Jadi Youtuber Pemula, Apa Saja Persiapannya?

Kalau mau jadi Youtuber pemula, apa saja sih persiapannya? Oke, kalau mau tahu baca tulisan ini sampai selesai. Jadi, mungkin kamu tahu tulisan ini setelah tahu berapa gaji Youtuber pemula di tulisan ini. Atau kamu secara tidak sengaja menemukan tulisan ini dari mesin pencari. Yang jelas, menemukan tulisan tentang tutorial youtuber disini bukanlah hal yang buruk ya.

Apalagi, menurut pengalaman saya, jadi Youtuber pemula itu kadang suka bingung mau mulai belajar darimana. Namanya juga pemula, enggak langsung bisa bikin video keren. Bukan cuma itu, bahkan kadang mau fokus ke niche apa di channel youtube yang baru saja masih bingung. Nah, berawal dari itulah saya menulis ini di bloggerpi.com.

Karena saya pernah mengalami sendiri, bagaimana memulai channel Youtube baru itu usahanya lumayan banget. Jadi Youtuber pemula memang harus banyak belajar hal baru. Nah, karena itu saya mau berbagi disini mengenai proses awal memulai jadi Youtuber dari nol subscriber dengan membuat channel baru di bloggerpi.com/youtube.

Jadi Youtuber Pemula, Apa Saja Persiapannya?
Jadi Youtuber Pemula, Apa Saja Persiapannya?

Bakal dibahas pelan-pelan berdasarkan studi kasus, lalu dibuat tulisan di bloggerpi.com ini. Kamu juga boleh subscribe channel Youtube Bloggerpi ya! Mungkin kamu orangnya lebih nyaman nonton video tutorial Youtube daripada membaca tulisan tutorial disini. Oke, sekarang mari dimulai saja!

Jadi Youtuber Pemula, Apa Saja Persiapannya?

Kamu bisa melihat video tutorial jadi Youtuber pemula harus ngapain di video yang ada dibawah ini.

 

 

Atau, kamu bisa juga membaca penjelasan secara tertulis dibawah ini. Melihat video lalu membaca tulisan dibawah ini juga boleh banget.

1. Punya Atau Buat Akun Google

Tentu saja sebelum memulai apapun, kamu harus punya yang namanya Akun Google. Biasanya akun ini otomatis akan didapatkan ketika mendaftar Google Mail. Kalau kamu sudah punya Google Mail atau Gmail, berarti kamu tinggal bikin akun Youtube saja ya.

Namun sebelum mulai bikin, paling enggak kamu harus baca dulu tulisan ini sampai di point kedua. Atau, kalau kamu perlu tutorial cara bikin akun Google di Indonesia dan Gmail, akan saya tulis di tulisan terpisah. Begitu juga mengenai langkah-langkah membuat akun Youtube untuk pertama kali.

2. Tentukan Niche Atau Topik Yang Bakal Dibahas Di Channel Youtube Kamu Nanti

Setelah punya akun Google, sebelum mulai buat channel baru, kamu harus tentukan niche channel kamu terlebih dahulu. Biar kamu nggak bingung dan tersesat ketika bikin dan upload video. Cara tentukan niche bisa dengan melihat channel yang sudah ada atau dari cari info di Google Search. Namun yang pasti, sesuaikan dengan hobi, minat dan skill kamu biar bikin video buat channel yotube baru kamu lebih mudah.

Jangan kayak saya waktu baru punya channel Youtube dulu. Saya pertama kali membuat channel youtube (secara tidak sadar) sekitar tahun 2012. Waktu itu saya enggak tahu Youtube itu apa, atau ternyata kalau diseriusin pendapatan Youtuber pemula sekalipun bisa dibilang lumayan. Ya, saya pertama kali buat channel youtube.com/catperku cuma buat upload video asal.

Kalau gak salah ingat video yang pertama kali saya upload ke channel pertama saya itu video Kucing yang saya selamatkan dari jalanan. Tapi videonya sudah saya private, jadi nggak bisa dilihat publik lagi deh. Yah, wajar, jadi Youtuber pemula kalau gak pake belajar itu suka bingung mau upload apa.

Makanya, meski saya bikin channel Youtube dari tahun 2012, tapi baru mulai serius bikin video di tahun 2018 pertengahan, dan mulai mendapatkan uang dari Youtube pertama kali di awal tahun 2019. Coba saya sudah langsung serius dari 2012 ya. Namun, tidak ada kata terlambat kalau mau belajar.

3. Buat Akun Youtube Sesuai Topik Yang Sudah Kamu Putuskan / Tentukan

Nah, langkah selanjutnya untuk melangkah jadi Youtuber pemula, kamu tinggal bikin ya channel tadi. Kan mau bikin niche apa sudah dapet nih idenya. Tinggal kasih nama channel Youtube baru kamu dengan nama yang harus relevan dengan niche.

Misal untuk channel pertama saya saya kasih nama branding “Catperku”, sesuai dengan blog saya catperku.com yang merupakan kependekan dari “Catatan Perjalananku”. Atau channel saya yang baru “Bloggerpi” karena rencana saya di channel ini akan membahas seputar blogging, SEO, Youtube dan hal lain yang masih relevan.

4. Setting Channel Youtube Kamu Dengan Benar

Oke, anggap kamu sudah bisa bikin channel baru, lalu apa langkah selanjutnya untuk jadi Youtuber pemula? Sebelum mulai bikin video untuk channel kamu, langkah yang harus kamu lakukan adalah mengatur “setting” dasar dari channel kamu yang baru. Ada banyak hal yang bisa dioptimasi di channel kamu yang baru seperti yang saya ulas di video setting channel Youtube yang baru dibawah. Bisa ditonton dulu untuk optimasi setting channel Youtube baru kamu. Baru lanjut riset topik untuk video baru.

 

5. Riset Topik Yang Akan Dibahas Untuk Buat Video

Oke, setelah setting channel baru selesai dilakukan, tentu kamu harus bikin konten video buat diunggah ke channel kamu. Biasanya nih, mencari ide konten video itu tantangan terbesar ketika jadi Youtuber pemula. Tenang, kamu enggak sendiri. Saya pernah mengalaminya juga dahulu. Karena itu saya akan berbagi tips di bagian ini.

Kalau bingung, video pertama bisa berisi perkenalan, menceritakan Channel Youtube kamu itu isinya apa saja nanti. Atau bisa juga mencari informasi seputar topik yang berhubungan dengan niche channel kamu. Contohnya, kalau saya mau bikin channel traveling. saya akan mencari tempat wisata apa yang terkenal di dekat rumah saya.

Tinggal bikin saja video tentang tempat itu. Mudah dan murah karena dekat rumah. Atau kamu juga bisa memanfaatkan tools riset kata kunci seperti Ubersuggest deh. Gimana cara pakainya? Nanti bakal saya bikinkan video tersendiri mengenai riset kata kunci untuk membuat video di channel bloggerpi disini : bloggerpi.com/youtube. Enak ya jadi Youtuber pemula sekarang, banyak yang kasih tutorial.

6. Produksi Video

Kalau ide sudah dapet, tentu langsung saja produksi videonya. Gak usah nunggu lama, nanti idenya keburu lupa. Namun untuk produksi video tentu saja kamu harus punya perlengkapan dan peralatan Youtuber. Kira-kira peralatan apa saja yang perlu kamu butuhkan ya?

Sebenarnya peralatan Youtuber apa yang kamu perlukan ini tergantung niche channel Youtube kamu sih. Misal, untuk channel Bloggerpi yang baru, hanya dengan :

  • Laptop / PC
  • Sofware Tangkapan Layar (Buat rekam layar, bakal saya jelasin di video tersendiri juga nanti)
  • Microphone External (Clip on)
  • Smartphone (untuk Internet)

Sudah cukup lho. Lalu mungkin dengan keberadaan kamera akan bisa membantu, meski bukan yang utama. Toh Smartphone jaman sekarang itu kameranya sudah cukup bagus untuk membuat video.

Bahkan saya pernah beberapa kali membuat video untuk channel pertama saya dengan modal Smartphone saja. Pokoknya, jadi Youtuber pemula itu harus bisa memanfaatkan yang ada dulu. Secara, hasilnya belum ada, jadi harus bisa memulai meski modal minim.

7. Edit Video, Jadi Youtuber Pemula Jangan Malas Ya!

Nah, kalau proses produksi jadi, rekaman video sudah selesai, waktunya di edit deh. Meski sebenarnya nggak diedit pun ya gak masalah, karena saya juga tahu ada beberapa Youtuber sukses yang videonya minim editing. Namun, kalau kamu mau jadi Youtuber pemula yang terus belajar berkembang, sebaiknya videonya diedit saja. Kalau sotfware video editor yang gratis tapi bagus dan legal ada banyak, seperti yang pernah saya tulis disini. Atau kalau mau edit video di Smartphone juga bisa. Kapan-kapan saya bikinkan ulasannya di bloggerpi.com dan channel Youtubenya deh.

 

 

8. Upload Video Ke Channel Kamu

Kalau proses edit video sudah selesai, kamu tinggal upload atau unggah videonya ke channel kamu yang baru. Proses ini bisa kamu lakukan lewat PC/Laptop. Atau bisa juga kamu upload video Youtube dengan Smartphone ya. Keduanya bisa kok, Mungkin kapan kapan bakal saya bikin juga video tutorialnya.

 

 

9. Optimasi SEO Video Yang Sudah Diupload Di Channel Kamu

Ya, jadi Youtuber pemula harus mau belajar SEO, sama seperti seorang blogger. Karena teknik dasar SEO yang biasa diterapkan di blog juga bisa digunakan di Youtube. Makanya, kalau punya waktu dan sempat, belajar ya. Tenang saja, disini bakal banyak berbagi seputar SEO juga kok nanti. Sabar yaa!

 

 

10. Promosi Video Yang Sudah Diupload Dan Dipublish, Jadi Youtuber Pemula Harus Militan Promosi Channel Biar Dapat Banyak Views Dan Subscriber

Promosi video yang sudah kamu unggah dan tayangkan adalah langkah selanjutnya. Promosi ini ada banyak caranya, jadi kalau dibahas secara detail, bakal jadi satu video atau satu blogpost sendiri. Namun hal paling mendasar mengenai promosi video Youtube itu bisa dilakukan dengan membagikannya di media sosial pribadi, dan nodong langsung teman dekat buat nonton plus Subscribe. Paling enggak itu yang saya lakukan untuk mendapatkan 1000 subscriber pertama di channel pertama saya Youtube.com/catperku.

11. Ulangi Dari Proses Nomor 5 Dengan Konsisten, Ini Kunci Utama Jadi Youtuber Pemula Yang Sukses!

Ini yang terakhir. Meski terlihat sepele, ini adalah bagian yang terpenting dari semua poin sebelumnya. Karena menurut saya, tips dan trik, tutorial atau informasi apapun nggak akan berguna kalau tidak dibarengi dengan “KONSISTENSI”. Ya, tantangan jadi Youtuber pemula paling berat adalah konsistensi ini.

Konsisten membuat video baru, konsisten belajar hal baru, dan konsisten untuk mengembangkan channel yang baru, dan konsisten untuk tidak berhenti dan menyerah. Oke, sampai disini saja ya torialnya sederhananya! Semoga berguna dan bermanfaat untuk yang memerlukan. Kalau ada pertanyaan, langsung saja ditanyakan di videonya. Biar yang lain juga baca. Terimakasih!


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com


Comments

Leave a Reply