Tutorial Belajar Youtube Untuk Youtuber Pemula Agar Sukses Mengembangkan Channelnya!

Disini bloggerpi akan berbagi langkah dan tutorial belajar Youtube untuk youtuber pemula agar sukses mengembangkan channelnya. Untuk langkahnya akan dibuat urut, bedasarkan dari pertama kali membuat channel baru di Youtube. Jadi kamu Youtuber pemula yang baru saja membuat channel Yotube bisa belajar dengan mudah.

Beberapa sub bab tutorial belajar Youtube untuk Youtuber pemula ini juga ada dalam bentuk video atau vlog yang sudah tayang di channel Youtube Bloggerpi.com disini. Beberapa memang belum sempat bloggerpi.com buatkan ya. Namun jangan khawatir, kedepannya setiap tutorial yang ada di blog tutorial ini akan ada videonya juga.

Sementara, kamu bisa belajar dalam bentuk artikel dahulu deh. Terus, sebagian tulisan yang ada di blog ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis bloggerpi.com ya. Jadi beberapa memang hasil nyata dari studi kasus. Bahkaan ada tulisan yang datanya berdasarkan studi kasus channel bloggerpi.com, dan juga channel Youtube utama penulis di Youtube.com/catperku.

Nah, Berikut Adalah Langkah Tutorial Belajar Youtube Untuk Youtuber Pemula Agar Sukses Mengembangkan Channelnya!

Tutorial Belajar Youtube Untuk Youtuber Pemula Agar Sukses Mengembangkan Channelnya!
Tutorial Belajar Youtube Untuk Youtuber Pemula Agar Sukses Mengembangkan Channelnya!

Tutorial Youtube kali ini dimulai dari mempersiapkan diri jadi Youtuber Pemula ya!

1. Belajar Persiapan Jadi Youtuber Pemula

Saya tahu, mendapatkan Gaji dari Youtube atau menghasilkan uang dari Google Adsense seperti disini itu memang menyenangkan. Namun saran saya untuk Youtuber pemula yang baru mulai membuat channel baru, sebaiknya jangan memikirkan untuk mendapatkan uang terlebih dahulu.

Bisa stress kalau lihat perkembangan channelnya ternyata lambat dan tidak kunjung menghasilkan uang. Lebih baik, kamu serius belajar langkah tutorial belajar Youtube, dan fokus saja ke masalah membuat konten video di Youtube saja.

Jadi Youtuber Pemula, Apa Saja Persiapannya?
Jadi Youtuber Pemula, Apa Saja Persiapannya?

Karena dengan memiliki konten yang bagus, kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan uang di Youtube tanpa mengandalkan Google Adsense seperti yang pernah saya ceritakan disini.

Ya, di channel utama Youtube.com/catperku, saya bahkan sudah bisa mendapatkan uang meski subscribernya waktu itu masih dibawah 1000. Tapi ya, penghasilan tersebut tidak pernah saya kejar.

Saya anggap bonus atas hasil kerja keras mengembangkan channel baru tersebut. Waktu awal membangun channel tersebut, fokus saya adalah membuat video baru setiap hari selama setahun, dan melakukan semua persiapan jadi Youtuber pemula seperti yang saya tulis disini.

BACA JUGA :  Panduan Cara Membuat Database MySQL Di CMD XAMPP Dan Linux

Isi dari tulisan tersebut kurang lebih adalah langkah membuat channel baru di Youtube, hingga apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat channel baru Youtube.

2. Belajar Cara Setting Channel Youtube Agar Banyak Yang Nonton

Mengisi bagian Customize Channel dengan lengkap adalah salah satu cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton!
Mengisi bagian Customize Channel dengan lengkap adalah salah satu cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton!

Sebelum mulai membuat video baru di channel kamu, ada salah satu hal penting pada tutorial belajar Youtube yang perlu kamu ketahui. Hal tersebut adalah tentang cara setting channel Youtube kamu yang baru dengan benar, agar bisa banyak penontonnya seperti yang pernah bloggerpi.com tulis disini.

Meski terlihat sepele, setting channel Youtube dengan benar ini bisa memberikan efek yang bagus untuk jangka panjang. Minimal, kalau settingnya benar, Youtube akan merekomendasikan video yang kamu buat kepada orang yang benar. Orang yang kemungkinan besar tertarik untuk menonton video kamu dan kemudian subscribe.

3. Mulai Belajar Edit Video Untuk Channel Youtube

Apakah kamu cari aplikasi Android edit video gratis? Atau kamu cari aplikasi Android edit video tanpa watermark? Temukan semuanya di tulisan ini ya.
Apakah kamu cari aplikasi Android edit video gratis? Atau kamu cari aplikasi Android edit video tanpa watermark? Temukan semuanya di tulisan ini ya.

Langkah tutorial belajar Youtube yang selanjutnya adalah belajar edit video. Tentu saja hal ini adalah suatu hal yang wajib untuk setiap Youtuber pemula. Baru kalau nanti sudah enggak sempat edit video sendiri, bisa menyewa jasa orang lain.

Untuk edit video ini bisa dilakukan dengan menggunakan software video editor di Smartphone atau PC dan Laptop ya. Untuk video editor di Smartphone Android dan lainnya bisa kamu temukan disini.

Sementara itu untuk video editor gratis dan berbayar untuk PC dan Laptop bisa kamu temukan disini daftarnya. Tidak masalah kamu mau edit dengan menggunakan smartphone atau laptop, karena keduanya sama sama mudah untuk digunakan.

Selain belajar video editing, mungkin kamu juga perlu tahu beberapa hal penting seperti membuat intro di Youtube, download musik gratis untuk Youtube dimana, dan mungkin kamu perlu belajar cara upload video juga. Beberapa hal tersebut dibahas setelah ini.

Belajar Buat Intro Video Di Youtube

Buat kamu yang ingin membuat intro khusus pada video yang ingin kamu upload ke Youtube, kamu bisa baca tutorial belajar Youtube ini. Tutorial ini membahas bagaimana cara membuat intro video dengan menggunakan Panzoid. Mudah banget membuatnya, dan bisa digunakan secara online.

Mencari Musik Gratis Untuk Youtube Dimana?

Musik untuk latar belakang video juga penting. Untuk Youtuber pemula biasanya belum tahu nih dimana tempat download musik gratis untuk Youtube. Karena kalau kamu ingin memonetisasi channel kamu, jangan sampai salah pilih musik untuk backsound video.

Karena kalau musik yang kamu gunakan itu berlisensi dan dilindungi oleh hak cipta, kamu tidak akan bisa memonetisasi video kamu. Kecuali kamu beli ijin penggunaan di penyedia musik berlisensi yang sering saya gunakan disini.

Jika berlangganan disitu, kamu bisa menggunakan musik berlisensi di Youtube kamu secara tak terbatas selama masih berlangganan. Namun kalau kamu mau yang gratis, kamu bisa download musik gratis untuk Youtube disini saja ya.

Bagaimana Cara Upload Video Di Youtube?

Sebenarnya cara untuk upload video di Youtube dengan menggunakan PC, Laptop atau smartphone itu mudah. Untuk yang belum tahu, kamu bisa mengikuti caranya pada video yang ada dibawah ini.

BACA JUGA :  Cara Setting Channel Youtube Agar Banyak Yang Nonton Gimana?

 

Cara Upload Video Ke Youtube Dengan Youtube Studio Terbaru 2020 [ Tutorial Youtuber Pemula ]

 

4. Belajar Cara Menggunakan Youtube Studio Terbaru Untuk Pemula!

Tutorial Belajar Youtube - Belajar Cara Menggunakan Youtube Studio Terbaru Untuk Pemula!

Selain belajar untuk upload video ke Youtube diatas, masih ada banyak fungsi dan fitur dari Youtube Studio yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan channel Youtube kamu.

Karena itu bloggerpi.com juga menulis tentang tutorial belajar Youtube mengenai bagaimana cara menggunakan Youtube Studio untuk pemula disini. Mungkin perlu waktu, namun penting untuk bisa menggunakan Youtube Studio dengan benar.

5. Belajar Cara Optimasi Seo Youtube Untuk Pemula!

Kalau kamu bukan artis, bukan orang yang sudah populer, tapi tetap ingin membuat channel Youtube yang sukses, kamu harus belajar dengan apa yang namanya SEO Youtube.

Karena dengan memanfaatkan SEO di Youtube ini, video yang kamu buat bisa ditemukan ketika orang mencari video lewat kotak pencarian Youtube. Cara optimasi SEO Youtube untuk pemula bisa kamu baca disini.

Artikel tersebut akan membahas tentang seputar kata kunci Youtube, SEO Youtube tool yang bisa kamu pakai dan hal lainnya terkait SEO untuk Youtuber pemula. Jadi pastikan dibaca ya.

Cara Riset Kata Kunci Youtube Bagaimana?

Sebagai Youtuber pemula mungkin kamu belum tahu bagaimana cara riset kata kunci. Karena itu bloggerpi.com berbagi tutorial belajar Youtube mengenai cara riset kata kunci di Yotube agar banyak yang nonton video kamu disini.

SEO Youtube Tool Gratis Bisa Dipakai

Untuk daftar SEO Youtube tool gratisan yang bisa kamu pakai riset kata kunci atau riset keyword di Youtube bisa kamu baca disini ya. Pada tulisan tersebut kamu akan menemukan banyak SEO Youtube tool yang sering saya pakai untuk mengembangkan channel Youtube.

6. Tips Dan Trik Youtube Untuk Menambah Views Dan Subscriber

Tutorial Belajar Youtube - Tips Dan Trik Youtube Untuk Menambah Views Dan Subscriber.

Seiring berjalannya waktu, mungkin kamu telah membuat banyak video. Selain melakkukan optimasi lewat SEO Youtube, ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk mengembangkan channel Youtube kamu.

Karena itu disini bloggerpi akan berbagi tutorial belajar Youtube untuk pemula terkait dengan tips dan trik Youtube. Menerapkan beberapa hal ini memperbesar kemungkinan bertambahnya viewer dan subscriber Youtube channel kamu.

Belajar Youtube Analytics Apa Perlu?

Sebelum mencoba beberapa tips dan trik untuk menambah views dan subscriber di Youtube, tentu kamu harus bisa membaca data analytics di Youtube channel kamu ya.

Karena kalau kamu bisa membaca Youtube Analytics dengan benar di channel kamu, kamu bisa menentukan langkah yang benar untuk optimasi channel.

Kamu bisa belajar mengenai cara membaca data penting di Youtube Analytics pada tulisan bloggerpi.com yang ini ya. Disitu akan dikupas mengenai beberapa metrik utama yang perlu kamu baca untuk perkembangan channel kamu menjadi lebih baik.

Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube Bagaimana?

Sementara itu, kamu bisa mencoba cara mendapatkan banyak view di Youtube yang ada disini, kalau kamu ingin menambah viewer di channel kamu. Bisa dicoba sebagian caranya, atau bisa juga kamu terapkan semuanya.

BACA JUGA :  Cara Menggunakan Youtube Studio Terbaru Untuk Pemula!

Cara Mendapatkan Subscriber Youtube Dengan Cepat, Termasuk Menggunakan Youtube Algorithm Hack

Rajin upload video ke channel kamu sebenarnya adalah salah satu cara untuk menambah subscriber. Namun kalau kamu ingin mendapatkan subscriber Youtube dengan cepat, mungkin kamu bisa mencoba membaca tulisan ini saja.

Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Dengan Memasang End Screen Youtube

Hal sederhana seperti memaksimalkan fitur Youtube juga bisa memberpesar kemungkinan bertambahnya viewer dan subscriber. Misalnya, dengan memasang end screen Youtube yang pernah bloggerpi bahas di tulisan ini.

Mungkin tutorial belajar Youtube untuk Youtuber pemula terkait memasang End Screen Youtube itu terkesan sepele. Namun kalau diterapkan dengan rutin, hasilnya lumayan banget kok 🙂

Cara Membuat Playlist Di Youtube Agar Video Di Youtube Makin Banyak Views!

Kalau membahas tentang optimasi SEO Youtube, membuat playlist adalah salah satu faktor yang terkait dengan hal tersebut. Ya, membuat playlist Youtube dengan benar bisa berakibat bertambahnya views dan subscriber Youtube kamu, seperti yang pernah bloggerpi.com bahas secara detail di tulisan ini ya.

7. Belajar Mengatasi Masalah Di Youtube

AWAS PENCURIAN AKUN YOUTUBE MODUS ENDORSEMENT YA YOUTUBER PEMULA [ VIDEO INVESTIGASI SCAM ENDORSEMENT ]
AWAS PENCURIAN AKUN YOUTUBE MODUS ENDORSEMENT YA YOUTUBER PEMULA [ VIDEO INVESTIGASI SCAM ENDORSEMENT ]
Namanya juga baru belajar, pasti ada saja yang namanya masalah. Tapi sebagai Youtuber pemula bukan berarti harus menyerah, dan tidak mau belajar untuk mengatasi masalah tersebut.

Memang ada banyak masalah yang mungkin muncul selama mengembangkan channel Youtube. Yang paling banyak saya temui selama ini adalah ketika video saya direupload oleh channel lain.

Yang agak ngeri belakangan adalah, channel utama saya hampir kena hack. Modusnya adalah mereka mencoba menipu lewat kerjasama endorsement.

Oke, dibahas satu persatu saja ya.

Bagaimana Kalau Ada Yang Reupload Video Kita Di Youtube?

Jaman dulu mungkin agak susah kalau ingin melaporkan video kita yang direupload orang lain. Namun sekarang Youtube sudah semakin canggih. Bahkan mereka menyediakan halaman khusus di Youtube Studio, yang fungsinya untuk melaporkan para reuploader ini.

Untuk pembahasan mendetail mengenai tutorial belajar Youtube terkait cara melaporkan reuploader yang mengambil video kita tanpa ijin pernah bloggerpi.com bahas secara lengkap pada tulisan ini. Bisa dibaca sampai selesai dan lihat videonya kalau kamu ingin mencobanya.

Waspada Dengan Scammer Yang Mau Mencuri Akun Youtube Kita ya!

Seiring berkembangnya channel Youtube kamu, mungkin akan ada orang atau brand yang ingin mengajak kamu kerjasama. Istilahnya endorsement gitu. Hal ini sebenarnya umum terjadi di dunia Youtuber.

Namun perlu dicatat, kadang ada orang yang ingin menipu dengan memanfaatkan kelengahan kita. Yang terbaru, saya hampir tertipu dengan pencurian akun Youtube modus endorsement yang investigasinya saya tulis disini.

Korbannya cukup banyak, bahkaan ada beberapa Youtuber besar yang akunnya sempat hilang. Karena itu saya berbagi di tulisan tersebut, agar kamu para Youtuber pemula tidak ikut menjadi korban juga.

***

Nah, kira-kira diatas ya beberapa langkah cara tutorial belajar Youtube untuk para Youtuber pemula yang ingin channelnya sukses. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu yang membutuhkannya.

Untuk kamu yang merasa tulisan ini bermanfaat, boleh banget dibagikan ke teman lain yang mungkin membutuhkannya. Karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan kepada sesama. Terimakasih banyak!


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *