Blogspot VS WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula?

Blogspot vs WordPress bagus mana untuk Blogger Pemula? Yak, biasanya para pemula sebelum mulai ngeblog bakalan bingung memilih antara dua platform blog terpopuler itu. Sudah sejak lama, perbandingan antara platform Blogger vs WordPress bagus mana ini menjadi perdebatan di kalangan para blogger baik yang baru mau mulai atau yang sudah berpengalaman.

Nah, makanya disini saya mau ikut bergabung ke dalam perdebatan tersebut. Saya ingin memberikan sedikit gambaran mengenai perbandingan antara Blogspot vs WordPress berdasarkan pengalaman pribadi. Karena dulu (sekitar 10 tahun lalu), sebelum mulai menggunakan wordpress, saya juga sempat menggunakan platform Blogger.

Ya, subdomain pertama saya adalah catperku.blogspot.com, sebelum akhirnya menggunakan Top Level Domain catperku dengan CMS WordPress Self Hosted. Karena itu, saya juga ingin memberikan gambaran mengenai pandangan saya mengenai platform Blogger VS WordPress bagus mana untuk Blogger Pemula.

Kalau dijawab singkat, tentu saja keduanya sama-sama bagus. Namun kalau kelebihan dan kekurangan, tentu masing masing punya sendiri. Nah, sekarang dimulai saja dengan mengenal masing masing platform tersebut ya. Mengetahui perbandingan Blogspot VS WordPress ini penting, untuk kamu yang mau serius membangun blog kedepannya.

Wordpress adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan untuk buat website atau blog. Jadi, menurut kamu antara Blogspot VS WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula?
WordPress adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan untuk buat website atau blog. Jadi, menurut kamu antara Blogspot VS WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula?

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah sebuah aplikasi opensource yang dibangun dengan Bahasa Pemrograman PHP yang sangat populer untuk digunakan sebagai platform publikasi. Jadi bukan cuma untuk blog saja ya, karena ada banyak situs berita yang mengunakan wordpress sebagai Content Management System. Hal ini bisa terjadi karena WordPress adalah open source dan bisa dimodifikasi juga kustomisasi dengan tambahan plugin.

Sudah mulai paham tentang apa itu WordPress belum? Jadi kamu harus mengenal kedua platform terlebih dahulu ya sebelum mulai membandingkan antara Blogspot VS WordPress bagus mana untuk Blogger Pemula Sampai sekarang, semua blog dan website yang saya kelola menggunakan platform WordPress yang Self Hosted.

Maksud dari Self Hosted adalah, saya menginstall software CMS WordPress di server VPS yang saya kelola sendiri. Selain install di server sendiri, ada juga layanan dari WordPress.com yang menyediakan layanan blog gratisan dengan subdomain atau berbayar dengan Top Level Domain. Jadi untuk menggunakannya, kamu tidak harus mempunyai Hosting atau Server sendiri.

Apa Itu Blogspot Atau Blogger?

Sebelum lanjut ke pembahasan Blogspot VS WordPress bagus mana, sekarang, mari bahas sedikit mengenai platform Blogger.com yang juga dikenal sebagai Blogspot ini. Blogspot adalah salah satu penyedia layanan website dan platform blog gratis yang terkenal selain WordPress. Blogspot ini adalah layanan milik Google, jadi kalau kamu punya Google Mail, secara otomatis kamu bisa akses layanan Blogspot atau Bloger.

Blogger atau blogspot ini juga memiliki layanan gratisan. Jadi kalau menggunakan platform ini, kamu tidak perlu pusing membayar hosting tiap bulan atau tiap tahun. Blogspot yang merupakan layanan penyedia blog gratis yang sudah ada sejak tahun 1999 ini juga mendukung menggunakan Top Level Domain ya. Kamu bisa beli domain seperti misalnya contoh.com dan kamu hubungkan ke platform blogger.

Platform Blogger VS WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula?

Untuk membandingkan antara Blogspot vs WordPress bagus mana untuk Blogger Pemula, ada beberapa point yang akan dibahas disini. Yang pasti dibahas tentunya adalah mengenai Biaya. Terus juga ada pembahasan mengenai fleksibilitas menggunakan kedua platform tersebut. Nah, untuk selengkapnya, baca saja tulisan di Bloggerpi.com ini sampai selesai saja.

Platform Blogger VS WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula? Temukan jawabannya di tulisan ini!
Platform Blogger VS WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula? Temukan jawabannya di tulisan ini!

1. Kemudahan Cara Membuat Blogspot Dan WordPress Bagaimana?

Antara Blogspot vs WordPress bagus mana, dan lebih mudah dibuat yang mana? Baik yang blogger.com atau WordPress.com yang versi gratis sebenarnya sama-sama mudah. Karena tinggal daftar saja ke tiap website, dan membuat blog dengan subdomain.

Untuk versi berbayar dengan Top Level Domain juga tidak jauh berbeda, hanya ada proses pembayaran untuk WordPress.com. Sementara itu untuk blogger.com, kamu tinggal menghubungkan Domain kamu ke blogspot.

Namun akan sedikit lebih rumit jika kamu menggunakan WordPress Self Hosted. Itu artinya selain wajib mempunyai atau membeli Top Level Domain, kamu juga harus menyiapkan Web Hosting atau server sendiri jika kamu menggunakan VPS. Jika sudah ada Domain dan Server Hosting, kamu baru bisa install aplikasi WordPress dari WordPress.org.

Buat pemula biasanya agak kesusahan disini, karena langkahnya cukup rumit. Karena itu saya membuka jasa buat website atau blog berbasis WordPress yang detailnya bisa dibaca disini.

2. Biaya Ngeblog Lebih Mahal Mana?

Daftar harga membuat blog di WordPress.com.
Daftar harga membuat blog di WordPress.com.

Terus, antara Blogspot vs WordPress bagus mana, terutama pada masalah biaya? Untuk blog dengan subdomain seperti subdomain.blogspot.com dan subdomain.wordpress.com kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, alias gratis.

Sementara itu untuk Top Level Domain seperti domainku.com kamu hanya perlu membayar domain setiap tahun sekitar 200 ribuan rupiah kalau menggunakan blogspot.

Sementara itu jika menggunakan WordPress.com, paket paling murah untuk Top Level Domin adalah IDR 44.700 rupiah per bulan atau hampir sekitar 500 ribuan per tahun.

Akan lebih mahal lagi kalau kamu menggunakan WordPress Self Hosted. Karena selain membayara biaya domain tiap tahun, kamu juga harus membayar server hosting tiap tahun atau tiap bulan. Disini sudah jelas untuk blog dengan domain utama TLD, blogspot jelas paling murah.

3. Pengaturan Lebih Mudah Mana? Lebih User Friendly Mana?

Untuk masalah tampilan, antara Blogspot Vs WordPress bagus mana memangnya? Sebenarnya sih ya kurang lebih sama. Untuk keperluan blogging, keduanya sama sama user friendly, alias mudah untuk digunakan.

Cuma kalau menurut pengalaman saya, rasanya saya lebih cepat membiasakan diri dengan dashboard WordPress dibandingkan dengan Blogspot. Meski bedanya ya enggak terlalu banyak.

Untuk keperluan menulis blog saja, keduanya bisa dipelajari dengan mudah. Karena begitu mendaftar, kamu langsung bisa menulis konten blog dengan setting secara default.

Namun untuk pengaturan lebih lanjut agar website atau blog kamu lebih bagus, tentu wordpress akan sedikit lebih susah. Karena ada banyak pilihan setting yang harus diatur. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat saja perbandingan menu di dashboard Blogspot dan WordPress dibawah ini.

Dashboard blogspot ini lebih sederhana dibanding WordPress.
Dashboard WordPress.com sedikit lebih rumit dengan beberapa menu.
Untuk Dashboard WordPress Self Hosted jauh lebih kompleks, apalagi setelah ditambah plugin custom. Untuk contoh, saya kasih lihat dashboard blog wisata saya catperku.com. Jadi menurut kamu, antara Blogger Vs WordPress bagus mana nih?
Untuk Dashboard WordPress Self Hosted jauh lebih kompleks, apalagi setelah ditambah plugin custom. Untuk contoh, saya kasih lihat dashboard blog wisata saya catperku.com. Jadi menurut kamu, antara Blogger Vs WordPress bagus mana nih?

4. Untuk Modifikasi, Kustomisasi Lebih Bagus Mana Antara Blogger Vs WordPress?

Untuk masalah kustomisasi, antara Blogspot Vs WordPress bagus mana? Kalau saya pribadi, sudah pasti WordPress keluar sebagai pemenangnya. Baik menggunakan WordPress.com atau WordPress Self Hosted, keduanya lebih mudah untuk dimodifikasi. Terutama untuk bagian tampilan, karena ada banyak template atau theme gratisan namun bagus untuk WordPress yang bisa kamu gunakan.

Memang ada template Blogger gratisan, namun pilihannya tidak sebanyak Wordrpress. Terus kalau mau modifikasi template di Blogger sedikit agak ribet, karena strukturnya tidak rapi seperti pada template yang ada di WordPress.

Bahkan pada template WordPress, kamu bisa memodifikasi template dengan membuat template turunan ( child template). Itu artinya kalau ada update terbaru dari template yang kamu gunakan, hasil modifikasi kamu tidak akan hilang.

Tambahan lagi, WordPress tidak hanya bisa digunakan sebagai blog saja, namun bisa dikembangkan lagi lebih lanjut menjadi Toko Online, atau website kustom lainnya.

Itu bisa terjadi karena kamu bisa membuat sendiri yang namanya plugin, untuk menambah fungsi dari blog atau website kamu. Hal yang tidak bisa dilakukan pada blogspot. Karena di blogspot, perubahan yang bisa kamu lakukan hanyalah memodifikasi theme atau templatenya saja.

5. Maintenance Dan Dukungan Bagaimana?

Sekarang mari jawab pertanyaan antara Blogspot Vs WordPress bagus mana deh! Kalau melihat kerumitan maintenance diantara keduanya, platform Blogger sudah pasti keluar sebagai pemenang. Karena Blogger atau blogspot ini memang dimiliki oleh Google, jadi sudah dipastikan kalau server yang digunakan sangat bisa diandalkan.

Bisa dibilang, kamu tidak perlu melakukan maintenance apapun jika menggunakan Blogspot. Kamu hanya perlu fokus untuk membuat konten, menulis artikel SEO, dan rajin mempromosikan blog kamu saja.

Berbeda kalau kamu menggunakan WordPress, kamu harus rutin melakukan maintenace agar website blog kamu tetap berjalan dengan baik. Minimal, kamu harus rutin melakukan update plugin ke versi terbaru. Atau kamu mungkin juga perlu menambahkan plugin wordpress yang disediakan secara gratis disini. Yang jelas, ada banyak hal maintenance harus dilakukan kalau kamu menggunakan WordPress. Apalagi kalau kamu menggunakan WordPress Self Hosted.

Hal itu memang harga yang harus dibayar, untuk sebuah fleksibilitas. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, platform WordPress ini sangat mudah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan kita. Kamu bisa menambahkan fitur yang tidak ada dengan cara menambah plugin. Bisa ambil dari daftar plugin WordPress gratisan, membeli plugin berbayar, atau bahkan membuat plugin kamu sendiri.

Saya lebih suka menggunakan WordPress Self Hosted, karena saya bisa memegang penuh kendali atas konten yang saya buat. Selain itu saya juga bisa melakukan backup secara otomatis kapan saja saya mau.
Saya lebih suka menggunakan WordPress Self Hosted, karena saya bisa memegang penuh kendali atas konten yang saya buat. Selain itu saya juga bisa melakukan backup secara otomatis kapan saja saya mau.

6. Kontrol Kepemilikan Website Bagaimana?

Jadi untuk masalah kontrol kepemilikan antara Blogspot Vs WordPress bagusmana? Untuk masalah ini, WordPress Self Hosted adalah pemenangnya. Karena disini saya memegang kendali penuh atas file dan semua sistem yang ada pada server saya.

Mau dibuat apapun ya bisa saja. Berbeda dengan WordPress.com dan blogspot.com, kontrol kepemilikan file berada di pihak WordPress.com atau Blogger.com.

Itu artinya, bisa jadi blog kamu langsung hilang tak berbekas, dihapus sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Misal, kalau tiba-tiba Google mau menutup platform Blogger, ya website kamu bakalan hilang.

Konten yang sudah dibuat juga ikut hilang, tidak bisa dilihat atau dipakai lagi. Terus ada banyak juga faktor lain yang bisa membuat blog kamu dihapus Google. Biasanya, yang suka main Black Hat SEO, gak bakal memilih platform Blogger sebagai tempat untuk menaruh blognya deh.

Selain itu, untuk platform blogspot bahkan kamu juga tidak bisa memodifikasi dan kustomisasi fungsi dengan menambah plugin seperti di WordPress. Yang paling saya suka ketika menggunakan WordPress adalah, saya bisa menambahkan fitur backup otomatis file dan database WordPress.

Itu artinya, konten yang saya buat akan selalu dibackup atau disimpan secara rutin ke server lain atau cloud server. Kalau semisal (amit-amit), hilang karena suatu kejadian, kena hacking atau yang lainnya, saya bisa dengan mudah mengembalikan konten blog saya sewaktu waktu.

Biasanya untuk ini saja jadwalkan untuk backup konten secara otomatis setiap hari untuk alasan keamanan. Soalnya bakalan repot juga kalau setiap hari harus backup manual.

Dan, backup otomatis adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan di platform Blogger blogspot. Jadi untuk urusan kontrol kepemilikan, Blogger Vs WordPress sudah pasti menang WordPress.

7. Potensi Pengembangan Kedepan Ketika Website Semakin Besar Bagaimana?

Salah satu alasan saya tidak bertahan lama menggunakan platform blogspot adalah karena untuk pengembangan jangka panjang, platform Blogger ini kurang begitu bagus. Misalnya untuk penambahan fungsi baru, atau modifikasi dengan plugin tidak mungkin dilakukan.

Untuk otomatisasi seperti autoshare ke media sosial setiap hari juga tidak bisa dilakukan di Blogspot. Padahal yang namanya share ke media sosial itu adalah salah satu penentu posisi di hasil pencarian SERP kan.

Karena itulah, jika ada yang bertanya terkait pengembangan ke depan, Blogspot VS WordPress bagus mana? Sudah pasti saya jawab bagusan WordPress kemana-mana deh.

Sampai saat ini, sepertinya Google hanya mengembangkan Blogspot khusus untuk blogging saja. Jadi kalau kamu ingin mengembangkan fitur atau fungsi blog kamu untuk kebutuhan lainya, saya sarankan kamu menggunakan WordPress saja dari awal.

Siapa tahu, dari awalnya kamu cuma iseng menulis di blog, lalu kamu mau jualan produk juga. Kamu tidak akan bisa membuat toko online yang bagus hanya dengan memanfaatkan blogspot saja. Nah, kalu masalah ini, menurut kamu antara Blogger Vs WordPress bagus mana sih? Boleh dijawab di komentar.

Kesimpulannya, Blogspot vs WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula? Baca sampai selesai, akan dibawab di bawah ya!
Kesimpulannya, Blogspot vs WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula? Baca sampai selesai, akan dibawab di bawah ya!

8. Dukungan Komunitas Antara Kedua Platform Banyak Mana?

Untuk komunitas yang membahas khusus mengenai perkembangan, antara Blogspot Vs WordPress menang mana? Ini juga sudah pasti menang WordPress. Karena memang komunitas para pengguna WordPress ini sangat aktif, bahkan sering ada event tentang WordPress di seluruh dunia seperti WordCamp.

Paling jelas sih dengan adanya plugin WordPress gratis yang bisa dipakai siapa saja. Plugin tersebut dibuat oleh banyak developer website dari seluruh dunia. Kalau di platform Blogspot, mungkin hanya ada template gratis yang jumlahnya sudah tentu tidak sebanyak WordPress.

9. Kesimpulannya, Blogspot vs WordPress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula?

Nah, sekarang mari bahas kesimpulan dari beberapa point diatas ya. Secara umum, kedua platform tersebut bagus, dengan kelebihan dan kekurangan masing masing. Jadi sebenarnya perdebatan antara Blogspot Vs WordPress bagus mana enggak terlalu penting.

Namun mungkin beberapa point ini bisa kamu baca untuk mempertimbangkan apakah kamu mau memulai blogging menggunakan platform WordPress atau Blogger.

  • Kalau kamu mau mendapatkan uang dari Iklan dengan cepat dengan blog gratisan. Sebaiknya kamu menggunakan Blogger atau Blogspot saja. Karena WordPress.Com hosted ini tidak memperbolehkan pasang iklan Google Adsense pada versi gratis. Kamu hanya bisa memasang ikan Google Adsense pada versi berbayar. Sementara itu, versi gratisan blogspot sudah bisa dipasang iklan Google Adsense asal memenuhi persyaratan.
  • Untuk para peternak Blog dengan budget tipis. Asal kamu membuat konten sesuai ketentuan dan tidak melanggar peraturan, saya menyarankan menggunakan platform Blogger atau blogspot saja. Karena kamu bisa membuat blog gratisan dengan subdomain sebanyak banyaknya.
  • Untuk yang mau serius mengembangkan blog. Sebaiknya menggunakan WordPress saja. Karena dukungan komunitas sangat besar, ada banyak template bagus, dan kemungkinan modifikasi hingga menambahkan fitur bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya, ketika blog kamu sudah besar, kamu ingin mencari investor untuk mengubah blog menjadi situs portal berita.
  • Untuk yang blogging hanya sekedar mengisi waktu. Sudah pasti sebaiknya kamu menggunakan Blogspot saja. Bisa menggunakan versi gratis dengan subdomain, atau membeli Top Level Domain lalu dihubungkan dengan blogspot.

Nah, kira-kira itu ya sedikit kesimpulan dari perdebatan antara Blogger Vs WordPress bagus mana. Mungkin nanti seiring waktu kalau ada tambahan mengenai topik ini bakal saya update artikelnya. Terimakasih sudah membaca, dan kalau merasa tulisan ini bermanfaat, boleh banget dibagikan ke teman lainnya.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply