Panduan Cara Membuat Database MySQL Di CMD XAMPP Dan Linux

Disini bloggerpi akan berbagi cara membuat database MySQL di CMD XAMPP dan linux, agar kamu bisa membuat database dengan MySQL di Linux atau Windows. Jadi setelah membaca tutorial ini diharapkan kamu bisa memahami cara dasar membuat database.

Tulisan ini juga akan berguna buat kamu yang ingin belajar bagaimana cara membuat database MySQL di CMD dan mengelolanya lewat CMD linux atau XAMPP windows.

Penjelasan dan tutorialnya akan bloggerpi.com coba buat menjadi sederhana agar kamu bisa paham dengan dasar membuat database yang akan dibahas pada tulisan ini.

Nah, mari dimulai saja ya tutorialnya!

Namun Sebelum Belajar Cara Membuat Database Dengan MySQL, Kamu Perlu Tahu Dulu Beberapa Hal Ini!

Mulai dari pengertian tentang database, MySQL, CMD hingga XAMPP yang akan kita gunakan untuk belajar tentang membuat database untuk pemula kali ini.

Panduan Cara Membuat Database MySQL Di CMD XAMPP Dan Linux.
Panduan Cara Membuat Database MySQL Di CMD XAMPP Dan Linux.

Apa Itu Database?

Database adalah koleksi dari informasi dan data yang ditata dengan rapi sehingga bisa diakses dengan mudah, diatur dan diupdate dengan mudah. Terkait dengan dunia komputer, Database atau juga dikenal sebagai basis data ini adalah kumpulan banyak data yang disimpan dan disusun secara sistematis.

Database dapat dilihat, diolah dengan menggunakan software yang kemudian dikenal dengan software Database Management System (DBMS). Untuk contoh DBMS yang banyak digunakan adalah MySQL, yang juga akan digunakan sebagai contoh pada tulisan ini.

Pada tulisan ini akan dibahas cara membuat database MySQL di CMD linux dan XAMPP untuk pemula. Jadi pembahasannya masuk ke bagian dasar saja ya. Agar kamu yang masih pemula tidak bingung.

Apa Itu MySQL?

MySQL ini adalah salah satu perangkat lunak Database Management System (DBMS).  Jadi kamu bisa buat database dengan software MySQL ini. Untuk lebih jelas mengenai sejarah dan apa itu MySQL, kamu bisa membacanya disini ya.

Karena disini bloggerpi hanya membahas mengenai tutorial cara membuat database MySQL di CMD Linux dan XAMPP saja. Namun sebelum membuat database, kamu harus install MySQL server terlebih dahulu ya.

MySQL server ini bisa diinstall sepaket ketika kamu install XAMPP for Windows, linux atau Mac OS X disini. O iya, WordPress CMS yang digunakan bloggerpi.com ini sendiri menggunakan database MySQL ya.

Apa Itu CMD Atau Command Prompt?

Karena disini akan membahas tentang cara membuat database MySQL di CMD Linux dan XAMPP, jadi kamu perlu tahu apa itu CMD atau Command Prompt terlebih dahulu. Tanpa memahami ini, kamu akan bingung.

Jadi apa CMD atau Command Prompt itu? Command Prompt adalah sebuah aplikasi command line interpreter atau CLI di sistem operasi Windows. Ada banyak perintah yang bisa dijalankan pada CMD ini.

Salah satunya bisa digunakan untuk buat menjalankan perintah SQL dengan MySQL yang dijalankan lewat CMD. Selain itu, CMD juga berfungsi untuk melakukan banyak operasi di komputer kamu.

Lalu untuk CMD atau Command Prompt di Linux fungsinya kurang lebih juga sama. Untuk menjalankan suatu perintah, dan menggunakan fungsi yang ada di Linux.

BACA JUGA :  Cara Mengetahui IP address Website Wordpress Disembunyikan Dibalik Cloudflare DNS

Cara untuk menjalankan Command Prompt Di Windows

Windows Key + R

Ketik CMD

Klik OK

Cara untuk menjalankan Command Prompt Di Linux

Login SSH dengan menggunakan terminal seperti Putty

Nah, kalau kamu sudah tahu apa itu CMD atau Command Prompt, kamu sudah bisa belajar tutorial cara membuat database MySQL di CMD Linux dan XAMPP Windows.

Terakhir, Apa Itu XAMPP?

XAMPP adalah satu perangkat lunak cross platform gratis open source yang bisa dibuat untuk membuat webserver, dan dibuat oleh Apache Friends. Jadi XAMPP ini bisa dibilang sebuah webserver stack seperti LEMP Stack atau LAMP Stack.

Yang membedakan adalah, XAMPP ini software cross platform. Itu artinya XAMPP ini bisa berjalan di beberapa sistem operasi termasuk Windows, Linux dan MacOS.

Meski tidak disebukan secara resmi, XAMPP ini adalah akronim dari Cross Platform (X) + Apache (A) + MySQL/MariaDB (M) + PHP (P) + Perl (P). Kamu bisa download XAMPP disini ya.

Jadi karena ada DBMS MySQL/Maria DB pada XAMPP, kamu bisa belajar cara membuat database di XAMPP Windows lewat CMD yang tutorialny dibahas setelah ini.

Tutorial Panduan Cara Membuat Database

Nah, sekarang langsung aja ke bagian tutorialnya. Tutorial seputar pembuatan Database ini akan berguna buat kamu yang ingin mulai belajar mengenai bagaimana pembuatan database untuk website dengan menggunakan DBMS seperti MySQL.

Kamu bisa belajar dengan menggunakan Linux atau dengan Windows. Yang perlu kamu lakukan adalah install XAMPP terlebih dahulu di PC/laptop atau server kamu ya.

Cara Membuat Database MySQL Di CMD Linux

Untuk urusan seputar webserver dan database saya lebih sering bekerja pada Sitem Operasi Linux. Karena itu saya mau bahas tutorialnya untuk Linux dulu ya.

Selain membuat database, saya sering menggunakan MySQL untuk backup database website bloggerpi.com ini. Meski ada web based database management seperti PHPMyAdmin, saya lebih nyaman untuk backup database MySQL lewat CMD seperti disini.

Nah, untuk mulai belajar cara membuat database dengan MySQL di Linux langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke server kamu lewat CMD. Untuk ini saya biasanya menggunakan software SSH Client seperti Putty.

Atau, kamu juga bisa menggunakan software SSH Client lainnya seperti yang ada pada daftar ini ya. Bebas kok mau pake yang mana saja, yang penting bisa buat akses SSH Linux, dan kamu nyaman untuk menggunakannya.

Ikuti langkah langkah ini ya. Pada contoh ini saya menggunakan MariaDB yang sebenarnya adalah fork dari MySQL. Soalnya di server saya sudah menggunakan MariaDB.

Tenang saja, kedua Database Management System ini hampir sama persis, jadi perintah yang digunakan ya sebagian besar sama. Terutama untuk perintah dasar yang biasa digunakan pemula. Untuk langkah cara membuat database MySQL di CMD linux adalah sebagai berikut ya.

1. Login ke Linux Server kamu dengan SSH Client

Setelah login, kamu siapkan dulu username dan passwordnya. Untuk tutorial ini menggunakan user root MySQL untuk contoh. Kamu bisa juga menggunakan user lain ya. Namun pastikan kamu sudah membuat user MySQL tersebut, dan memiliki akses untuk membuat dan edit database.

2. Login ke MySQL dengan menggunakan user root

mysql -u root -p

Setelah kamu tekan enter, kamu akan diminta untuk memasukkan password root user MySQL. Masukkan password root MySQL kamu, dan tekan enter. Kalau passwordnya benar, kamu akan berhasil login ke MySQL seperti pada contoh gambar tangkapan layar dibawah ini.

BACA JUGA :  Cara Install WordPress Lengkap Untuk Pemula

3. Lihat Database yang sudah ada

Untuk memperlihatkan daftar database yang sudah dibuat sebelumnya, gunakan perintah dibawah ini.

SHOW DATABASES;

Ini berguna agar kamu tahu nama database yang sudah ada. Jadi kamu tidak akan membuat nama database sama dengan yang sudah ada sebelumnya. Setelah menggunakan perintah diatas, daftar database yang sudah dibuat akan diperlihatkan seperti dibawah ini.

Lebih jelasnya, perintah SHOW DATABASES akan memperlihatkan daftar database yang sudah ada.

MariaDB [(none)]> SHOW DATABASES;

+--------------------+
| Database           |
+--------------------+
| information_schema |
| mysql              |
| oauthv2            |
| performance_schema |
| postfix            |
| root_cwp           |
| roundcube          |
+--------------------+
7 rows in set (0.00 sec)

4. Cara Membuat Database Dengan MySQl di Linux

Untuk caranya adalah gunakan perintah dibawah ini. Misalnya saya akan membuat database baru yang namanya datapengunjung, maka perintahnya adalah sebagai berikut :

CREATE DATABASE datapengunjung;

Masukkan atau ketik perintah diatas, hasilnya akan seperti ini ;

Query OK, 1 row affected (0.00 sec)

Itu artinya SQL Query sukses, dan tidak ada error. Untuk memastikan apakah cara membuat database dengan MySQL yang kita pakai berhasil, kembali kita gunakan perintah “SHOW DATABASES;”. Seharusnya database yang dibuat akan ada dalam daftar database yang ada seperti contoh dibawah ini.

+--------------------+
| Database           |
+--------------------+
| datapengunjung     |
| information_schema |
| mysql              |
| oauthv2            |
| performance_schema |
| postfix            |
| root_cwp           |
| roundcube          |
+--------------------+
8 rows in set (0.00 sec)

Bisa terlihat diatas kalau database datapengunjung sudah berhasil dibuat dan ada pada daftar. Cara membuat database Mysql di CMD Linux ini mudah kan?

Lalu untuk menggunakan database yang baru saja kita buat, gunakan perintah seperti dibawah ini ya.

USE datapengunjung;

Setelah perintah diatas dijalankan, kamu bisa memulai untuk membuat tabel dan beberapa query terkait manajemen suatu database seperti menambah, menghapus dan update data.

Cara Membuat Database Di XAMPP Windows Lewat CMD

Sebenarnya caranya sama persis dengan yang ada di linux. Yang membedakan adalah kamu harus install dulu XAMPP versi windows di laptop atau PC kamu.

Baru setelah itu kamu bisa mencoba cara membuat database di XAMPP Windows lewat CMD. Perintah yang digunakan untuk buat database di XAMPP ini sama persis kalau kamu membuat database di Linux.

Karena bahasa yang digunakan sama, yaitu SQL atau Structured Query Languange. Jadi mau menggunakan windows atau linux caranya akan sama saja.

Misal kamu bisa mencoba beberapa cara membuat database di XAMPP Windows lewat CMD dengan menggunakan perintah dibawah ini :

1. Membuat database dengan nama dbpengunjungtest

CREATE DATABASE dbpengunjungtest;
Query OK, 1 row affected (0.18 sec)

2. Perintah membuat database dengan nama dbpengunjungtest ini akan gagal karena database sudah ada

CREATE DATABASE dbpengunjungtest;
ERROR 1007 (HY000): Can't create database 'dbpengunjungtest'; database exists

3. Kalau belum ada akan dibuat dbpengunjungtest, kalau sudah ada akan menimpa database dbpenunjungtest yang sudah ada.

CREATE OR REPLACE DATABASE dbpengunjungtest;
Query OK, 2 rows affected (0.02 sec)

4. Buat dbpengunjungtest2

CREATE DATABASE IF NOT EXISTS dbpengunjungtest2;
Query OK, 1 row affected, 1 warning (0.01 sec)

5. Perlihatkan warning atau peringatan yang ada ketika menjalankan perintah database diatas

SHOW WARNINGS;
+-------+------+-----------------------------------------------------------+
| Level | Code | Message                                                   |
+-------+------+-----------------------------------------------------------+
| Note  | 1007 | Can't create database 'dbpengunjungtest'; database exists |
+-------+------+-----------------------------------------------------------+
1 row in set (0.00 sec)

Terlihat kalau ada pesan peringatan terkait gagalnya membuat database karena database sudah ada.

BACA JUGA :  Cara Blokir Website AGC Pencuri Konten Dengan Menggunakan Cloudflare Firewall

Nah, mudah bukan cara membuat database MySQL di CMD XAMPP diatas? Jika kamu sudah selesai, kamu bisa keluar MySQL dengan mengetikkan perintah ini

exit

Kalau berhasil keluar MySQL hasilnya sebagai berikut :

exit
Bye

Setelah Belajar Cara  Membuat Database MySQL Di CMD XAMPP Dan Linux, Mari Belajar Manajemen Suatu Database Secara Sederhana

Sebelum mulai menjalankan perintah SQL dibawah, pastikan kamu sudah memilih database yang ingin digunakan. Pada contoh ini bloggerpi akan menggunakan database datapengunjung. Jadi sebelumnya saya menjalankan perintah dibawah ini terlebih dahulu.

USE datapengunjung;

Baru setelah itu akan melanjutkan untuk mencoba beberapa contoh perintah SQL untuk memanipulasi database datapengunjung yang sudah dipilih dengan beberapa perintah dasar SQL setelah ini.

1. Perintah Create Table, membuat Table di dalam database

Kali ini bloggerpi.com memberi contoh bagaimana membuat tabel TamuSaya pada database datapengunjung. Untuk perintahnya sebagai berikut.

CREATE TABLE TamuSaya (
id INT(6) UNSIGNED AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY,
namadepan VARCHAR(30) NOT NULL,
namabelakang VARCHAR(30) NOT NULL,
email VARCHAR(50),
tanggaldaftar TIMESTAMP DEFAULT CURRENT_TIMESTAMP ON UPDATE CURRENT_TIMESTAMP
);

2. Melihat daftar Table yang sudah dibuat dalam database datapengunjung

Untuk melihat daftar tabel yang sudah dibuat dalam database kamu bisa menggunakan perintah ini :

show tables;

Setelah perintah diatas dijalankan, hasilnya akan seperti ini.

+--------------------------+
| Tables_in_datapengunjung |
+--------------------------+
| TamuSaya                 |
+--------------------------+
1 row in set (0.00 sec)

3. Melihat kolom dalam Table TamuSaya

Mungkin kamu ingin tahu seperti apa struktur bagian dalam tabel TamuSaya yang sudah dibuat, kamu bisa jalankan perintah ini :

describe TamuSaya;

Hasilnya setelah perintah SQL diatas dijalankan seperti dibawah.

+---------------+-----------------+------+-----+-------------------+-----------------------------+
| Field         | Type            | Null | Key | Default           | Extra                       |
+---------------+-----------------+------+-----+-------------------+-----------------------------+
| id            | int(6) unsigned | NO   | PRI | NULL              | auto_increment              |
| namadepan     | varchar(30)     | NO   |     | NULL              |                             |
| namabelakang  | varchar(30)     | NO   |     | NULL              |                             |
| email         | varchar(50)     | YES  |     | NULL              |                             |
| tanggaldaftar | timestamp       | NO   |     | CURRENT_TIMESTAMP | on update CURRENT_TIMESTAMP |
+---------------+-----------------+------+-----+-------------------+-----------------------------+
5 rows in set (0.00 sec)

Cara membuat database MySQL di CMD XAMPP Windows atau Linux itu mudah, yang susah adalah bagian mendesain dan mengelola databasenya. Karena itu bagian tersebut tidak dibahas secara mendetail disini.

Karena tidak cukup dibahas pada satu blog post saja. Mungkin bakal dibahas pada tulisan lainnya ya. Jadi silahkan subscribe, follow dan bookmark bloggerpi.com. Karena akan banyak membahas seputar teknologi dan tutorial menarik seperti ini.

4. Insert data ke dalam Tabel TamuSaya

Untuk memasukkan data ke dalam tabel TamuSaya yang sudah dibuat kamu bisa menggunakan perintah SQL ini :

insert into TamuSaya values ('', 'Buat', 'Database', '[email protected]',DEFAULT);

Hasilnya kira-kira sebagai berikut :

Query OK, 1 row affected, 1 warning (0.01 sec)

5. Melihat data yang sudah kita masukkan ke dalam tabel TamuSaya

Untuk mengetahui apakah data yang kita masukkan ke dalam tabel TamuSaya diatas berhasil, kamu bisa menjalankan perintah ini.

select * from TamuSaya;

Kalau kamu berhasil memasukkan data dengan perintah insert, hasilnya data yang berhasil kamu masukkan ke tabel TamuSaya akan seperti ini :

+----+-----------+--------------+-------------------------+---------------------+
| id | namadepan | namabelakang | email                   | tanggaldaftar       |
+----+-----------+--------------+-------------------------+---------------------+
|  1 | Belajar   | Database     | [email protected] | 0000-00-00 00:00:00 |
|  2 | Buat      | Database     | [email protected] | 2020-07-22 06:11:48 |
+----+-----------+--------------+-------------------------+---------------------+
2 rows in set (0.00 sec)

***

Nah, kira kira diatas adalah cara membuat database mysql di CMD XAMPP dan linux untuk yang ingin belajar cara membuat database dengan MySQL. Semoga bisa bermanfaat untuk para pemula yang ingin belajar mengenai database. Kalau merasa tulisan ini bermanfaat, boleh ya dibagikan ke teman yang lainnya juga.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *