Jenis Jenis Backlink Ini Wajib Diketahui SEO Spesialist

Dalam dunia optimasi mesin pencari (SEO), backlink memainkan peran penting dalam meningkatkan otoritas dan peringkat suatu situs web. Ada berbagai jenis backlink yang dapat digunakan untuk memperkuat profil SEO. Berikut adalah penjelasan mengenai 11 jenis backlink beserta contohnya yang wajib diketahui oleh SEO spesialis.

1. Contextual Backlink

Pengertian Contextual Backlink

Contextual backlink adalah tautan yang ditempatkan di dalam konten sebuah artikel atau post yang relevan. Backlink ini dibuat dengan menyisipkan link yang mengarah ke website kita di bagian konten yang merujuk atau bersumber dari website kita.

Contoh Contextual Backlink

Misalnya, sebuah artikel di blog teknologi yang membahas inovasi terbaru dalam perangkat lunak menyebutkan penelitian yang dilakukan oleh perusahaan Anda. Di dalam teks, penulis menyisipkan tautan yang mengarah ke halaman penelitian di situs web Anda. Tautan ini ditempatkan secara alami dalam konteks yang relevan, meningkatkan peluang untuk diklik oleh pembaca dan memberikan nilai SEO yang tinggi.

Implementing SEO for UMKM, small and medium enterprises is now affordable. We help Indonesian UMKMs and small businesses grow through digitalization

2. Blog Comment Backlink

Pengertian Blog Comment Backlink

Blog comment backlink adalah tautan yang dimasukkan dalam kolom komentar pada blog atau website orang lain. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan visibilitas website melalui interaksi di platform lain.

Contoh Blog Comment Backlink

Anda membaca artikel di blog tentang tips pemasaran digital dan meninggalkan komentar yang relevan dengan topik tersebut. Dalam komentar, Anda menyertakan link ke artikel di situs Anda yang membahas lebih lanjut tentang salah satu tip yang disebutkan dalam artikel tersebut. Namun, pastikan untuk berkomentar secara konstruktif dan tidak melakukan spam.

3. Link Profile Backlink

Pengertian Link Profile Backlink

Link profile backlink adalah tautan yang didapatkan dengan membuat profil di media sosial, situs bisnis, direktori industri, atau situs review, dan mengisi biodata profil termasuk alamat website atau blog yang dimiliki.

Baca Juga:  Apa Itu Off-page SEO? Berikut Penjelasannya!

Contoh Link Profile Backlink

Anda membuat profil di LinkedIn dan menyertakan URL situs web perusahaan Anda di bagian profil, seperti akun linkedin Bloggerpi Digital ini. Setiap kali seseorang mengunjungi profil LinkedIn Anda, mereka dapat melihat tautan ke situs web Anda, memberikan kesempatan bagi lebih banyak pengunjung untuk mengakses situs Anda.

4. Social Bookmark Backlink

Pengertian Social Bookmark Backlink

Social bookmark backlink adalah tautan yang disimpan di platform social bookmarking untuk menyimpan dan berbagi link website. Platform ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan link yang menurut mereka berguna atau menarik.

Contoh Social Bookmark Backlink

Anda menyimpan artikel dari blog Anda tentang tips SEO di platform seperti Reddit atau StumbleUpon. Pengguna lain yang menemukan artikel tersebut bermanfaat dapat membagikannya, sehingga meningkatkan visibilitas dan traffic ke situs Anda.

5. Blogroll Backlink

Pengertian Blogroll Backlink

Blogroll backlink adalah tautan yang ditempatkan di sidebar atau footer blog, biasanya berupa daftar blog atau situs web favorit yang direkomendasikan oleh pemilik blog.

Contoh Blogroll Backlink

Sebuah blog fashion menampilkan daftar “Blog Fashion Favorit” di sidebar mereka, termasuk tautan ke blog fashion Anda. Pengunjung yang tertarik dengan blog fashion lainnya dapat menemukan dan mengunjungi situs Anda melalui blogroll ini.

6. Document or Image Sharing Backlink

Pengertian Document or Image Sharing Backlink

Jenis backlink ini menggunakan platform berbagi dokumen atau gambar untuk mendapatkan tautan balik. Dokumen atau gambar yang diunggah harus mencantumkan link yang mengarah ke website Anda.

Contoh Document or Image Sharing Backlink

Anda mengunggah presentasi tentang strategi pemasaran digital ke SlideShare dan menyertakan tautan ke situs web Anda di dalam presentasi tersebut. Setiap kali seseorang menonton presentasi Anda, mereka dapat melihat dan mengklik tautan ke situs Anda.

7. Social Media Backlink

Pengertian Social Media Backlink

Social media backlink adalah tautan yang diperoleh melalui akun media sosial. Tautan ini biasanya ditempatkan di bagian profil atau dalam postingan yang dibagikan.

Baca Juga:  7 Tools Untuk Membantu Permudah Social Media Management

Contoh Social Media Backlink

Anda memposting artikel terbaru dari blog Anda di halaman Facebook bisnis. Setiap kali artikel tersebut dibagikan oleh pengikut Anda, tautan ke blog Anda juga disebarluaskan, meningkatkan visibilitas dan traffic ke situs Anda.

8. Footer Backlink

Pengertian Footer Backlink

Footer backlink adalah tautan yang ditempatkan di bagian footer sebuah website. Ini sering digunakan oleh freelancer atau pengembang web untuk memberikan kredit atau referensi.

Contoh Footer Backlink

Sebagai pengembang web, Anda mencantumkan tautan ke situs portofolio Anda di footer semua situs web yang Anda kembangkan. Pengunjung yang ingin tahu lebih banyak tentang pengembang situs tersebut dapat mengklik tautan dan mengunjungi situs Anda.

9. Juice Link

Pengertian Juice Link

Juice link adalah tautan yang mengarahkan pengunjung dari satu website ke website lainnya, membantu meningkatkan traffic dan otoritas domain.

Contoh Juice Link

Sebuah situs berita teknologi yang mengulas aplikasi terbaru menyertakan tautan ke halaman download aplikasi di situs Anda. Pengunjung situs berita tersebut yang tertarik dengan aplikasi akan mengklik tautan dan mengunjungi situs Anda.

10. Link Root Domain

Pengertian Link Root Domain

Link root domain mengacu pada jumlah backlink unik yang diterima dari satu domain. Terlepas dari jumlah backlink dari satu domain, mereka hanya dihitung sebagai satu backlink unik.

Contoh Link Root Domain

Jika sebuah situs web terkenal menautkan ke halaman situs Anda sebanyak lima kali, itu masih dihitung sebagai satu backlink root domain. Fokus pada mendapatkan backlink dari berbagai domain untuk meningkatkan otoritas domain Anda.

11. Do-Follow dan No-Follow Backlink

Pengertian Do-Follow Backlink

Do-follow backlink adalah tautan yang memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti link tersebut dan memberikan otoritas kepada situs yang dirujuk. Ini sangat berharga dalam SEO karena membantu meningkatkan peringkat situs di hasil pencarian.

Contoh Do-Follow Backlink

Sebuah blog terkenal menulis artikel yang mengulas produk Anda dan menyertakan tautan do-follow ke halaman produk di situs Anda. Tautan ini tidak hanya membantu dalam SEO tetapi juga mengarahkan pengunjung yang tertarik ke situs Anda.

Baca Juga:  9 Tips Optimasi SEO Youtube Agar Views Video Meningkat

Pengertian No-Follow Backlink

No-follow backlink adalah tautan yang mengandung atribut “rel=nofollow” dalam kode HTML-nya. Atribut ini memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengikuti link tersebut dan tidak memberikan otoritas kepada situs yang dirujuk. Meskipun tidak memberikan dampak langsung pada peringkat, no-follow backlink tetap berguna untuk mengarahkan traffic ke situs Anda.

Contoh No-Follow Backlink

Sebuah situs berita besar menyebutkan perusahaan Anda dalam artikel mereka dan menyertakan tautan no-follow ke situs Anda. Meskipun tautan ini tidak berkontribusi langsung pada SEO, itu masih dapat meningkatkan traffic ke situs Anda dari pembaca artikel tersebut.

Kesimpulan

Memahami berbagai jenis dan cara mendapatkan backlink adalah kunci untuk mengoptimalkan strategi SEO Anda. Dengan menggunakan berbagai jenis backlink, Anda dapat meningkatkan otoritas, relevansi, dan visibilitas situs web Anda di mesin pencari. Pastikan untuk fokus pada mendapatkan backlink berkualitas dan relevan yang memberikan nilai tambah bagi pengunjung Anda.

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

Info: Jika Anda memerlukan Jasa Freelancer Pembuatan Blog, Website, Toko Online, SEO, dan Digital Marketing, jangan ragu untuk hubungi Bloggerpi Digital lewat email di [email protected] atau hubungi kami lewat WA sekarang di sini!

Rijal Fahmi Mohamadi

Starting my career as a Software Engineer, I have now become a Digital Marketing enthusiast with core skills in SEO (Search Engine Optimization), writing, Search Engine Marketing (SEM), Social Media, and SEO Data Analysis. I enjoy working remotely, helping businesses grow and achieve profitability with my expertise. PS: Although Software Engineer is no longer my main profession, I can still code! I am proficient in PHP and am seriously learning Python for data analysis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *