Badan rasanya masih remuk, jam biologis tubuh terpaksa berubah ketika beberapa hari ini harus bangun pagi. Memang sudah sekian lama sejak menjadi full time travel blogger jam kerja saya berubah. Saya pun sepertinya sudah menjadi seorang manusia kalong sejati. Yang terasa efeknya ketika harus sering bangun pagi.

Hari itu, saya masih mengikuti program Bootcamp yang diadakan oleh PT Newmont Nusa Tenggara. Dan kali ini jadwalnya adalah menengok konsentrator dimana proses pengubahan seonggok batu tak berharga menjadi konsentrat bernilai tinggi, kemudian di jual kepada para pembelinya setelah dimurnikan secara proses Fisika. Sementara tailing sebagai residunya, akan ditempatkan di laut dalam.

Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Mereka para peserta Newmont Bootcamp yang selalu penuh semangat!

Seperti biasanya, para peserta Newmont Bootcamp digiring ke ruang Makan Tambora, untuk menikmati makanan sehat sebelum beraktifitas. 1/4 Piring Protein tanpa lemak, 1/4 Karbohidrat, 1/2 Piring buah dan sayuran, begitulah seharusnya makanan sehat seperti yang dianjurkan di porsi 1 piring makanan yang ada di Ruang Makan Tambora. Kenyataanya,  seorang karnivor seperti saya, porsi protein pasti lebih banyak. Hehee!

Area Konsentrator yang  menjadi lokasi kunjungan hari ini berada tidak jauh dari area pit.

Sebelum melihat langsung bagaimana pemisahan mineral berharga dari batuan, para peserta Bootcamp termasuk saya diberi penjelasan teknis lewat presentasi. Pada presentasi ini dijelaskan teknisnya secara detail, bagaimana bijih batuan setelah dihancurkan menjadi sedikit lebih oleh crusher dibawa oleh ban berjalan diproses di Konsentrator.

Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Konsentrator PT Newmont untuk pemrosesan bijih batuan menjadi konsentrat yang merupakan debu berharga.

Singkatnya seperti ini…

Bijih batuan akan dicampur dengan air laut, kemudian dilanjutkan dengan digerus dengan menggunakan 2 penggerus utama yang disebut Semi Autogenous (SAG) mill dan penggerus tambahan yaitu 4 ball mill. Hasil dari penggerusan di ball mill adalah partikel halus yang terkandung dalam bubur bijih batuan. Nah dari sini kemudian dipompa ke tangki siklon untuk pemisahan akhir mineral berharga dari bijih. Bubur bijih halus dari tangki siklon dialirkan ke sejumlah tangki untuk diambil kandungan mineral berharganya. Tangki ini disebut sel flotasi.

Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Semi Autogenous atau SAG mill untuk menggerus batuan menjadi lebih kecil lagi.
Baca Juga:  Berbagi Pengalaman, Suka Duka Menjadi Blogger Lokal, Blogger Import, Blogger Internasyenel! Eh Apa Sih Ini?
Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Ball mill untuk penggerusan selanjutnya.
Proses sendiri masih belum berhenti disini, karena masih ada proses fisika yang mereka sebut dengan Flotasi. Gampangnya proses flotasi ini adalah pengapungan mineral berharga (entah emas atau tembaga), untuk kemudian diambil sebagai hasil akhir yang berupa konsentrat.
Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Konsentrator PT Newmont untuk pemrosesan bijih batuan menjadi konsentrat yang merupakan debu berharga.
Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Salah satu monitor di ruang kontrol konsentrator menampilkan status konsentrator dalam kondisi real time.
Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Proses flotasi untuk mendapatkan konsentrat berharga.

Karena proses pembentukan konsentrat ini dilakukan secara fisika, jadi hasil akhirnya hanya berupa tailing yang tidak terkontaminasi dengan bahan kimia. Dan kemudian tailing relatif aman untuk ditempatkan ke dalam palung laut dalam. Sedangkan konsentrat yang didapatkan akan dihilangkan kadar garamnya dengan bantuan air tawar di tangki penghilangan kadar garam.Semoga kalian tidak bingung membaca pengalaman saya selama di Konsentrator ini. Bahkan, kata teman – teman yang kuliahnya di metalurgi saja, penjelasan tentang konsentrator ini adalah pelajaran selama beberapa semester. Saya aja yang lulusan Teknik Elektro Kadang masih bingung~ XD

Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Selain konsentrat, hasil lainnya adalah Tailing yang diamankan sedemikian rupa, lalu ditempatkan di laut dalam.
Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Tailing (kiri), Konsentrat (kanan)

O iya, perjalanan konsentrat masih belum berakhir disini ya. Konsentrat yang sudah dihilangkan kadar garamnya tadi akan dialirkan melalui pipa ke fasilitas filtrasi yang ada di Benete. Nah disinilah proses akhir dari perjalanan konsentrat. Kandungan air konsentrat dihilangkan, hingga hasil akhirnya berupa bubuk yang menyerupai debu.Pun hasilnya debu, ini adalah debu berharga yang didalamnya mengandung tembaga, perak bahkan sampai emas.

Konsentrat akan ditampung di sebuah gudang yang ada di Benete, sebelum akhirnya diangkut menggunakan kapal. Tentunya sebagian dari konsentrat dikapalkan ke sejumlah pabrik peleburan atau smelter di Gresik, Jawa Timur dan ke berbagai belahan dunia. Proses pemisahannya dan pengambilan logam berharga yaitu tembaga atau bahkan emas sendiri terjadi pada smelter.
Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Tumpukan debu bernilai tinggi yang disebut dengan konsentrat inilah yang diharapkan
Sebelumnya saya hanya mendengar dan melihat proses yang terjadi di Konsentrator ini lewat slide presentasi atau dari infografis yang bertebaran di dunia maya. Namun karena mengikuti program Newmont Bootcamp ini saya jadi bisa melihat secara langsung proses tadi. Bahkan beberapa teman peserta Bootcamp ada yang secara langsung menyentuh dengan tangan mereka baik Konsentrat ataupun Tailing. Kalau saya, dari pada tangan dan shutter kamera kotor, saya cuma berani menyentuh Konsentrat yang sudah dikeringkan!
Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Melihat yang dinamakan dengan konsentrat dari jarak dekat
Baca Juga:  Berkarya Dalam Keterbatasan!
Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Sejumput debu berharga dari Sumbawa di jari saya
Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa
Konsentrat berharga ini siap untuk dijual
Ps : Tulisan ini berdasarkan data dan fakta yang saya lihat selama mengikuti Program Newmont Bootcamp di Batu Hijau, Sumbawa. Tidak ditambahi, ataupun dikurangi. Kalau ada penulisan yang salah kritik dan sarannya bisa dituliskan di komentar yang ada dibawah.

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

Info: Jika Anda memerlukan Jasa Freelancer Pembuatan Blog, Website, Toko Online, SEO, dan Digital Marketing, jangan ragu untuk hubungi Bloggerpi Digital lewat email di [email protected] atau hubungi kami lewat WA sekarang di sini!

Rijal Fahmi Mohamadi

Starting my career as a Software Engineer, I have now become a Digital Marketing enthusiast with core skills in SEO (Search Engine Optimization), writing, Search Engine Marketing (SEM), Social Media, and SEO Data Analysis. I enjoy working remotely, helping businesses grow and achieve profitability with my expertise. PS: Although Software Engineer is no longer my main profession, I can still code! I am proficient in PHP and am seriously learning Python for data analysis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *