Cara Install WordPress Lengkap Untuk Pemula

Cara install WordPress itu sebenarnya mudah, makanya bloggerpi.com pernah bilang kalau WordPress adalah CMS terbaik untuk blogger. Baik cara install WordPress di CPanel seperti CWP, atau cara install WordPress di localhost offline untuk sekedar testing.

Karena itu disini bloggerpi akan berbagi beberapa cara install WordPress untuk pemula. Siapa tahu kamu ada yang baru kenal WordPress dan ingin mendalami Content Management System ini untuk keperluan membuat blog pribadi atau website.

Kalau kamu tidak ingin ribet install dulu, kamu bisa langsung mendaftar blog WordPress gratisan di WordPress.com. Namun kalau kamu ingin belajar WordPress self hosted yang akan kamu install di hosting atau server kamu, kamu bisa baca tulisan ini sampai selesai.

Atau kamu juga bisa mengikuti topik tutorial belajar wordpress disini. Karena pada topik tersebut akan berbagi banyak hal seputar WordPress berdasarkan pengalaman saya ngeblog dengan WordPress selama lebih dari 10 tahun.

Saya coba untuk menjelaskan dengan cara yang sederhana, jadi baik kamu pemula atau sudah kenal dengan WordPress sebelumnya bisa memahami isi tulisan ini. Jadi, silahkan baca sampai selesai ya!

Sebelum Mulai Belajar Install, Baca Dulu Ini!

Sebelum mulai belajar cara install WordPress apa yang harus kamu lakukan? Jadi ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan sebelum mulai melakukan proses install WordPress. Seperti misalnya :

1. Beli Domain Dulu

Domain ini analoginya adalah seperti alamat rumah kamu. Atau kalau terkait dengan website, domain adalah alamat website kamu. Contoh domain ya seperti bloggerpi.com ini.

Fungsi domain ini adalah agar orang lebih mudah ketika membuka website kamu. Orang atau pengunjung website kamu tinggal mengetik alamat domain di browser, tidak perlu mengetik alamat IP yang bakal susah diingat.

Ada banyak tempat beli domain di internet. Saya sendiri sudah lebih dari 10 tahun selalu beli domain di GoDaddy. Lalu, sebelum kamu belajar cara install WordPress, sebaiknya kamu tahu tips memilih nama domain dibawah ini ya.

  1. Nama domain sebaiknya 3 kata atau kurang. Makin pendek orang akan makin mudah mengingatnya, dan makin gampang untuk keperluan branding. Misalnya Google.com ( Goo-gle ) dua kata, catperku.com (cat-per-ku) 3 kata, dan bloggerpi.com (blog-ger-pi) 3 kata. Memilih nama domain yang benar ini penting, terutama buat kamu yang ingin branding blog atau website kamu.
  2. Usahakan nama domain terkait dan relevan dengan topik yang ingin bahas. Kalau kamu bahas seputar blogger, jangan sampai beli domain dengan nama jualkue.com. Gak nyambung!
  3. Kalau bisa dan tidak terpaksa, jangan mirip dengan nama website yang sudah populer duluan. Agak susah ngebrandingnya. Tapi bukan berarti tidak mungkin sih. Misalnya, domain bloggerpi ini sebenarnya agak mirip dengan blogger.com.
  4. Cari nama domain yang mudah diucapkan dan mudah diingat. Istilahnya, sekali lihat orang bakal langsung hafal nama domain kamu. Mungkin ada yang bilang apa arti sebuah nama, namun sebelum kamu belajar cara install WordPress, memilih nama domain ini penting untuk diperhatikan ya.
  5. Beli domain dengan ekstensi .com saja. Memang ada banyak domain dengan ekstensi lain seperti .info, .net, .org, dan yang lainnya. Namun paling gampang ya beli yang sudah populer seperti .com. Orang akan lebih mudah mengingatnya.
  6. Jangan pakai nama domain yang ada simbol (-). Misalnya website-gue-keren-banget.com. Selain susah mengingat dan mengetik alamat domainnya di browser, kesannya agak alay gak sih?
  7. Kalau bisa domain juga jangan ada angkanya. Misal gokil99.com, atau go88kil.com. Kecuali ya memang kamu buat brand yang mengandung angka dan sudah terkenal. Biasanya domain yang ada angkanya ini kebanyakan website judi online. Iya nggak sih?
BACA JUGA :  Panduan Cara Membuat Database MySQL Di CMD XAMPP Dan Linux

2. Sewa Hosting Atau VPS

Kalau domain analoginya adalah alamat rumah, hosting ini ya rumah kamu. Kalau terkait dengan cara install WordPress, hosting berarti tempat dimana kamu akan menaruh aplikasi WordPress.

Jadi semua file, tulisan, foto, video atau semua konten terkait blog website kamu akan disimpan di hosting yang kamu sewa ini. Untuk tempat sewa hosting atau VPS ada banyak banget.

Baik yang yang menyewakan hosting di dalam negeri atau luar negeri. Bisa dicari di Google ya. Atau kapan-kapan saya akan secara khusus membahas perbandingan dan rekomendasi tempat sewa hosting pada tulisan lain.

Setelah itu kamu bisa lanjut baca tutorialnya atau tonton dulu video tutorial cara install WordPress CMS dibawah ini.

 

Tutorial Cara Install WordPress Di XAMPP Cpanel Untuk Blogger Pemula

 

Cara Install WordPress Di Cpanel CWP Untuk Pemula

Sebenarnya ada banyak Cpanel yang bisa dipakai. Namun karena server saya menggunakan Control Web Panel, jadi untuk kali ini saya menggunakan Cpanel CWP untuk install WordPress. Namun secara garis besar, caranya akan sama kok.

Tambahkan Domain Baru Di Cpanel CWP

Sebelum mulai proses instalasi, kamu harus tambahkan domainnya ke server atau hosting kamu ya. Pada contoh ini saya menambahkan domain lewat Cpanel CWP di:

Dashboard > Domains > Domains > + ( Add a New Domain )

Untuk contohnya bisa dilihat pada gambar tangkapan layar dibawah.

Setelah itu tambahkan domain seperti contoh dibawah.

Baru setelah itu kamu bisa mulai proses instalasi wordpress.

Langkah Cara Install WordPress

Ikuti cara ini untuk mulai install WordPress di hosting kamu. Pastikan sudah ditambahkan domain, dan kamu buat database untuk WordPressnya ya.

1. Buat Database MySQL Baru Untuk WordPress

Untuk WordPress self hosted akan membutuhkan database. Bisa menggunakan MySQL atau MariaDB. Untuk server saya yang sudah saya install Control Web Panel menggunakan MariaDB.

Jadi sebelum kamu melanjutkan cara install WordPress di Cpanel CWP kamu harus buat dulu databasenya pada menu yang ada dibawah ini.

SQL Services > MySQL Manager > Add Database

Cara install WordPress - membuat database di MySQL manager.

Alternatifnya, kamu bisa buat database lewat CMD. Untuk cara buat database di CMD linux bisa baca disini. Atau bisa juga buat database lewat phpMyAdmin ya. Baru detelah membuat database, kamu bisa melanjutkan untuk download installer WordPress.

BACA JUGA :  Cara Install CentOS Web Panel Di Centos 7 Pada VPS Linode

2. Download Installer WordPress Terbaru

Kamu bisa download installer CMS WordPress terbaru di WordPress.org. Dari situ kamu bisa mendapatkan aplikasi CMS WordPress resmi dan aman untuk diinstall.

3. Lewat File Manager, Upload Atau Unggah File Installer WordPress Ke Folder Domain, Lalu Extract

Setelah kamu download installer WordPress, kamu bisa upload/unggah installer tersebut lewat file manager Cpanel CWP atau lewat FTP (File Transfer Protocol). Kalau sudah berhasil di upload, kira-kira akan seperti contoh gambar tangkapan layar dibawah ini.

Baru langkah cara install WordPress yang selanjutnya adalah extract atau unzip file  installer WordPress. Kalau berhasil kamu unzip/decompress/extract, hasilnya kurang lebih akan seperti dibawah ini.

Setelah berhasil kamu unzip/decompress/extract, tinggal buka domain yang ingin kamu install WordPress. Pada contoh ini saya menggunakan domain catperku.me.

4. Buka alamat domain

Langkah cara install WordPress yang selanjutnya adalah kamu buka domain yang ingin kamu install CMS ini. Namun pastikan dulu kamu siapkan beberapa hal ini ya:

  • Database sudah kamu buat dan bisa bekerja.
  • Username dan password untuk database.
  • Email aktif untuk WordPress kamu.
  • Username admin WordPress kamu.
  • Tagline atau deskripsi singkat untuk website WordPress kamu.

Setelah itu baru kamu buka domainnya pada browser. Kalau berhasil kamu buka, tampilan proses awal cara install WordPress di Cpanel CWP adalah sebagai berikut dibawah. Ikuti saja langkah-langkah ini ya.

1. Pilih bahasa yang ingin kamu gunakan pada blog WordPress kamu. Ada pilihan Bahasa Indonesia juga lho disini. Namun pada kesempatan kali ini saya memilih Bahasa Inggris sebagai pilihan bahasa secara default.

2. Siapkan semua data yang diperlukan, seperti yang sudah bloggerpi.com sebutkan sebelumnya.

Cara install WordPress di Cpanel CWP - Siapkan semua data yang diperlukan.

3. Isi data yang diminta dengan benar, cek lagi jangan sampai salah memasukkan data ya.

Cara install WordPress di Cpanel CWP - Isi data yang diminta dengan benar.

4. Jalankan proses instalasi WordPress dengan klik “Run the installation”.

5. Isi data untuk admin atau pengguna pertama blog kamu.

6. Langkah cara install WordPress di Cpanel CWP selesai, kamu bisa login dengan username dan password yang kamu buat sebelumya deh.

Langkah cara install WordPress di Cpanel CWP selesai!

Mudah bukan caranya? Secara umum kurang lebih caranya seperti diatas. Kalau ada pertanyaan, boleh bertanya lewat kolom komentar dibawah ya!

Cara Install WordPress Di Localhost Offline Dengan XAMPP Untuk Pemula

 

Cara Install XAMPP Di Windows 10 / Window 8 Localhost

Nah, kali ini saya mau bahas bagaimana cara install WordPress di localhost atau di PC laptop kamu. Ini adalah cara paling murah untuk kamu yang mau kenalan dulu dengan WordPress.

Karena dengan cara ini kamu bisa belajar WordPress tanpa harus beli hosting atau domain. Kamu cukup install WordPress secara offline di Laptop atau PC kamu. Untuk caranya, kamu harus install XAMPP di Windows dulu ya.

Cara Install XAMPP For Windows

Cara install XAMPP di Windows ini gampang, kamu cuma perlu download dulu XAMPP disini. Setelah itu install deh dengan mengikuti cara dibawah ini.

  1. Download installer XAMPP for Windows disini.
  2. Jalankan installer XAMPP dengan klik dua kali.
  3. Pilih aplikasi di XAMPP yang mau kamu install.
  4. Pilih lokasi tempat kamu install XAMPP.
  5. Bisa kamu taruh di drive C atau sebaiknya di drive lain. Sebaiknya ditaruh di tempat lain untuk Sistem Operasi Windows agar tidak terjadi masalah terkait user permission. Ini akan mempermudah kamu untuk belajar cara install WordPress di localhost secara offline.Bisa kamu taruh di drive C atau sebaiknya di drive lain. Sebaiknya ditaruh di tempat lain untuk Sistem Operasi Windows agar tidak terjadi masalah terkait user permission. Ini akan mempermudah kamu untuk belajar cara install WordPress di localhost secara offline.
  6. Pilih bahasa yang akan digunakan, defaultnya pilih Bahasa Inggris saja.
  7. Klik Next untuk mulai cara install XAMPP.
  8. Tunggu sampai proses install selesai, akan berlangsung selama beberapa menit, tergantung spek laptop atau PC kamu.
  9. Klik Finish kalau selesai instal, setelah itu XAMPP Control Panel akan dijalankan.
  10. Setelah XAMPP Control panel terbuka, jalankan Apache dan MySQL jika belum dijalankan. Dengan menjalankan Apache dan MySQL ini kamu bisa mulai belajar cara install WordPress di localhost secara offline.Setelah XAMPP Control panel terbuka, jalankan Apache dan MySQL jika belum dijalankan. Dengan menjalankan Apache dan MySQL ini kamu bisa mulai belajar cara install WordPress di localhost secara offline.
  11. Proses instalasi XAMPP Selesai. Untuk cek, buka alamat “localhost” atau “127.0.0.0” di browser kesayangan kamu. Jika berhasil, kamu akan melihat hasilnya seperti pada gambar tangkapan layar setelah ini. Kamu bisa juga cek alamat http://localhost/phpmyadmin/ untuk memastikan apakah MySQL server sudah berjalan sebagaimana mestinya.Proses cara Instalasi XAMPP Selesai
BACA JUGA :  Apakah Covid19 Mengakhiri Karir Travel Blogger, Travel Vlogger Dan Travel Influencer?

Gampang banget kan? Baru lanjut ke proses install WordPress offline di Localhost ya! Baca terus sampai selesai.

Langkah Cara Install WordPress Offline Di Localhost

Untuk cara install WorPress secara offline di localhost sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara install di server linux lewat Cpanel CWP. Namun untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti tutorial ini ya.

1. Buat database MySQL lewat phpMyAdmin

Untuk membuat database MySQL yang baru lewat phpMyAdmin di localhost, kamu buka saja alamatnya http://localhost/phpmyadmin/ pada browser kesayangan kamu. Lalu buat database baru seperti pada contoh gambar tangkapan layar dibawah ini. Pada contoh ini saya sudah membuat database dengan nama “wordpress”.

Langkah Cara Install WordPress Offline Di Localhost XAMPP - Buat database di localhost lewat PHPMyAdmin.

2. Copy installer wordpress ke dalam folder “htdocs” XAMPP

Pada contoh ini instalasi XAMPP saya taruh pada drive D dan folder XAMPP. Jadi lokasi folder “htdocs” berada disini : E:\XAMPP\htdocs. Tinggal kamu sesuaikan menurut lokasi kamu install XAMPP ya. Paste atau tempel installer WordPress disini.

Langkah Cara Install WordPress Offline Di Localhost XAMPP - copy installer wordpress ke dalam folder htdocs

Unzip atau extract file installer WordPress di dalam folder “htdocs” ini seperti pada contoh gambar tangkapan layar dibawah. Ganti nama folder yang sudah di-unzip ke nama yang mudah diingat. pada contoh ini saya ganti nama folder menjadi “wordpress”.

3. Buka lokasi installer lewat browser

Pada contoh ini lokasi dari installer wordpress berada disini:. Kalau tidak ada masalah, akan terbuka halaman seperti pada contoh tangkapan layar dibawah ini. Tinggal ikuti cara install WordPress secara offline di localhost deh.

4. Selesai!

Sampai disini cara install WordPress di localhost secara offline sudah selesai. Jadi kamu bisa mulai utak-atik wordpress kamu untuk belajar ya. Gampang banget kan?

***

Selamat mencoba, dan kalau kamu bingung atau ada yang mau ditanyakan, silahkan ditanyakan di kolom komentar ya!

 


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *