Cara Setting Channel Youtube Agar Banyak Yang Nonton Gimana?

Cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton gimana? Sebenarnya ada banyak sih caranya, namun yang pasti nggak ada cara instant ya. Ada prosesnya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun sebelum mengunggah atau upload video pertama, sebaiknya ada beberapah hal yang perlu diperhatikan.

Misalnya, pada bagian kustomisasi channel atau “customize channel”, terus bagian “channel arts” juga penting untuk diperhatikan. Minimal dengan setting yang lengkap, channel kamu bakal dipertimbangkan untuk disubscribe, dan dianggap sebagai channel yang niat. Soalnya, kalau bagian dasar aja belepotan, orang mungkin males mau nonton channel youtube kamu.

Jadi, memoles bagian muka pada bagian “customize channel” itu adalah salah satu awal dari cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton. Baru setelah itu dilanjutkan ke level selanjutnya seperti pada bagian riset kata kunci sebelum buat video, atau belajar bagaimana edit video yang baik dan benar.

Lalu Cara Setting Channel Youtube Agar Banyak Yang Nonton Gimana? Apa Saja?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk optimasi channel youtube, bahkan sebelum kamu mengunggah video pertama. Buat yang males baca, bisa langsung tonton saja video blog yang saya buat di channel Youtube saya yang baru dibawah ini. Boleh juga ya subscribe ke channel youtube saaya disini : bloggerpi.com/youtube. Terutama buat kamu yang pengen mendapatkan video baru seputar Youtube, SEO, Blogging dan beberapa hal menarik lainnya.

 

Tutorial Belajar Youtube Untuk Pemula : Optimasi Setting Youtube Channel Dari Nol Subscriber

 

Tentu saja, selain pada video diatas, akan saya bahas satu persatu disini mengenai cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton. Jadi boleh banget dibaca sampai selesai tulisan ini. Dan, kalau kamu merasa tulisan ini bermanfaat, kamu bisa bagikan di media sosial, atau ke teman-teman kamu lainnya yang mungkin juga membutuhkan.

BACA JUGA :  Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Tanpa Google Adsense?

Oke, mari mulai dibahas satu per satu! Dari Bagian Paling Depan

Karena bagian paling depan dari channel youtube kamu ini cukup menentukan.

Mengisi bagian Customize Channel dengan lengkap adalah salah satu cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton!
Mengisi bagian Customize Channel dengan lengkap adalah salah satu cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton!

1. Pastikan Bagian “Customize Channel” Sudah Diiisi Semua.

Memangnya apa saja sih yang ada disini? Oke, disini saya akan menyorot tentang Channel Art, Channel Icon, Featured Channel, dan Featured Video seperti yang tertera pada tangkapan layar channel Youtube bloggerpi dibawah ini. Kamu bisa membaca penjelasannya lebih lanjut dibawah gambar ini ya.

Customize Channel
  1. Channel Icon. Bagian ini bisa diisi dengan icon yang bisa merepresentasikan kamu atau channel kamu. Contohnya seperti diatas.
  2. Channel Art. Berguna untuk keperluan branding channel youtube kamu, sebaiknya langsung menjelaskan secara singkat isi dari channel kamu. Punya saya itu termasuk contoh yang masih kurang lengkap. Jadi bakal saya perbaiki lagi nantinya. Ini adalah salah satu bagian penting dari cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton.
  3. Featured Channel. Bisa kamu isi jika kamu punya channel lain untuk dipromosikan. Atau bisa juga diisi dengan channel favorit kamu. Kalau saya sih diisi dengan channel traveling saya di youtube.com/catperku ya.
  4. Featured Video. Bagian ini bisa kamu edit kalau sudah ada video yang diunggah. Bisa diganti kapan aja, dengan video apa saja. Sebaiknya diisi dengan video yang menjelaskan tentang channel kamu saja. Karena ketika orang mengunjungi channel kamu lewat dekstop, video ini akan berada di posisi terdepan.

Empat hal diatas mungkin terlihat sepele, namun optimasi bagian itu adalah salah satu cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton dan dapat uang setelah berhasil dimonetisasi.

Optimasi Setting Di Youtube Studio

Buat yang belum tahu, dashboard administrasi koleksi video Youtube itu dikenal sebagai Youtube Studio. Buat yang terbiasa dengan dashboard klasik, pasti agak bingung. Namun kalau sudah terbiasa, menggunakan Youtube Studio ini cukup gampang kok. Malah kalau sudah terbiasa, lebih nyaman pakai Youtube Studio dibanding halaman administrasi yang lama. Tampilannya secara default kurang lebih seperti dibawah ini.

BACA JUGA :  Rekomendasi SEO Youtube Tool Gratis Untuk Riset Keyword Kata Kunci Di Youtube
Dashboard Administrasi Youtube Studio.
Dashboard Administrasi Youtube Studio.

Nah, setelah melihat gambar Youtube Studio diatas, bagian setting adalah yang pertama kali harus kamu utak atik sebelum melanjutkan untuk membuat video, atau mengunggah video yang sudah ada. Karena bagian ini adalah salah satu bagian penting dalam cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton dan dapat uang. Kenapa seperti itu? Mari dibahas satu persatu bagian dalam dari “Setting” tersebut. Terutama bagian terpenting untuk kelangsungan channel youtube kamu menjadi lebih baik.

Setting – General

Setting – General

Pada bagian ini untuk mengatur mata uang. Saya gak pernah ganti bagian ini.

Setting – Channel

Kalau ini, bagian paling penting yang harus diedit agar channel Youtube kamu maksimal. Beberapa bagian disini adalah sebagai berikut:

1. Setting – Channel – Basic Info

Pada bagian ini seperti gambar dibawah, yang paling penting adalah mengisi bagian Keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan channel kamu. Misal, untuk channel bloggerpi ini saya akan banyak membahas seputar blogger, blogging, SEO dan beberapa hal related lainnya, jadi pada bagian ini saya isi sepeti dibawah.

Setting - Channel - Basic Info salah satu bagian dari cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton dan bisa dapat uang. Karena kalau ini diisi, kemungkina channel kamu muncul di pencarian semakin besar.
Setting – Channel – Basic Info salah satu bagian dari cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton dan bisa dapat uang. Karena kalau ini diisi, kemungkina channel kamu muncul di pencarian semakin besar.

2. Setting – Channel – Advanced Setting

Ada dua hal yang harus diperhatikan pada bagian ini :

  1. Nomor satu itu harus diisi untuk memastikan kalau kamu tidak membuat konten yang dibuat untuk anak. Pilihan ini akan menentukan iklan yang tampil kalau channel kamu sudah bisa dimonetisasi. Karena saya tidak membuat konten untuk anak-anak, jadi ya bagian ini saya pilih no. Dan berlaku secara global untuk setiap video yang akan saya upload nantinya.
  2. Kamu bisa menghubungkan ke Google Adwords, kalau kamu mau mengiklankan video yang kamu buat lewat jaringan iklan Google Indonesia dan lainya. Perlu dicatat, ini bukan Google Adsense ya. Kamu tidak mendapatkan uang dari Google Adwords, tapi ini adalah tempat kamu bakar duit untuk promosi produk atau channel kamu.
BACA JUGA :  Cara Optimasi Seo Youtube Untuk Pemula!
Setting – Channel – Advanced Setting.

3. Setting – Channel – Branding

Kalau kamu sudah menyiapkan logo untuk channel kamu, bisa diunggah pada bagian ini.

Setting – Channel – Branding.

4. Setting – Channel – Feature Eligibility

Bagian ini pastikan sudah aktif semua, agar bisa memaksimalkan fitur Youtube yang ada untuk para kreator seperti :

  1. Bagian ini memerlukan verifikasi dengan menggunakan nomor seluler. Bisa menggunakan nomor yang sama meski kamu punya banyak channel. Pastikan kamu melakukan verifikasi disini biar kamu bisa mengunggah video yang lamanya lebih dari 15 menit, membuat kustom thumbnail, live streaming, dan appeal content id claim.
  2. Bagian ini biasanya sudah aktif secara otomatis asal kamu tidak melakukan pelanggaran atau terkena konten strike. Ini adalah fitur dasar Youtube untuk kreator seperti bagin upload video dan membuat playlist.
Setting – Channel – Feature Eligibility.

Setting – Upload Default

Setting – Upload Default.

Nah, kalau ini harus diisi untuk mempermudah tiap kali kamu upload video baru. Jadi untuk deskripsi atau tags yang relevan dengan channel kamu tidak perlu diisi lagi. Tinggal diisi spesifik sesuai video yang kamu unggah.

***

Nah, kira-kira diatas adalah beberapa cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton dan dapat uang setelah berhasil dimonetisasi ya. Ini bukan cara tercepat atau cara instant agar channel youtube kamu banyak yang view. Namun dengan melakukan ini, paling tidak kamu sudah siap untuk membuat channel kamu ramai dan dikenal. Tetap ingat kalau “Content is the king” dan konsistensi adalah kunci menuju sukses. Oke, selamat mencoba praktek ya.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *