CMS WordPress Adalah? Belajar WordPress Untuk Blogging Yuk!

Menurut bloggerpi.com CMS WordPress adalah salah satu platform terbaik untuk membuat blog. Baik untuk pemula atau yang sudah berpengalaman sebagai blogger.

Saya berani bilang seperti itu karena saya sudah menggunakan WordPress untuk membangun blog dan website selama lebih dari 10 tahun. Sejak mengenal WordPress dari tahun 2008, saya belum pernah dikecewakan.

Ya, tanpa ragu saya akan bilang CMS WordPress ini adalah satu satunya content management system yang saya rekomendasikan pada setiap blogger yang ingin serius jadi Blogger professional.

Artinya, jika kamu ingin membesarkan blog yang kamu kelola, saya rekomendasikan sedari awal kamu sudah menggunakan WordPress sebagai platform kamu membuat konten.

Pengertian WordPress : Apa Itu WordPress?

WordPress adalah sebuah CMS atau Content Management System yang bagian intinya dibuat dengan Bahasa Pemrograman PHP, dan biasanya MySQL atau MariaDB digunakan sebagai basis data. WordPress ini bersifat open source, dan gratis untuk digunakan oleh siapapun.

Secara sederhana, kamu bisa membuat blog atau website jenis apapun dengan menggunakan WordPress. Ya, meski awalnya WordPress ini dibuat untuk kebutuhan blog, namun pada perkembangannya, CMS ini banyak digunakan untuk membuat berbagai macam jenis website yang akan bloggerpi.com jelaskan juga pada tulisan ini.

Sejarah WordPress

WordPress awalnya diciptakan oleh dua orang programmer dari USA Matt Mullenweg dan Mike Little dari Inggris. Pertama kali dirilis ke publik pada tanggal 27 Mei 2003.

Mereka membuat WordPress karena sebuah platform blogging b2/cafeblog ditutup. Sebagai pengguna platform b2/cafeblog, Matt dan Mike merasa mereka harus mencari alternatif lainnya.

Karena itulah ketika mereka merilis WordPress versi 1.0, fungsi dasar platform b2/cafeblog juga terdapat pada WordPress, namun dengan sedikit modifikasi.

Pada perkembangannya, WordPress adalah salah satu CMS yang paling populer di Internet. Menurut Wikipedia, pada April 2019 WordPress telah digunakan pada 60 juta website, dimana 33,6 persen adalah 10 juta website teratas.

Pahami Perbedaan WordPress.org Dan WordPress.com

Blogger pemula biasanya akan bingung ketika mencari informasi tentang WordPress ini. Karena ketika mencari di Google Search, mungkin kamu akan menemukan dua website.

Website tersebut adalah WordPress.com dan WordPress.org. Lho, kok ada dua website ya? Bedanya apa sih dari dua website tersebut? Tenang, disini bloggerpi.com akan menjelaskan secara mudah mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org.

  • WordPress.com adalah sebuah layanan penyedia blog, yang mirip dengan blogger.com atau blogspot.com. Jadi kalau kamu pemula dan mau belajar WordPress dengan mudah dan gratis, kamu bisa mendaftar blog gratis di WordPress.com. Jadi kalau kamu mau punya blog WordPress dengan cepat, langsung aja buka WordPress.com ini.
  • WordPress.org adalah website pengembang atau developer aplikasi WordPress. Ini adalah tempat dimana kamu bisa mengunduh atau download aplikasi WordPress untuk kamu install di server atau hosting kamu. Biasanya yang sudah memahami WordPress, dan ingin membuat website atau blog dengan menggunakan WordPress akan mengunduh aplikasinya dari WordPress.org ini.

CMS WordPress Adalah Platform Blogging Paling Keren!

Wordpress adalah CMS yang ramah pengguna, kira-kira halaman adminnya seperti ini.

Kenapa saya bilang begitu? Pertama, karena WordPress ini juga tersedia dalam Bahasa Indonesia. Nggak banyak lho CMS yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

BACA JUGA :  Blogspot VS Wordpress Bagus Mana Untuk Blogger Pemula?

Kerennya lagi, berdasarkan data dari WordPress disini, Bahasa Indonesia termasuk paling banyak digunakan di WordPress. Saat saya menulis ini, 2.4% website yang berbasis WordPress menggunakan Bahasa Indonesia. Mantap gak sih?

Data 10 bahasa paling banyak digunakan di WordPress ada dibawah ini.

  1. Bahasa Inggris : 71%
  2. Bahasa Spanyol : 4.7%
  3. Bahasa Indonesia : 2.4%
  4. Bahasa Portugis (Brazil) : 2.3%
  5. Bahasa Perancis : 1.5%
  6. Bahasa Rusia : 1.3%
  7. Bahasa Jerman : 1.2%
  8. Bahasa Itali : 1%
  9. Bahasa Turki : 0.7%
  10. Bahasa Belanda : 0.6%

Karena itu saya bilang kalau WordPress adalah platform blogging paling keren yang pernah saya gunakan. Saya sudah bilang kan sebelumnya kalau saya sudah menggunakan WordPress selama lebih dari 10 tahun?

Tentu saja alasan kenapa Blogger pemula harus menggunakan WordPress bukan karena keren saja, namun ada beberapa hal lain yang akan bloggerpi.com jelaskan setelah ini.

9 Alasan Kenapa Blogger Sebaiknya Menggunakan WordPress?

Blogger pemula biasanya akan bingung menentukan mau ngeblog pakai WordPress atau Blogspot. Sebenarnya sederhana, kalau kamu mau jadi blogger professional, tentu CMS WordPress adalah pilihan paling pas sebagai platform blogging yang akan kamu gunakan.

Kalau masih ragu, mungkin 9 alasan kenapa blogger sebaiknya menggunakan WordPress ini bisa membuat kamu makin yakin kenapa harus memilih CMS ini sebagai platform blog yang akan kamu gunakan. Simak baik baik ya!

Wordpress Adalah CMS Terbaik? Belajar WordPress Untuk Bikin Blog Yuk!
WordPress Adalah CMS Terbaik? Belajar WordPress Untuk Bikin Blog Yuk!

1. WordPress Adalah CMS Yang Mudah Digunakan Baik Untuk Pemula Atau Sudah Expert

Entah kamu Blogger pemula, atau yang sudah berpengalaman, CMS ini sangat saya rekomendasikan untuk digunakan. Tak perlu belajar pemrograman untuk bisa ngeblog dengan WordPress.

Tak perlu mahir Bahasa Inggris untuk bisa ngeblog dengan menggunakan WordPress. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, WordPress sudah mendukung Bahasa Indonesia.

Halaman administrasi WordPress ini didesain ramah pengguna. Sangat user friendly, jadi mudah untuk dipahami. Bahkan untuk yang baru kenal WordPress sekalipun.

Pemula yang baru saja belajar WordPress, bisa langsung membuat blog gratisan di WordPress.com. Lalu yang sudah berpengalaman ingin membuat blog atau website lain berbasis WordPress, bisa langsung mampir ke WordPress.org.

2. Bisa Belajar WordPress Dengan Cepat Karena Banyak Tutorial

Saking banyaknya pengguna WordPress, jadi bahan untuk belajar juga ada banyak dan mudah ditemukan. Tinggal mencari di Google Search Indonesia, kamu bisa menemukan ratusan atau bahkan ribuan tutorial WordPress untuk pemula.

Untuk level advanced juga ada banyak. Tidak cuma tutorial WordPress berupa tulisan, yang berbentuk video juga ada banyak lho di Youtube. Jadi nggak ada alasan lagi kalau buat blog dengan WordPress itu susah.

3. Mau Modifikasi? Gak Perlu Bingung, Ada Banyak Plugin WordPress Gratis, Fungsional Dan Keren!

Mungkin kamu perlu lebih dari sekedar platform blogging. Tenang, WordPress adalah CMS yang paling fleksible untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan. Ini juga yang membuat saya setia selama belasan tahun tetap menggunakan CMS ini.

Kamu mungkin perlu website untuk ngeblog, dan kebutuhan lainnya seperti untuk forum? WordPress bisa kok dibuat forum. Kamu bisa menggunakan plugin seperti bbPress.

Atau kamu pengen bikin blog dan toko online sekaligus, jadi kamu bisa jualan dan promosikan produk kamu lewat content marketing? WordPress bisa melakukan itu dengan bantuan plugin WordPress WooCommerce.

Menariknya lagi, dua plugin yang bloggerpi.com sebutkan diatas gratis untuk digunakan. Ya, WordPress ini bisa dimodifikasi menjadi website untuk tujuan apapun dengan bantuan ribuan plugin WordPress gratis untuk menambah fitur website atau blog kamu.

4. Worpdress Adalah CMS Yang Sangat SEO Friendly!

Saya ingat, ketika dulu pengen coba menggunakan platform blogger atau blogspot.com untuk membuat photoblog. Alasan mencoba blogspot adalah karena saya bisa menyimpan banyak foto berukuran besar tanpa harus memberatkan server.

Maklum, awal-awal ngeblog modalnya masih kecil. Jadi belom kuat sewa hosting yang bisa menyimpan foto berukuran besar. Jadi saya mencoba membuat blog di blogspot yang alamatnya catperku.blogspot.com.

BACA JUGA :  Jasa Penulis Artikel SEO Konten Writer Freelance Berkualitas

Sialnya, ketika membuat sebuah blogpost, saya salah membuat judul. Sehingga permalink yang sudah dibuat pun juga salah. Dan, yang salah adalah pada bagian kata kunci.

Dan karena itu saya baru tahu kalau dulu permalink blogspot ini tidak bisa diganti. Sekarang sih saya enggak tahu, karena setelah tahu hal sesederhana permalink tidak bisa diganti kalau sudah disimpan, saya langsung nggak jadi buat photoblog di blogspot.

Padahal permalink ini erat hubungannya dengan yang namanya SEO friendly. Ada suatu waktu ketika saya perlu mengganti permalink ketika ada salah ketik atau karena alasan lainnya.

Kalau hal sederhana seperti itu tidak bisa dilakukan dengan mudah, auto coret dari daftar CMS yang enak dipakai buat ngeblog deh. Sementara itu di WordPress kamu bisa mengganti permalink sesuka hati kapan saja, sebanyak apapun.

Tentu saja, bukan cuma permalink. Untuk masalah Search Engine Optimization, WordPress adalah CMS terbaik yang SEO Friendly. Didukung dengan banyak dukungan plugin SEO WordPress gratis tapi keren yang bisa kamu coba.

5. Ketemu Masalah? Gampang Diselesaikan Karena Komunitas Developer Dan Pengguna WordPress Sangat Besar!

Enaknya menggunakan CMS yang sudah terkenal seperti WordPress itu, gampang untuk mencari bantuan ketika terjadi masalah. Mulai dari sekedar mencari informasi plugin WordPress terbaik yang bisa digunakan, hingga menyelesaikan masalah ketika ada plugin error.

Dari pengalaman saya, banyak forum atau website yang sangat aktif membahas seputar WordPress. Bahkan untuk beberapa permasalahan kamu bisa menemukan solusinya hanya dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam.

Memang WordPress adalah salah satu platform website dengan pengguna terbesar didunia. Jadi ya wajar kalau komunitasnya sangat aktif dan mau membantu ketika terjadi permasalaha.

Pastikan saja kamu bertanya di forum yang tepat ya. Misalnya kamu perlu mengamankan website WordPress kamu, bisa baca tulisan tentang mengamankan website dengan CloudFlare Firewall disini.

6. Banyak Website Atau Situs Besar Menggunakan WordPress, Jadi Kehandalan Sudah Terbukti!

WordPress adalah CMS yang kehandalannya sudah terbukti. Bukti paling jelas adalah banyaknya situs besar yang menggunakan WordPress. Beberapa contoh website besar tersebut bisa kamu lihat disini. Atau kamu juga bisa temukan dibawah ini ya :

Wordpress adalah CMS yang banyak digunakan oleh website besar dan brand terkenal.

7. WordPress Adalah CMS Paling Pas Untuk Kamu Yang Mau Jadi Blogger Professional

Saya tidak bilang kalau kamu pake blogspot, blogger.com atau pakai platform blog lain tidak akan bisa menjadi Blogger Professional. Karena sejatinya ada banyak jalan menuju roma, dan menuju blogger yang sukses.

Hanya saja, memang ada banyak contoh Blogger Professional sukses yang menggunakan WordPress sebagai software untuk membuat blognya. Salah satu yang saya tahu dan sudah saya ikuti sejak lama sih Neil Patel yang membuat plugin Yoast SEO.

Sebenarnya ada banyak contoh lain ya. Saking banyaknya saya nggak bisa sebutkan semua disini. Jadi kalau kamu penasaran, kamu bisa riset sendiri lewat mesin pencari Google.

8. Ganti Desain Atau Theme WordPress Gampang, Ada Banyak Pilihan!

Ini juga yang menjadi pertimbangan kenapa saya memilih menggunakan WordPress. Ada banyak theme premium dan gratisan nan keren bisa digunakan di blog WordPress kamu.

Jadi kamu gak perlu buang waktu membuat theme sendiri, dan bisa fokus ke pembuatan konten blog. Seorang blogger biasanya akan lebih pusing memikirkan bagaimana membuat konten yang mendatangkan traffic ke blog, daripada memikirikan tampilan setiap hari.

Belum lagi kalau ada yang copas konten blog kamu, entah dengan cara manual atau dengan script AGC. Kamu harus rutin menyediakan waktu untuk melaporkan pencuri konten tadi lewat Google DMCA takedown.

Karena itu WordPress adalah salah satu CMS yang tepat buat kamu yang ingin fokus ke pembuatan konten. Karena untuk urusan penambahan fitur, tampilan yang bagus, kamu bisa mendapatkannya dengan gratis dan mudah.

9. Gratis Cuy!

WordPress ini gratis buat kamu gunakan, paling kalau kamu menggunakan WordPress Self Hosted harus keluar modal buat sewa domain, hosting atau server saja.

BACA JUGA :  Cara Install WordPress Lengkap Untuk Pemula

Bukan cuma WordPress saja yang gratis buat digunakan, tapi ada banyak plugin WordPress keren untuk menambah fitur blog kamu. Untuk daftar plugin WordPress gratis nan keren yang direkomendasikan akan bloggerpi.com bahas pada tulisan yang berbeda ya!

WordPress Adalah CMS Yang Bisa Dipakai Untuk Membuat Banyak Jenis Website

Seperti yang sudah disebutkan, kalau WordPress ini adalah CMS yang sangat fleksibel. Dia bisa digunakan untuk membuat blog, atau berbagai macam website yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Karena itu bloggerpi.com akan sedikit menjelaskan dan memberikan gambaran apa saja jenis website yang bisa kamu buat dengan menggunakan CMS WordPress ini.

  1. Website Blog. Seperti tujuan awal WordPress dibuat, CMS ini memang paling cocok untuk ngeblog. Banyak contoh blogger yang menggunakan WordPress seperti disini. Bloggerpi.com dan blog wisata catperku.com punya saya juga dibuat dengan menggunakan CMS WordPress.
  2. Website Pribadi. Jenis website pribadi ini bisa bermacam-macam, namun saya biasanya membuat website Curiculum Vitae dengan menggunakan WordPress.
  3. Website Portofolio. Kalau kamu freelancer, itu artinya perlu website untuk menunjukkan hasil kerja kamu. Paling gampang ya bikin pake WordPress karena ada banyak pilihan theme untuk taruh portofolio.
  4. Website Company Profile. Biasanya banyak perusahaan yang membuat company profile dengan menggunakan WordPress. Alasannya tentu saja untuk menghemat biaya karena WordPress adalah CMS gratis yang murah. Harga theme premium pun juga enggak mahal-mahal banget kok.
  5. Website Toko Online. Iya, kamu bisa buat blog sekaligus toko online dengan menggunakan WordPress yang dipasang plugin WooCommerce.
  6. Website Forum. Kalau kamu mau bikin forum seperti Kaskus namun dengan biaya yang lebih murah, kamu bisa menggunakan WordPress yang dipasang plugin WordPress bbpress.
  7. Website AGC ( Auto Generated Content ). Yang ini saya enggak merekomendasikan, karena jatuhnya lebih ke arah penyalahgunaan hak cipta. Biasanya para spammer nih yang buat website AGC dengan menggunakan WordPress. Kalau saya sebaliknya, lebih sering blokir website AGC pencuri konten seperti disini. wkwkwk!

Sebenarnya jenis website yang bisa dibuat dengan menggunakan WordPress itu lebih banyak lagi, tapi kalau dibahas semuanya kebanyakan. Jadi bloggerpi.com hanya bahas yang paling banyak aja ya.

Tantangan Menggunakan WordPress

WordPress ini memang mudah dipelajari, fleksible dan gratis. Namun bukan berarti tidak ada tantangan berarti ketika kamu menggunakan WordPress untuk membuat blog atau website. Seperti misalnya beberapa tantangan ini:

1. WordPress Adalah CMS Yang Harus Sering Dioptimasi

Terutama buat kamu yang menggunakan WordPress self hosted, optimasi ini harus dilakukan. Apalagi kalau kamu mengincar skor sempurna di Pagespeed Google Insight seperti disini.

Selain itu kamu perlu melakukan konfigurasi beberapa plugin yang berbeda agar website WordPress kamu tetap aman, loadingnya cepat dan tentunya SEO Friendly.

Secara umum WordPress adalah CMS yang cukup aman dari serangan hacker. Namun ggar website kamu selalu aman, kamu perlu melakukan update rutin plugin WordPress yang kamu gunakan.

Pengembang WordPress sendiri juga rutin melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Jadi pastikan kamu tidak melewatkan update ke versi terbaru agar website atau blog kamu tetap aman ya.

2. WordPress Adalah CMS Yang Memerlukan Modal Awal Yang Lumayan

Biasanya blogger pemula modalnya belum banyak. Jadi agak ragu untuk membuat blog atau website dengan menggunakan WordPress Self Hosted. Karena tentu saja kamu perlu modal untuk sewa hosting, server dan domain.

Sebenarnya kalau baru belajar, kamu bisa membuat blog WordPress gratisan di WordPress.com. Baru kalau sudah paham dengan cara kerja WordPress, kamu bisa pindah ke WordPress Self Hosted yang diisntall di hosting atau server kamu sendiri.

***

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan pengertian WordPress, apa itu WordPress? Yang pasti sih, WordPress adalah CMS yang bisa digunakan untuk membuat website dengan berbagai tujuan. Selain itu, menurut pengalaman saya, WordPress adalah salah satu cms terbaik untuk para blogger baik yang pemula atau sudah professional.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com


Comments

  1. Terimakasih kak. Menurut saya penjelasan mengenai WordPress ini sangat sesuai untuk level pemula sperti saya. Perkenalkan kak, nama saya Susi Susanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *