymotion, Cocok Untuk Developer Atau Programmer Aplikasi Android Nih!

Genymotion ini mungkin bukan emulator yang cocok untuk gamer, namun ini adalah salah satu Emulator Android paling ringan terbaik untuk para programmer developer aplikasi Android. Terutama untuk kebutuhan testing aplikasi android ya. Salah satu fitur yang menarik untuk digunakan para developer aplikasi Android adalah konfigurasi emulator Genymotion yang bisa diubah versi androidnya. Jadi tetap bisa testing aplikasi di berbagai versi Android tanpa perlu ganti-ganti smartphone deh. Asik kan? Sayang ini merupakan Android Emulator berbayar, jadi memang buat programmer android yang serius saja sepertinya.

  • Spesifikasi Minimum Genymotion : AMD/Intel Dual Core Processor, Windows 7/8/8.1/10 (32/64Bit), 2GB Ram, 2GB HDD Space, GPU dengan Open GL 2.0 keatas.
  • Download Emulator Genymotion disini.

12. Nox Player, Emulator Android Terbaik Untuk Gamer!

Kalau kamu perlu memainkan Game Android yang memerlukan kualitas grafis tinggi, mungkin kamu perlu mencoba install emulator Nox Player ini deh. Karena emulator yang satu ini memang dibuat untuk keperluan tersebut. Nox Player juga merupakan salah satu Emulator Android Paling ringan terbaik lho. Loadingnya ringan, cepat dan responsif meski digunakan untuk bermain Video Game Android berat. Apakah kamu salah satu pengguna emulator ini? Bagaimana menurut kamu?

13. Android Studio, Emulator Sekaligus IDE Untuk Developer Aplikasi Android

Kalau yang satu ini, bukan cuma emulator saja, namun juga merupakan tools untuk membuat aplikasi Android. Jadi memang Android Studio ini cuma cocok untuk kamu yang mau mencoba membuat Aplikasi Android ya. Kalau kamu mau menggunakan Emulator Android yang fungsinya khusus bermain game, mungkin lebih baik kamu mencoba salah satu dari sekian banyak Emulator Android paling ringan terbaik yang sudah dibahas diatas. Oke?

Nah, bagaimana? Favorit kamu atau yang biasa kamu pake mana aja nih? Mungkin bisa kamu pilih salah satu dari sekian banyak Emulator Android paling ringan terbaik yang ada diatas?


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *