Musik Gratis Untuk Youtube Download Dimana Sih? Disini Aja!

Download musik gratis untuk youtube itu dimana sih? Jadi, selain musik gratis dari Youtube Audio Library, ada juga beberapa tempat lainnya untuk download musik secara gratis yang akan dibahas di tulisan ini.

Tentu saja musik ini bisa kamu gunakan pada video untuk channel youtube kamu. Nah, mengenai musik atau backsound video di Youtube ini kadang bikin Youtuber pemula bingung nih. Biasanya para pemula ini bingung mau download lagu gratis untuk channel Youtube dimana. Terutama musik atau lagu yang bebas copyright.

Karena itu, pada tulisan ini bloggerpi.com akan berbagi beberapa tempat download musik gratis untuk Youtube. Jadi kamu enggak perlu bingung lagi mencari tahu lagi musik gratis untuk kamu pakai pada video Youtube kamu.

Karena disini akan saya bahas beberapa tempat atau website yang sering saya gunakan untuk mencari backsound musik di beberapa Youtube Channel yang saya kelola.

Semuanya pasti gratis, dan bisa dipakai berkali kali di channel Youtube kamu. Beberapa dari website ini sering saya kunjungi sebagai tempat dowload musik gratis untuk Youtube Channel saya bloggerpi.com/youtube atau channel utama yang isinya kebanyakan berupa travel vlog Indonesia di youtube.com/catperku. Siapa tahu ada yang perlu mengenai informasi ini. Nah, baca, atau tonton videonya juga dibawah sampai selesai ya!

Jadi Musik Gratis Untuk Youtube Download Dimana Saja Sih?

Untuk yang benar-benar gratis tanpa perlu mencantumkan credit, biasanya saya pakai dari Youtube Audio Library atau Facebook Audio Library. Namun untuk pilihan yang lebih banyak, saya menggunakan Non-Copyrighted Music Atau Non-Copyrighted Song dari Soundcloud dan beberapa website lainnya. Memang bedanya apa? Bisa ditonton pada video dibawah ini, atau dengan membaca tulisan ini sampai selesai ya kalau mau tahu bedanya.

 

Musik Gratis Untuk Youtube Download Dimana Sih? Disini Aja Ya! [ Tutorial Youtube ]

 

Download Musik Gratis Dari Youtube Audio Library

Mempunyai akun Youtube itu artinya kamu bisa mengakses yang namanya Youtube Audio Library, tempat dimana kamu bisa mengakses banyak lagu atau musik yang bisa kamu gunakan pada video atau vlog kamu secara gratis. Untuk mengakses Youtube Audio Library ini kamu tingal membuka alamat ini : https://www.youtube.com/audiolibrary/music?nv=1. Gampang kan?

Download Musik Gratis Dari Youtube Audio Library.
Download Musik Gratis Dari Youtube Audio Library.

Alternatifnya, kamu bisa akses Youtube Audio Library ini dari dashboard Youtube Studio kamu. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Login ke Dashboard Youtube Studio Channel kamu.
  2. Cari menu “Audio Library” dari deretan menu yang ada di bagian kiri, seperti pada gambar diatas.
  3. Jika menu “Audio Library” kamu klik, halaman “https://www.youtube.com/audiolibrary/music?nv=1” akan terbuka.
  4. Kamu tinggal download musik gratis dari Youtube dengan memilih tabs “Free Music” atau “Sound Effect”.
  5. Semua musik disini gratis digunakan, dan bisa dipakai untuk monetisasi video kamu di Youtube. Namun ada yang perlu dicatat seperti statement dari Youtube ini :  “If you see an attribution-required icon next to a track, make sure to credit the original artist in your video description.” Itu artinya, jika terdapat logo atau icon tersebut, kamu harus memberikan credit kepada creator asli musik tersebut pada deskripsi video jika kamu gunakan.
BACA JUGA :  Jadi Youtuber Pemula, Apa Saja Persiapannya?

Gampang banget kan? Selama menggunakan musik dari Youtube Audio Library saya belum pernah sih kena copyright claim. Karena rata-rata musik yang ada dari sini hampir sebagian besar gratis digunakan tanpa perlu credit dan sudah pasti bisa dimonetisasi.

Bebera musik dari Youtube Audio Library yang gratis bisa kamu lihat dan dengarkan pada video yang ada di bawah ini.

5 Best Free Copyright Background Music For Vlog And Motovlog From Youtube Audio Library!
Untuk judul lagu musik gratis untuk Youtube pada video diatas adalah sebagai berikut:
  1. A Long Cold – Riot ( Pada Menit 0:00)
  2. Spring In My Step – Silent Partner ( Pada Menit 01:46)
  3. Blue Skies – Silent Partner ( Pada Menit 03:44 )
  4. About That Oldie – Vibe Tracks ( Pada Menit 06:24 )
  5. Safety Net – Riot ( Menit Pada 08:16)

Selain beberapa judul diatas, dibawah ini juga merupakan beberapa No Copyright song yang bisa kamu gunakan sebagai backsound video Youtube kamu secara gratis.

  1. Beat Your Competition – Vibe Tracks
  2. Bike Rides – The Green Orbs
  3. If I Had a Chicken – Kevin MacLeod
  4. Parasail – Silent Partner
  5. Vacation Uke – ALBIS

Semua musik gratis untuk Youtube diatas, bisa kamu download disini ya.

Atau kamu bisa juga download Youtube musik gratis untuk motovlog dan vlog dari Youtube. Beberapa musik gratis yang bisa kamu pakai contohnya seperti pada video dibawah ini.

Best Non Copyrighted Background Music For Motovlog, Vlog! [ Taman Nasional Bali Barat Indonesia ]
Judul lagu pada video diatas daftarnya adalah sebagai berikut:
  1. Edward Smith – Riding (Motovlog – Vlog No Copyright Music)
  2. Not For Nothing, Otis McDonald (Motovlog – Vlog No Copyright Music) | Background Music For Videos
  3. Rock Angel , Joakim Karud (Motovlog – Vlog No Copyright Music) | Background Music For Videos
  4. Not Too Cray, Huma-Huma (Motovlog – Vlog No Copyright Music) | Background Music For Videos
  5. Otis McMusic, Otis McDonald (Motovlog – Vlog No Copyright Music) | Background Music For Videos
  6. Lullaby, Joaklm Karud (Motovlog – Vlog No Copyright Music) | Background Music For Videos
  7. Joakim Karud – Enjoy (Motovlog – Vlog No Copyright Music) | Background Music For Videos
  8. G – Wiz – Betty White (Motovlog – Vlog No Copyright Music) | Background Music For Videos
BACA JUGA :  Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube Bagaimana?

Musik Gratis Dari Facebook Audio Library AKA Facebook Sound Collection

Musik gratis dari Facebook Audio Library AKA Facebook Sound Collection.
Musik gratis dari Facebook Audio Library AKA Facebook Sound Collection.

Facebook juga tidak mau ketinggalan menyediakan musik gratis untuk menarik minat para konten kreator membuat video original di platform Facebook.

Mungkin karena sekarang Facebook ini mulai mencoba mengejar facebook dengan “Facebook Watch”, sebuah fitur dari facebook yang mengkhususkan diri untuk menampilkan video dari konten kreator.

Meski sekarang facebook watch ini masih tergabung dengan facebook, bukan tidak mungkin kedepannya bisa menjadi sebuah platform yang terpisah seperti Youtube.

Makanya, Facebook ini juga menyediakan koleksi musik gratis yang bisa digunakan di Facebook Sound Collection. Meski di facebook, ini juga bisa kamu gunakan sebagai tempat download musik gratis untuk Youtube video kamu ya. Untuk cara dowloadnya, kamu ikuti saja langkah dibawah ini.

  1. Kamu harus sudah login ke facebook.
  2. Buka link : facebook.com/creatorstudio/
  3. Pada deretan menu yang ada di sebelah kiri, cari menu Creative Tools lalu klik saja.
  4. Setelah klik menu Creative Tools, akan muncul dua menu Sound Collection. Disitulah kamu bisa dapat musik gratis, selain musik gratis dari Youtube!

Download Musik Gratis Untuk  Youtube Dari Soundcloud

Selain musik gratis dari Youtube Library dan Facebook, Soundcloud adalah salah satu tempat favorit saya untuk download musik gratis untuk youtube video yang saya buat.

Biasanya saya download di Free Music For Vlog disini : https://soundcloud.com/freemusicforvlogs. Selain disitu, ada banyak musik gratis yang bisa digunakan di Soundcloud ini, meski sebagian besar harus mencantumkan credit ke kreator musik asli jika kamu menggunakannya untuk video kamu.

Beberapa bahkan akan terkena copyright claim terlebih dahulu, namun kemudian bisa dilakukan “dispute” content id dengan menyatakan kalau kamu sudah diijinkan menggunakan musik tersebut karena sudah mencantumkan kredit pada deskripsi video Youtube kamu. Kadang ada juga yang namanya false claim, dimana seseorang yang bukan kreator asli sengaja melakukan klaim palsu pada video kamu.

Free Music For Vlog.
Free Music For Vlog.

Kalau ini terjadi, dan kamu tidak merespon dengan cara “dispute”, mereka bisa memonetise video kamu. Tenang saja, asal musik yang kamu gunakan pada video kamu memang diijinkan oleh kreator aslinya untuk kamu gunakan, kamu tetap bisa memonetize video kamu. Ini sering terjadi pada channel utama saya kok. Dengan catatan, kamu juga memberikan kredit pada kreator asli pada kolom deskripsi video sesua aturan masing masing kreator.

Terus, satu hal lagi yang perlu kamu waspadai adalah jika tiba-tiba musik gratis dari kreator tertentu akhirnya dilisensi. Itu artinya jika kamu tidak membeli lisensi, kamu tidak akan bisa memonetize video kamu. Bisa dibilang ini adalah salah satu kelemahan download musik gratis untuk Youtube video berupa Non-Copyright Music yang ada di Internet. Kita tidak akan tahu kapan musik tersebut akhirnya akan berlisensi.

BACA JUGA :  Cara Mendapatkan Subscriber Youtube Dengan Cepat, Termasuk Menggunakan Youtube Algorithm Hack

Hal ini pernah terjadi pada salah satu lagu yang saya pakai. Kebetulan lagu tersebut sudah banyak dipakai pada banyak video Youtube saya. Untungnya, harga lisensi musiknya tidak terlalu mahal.

Jadi saya pun membeli lisensinya saja agar bisa memonetise semua video yang menggunakan lagu tersebut. Memang, paling aman itu ya menggunakan musik berlisensi. Jadi gak bakal dapat kejutan copyright claim tiba-tiba pada musik yang digunakan pada video kita. Saya sendiri berlangganan musik berlisensi murah untuk Youtube di element.evanto.com disini.

Non-Copyrighted Music Atau Non-Copyrighted Song Dari Website Lainnya

Selain beberapa yang sudah disebutkan diatas, dibawah ini adalah tempat saya mendapatkan musik gratis untuk video di Youtube. Namun perlu dicatat, sebelum kamu gunakan untuk video kamu sebaiknya di lakukan test dulu. Karena mungkin ada musik yang ketika diupload pada bebebrapa website dibawah ini awalnya gratis, ternyata sekarang sudah dilisensi oleh kreator aslinya.

Nah, itu dulu deh. O iya, kalau ada saran dimana tempat download musik gratis untuk Youtube boleh ya berkomentar di kolom komentar dibawah!

Pertanyaan Seputar Non-Copyrighted Music Atau Non-Copyrighted Song Yang Perlu Kamu Tahu

Nah, kalau ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin akan kamu tanyakan seputar Non-Copyrighted Music Atau Non-Copyrighted Song, termasuk jawabannya.

Dimana saya bisa download musik gratis untuk Youtube?

Kamu bisa mendapatkan dari yang namanya Youtube Audio Library, Facebook Sound Collection, Soundcloud dan beberapa website yang ada di tulisan ini. Bisa dibaca buat kamu yang lagi belajar Youtube deh!

Apakah musik gratis tersebut aman digunakan dan gak akan kena Copyright?

Kalau dibilang 100 persen aman dari copyright strike sih iya. Namun untuk bisa terus dimonetise bisa iya, bisa enggak. Karena kadang ada lagu atau musik gratisan yang tiba-tiba dilisensi oleh kreatornya. Kalau itu terjadi, untuk bisa memonetise video, kamu harus beli lisensinya.

Tempat terbaik untuk mendapatkan musik bebas copyright yang bisa digunakan pada Youtube?

Cara paling aman adalah menggunakan musik berbayar. Ada banyak kok tempat untuk beli musik berlangganan yang murah. Misal, langganan 200 USD pertahun udah bisa download ratusan ribu musik secara gratis dan unlimited. Saya sih menggunakan element.evanto.com untuk download musik unlimited buat video di Youtube ya. Disitu saya gak cuma bisa menggunakan ratusan ribu musik secara gratis, namun juga bisa download ribuan theme wordpress, foto dan beberapa item menarik lainnya. Cek aja sendiri deh.

***

Oke, semoga informasi mengenai musik gratis dari youtube juga download musik gratis untuk youtube itu dimana yang ada disini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mengembangkan channel Youtube ya. Kalau merasa ini berguna, boleh dibagikan ke teman lainnya yang mungkin juga membutuhkan informasi ini. Terimakasih!


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *