Beberapa Cara Mendapatkan Password Wifi Untuk Koneksi Internet Gratisan, Cara No 3 Traveler Wajib Tahu!

Buat sobat kismin kuota Internet seluler, WiFi gratis solusi yang bagus untuk tetap bisa terhubung dengan Internet meski lagi bokek. Nah, makanya disini bloggerpi.com bakal berbagi beberapa cara mendapatkan password wifi untuk koneksi Internet Gratisan. Mulai dari cara nakal, hingga cara legal untuk mendapatkan koneksi wifi gratisan.

Tentu saja cara mendapatkan password WiFi untuk koneksi internet gratisan ini bisa kamu lakukan di tempat umum yang biasanya tersedia koneksi internet gratis lewat wifi. Kalau enggak di mall, stasiun kereta, cafe ya di Bandara. Buat saya yang lumayan sering bepergian, WiFi gratisan itu penting agar tetap bisa terkoneksi lewat internet tanpa harus menghabiskan banyak kuota.

Namun perlu diingat ya, agar tetap aman berselancar dunia maya dengan menggunakan koneksi internet dari WiFi gratisan, gunakan juga yang namanya VPN atau Virtual Private Network. Kalau kamu belum tahu apa itu VPN, nanti akan bloggerpi.com jelaskan juga pada tulisan lainnya. Sementara itu, baca dulu beberapa cara mendapatkan password WiFi untuk mendapatkan koneksi internet gratisan disini ya.

Beberapa Cara Mendapatkan Password WiFi Untuk Koneksi Internet Gratisan, Cara No 3 Traveler Wajib Tahu!

Mungkin kamu perlu tahu ini?

Beberapa Cara Mendapatkan Password Wifi Untuk Koneksi Internet Gratisan, Cara No 3 Traveler Wajib Tahu!
Beberapa Cara Mendapatkan Password Wifi Untuk Koneksi Internet Gratisan, Cara No 3 Traveler Wajib Tahu!

Mendapatkannya Tanpa Aplikasi Khusus

Ada beberapa cara mendapatkan password WiFi tanpa menggunakan aplikasi khusus. Namun untuk cara ini, paling enggak kamu tahu apa itu ip address dan memiliki sedikit pengetahuan mengenai manajemen WiFi/atau router lewat website. Kamu juga perlu tahu sedikit mengenai perintah pada cmd windows/command prompt windows. Karena itu adalah beberapa hal yang perlu diketahui agar kamu sukses mendapatkan WiFi gratisan.

1. Mendapatkan Koneksi WiFi Gratis Dengan Memanfaatkan Kelemahan Default Password Halaman Administrasi WiFi

Akses ke halaman administrasi WiFi Router adalah salah satu cara mendapatkan password WiFi tanpa menggunakan aplikasi khusus.
Akses ke halaman administrasi WiFi Router adalah salah satu cara mendapatkan password WiFi tanpa menggunakan aplikasi khusus.

Beberapa wifi di tempat umum seperti WiFi @wifi.id atau WiFi lain kemungkinan memiliki username dan password default pada perangkat Wireless Routernya. Ini bisa terjadi karena ketika memasang perangkat, sang admin lupa mengubah password default dari Wireless Router tersebut. Nah, kelemahan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan koneksi internet.

Cara mendapatkan password WiFi tanpa aplikasi khusus ini adalah dengan masuk ke halaman administrasi Router WiFi. Biasanya disitu kamu bisa mengubah pengaturan koneksi atau malah terdaftar username dan password akses internet. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Dengan kasus, koneksi wifi yang akan digunakan adalah WiFi @wifi.id atau Wireless Router yang terproteksi dengan username dan password.

  1. Sambungkan perangkat laptop atau smartphone ke WiFi Routernya. Sebaiknya menggunakan laptop saja agar lebih mudah.
  2. Cari alamat IP dari perangkat WiFi Router tadi. Biasanya sih pada bagian awal atau akhir jangkauan alamat IP. Misalnya, alamat IP yang kamu dapatkan adalah 192.168.0.17, maka kemungkinan alamat IP yang digunakan sebagai gateway adalah 192.168.0.1 atau 192.168.0.255.
  3. Ketik alamat tersebut (http://192.168.0.1) di browser favorit kamu seperti Google Chrome atau Firefox. Kalau benar, biasanya akan tampil halaman login administrasi WiFi router tersebut.
  4. Nah, kamu bisa mencoba memasukkan default username dan password WiFi Router yang biasanya ADMIN atau USER. Kalau berhasil, kamu akan bisa masuk ke dalam halaman administrasi WiFi Router dan bisa mencari password dan user untuk akses ke internet. Atau kamu juga bisa mengaturnya agar perangkat kamu bisa terhubung ke Internet.
BACA JUGA :  Daftar Aplikasi Download Video Youtube Di Android

Cara mendapatkan password WiFi tanpa aplikasi yang ini mungkin tidak selamanya berhasil, terutama jika default username dan password WiFi Router sudah diganti terlebih dahulu.

2. Menggunakan Command Prompt Windows

Cara ini mungkin sedikit rumit, tapi mungkin bisa kamu gunakan sebagai cara mendapatkan password WiFi tanpa aplikasi khusus. Karena Command Prompt ini bawaan dari Windows Operating System. Untuk langkahnya kurang lebih sebagai berikut :

  1. Pastikan wifi kamu aktif
  2. Buka CMD (Command Prompt Windows) dengan tekan tombol Windows Huruf secara bersamaan, lalu ketik CMD dan enter sampai muncul CMD yang berwarna hitam.
  3. Ketikkan perintah “netsh wlan show profiles” pada CMD tadi lalu tekan enter. Kalau berhasil, akan muncul daftar WiFi yang pernah terhubung ke laptop kamu.

    Daftar WiFi yang pernah terhubung ke laptop kamu.
    Daftar WiFi yang pernah terhubung ke laptop kamu.
  4. Ketik perintah “netsh wlan show profiles name (ganti dengan nama jaringan) key=clear” seperti pada gambar diabawah. Kalau berhasil, kamu akan menemukan password WiFi yang bisa kamu pakai untuk berselancar di dunia maya.

    Kalau berhasil, kamu akan menemukan password WiFi yang bisa kamu pakai.
    Kalau berhasil, kamu akan menemukan password WiFi yang bisa kamu pakai.

Perlu dicatat, cara mendapatkan password WiFi tanpa aplikasi yang ini berguna untuk kamu yang ingin menghubungkan perangkat lain ke WiFi yang sudah pernah terhubung ke laptop tersebut, namun kamu lupa passwordnya apa.

Cara Membobol Password WiFi Dengan Aplikasi Android

Ada beberapa aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk terhubung dengan WiFi yang terproteksi dengan password. Disini bloggerpi.com akan berbagi beberapa aplikasi tersebut. Bisa dibilang, mengunakan Aplikasi Android adalah cara mendapatkan password WiFi yang paling mudah, karena tinggal install aplikasi dan menjalankan prosedur yang cukup sederhana. Lalu beberapa aplikasi yang direkomendasikan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Wifi WPS Connect

WPS Connect ini adalah salah satu aplikasi untuk akses WiFi terproteksi dengan password yang memanfaatkan cara bruteforce attack. Itu berarti aplikasi WPS Connect ini akan mencoba menebak password WiFi tersebut dengan otomatis. Biasanya aplikasi WPS Connect ini digunakan untuk test seberapa kuat keamanan WiFi Router. Namun aplikasi ini bisa juga digunakan untuk mendapatkan koneksi WiFi. Namun jangan dipakai untuk membobol password WiFi tetangga ya. Untuk langkah penggunaannya cukup sederhana sebagia berikut :

  1. Install Aplikasi Android WPS Connect ( Download WPS Connect Disini )
  2. Buka WPS Connect, scan WiFi sekitar, lalu gunakan aplikasi untuk mendapatkan password wifi. Perlu dicatat, aplikasi Android WPS Connect ini hanya bekerja pada Smartphone Android yang sudah di-root ya.

2. WiFi Map

WiFi Map ini adalah aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan koneksi WiFi gratis. Ini bukan aplikasi untuk hacking atau membobol password WiFi tetangga kamu ya. Ini adalah salah satu Aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan koneksi wifi secara gratis tapi legal.

Pasalnya, WiFi Map ini memanfaatkan koleksi database dari username dan password jaringan WiFi yang ada diseluruh dunia. Data tersebut dikumpulkan dari pengguna aplikasi WiFi Map ini. Jadi ya semacam crowdsourcing ya. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu repot untuk mencari cara membobol WiFi terdekat kamu. Untuk langkahnya sebagai berikut ya :

  1. Install Aplikasi Android WiFi Map di Playstore ( Download WiFi Map Disini )
  2. Jalankan aplikasi WiFi Map deh.

3. WiFi Warden

WiFi Warden ini cocok untuk digunakan pada WiFi Router yang terproteksi oleh WiFi Protected Setup (WPS). Jadi bisa dibilang WiFi Warden ini adalah salah satu cara membobol WiFi yang memanfaatkan kelemahan WiFi Protected Setup (WPS). Untuk penggunaanya kurang lebih sebagai berikut dibawah ini.

  1. Install Aplikasi Android WiFi Warden di Playstore ( Download WiFi Warden Disini )
  2. Jalankan aplikasi WiFi Warden.
  3. Pilih jaringan WiFi yang akan kamu gunakan, tap connect, lalu pilih “Connect using WPS”.
  4. Pilih menu “Calculate PIN”, berlanjut ke “Try All Pin” dan tunggu sampai jaringan terhubung.

Meski ini adalah salah satu cara mendapatkan pasword WiFi dengan Aplikasi Android yang mudah, namun penggunaan aplikas ini hanya terbatas pada  WiFi Router yang terproteksi oleh WiFi Protected Setup (WPS) ya. Kalau proteksi yang digunakan adalah yang lainnya, itu berarti kamu harus mencari cara lainnya.

4. WiFi Inspector

Kalau yang udah pro, atau malah hacker biasanya menggunakan WiFi Inspector nih gaes. Kebanyakan memang aplikasi Android yang satu ini digunakan untuk membobol password WiFi para network tester atau yang kerjaannya mengamankan jaringan. Mereka mencoba apakah setting keamanan yang diterapkan pada WiFi Router sudah aman atau belum. Yang menarik lagi adalah, selain untuk membobol password WiFi, WiFi Inspector ini juga bisa digunakan untuk memonitor jaringan juga. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu lakukan ini :

  1. Install Aplikasi Android WiFi Inspector di Playstore ( Download WiFi Inspector Disini )
  2. Jalankan aplikasi WiFi Inspector untuk mulai membobol WiFi dengan cepat menggunakan Aplikasi Android ini.

5. WIFI WPS WPA Tester

WIFI WPS WPA Tester agak mirip dengan aplikasi WiFi Inspector, keduanya berfungsi untuk mendapatkan password WiFi dengan Aplikasi Android. Namun aplikasi yang ini hanya akann berjalan efektif kalau Smartphone di-root dulu. Jika kamu mau mencoba menggunakan WIFI WPS WPA Tester untuk membobol WiFi, langkah yang harus kamu lakukan adalah.

  1. Root Smartphone Android kamu.
  2. Install Aplikasi Android WIFI WPS WPA Tester di Playstore ( Download WIFI WPS WPA Tester Disini )
  3. Jalankan aplikasi WIFI WPS WPA Tester untuk mulai membobol WiFi.

Nah, kira-kira diatas adalah beberapa cara mendapatkan password WiFi dengan Aplikasi Android. Aplikasi tersebut sebaiknya kamu gunakan dengan bijak ya. Mengingat aktivitas hacking itu bisa dibilang illegal. Mungkin daripada repot-repot membobol password WiFi milik tetangga, akan lebih baik kalau kamu bertanya dengan sopan saja. Mungkin kamu akan diberi tahu passwordnya.

Cara Mengetahui Password WiFi Di Bandara Seluruh Dunia

Buat yang sering traveling jalan-jalan. Entah kamu travel blogger atau travel vlogger dari Indonesia, atau memang kamu hobi jalan jalan, yang namanya WiFi itu penting. Masalahnya, kadang kamu perlu sedikit repot mengenai cara mendapatkan Password WiFi di Bandara. Namun, itu dulu, karena sekarang ada yang namanya daftar password WiFi di seluruh bandara di dunia lho.

Terimakasih untuk seorang travel blogger yang bernama Anil Polat. Berkat dia, traveler tak perlu lagi bersusah payah untuk bertanya demi mendapatkan password wifi. Karena Anil Polat ini sudah bersusah payah untuk membuat daftar password WiFi di sebagian besar Bandara yang ada di seluruh dunia. Dan tentu saja daftar tersebut masih terus bertambah sampai sekarang, seperti yang bisa kamu temukan dibawah ini.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan passsword Wifi di Bandara seluruh dunia tersebut? Kamu tinggal klik saja logo atau icon pesawat yang ada di peta diatas. Nanti akan muncul keterangan yang berisi informasi nama jaringan WiFi beserta passwordnya yang bisa kamu gunakan dengan gratis. Sangat bermanfaat buat traveler gak sih ini? Bagaimana menurut kamu? Silahkan berkomentar dibawah!

BACA JUGA :  Aplikasi Android Edit Video Terbaik Gratis Untuk Youtuber Pemula

fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com


Comments

  1. Meskipun kita tahu password-nya, memasuki sistem milik orang lain, itu pelanggaran hukum lho. Sistem tidak hanya terbatas pada server, tapi juga router. Soalnya pernah ngobrol sama temen yang pengacara, dia lebih spesialis ke UU ITE, mengatakan bahwa itu termasuk “teknik mendapatkan akses untuk memperoleh informasi elektronik”, dalam hal ini password. Sejak saat itu, saya memilih fakir kuota kalau jauh dari rumah. Siapa tahu, namanya apes. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *