Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Dengan Memasang End Screen Youtube

Memasang end screen Youtube adalah salah satu cara untuk optimasi channel kamu. Jadi selain cara untuk menambah subscriber di Youtube, ini juga cara untuk menambah viewer seperti yang bloggerpi tuliskan disini. Meski kelihatannya sepele,namun ini juga merupakan salah satu cara yang efektif. Terutama kalau kamu selalu memasang end screen pada tiap akhir video kamu.

Bisa dibilang juga, ini adalah salah satu cara untuk optimasi channel Youtube kamu yang paling mudah. Karena kamu tak perlu membuka website lain, atau menggunakan SEO Youtube tool lain.

Kamu cukup menggunakan fitur end screen Youtube yang sudah disediakan. Bahkan kamu bisa membuat template, agar tiap memasang end screen bisa lebih cepat.

Views dari end screen Youtube hasilnya lumayan juga lho.
Views dari end screen Youtube hasilnya lumayan juga lho.

Saya sih tiap kali mau publish video baru di Youtube, selalu pastikan end screen Youtube ini sudah saya setting terlebih dahulu. Dari pengalaman saya, memang bisa menambah view yang cukup lumayan, seperti pada gambar tangkapan layar diatas.

Data menunjukkan kalau salah satu sumber view di Youtube adalah dari end screen Youtube. Imbasnya, dengan semakin banyak view, tentu saja makin banyak pula kesempatan untuk bertambah subscriber. Jadi, jangan sampai tidak dipasang ya!

Bagaimana Syarat Video Di Channel Youtube Kamu Bisa Dipasang End Screen?

Tidak semua video bisa kamu pasang end screen, karena memang Youtube sendiri memberikan batasan pada jenis video tertentu. Untuk video yang bisa kamu pasang end screen Youtube kira-kira sebagai berikut.

  1. Durasi video kamu minimal sepanjang 25 detik, dibawah itu tidak bisa kamu pasang end screen ya. Namun tentu saja, video yang bagus di Youtube biasanya berdurasi lebih dari 1 menit.
  2. Video yang di setting “dibuat untuk anak” atau “made for kids” tidak bisa dipasang end screen. Untuk jenis video lainnya tidak masalah.

Perlu dicatat, element interaktif lain seperti card, dan watermark branding akan disembunyikan ketika Youtube sedang menayangkan end screen. Terus, end screen ini hanya bisa diletakkan dan tayang pada 5-20 detik terakhir video. Jadi disarankan kamu membuat outro khusus untuk meletakkan end screen ini.

Ini yang saya lakukan pada tiap video saya, selalu ada outro untuk meletakkan fasilitas Youtube ini. Biasanya saya membuat outro untuk meletakkan end screen dengan menggunakan panzoid seperti yang pernah saya bahas disini.

Tipe End Screen Yang Tersedia Apa Saja?

Tipe End Screen Yang Tersedia Apa Saja?
Tipe End Screen Yang Tersedia Apa Saja?

Nah, untuk tipe end screen Youtube ada beberapa jenisnya yang akan bloggerpi.com bahas disini. Biar kamu Youtuber pemula enggak bingung ketika mau memasang fitur Youtube ini. Untuk tipe atau jenisnya adalah sebagai berikut :

1. Video

Jadi kamu bisa memasang video pada end screen Youtube ya. Untuk jenis video yang dipasang antaralain:

  • Video yang sudah tayang di Youtube kamu, bisa dipilih secara manual. Atau bisa juga video dari channel orang lain yang bisa dicari di Youtube.
  • Most Recent Video, atau video terbaru yang baru saja dipublikasikan. Jika kamu memilih ini, secara otomatis Youtube akan menayangkan video terbaru pada semua end screen yang sudah terpasang.
  • Best For Viewer, kamu bisa memilih ini jika kamu ingin Youtube merekomendasikan secara otomatis salah satu video yang ada di Youtube kamu di endscreen. Biasanya youtube akan memilihkan yang relevan dengan minat viewer, atau relevan dengan video yang barusan ditonton.

Saya sendiri selalu memasang Most Recent Video dan Best For Viewer pada end screen Youtube channel saya. Alasannya, biar yang menonton video saya sampai selesai tahu ada video terbaru atau video lain yang mungkin juga diminatinya. Hasilnya gak terlalu buruk sih.

2. Playlist

Kamu juga bisa memasang playlist yang sudah kamu buat pada end screen. Namun saya jarang melakukan ini, karena saya bisa memasang Playlist pada card di Youtube. Apa itu card di Youtube? Saya akan menjelaskannya pada tulisan lain saja ya.

3. Subscribe

Nah, selain video, kamu bisa memasang tombol subscribe di end screen. Orang yang subscribe lewat bagian end screen ini bisa dilihat di Youtube Analytics pada bagian Interactive Features. Hasilnya cukup lumayan, penambah subscriber di Youtube no 4 kalau di channel utama saya youtube.com/catperku. Untuk datanya, bisa dilihat dibawah ini ya.

Lumayan banyak juga subscriber yang didapat dari end screen Youtube, seperti terlihat disini.

4. Channel

Nah, kamu juga bisa mempromosikan channel lain dengan memanfaatkan fitur end screen ya teman-teman. Cuma saya jarang pake ini sih.

5. Link

Kamu juga bisa promosikan link tertentu dengan menggunakan end screen. Tapi sebelum memasang link keluar, kamu perlu membaca peringatan dari Youtube seperti yang bloggerpi.com cuplik dibawah ini ya.

Your use of external links must comply with AdWords policies, YouTube ads policies, and YouTube Community Guidelines. Don’t use external links to redirect traffic across domains. Any violation of these policies may result in removal of the feature and/or termination of your YouTube account.

Saya pernah pasang link blog pribadi atau link affiliate disini. Karena jarang banget, jadi saya kurang tahu apakah hasilnya bagus atau enggak. Mungkin kalau ada yang sudah berpengalaman, bisa coba berbagi di kolom komentar?

Untuk Cara Memasang End Screen Youtube Dibawah Ini Ya?

Untuk memasang end screen ini cukup gampang. Bisa kamu lakukan sebelum mempublikasikan video kamu yang baru, atau sekedar menambah end screen lalu menyimpannya sebagai draft. Untuk langkah cara memasang end screen di Youtube sendiri bisa kamu baca dibawah ini.

  1. Buka Youtube Studio channel kamu.
  2. Klik menu Video yang ada di bagian kiri Youtube Studio, lalu klik details video yang ingin kamu tambahkan end screen.
  3. Klik menu “End screen” yang berada disisi kanan seperti gambar tangkapan layar dibawah.
  4. Lanjutkan dengan memasang end screen seperti contoh gambar tangkapan layar dibawah ini.Cara pasang end screen Youtube itu begini lho.
  5. Simpan, dan end screen selesai ditambahkan.

Nah, bagaimana? Semoga tutorial Youtube tentang cara pasang end screen Youtube ini bisa bermanfaat. Boleh juga lho tulisan ini dibagikan ke teman kamu yang mungkin juga membutuhkannya. Terimakasi banyak sudah mampir dan membaca sampai selesai ya.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply