Cara Mencari Lowongan Kerja Di Linkedin Terbaru!

Apakah kamu mau tahu cara mencari lowongan kerja di Linkedin terbaru tahun 2020? Sebenarnya kalau profil kamu bagus, dan diisi dengan benar kadang malah ada yang menawari kamu pekerjaan di Linkedin lho. Misalnya, meski akun linkedin saya ini bisa dibilang biasa aja, masih ada yang menawari pekerjaan lewat inbox linkedin. Seperti gambar tangkapan layar dibawah deh.

Jadi sebelum mulai membahas tips dan cara mencari lowongan kerja di Linkedin, pastikan dulu kamu mengisi informasi dan data di profil linkedin kamu dengan lengkap. Terus pastikan kalau informasi yang ada di profil linkedin kamu relevan dengan skill yang kamu kuasai sekarang. Mengenai profil yang bagus di Linkedin seperti apa, nanti saya bahas saja di tulisan lainnya ya.

Sekarang mau bahas sedikit saja tips untuk mencari pekerjaan lewat linkedin di tahun 2020. Karena ini memang salah satu sosial media tempat para professional berkumpul di dunia maya. Itu berarti, ada banyak para recruiter atau para pencari “pekerja” bergentayangan untuk mencari talent professional berkualitas di linkedin.

Nah, Ini Dia Cara Mencari Lowongan Kerja Di Linkedin Terbaru Tahun 2020, Baca Ya!

Sebelum mulai membaca cara mencari lowongan kerja di Linkedin, pastikan profil linkedin kamu sudah dipoles menjadi bagus.
Sebelum mulai membaca cara mencari lowongan kerja di Linkedin, pastikan profil linkedin kamu sudah dipoles menjadi bagus.

Kalau kamu mau tahu bagaimana cara mendapatkan pekerjaaan lewat linkedin, kamu harus baca ini sampai selesai.

1. Poles Profil Linkedin Kamu Dengan Lengkap Sesuai Skill Yang Relevan Agar Menarik Perhatian

Profil di Linkedin ini kalau toko adalah sebuah etalase. Makin menarik, makin banyak pula yang akan mengunjunginya. Begitu juga profil di Linkedin, semakin lengkap dan detail, makin menarik profil kamu buat dilihat para HRD. Minimal data diri, portofolio, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan sampai pengalam kerja dimana saja harus ada agar kamu bisa dilirik para recruiter. Ini adalah bagian utama dari langkah awal cara mencari lowongan kerja di Linkedin di tahun 2020 ya.

Terus, jangan lupa juga pasang foto profil yang menarik ya. Definisi foto profil menarik di Linkedin mungkin agak berbeda dengan foto profil di media sosial lainnya ya. Ada yang bilang harus pasang foto dengan baju resmi sebagai foto profil di Linkedin. Namun ada juga yang bilang kalau pasang foto yang kelihatan muka dengan jelas saja. Saya sendiri waktu masih jadi mas-mas kantoran Programmer Full Time, saya pasang foto resmi hasil dari foto di kantor.

Tapi ya enggak resmi-resmi amat sih. Karena di dua kantor tempat saya bekerja sebelumnya memperbolehkan menggunakan baju casual untuk bekerja. Malah di kantor kedua, saya berangkat kerja pakai sendal jepit setiap hariya. Nah, kalau foto yang sekarang, saya pasang yang semi formal saja. Foto waktu jalan-jalan sebagai Travel Blogger Indonesia. Jarang saya update karena memang saya jarang buat foto serius.

2. Bergabung Dengan Grup Di Linkedin

Bergabung dengan grup yang relevan dengan skil kamu di Linkedin adalah salah satu cara mencari lowongan kerja di Linkedin tahun 2020. Dengan bergabung ke grup di Linkedin, memperbesar kemungkinan kamu untuk dilihat oleh orang atau terkoneksi dengan orang dengan skill yang sama atau relevan. Tujuan bergabung ke dalam grup di Linkedin sebenarnya untuk saling berbagi tips juga informasi yang relevan dengan skill sih.

Namun bukan tidak mungkin di dalam grup tersebut terdapat para HRD atau recruiter yang sedang bergentayangan mencari pekerja. O iya, pastikan kamu gabung ke dalam grup di Linkedin yang relevan dengan skill kamu ya. Misalnya kamu Programmer, ya gabung ke grup yang isinya Programmer juga. Lebih spesifik lagi kamu gabung ke Grup yang bahas programming tertentu. Kalau kamu penulis atau SEO Spesialist, ya gabungnya ke grup yang isinya para penulis dan spesialis SEO.

3. Bangun Jaringan Dengan Orang Yang Relevan Dengan Skill, HR Atau Recruiter

Seperti kata orang, banyak teman banyak rejeki mungkin juga berlaku di Linkedin. Itu artinya, kamu harus mencoba terhubung dengan banyak orang di Linkedin, terutama untuk yang memiliki skill sama. Siapa tahu kalau kamu punya project atau lowongan kerjaan kamu bisa berbagi ke koneksi kamu di Linkedin. Begitu juga sebaliknya, kesempatan kamu ditemukan oleh para recruiter atau HRD juga semakin besar.

Optimasi SEO Linkedin Di Profil Kamu
Optimasi SEO Linkedin Di Profil Kamu

4. Optimasi “SEO” Linkedin Di Profil Kamu

Seperti layaknya optimasi SEO di Google, kamu juga bisa menerapkan optimasi “SEO” di Linkedin. Ini juga salah satu cara mencari lowongan kerja di Linkedin tahun 2020. Karena biasanya para HRD atau recruiter ini mencari para karyawan atau pekerja dengan mencari lewat Linkedin juga. Untuk mencari, biasanya mereka menggunakan kata kunci. Misalnya mereka bisa mengetikkan kata “Travel Blogger“, “Kontent Writer” atau kata kunci apapun di kolom pencarian Linkedin.

Karena itu pentingnya melakukan optimasi profil Linkedin kamu biar mudah ditemukan. Misalnya kamu harus menulis dengan lengkap di bagian ringkasan tenang diri kamu. Usahakan menulisnya dengan isi yang relevan dengan skill kamu. Misalnya jika kamu seorang web developer yang membuka jasa buat website, isilah dengan informasi berapa tahun kamu sudah jadi web developer, dan pernah bekerja sama dengan perusahaan mana saja. Bagian ini akan memutuskan apakah para recruiter atau HRD meneruskan untuk mempelajari profil kamu lebih lanjut, dan mungkin menawari kamu pekerjaan.

5. Menulis Konten Di Blog Yang Relevan Dengan Skill

Sering menulis konten yang relevan dengan skill di blog pribadi dan membagikannya di Linkedin juga merupakan salah satu cara mencari lowongan kerja di Linkedin tahun 2020. Bayangkan kalau misal konten kamu bisa viral atau minimal dibaca oleh para HRD dan recruiter yang sedang mencari orang seperti kamu. Bisa jadi kamu langsung ditawari untuk interview masuk kerja.

Percaya atau tidak, kekuatan tulisan itu cukup dahsyat. Untuk branding diri sendiri, atau untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Karena itu, pentingnya punya blog pribadi untuk menulis. Apapaun skill atau pekerjaan kamu. Selain untuk menyampaikan pesan, menulis juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk belajar sambil meningkatkan skill yang kamu miliki. Gak percaya? Silahkan dicoba juga.

6. Rajin Mencari Lowongan Pekerjaan Di Linkedin

Beberapa diatas memang cara mencari lowongan kerja di Linkedin secara otomatis dengan memanfaatkan kekuatan koneksi, dan optimasi “SEO” Linkedin. Namun ada kalanya kita yang harus jemput bola dengan cara rajin mencari lowongan pekerjaan di Linkedin. Metode jemput bola ini cukup efektif karena memang ada banyak HRD atau recruiter mempublikasikan informasi lowongan pekerjaan di Linkedin. Biasanya yang seperti ini memang sengaja mencari para pencari kerja yang punya inisiatif. Nah, kalau tutorial lengkapnya bisa dibaca setelah ini ya.

7. Tutorial Cara Mencari Lowongan Kerja Di Linkedin

Nah, untuk tutorial cara mencari lowongan kerja di Linkedin bisa kamu ikuti dibawah ini ya. Tutorial ini memanfaatkan fitur mencari pekerjaan yang memang sudah ada di Linkedin sebelumnya. Kamu bisa mengikuti petunjuk sesuai urutan yang ada di gambar tangkapan layar dibawah ini, atau sesuai langkah-langkah dibawahnya.

Tutorial Cara Mencari Lowongan Kerja Di Linkedin
Tutorial Cara Mencari Lowongan Kerja Di Linkedin.
  1. Klik menu “Job” atau “Pekerjaan” yang ada di deretan menu Linkedin.
  2. Pada bagian kolom “Search Job” atau “Cari Pekerjaan” isi dengan kata kunci jenis pekerjaan atau bisa juga diisi dengan nama perusahaan.
  3. Masukkan lokasi pekerjaan berada. Pada contoh diatas saya memasukkan Indonesia saja.
  4. Lanjutkan dengan klik tombol “Search” atau “Cari”.
  5. Daftar pekerjaan yang kamu cari sesuai kata kunci akan ditampilkan seperti gambar tangkapan layar dibawah. Kamu tinggal melamar yang sesuai dengan skill kamu deh.

Nah, bagaimana? Semoga tutorial cara mencari lowongan kerja di Linkedin tahun 2020 yang ada diatas bisa bermanfaat buat kamu yang membutuhkannya ya. Terus, kalau merasa tulisan ini berguna, kamu boleh membagikannya ke teman lain yang mungkin juga perlu informasi ini. Lalu kalau ada tambahan, saran atau kritik bisa ditambahkan di kolom komentar dibawah.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply