Bagaimana Saya Bisa Melipatgandakan Traffic Web Bloggerpi Dari Google Sampai Dua Kali Lipat Dalam Sebulan!?

Bagaimana sih cara meningkatkan traffic website dari Google Search atau mesin pencari Google? Mungkin itu adalah pertanyan yang ada pada tiap blogger pemula. Karena bagaimanapun juga, traffic yang datang terus menerus tanpa perlu dicari itu ya dari Google Search. Sebagai mesin pencari di Internet nomor satu, setiap harinya tentu ada jutaan manusia yang mencari informasi dengan menggunakan Google.

Makanya, bisa dibilang traffic dari mesin pencari ini sangat gurih untuk diraih. Kalau kamu bisa berada diposisi pertama, gak perlu sering update pun ya tetap ada traffic. Misalnya, travel blog Indonesia catperku.com yang saya kembangkan dari tahun 2010. Tanpa rutin update dengan konten baru karena masih dalam masa pandemi Virus Corona pun masih ada pembacanya. Karena para pembacanya banyak datang dari Google Search.

Bandingkan dengan traffic atau pembaca yang datang dari media sosial. Ketika kita berhenti membagikan tulisan atau konten blog kita ke media sosial, tak akan lagi ada pembaca datang dari sana. Karena itu, daripada memikirkan seberapa besar Alexa Rank, DA atau PA, saya lebih fokus memikirkan bagaimana cara meningkatkan traffic website dari Google Search atau mesin pencari Google pada semua blog saya.

Perjuangan di awal mungkin akan berat. Namun ketika sudah bisa mengamankan page one halaman pertama SERP dengan konten atau artikel yang berkualitas, kompetitor akan cukup kesusahan untuk menggesernya. Dari pengalaman saya, biasanya baru bisa digeser oleh kompetitor yang berani keluar modal besar di iklan atau beli linkback. Yak, lawan terberat para blogger dan Travel Blogger Indonesia itu bukan sesama blogger, tapi para kapitalis :D. Oke, lanjut bahas topiknya saja ya.

Bagaimana Saya Bisa Melipatgandakan Traffic Pencarian Website Bloggerpi.Com Dari Mesin Pencari Google Dalam Sebulan!?

Sebelum saya mulai membahas tips untuk melipatgandakan traffic pencarian website Bloggerpi.com yang datangnya dari mesin pencari, saya mau kasih lihat gambar dibawah ini, dan menjelaskannya dulu secara singkat. Dibawah adalah data traffic organik yang datang dari Google Search untuk website Bloggerpi.com. Saya membandingkannya untuk sekitar satu bulan terakhir dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya.

Sebelum belajar bagaimana cara meningkatkan traffic website dari Google Search, kamu harus belajar baca data di Google Analytics dan Google Search Console juga ya.
Sebelum belajar bagaimana cara meningkatkan traffic website dari Google Search, kamu harus belajar baca data di Google Analytics dan Google Search Console juga ya.

Apa yang bisa dibaca dari gambar diatas? Saya akan bahas beberapa yang relevan dengan tulisan ini. Tapi sebelumnya perlu dicatat, saya bukan ahli membaca data di Google Analytics, masih belajar juga. Jadi kalau ada yang salah mohon dikoreksi di kolom komentar. Baiklah, mulai saja deh.

  • Users, atau pembaca dari Google Search naik 110.76%. Itu berarti ada banyak artikel yang saya tulis di bloggerpi.com mulai mendapat posisi yang bagus di halaman pencarian Google.
  • New Users naik 111.36%. Itu berarti ada banyak pembaca baru bloggerpi.com datang dari hasil mencari di mesin pencari Google. Efeknya, makin banyak yang tahu keberadaan bloggerpi. Membesarkan angka ini adalah satu goal belajar cara meningkatkan traffic website dari Google Search.
  • Pageviews naik 197.38%. Itu artinya, makin banyak yang baca artikel di bloggerpi dibaca. Dan, setiap orang yang berkunjung ke Bloggerpi membaca lebih dari satu halaman.  Bisa terlihat dari bagian Pages / Session yang naik sekitar 41.97%, bisa jadi hal tersebut bisa terjadi karena Bounce Rate turun 45.85%. Bounce Rate ini makin kecil makin bagus, karena itu berarti artikel atau konten di bloggerpi makin relevan dan disukai oleh pembaca. Jadi banyak pembaca yang betah berlama-lama di bloggerpi.com.
  • Avg Session Duration turun 27.62%. Ini yang paling susah, yaitu membuat pembaca betah berlama-lama baca 1 artikel atau lebih. Hampir di semua blog yang saya kelola, perlu perjuangan menaikkan bagian ini. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan ini terjadi. Pertama, minat baca netizen Indonesia memang rendah. Kedua, tulisan saya kurang bagus. Namun karena blogerpi.com ini masih baru, jadi fokus saya adalah meningkatkan traffic website sebanyak-banyaknya dulu sampai level tertentu, baru saya fokus ke bagian menahan pembaca agar betah berada di bloggerpi lebih lama.

Selain membaca data di Google Analytics, bisa membaca data di Google Search Console juga merupakan langkah awal cara meningkatkan traffic website dari Google Search. Karena data yang muncul di Google Search Console itu seperti emas atau berlian kasar yang siap dipoles agar harganya makin mahal. Dalam konteks website, data tersebut sangat berguna untuk meningkatkan traffic website kita.

Sebagai contoh, dibawah adalah perbandingan data Google Search Console bloggerpi sebulan kebelakang dibandingkan dengan sebulan sebelumnya. Apa yang bisa dibaca dari data ini?

Data Google Search Console Bloggerpi 26 Maret - 26 April 2020.
Data Google Search Console Bloggerpi 26 Maret – 26 April 2020.
Data Google Search Console Bloggerpi April 26 - May 26 2020.
Data Google Search Console Bloggerpi April 26 – May 26 2020.

Dari data diatas bisa dibaca, kalau Total Clicks naik drastis. Total click ini adalah traffic yang datang dari mesin pencari Google. Total Impression juga naik drastis, yang artinya konten bloggerpi makin sering muncul di halaman pencarian SERP Google meski bukan pada halaman satu. Makanya karena makin sering muncul di hasil pencarian tapi bukan pada halaman pertama, jadinya Average CTR Bloggerpi bisa turun dari 2.6% ke 2% saja. Kabar baiknya adalah, Average Position mulai naik, dari 18.7 ke 13.7 ( Makin kecil makin bagus, karena ini menunjukkan posisi di SERP makin naik ).

Membaca data ini, saya bisa berasumsi kalau cara meningkatkan traffic website yang saya terapkan ke Bloggerpi.com cukup berhasil. Karena pe er saya berarti tinggal optimasi OffPage SEO bloggerpi begitu trafficnya sudah tembus ke titik yang sudah saya set, sekitar 5000-an Page Views per hari. Masih jauh banget sih. Tapi tetap semangat!

Namun paling enggak saya sudah berada di jalur yang benar. Perlu dicatat juga, meski umur domain bloggerpi.com cukup tua, namun traffic bloggerpi ini stabil di 50-100 Pageviews per hari sebelum saya mulai aktif menulis disini sekitar sebulan yang lalu. Sekarang ( 30 mei 2020 ) trafficnya berada di 300-an pageviews perhari, dan pernah tembus 1000 Pageviews ketika ada salah satu artikelnya ada yang viral.

Sekarang Mari Bahas Cara Meningkatkan Traffic Website Dari Google Search, Dengan Studi Kasus Bloggerpi.com

Semua blogger pasti ingin tahu cara meningkatkan traffic website agar penghasilan Google Adsense naik, atau makin banyak project berdatangan. Saya pun juga demikian. Namun ada kalanya saya juga ingin berbagi ilmu, agar bisa bermanfaat untuk yang lainnya. Karena saya yakin, ilmu yang dibagi akan makin bermanfaat, dan membuat saya makin berkembang juga. Baiklah, mari kita bahas saja beberapa hal yang membuat traffic blogerpi.com meningkat sampai dua kali lipat dalam sebulan.

Ini Cara Saya Melipatgandakan Traffic Pencarian Website Bloggerpi.Com Dari Mesin Pencari Google Dalam Sebulan!
Ini Cara Saya Melipatgandakan Traffic Pencarian Website Bloggerpi.Com Dari Mesin Pencari Google Dalam Sebulan!

1. Membuat Konten Hampir Setiap Hari

Target saya sebenarnya setiap hari satu konten baru yang bermanfaat di bloggerpi.com. Cuma pada prakteknya ternyata enggak bisa seperti itu. Masih ada hari dimana saya tidak bisa menulis di bloggerpi.com. Soalnya selain blog ini saya juga mengelola beberapa blog, sosial media Instagram, Twitter dan dua chanel Youtube aktif di Youtube.com/catperku juga bloggerpi.com/youtube.

Selain itu menulis konten minimal 1000 kata setiap hari ternyata juga cukup menantang. Karena kenyataanya setelah melakukan riset mendalam, saya selalu menulis diatas 1000 kata. Bahkan ada yang sampai 2500 – 3000 kata untuk tiap tulisan. Dan untuk tiap tulisan saya bisa menghabiskan waktu 2-5 jam kerja. Belum lagi membuat gambar pendukung dan optimasi OnPage SEO yang wajib dilakukan sebelum mempublikasi tulisan.

2. Buat Konten Dengan Riset Mendalam, Plus Riset Kompetitor Adalah Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Traffic Website

Sebagai blog baru yang niche atau topiknya mungkin mengarah ke “Gado-Gado”, riset mendalam adalah hal yang wajib kalau mau mendapatkan posisi bagus di SERP untuk jangka panjang. Riset mendalam ini artinya, saya harus menganalisa konten tiap kompetitor yang sudah terlebih dahulu berada di halaman pertama dan posisi atas halaman pencarian SERP. Biasanya saya lakukan setelah riset kata kunci, dan saya dapatkan kata kunci yang saya gunakan untuk membuat konten artikel.

Konten para kompetitor tersebut saya baca semuanya, dan saya catat apa saja yang kurang dari mereka. Baru saya mulai menulis, dengan menambahkan kekurangan tersebut. Harapannya, tulisan saya mendapat kesempatan di hasil pencarian Google, dan kedepannya bisa menempati halaman pertama. Yang saya percaya, optimasi SEO itu marathon, dan terus menerus tanpa henti. Jadi kalau misal sekarang belum halaman pertama, kesempatan itu akan tetap ada.

Kalau menebak model Algoritma Google yang sekarang, modal awal untuk bisa bersaing di halaman pertama itu adalah konten yang bagus. Dan konten bagus biasanya adalah artikel SEO Friendly yang ditulis dengan riset mendalam. Paling tidak itu yang terjadi di beberapa blog saya yang lainnya. Jadi artikel yang dibuat dengan riset mendalam, kemungkinannya besar untuk memenangkan perebutan posisi pertama di halaman SERP Google.

3. Buat Konten Mengikuti Trending Dan Punya Potensi Viral

Sejak dari tahun 2015, saya mulai belajar menulis konten yang viral. Meski tidak selalu, namun ada beberapa tulisan saya yang sempat viral dan dibaca cukup banyak orang. Caranya gimana? Ya rajin menulis dan membaca. Karena bisa dibilang konten yang viral ini adalah jembatan dan salah satu cara meningkatkan traffic website. Dari pengalaman saya, konten yang SEO Friendly lalu viral, kemungkinan besar bisa memenangkan posisi pertama.

Meski kadang masih menjadi perdebatan, Social Signal dianggap sebagai salah satu faktor suatu konten atau tulisan mendapatkan posisi pertama pada halaman SERP. Saya sih memilih untuk mempercayainya. Toh meskipun pada akhirnya belum bisa mendapatkan posisi pertama di halaman pencarian, paling tidak kita sudah mendapatkan traffic yang cukup lumayan dari media sosial.

Misalnya, salah satu artikel bloggerpi.com yang sempat viral adalah tentang Kartu Prakerja disini. Atau tentang pengalaman buruk saya diajak kerjasama oleh UC News disini. Bahkan sampai sekarang dengan kata kunci UC News, bloggerpi masih sering muncul di halaman pertaman SERP Google. Nah, dari situ bloggerpi sudah dapat ribuan pageviews lho. Lumayan banget kan?

4. Incar Long Tail Keyword, Dan Kalau Bisa Utamakan Yang Volume Pencariannya Besar

Apa itu Long Tail Keyword? Untuk detailnya bisa dicari di Google saja, karena saya belum menulis tentang hal ini di bloggerpi. Namun yang jelas, salah satu contoh Long Tail Keyword ya kata kunci artikel ini, “Cara Meningkatkan Traffic Website”. Sengaja saya beritahukan karena disini saya tidak mengincar halaman pertama untuk waktu dekat.

Soalnya yang berada di posisi pertama dengan kata kunci tersebut website besar semua, berumur, dan tentunya tidak kalah berkualitas. Tujuan saya menulis ini memang untuk berbagi ilmu, dan semoga ilmu yang masih sedikit ini bisa bermanfaat untuk orang lain juga. Toh kalau memang tulisan ini berguna dan bermanfaat, pasti banyak yang mau baca sampai selesai, dan mungkin membagikannya. Bukankah begitu?

5. Kombinasikan Konten Video Di Youtube Dengan Tulisan Juga Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Traffic Website Yang Tak Banyak Dilakukan Blogger Lain

Saya secara tidak sengaja mengamati, kalau konten dengan video dari Youtube bisa ikut meningkatkan posisi tulisan di halaman SERP. Ya, ini adalah salah satu cara meningkatkan traffic website yang tergolong baru. Karena beberapa tahun lalu, melakukan embed video dengan iframe itu katanya tidak ramah dengan Google Bot, jadi bisa membuat posisi tulisan turun di hasil pencarian.

Namun sekarang sepertinya hal itu tidak berlaku lagi. Entah karena Google Bot semakin pintar, atau memang karena saya embed konten video dari Youtube ya? Kan Youtube itu produk Google, jadi gak akan terpengaruh. Entahlah, ini masih menjadi misteri juga buat saya. Namun banyak dari tulisan yang ada embed video dari Youtube rankingnya membaik di halaman SERP.

Saya juga banyak melihat media pengabdi Adsense seperti Tribun mulai memperbanyak konten video di Youtube yang kemudian disisipkan di tulisan. Kalau begitu apa artinya? Ya ikuti saja dulu deh. Nggak ada ruginya. Karena sejak menyisipkan konten dari channel Youtube saya, subscribernya makin cepat naik. Itu berarti penghasilan Google Adsense juga naik.

Seperti peribahasa, sekali buat konten traffic blog naik, subscriber Youtube naik, begitu juga dengan pendapatan Google Adsense. Lha, peribahasa darimana? Enggak tahu, saya juga baru memikirkannya ketika menulis ini. Terus, kalau kamu mau tahu seperti apa konten yang disisipi video dari Youtube, kira-kira seperti tulisan “Cara Optimasi Setting Channel Youtube untuk Youtuber Pemula” disini.

6. Gunakan Judul Yang Menarik Dan Ada Kemungkinan Viral

Optimasi judul tulisan adalah salah satu cara meningkatkan traffic website yang terlihat sepele. Namun kalau diterapkan dengan benar, ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan traffic. Ya, judul ini bisa menentukan apakah suatu artikel bakalan viral atau enggak. Biasanya saya membuat tiga judul yang berbeda.

Pertama, judul yang khusus untuk diperlihatkan di blog saja, judul untuk diperlihatkan di Sosial Media seperti Facebook dan Twitter, lalu judul khusus untuk Google Bot dan pembaca yang mencari informasi dari Google Search. Untuk judul yang hanya tampil di halaman blog, biasanya lebih ke natural, relevan dengan isi artikel.

Sementara untuk judul dengan target ke media sosial biasanya sedikit klikbait, dan membuat orang mau share, juga yang berpotensi viral. Judul untuk ditampilkan di media sosial bisa sama dengan judul yang ditampilkan di blog, atau bisa juga berbeda. Lalu yang terakhir adalah judul untuk Google Bot biasanya saya buat dengan melihat kaidah optimisasi OnPage SEO.

7. Optimasi Website Adalah Cara Untuk Meningkatkan Traffic Website Yang Tidak Bisa Dilewatkan!

Apa maksud dari Optimasi Website disini? Maksudnya adalah, kamu harus menjaga website atau blog kamu bersih dari error. Caranya bisa dengan memanfaatkan Google Search Console, atau dengan melihat log web server jika kamu menggunakan VPS dan WordPress Self Hosted. Untuk pengguna Blogspot sih, paling rajin cek Google Search Console aja, untuk cek apakah ada error di bagian indexing Google Bot.

Nah, kalau pengguna WordPress Self Hosted seperti saya, ada banyak yang perlu dilihat. Mulai dari Server ( Karena saya kelola server sendri ), plugin wordpress yang digunakan, hingga tentunya error yang ditemukan di Google Search Console juga Google Adsense. Yang pasti, mengelola server dan menggunakan WordPress Self Hosted itu lebih banyak yang harus dikerjakan.

Namun bagaimana lagi, untuk customisasi dan otomatisasi lebih enak menggunakan WordPress Self Hosted sih. Kalau kamu mau pakai WordPress Self Hosted tapi bingung mau urus sendiri, kamu bisa menyewa jasa buat blog WordPress Self Hosted dan maintenancenya. Selain mengelola blog sendiri, saya juga buka jasa maintenance blog, dan jasa buat blog WordPress ya.

8. Manfaatkan Media Sosial Dengan Baik

Salah satu faktor kenapa saya bisa meningkatkan traffic website Bloggerpi dengan cepat mungkin karena saya punya cukup banyak media sosial dengan subscriber dan follower yang bisa dibilang lumayan. Jadinya untuk urusan mendapatkan sosial signal agak gampang. Karena saya tinggal memanfaatkan jaringan media sosial yang ada kelola.

Yah, ternyata beberapa tahun ternak media sosial ternyata ada gunanya juga. Namun intinya adalah, manfaatkan media sosial kamu dengan baik. Jangan cuma dipakai untuk berbagi konten hoax atau konten viral yang kurang berguna. Lebih baik digunakan untuk berbagi konten bermanfaat dari blog yang kamu buat. Iya enggak?

Update Perkembangan Website Bloggerpi Berkala Untuk Benchmark

Pada bagian ini akan saya gunakan untuk update perkembangan bloggerpi baik dari segi meningkatkan traffic website bloggerpi atau berkaitan dengan penghasilan bloggerpi.com dari adsense.

1. Update 14 Juni 2020

Traffic website bloggerpi masih stabil pada sekitar 400-an pageviews per hari. Namun peningkatan penghasilan Google Adsense yang cukup signifikan pada bulan juni, bahkan bisa mendekati travel blog wisata saya catperku.com juga mengalahkan salah satu blog yang sudah saya develop dari tahun 2014.

***

Nah, kira-kira sampai disini dulu ya tulisan tentang cara meningkatkan traffic website dengan studi kasus bloggerpi.com ini. Sudah lebih dari 2200 kata nih. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk siapapun yang membutuhkannya. Kalau ada tambahan, atau data baru saya bakal update juga tulisan ini. Kamu juga bisa menambahkan yang mungkin belum saya jelaskan disini lewat kolom komentar dibawah ya! Terimakasih sudah membaca, dan bisa dibagikan ke temannya kalau merasa ini layak untuk dibagikan!


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com


Comments

  1. Ikut Newmont Bootcamp banyak untungnya. Salah satunya bisa mengetahui ada penulis dan konten sebagus dan selengkap ini. Semoga bisa menyerap ilmunya ya kang.

  2. Mas, saya mau tanya. Mungkin ini OOT. Begini Mas, Web saya kan ada kerja sama dengan platform BABE (BACA BERITA), meski banyak yang membaca, tapi kok ya adsense yang saya terima cuma ratusan perak. Apakah BABE itu jadi pengaruh besar, Mas, terutama dari segi penghasilan adsense?

    Dan apakah bisa meminta kepada pihak BABE untuk berhenti bekerja sama?

    1. saya kurang suka sih sama platform konten aggregator seperti itu. berpotensi mengurangi traffic ke blog kita. logikanya kalau orang sudah baca di BABE, apa mau buka blog kita lagi? dari pengalaman kecil sekali traffic yang masuk dari konten aggregator. Kalau saya pernahnya diajak kerjasama sama uc news dan bermasalah, akhirnya ya kirim email minta konten saya dihapus semua dari platform UC News. Ceritanya disini : https://www.bloggerpi.com/pengalaman-buruk-kerjasama-dengan-uc-news/

  3. Wah, study case-nya lengkap banget. Bia jadi bahan referensi juga bagi saya untuk terus meningkatkan traffic blog saya yang masing unyu-unyu.

    Btw, internal link mantap sekali mas. Banyak sekali dalam satu artikel.

    1. berdasarkan pengalaman pribadi aja. kebetulan niche travel memang lagi sangat terpuruk pada masa pandemi, jadi harus banting setir dulu ke niche non travel. Targetnya sih bisa tembus 10K PV per hari. internal link asal relevan gak masalah, kayak wikipedia aja tuh, internal linknya buanyak kan. yang harus dibatasi itu link keluar, gak bisa ngasal 😀

  4. Tulisan seperti ini yang saya cari, bahasanya santai, tapi pas dan bisa dimengerti, urutan penjelasannya teratur. Jadi kepengen bisa kayak gini, tapi yaaa, menulis saja masih tahap belajar, apalagi mengelola self hosted sendiri. Mantap artikelnya.

Leave a Reply