Cara Install XAMPP Di Windows 10 Atau 8

Bagaimana cara Install XAMPP di Windows 10, Windows 8 atau versi lainnya? Harusnya sih sama saja ya. Karena tak banyak perbedaan dari windows 10 dan 8. Yang pasti kamu harus mengunduh installer yang benar.

Lalu kamu juga harus pastikan kalau installer XAMPP yang kamu download tadi adalah installer untuk windows, bukan untuk platform lain seperti linux dan Mac OS.

Seperti kita tahu, XAMPP ini adalah web server stack yang cross platform. Itu artinya XAMPP bisa diinstall pada beberapa jenis OS. Terus untuk yang belum tahu, XAMPP ini adalah web server stack untuk menjalankan aplikasi berbasis web seperti WordPress CMS yang dipakai bloggerpi.com ini.

Video Tutorial Cara Install XAMPP Di Windows 10 Atau 8 Bagaimana?

Kalau males baca, kamu bisa ikuti tutorial yang saya buat di channel Youtube bloggerpi dibawah ini. Atau kamu juga bisa baca penjelasan secara tertulis dibawah video ini.

 

Cara Install XAMPP Di Windows 10 / Window 8 Localhost

 

Untuk yang belum tahu, XAMPP adalah akronim dari Cross Platform (X) + Apache (A) + MySQL/MariaDB (M) + PHP (P) + Perl (P) yang kemudian disingkat dengan XAMPP. Kamu bisa download XAMPP disini ya.

XAMPP ini bisa digunakan untuk live site production, atau sekedar untuk belajar dengan menginstallnya di laptop atau PC kamu. Misalnya, untuk membuat tutorial ini saya mengunakan XAMPP yang telah saya install di localhost laptop.

Sejak masih aktif jadi programmer di tahun 2009, saya sudah sering mengunakan XAMPP untuk membuat aplikasi berbasis PHP dan develop website berbasis wordpress.

Karena itu aplikasi ini sangat berguna banget buat pemula yang mau belajar membuat website atau sekedar ingin kenalan lebih dekat dengan WordPress CMS.

BACA JUGA :  Download Video Di Youtube Begini Lho Caranya!

Tutorial Cara Install XAMPP For Windows

Oke, kita mulai saja. Karena mungkin ada yang lebih suka membaca daripada menonton video, jadi saya jelaskan lagi dalam tulisan tutorial langkah demi langkah.

Sebenarnya cara install XAMPP di Windows 10 atau 8 ini gampang, kamu cuma perlu download dulu XAMPP disini. Setelah itu install deh dengan mengikuti cara dibawah ini.

Langkah Install XAMPP

Ikuti saja ya langkahnya!

  1. Download dulu ya installer XAMPP for Windows disini. Jangan sampai salah download, karena selain untuk Windows, ada juga installer buat Mac OS dan Linux.
  2. Setelah installer kamu download, lanjutkan dengan menjalankan installer XAMPP tadi dengan klik dua kali sampai muncul jendela windows seperti dibawah ini.

    Proses awal untuk mulai menginstall XAMPP.
    Proses awal untuk mulai cara install XAMPP. Tekan Next untuk melanjutkan prosesnya.
  3. Lanjutkan dengan memilih aplikasi di XAMPP yang mau kamu install. Kalau bingung, biarkan saja apa apa adanya seperti pada contoh gambar tangkapan layar dibawah. Sedikit penjelasan pada langkah ini: Apache adalah webserver, MySQL adalah aplikasi Database, lalu PHP adalah bahasa pemrograman untuk aplikasi berbasis web, dan phpMyAdmin adalah untuk manajemen database lewat web. Jadi minimal kamu pilih Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin ya.

    Langkah Cara Install XAMPP Di Windows 10 Atau 8 - Memilih aplikasi yang akan diinstall.
    Langkah Cara Install XAMPP Di Windows 10 Atau 8 – Memilih aplikasi yang akan diinstall.
  4. Lanjutkan dengan memilih lokasi tempat kamu install XAMPP. Lokasinya bebas, namun untuk alasan kenyamanan (masalah user permission), pada Windows sebaiknya tidak kamu install di drive (C:). Pada contoh ini saya install XAMPP di drive (E:).

    Pilih lokasi instalasi XAMPP.
  5. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, meski bisa kamu taruh di drive C:, namun sebaiknya file XAMPP ditaruh pada di drive lain. Terutama untuk untuk Sistem Operasi Windows agar tidak terjadi masalah terkait user permission. Ini akan mempermudah kamu untuk belajar cara install WordPress di localhost secara offline.

    Bisa kamu taruh di drive C atau sebaiknya di drive lain. Sebaiknya ditaruh di tempat lain untuk Sistem Operasi Windows agar tidak terjadi masalah terkait user permission. Ini akan mempermudah kamu untuk belajar cara install WordPress di localhost secara offline.
    Cara Install XAMPP Di Windows 10 Atau 8 – Untuk menghindari masalah user permission, sebaiknya diinstall selain di drive C.
  6. Pilih bahasa yang akan digunakan pada XAMPP, secara default adalah Bahasa Inggris. Biasanya saya juga memilih Bahasa Inggris, karena lebih mudah dimengerti.

    Pilih Bahasa.
  7. Lanjutkan dengan Klik Next untuk mulai install XAMPP di laptop atau PC kamu.

    Klik “Next >” untuk mulai menginstall XAMPP.
  8. Setelah itu kamu tinggal menunggu sampai proses install selesai ya. Biasanya proses ini hanya akan berlangsung selama beberapa menit saja. Namun tentu saja itu tergantung dengan spesifikasi laptop atau PC kamu.

    Proses instalasi XAMPP biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit.
  9. Begitu selesai, tinggal klik “Finish”. Lalu kalau kamu centang pilihan “Do you want to start the Control Panel now?” XAMPP Control Panel akan langsung dijalankan.

    Klik “Finish”.
  10. Begitu XAMPP Control panel terbuka, jalankan Apache dan MySQL dengan klik “Start” jika belum dijalankan. Setelah menjalankan aplikasi Apache dan MySQL ini kamu sudah bisa mulai belajar membuat website dengan WordPress, belajar membuat aplikasi dengan PHP atau untuk keperluan lainya. Misalnya untuk belajar cara install WordPress di localhost secara offline.Setelah XAMPP Control panel terbuka, jalankan Apache dan MySQL jika belum dijalankan. Dengan menjalankan Apache dan MySQL ini kamu bisa mulai belajar cara install WordPress di localhost secara offline.
  11. Pada tahap ini, proses cara install XAMPP di Windows 10 / 8 sudah selesai. Untuk cek apakah proses instal berjalan dengan semestinya, lanjutkan dengan membuka buka alamat “http://localhost” atau “http://127.0.0.0” di browser kesayangan kamu. Jika berhasil, kamu akan melihat hasilnya seperti pada gambar tangkapan layar yang ada dibawah ini. Kamu bisa juga bukaalamat http://localhost/phpmyadmin/ untuk memastikan apakah MySQL server sudah berjalan sebagaimana mestinya.

    Proses cara Instalasi XAMPP Selesai
    Proses cara Instalasi XAMPP Selesai, dan siap untuk digunakan.

Gampang banget kan proses cara install XAMPP di Windows 10 / 8 ini? Silahkan dicoba ya! Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat untuk kamu yang mau belajar membuat website dengan PHP atau mau belajar mengenal lebih dekat WordPress CMS.

BACA JUGA :  Cara Mempercepat Loading Blog Untuk Blogger Pemula!

fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *