Cara Install CentOS Web Panel Di Centos 7 Pada VPS Linode

Kali ini bloggerpi.com akan berbagi bagaimana cara install CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel pada VPS yang berada di Linode. Namun sebelum itu, saya juga akan sedikit membahas mengenai webpanel yang bisa mempermudah server manajemen ini.

Jadi sebelumnya, server saya itu menggunakan web hosting control panel yang dikenal dengan nama Webuzo. Kira-kira sudah 2 tahunan lebih saya menggunakannya. Namun belakangan saya menemukan batasan dari Webuzo yang tidak bisa memenuhi kebutuhan saya.

Selain itu, dukungan komunitas atau tutorial yang bisa membantu untuk manage si Webuzo ini juga gak terlalu banyak. Gara-gara ini saya mulai mencari pengganti si Webuzo panel.

Akhirnya, setelah riset mendalam, pencarian saya berakhir. Saya memutuskan untuk menggunakan web hosting control panel CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel untuk mengatur 16 website yang saya kelola pada satu server.

Bentar – Bentar, Apa sih Web Hosting Control Panel Itu?

Web Hosting Control Panel ini adalah sebuah software berbasis web yang digunakan untuk melakukan manajemen server. Biasanya sih dipake buat jualan shared hosting, namun saya menggunakannya untuk hosting belasan website WordPress yang saya kelola.

Dengan menggunakan Web Hosting Control Panel, kamu tidak perlu mengggunakan akses SSH untuk melakukan beberapa pekerjaan seputar manajemen web server.

Kalau CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel Itu Apa?

CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel ini ya salah satu dari banyak pilihan dari Web Hosting Control panel yang bertebaran di Internet. Kapan-kapan saya mau bahas satu per satu deh mengenai pilihan dari Web Hosting Control panel yang direkomendasikan untuk server kamu.

Tersedia versi gratis dan berbayar dari CWP. Namun tentu saja versi gratisnya terdapat beberapa batasan yang memerlukan beberapa pekerjaan manual untuk konfigurasi. Tidak jauh berbeda dengan versi gratis Webuzo yang juga memiliki batasan.

Cara Install CentOS Web Panel Di Centos 7 Pada VPS Linode

Kalau untuk test server atau baru mau mencoba, bisa pake gratisan saja. Itu sudah lebih dari cukup. Namun untuk production server, atau live server, sebaiknya menggunakan versi yang berbayar.

Beli saja lisensinya, murah kok. Harga lisensi per server USD 1.49 per bulan atau 11.99 per tahunnya. Ini jauh lebih murah dari harga lisensi Webuzo di USD 25 per server, dengan fitur yang menurut saya jauh lebih baik.

Reviewnya juga tidak terlalu buruk untuk harga lisensi yang ditawarkan. Terus yang penting, komunitasnya cukup aktif untuk mencari solusi dari suatu masalah atau error pada CWP.

Apa Yang Membuat Saya Memilih Install CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel Daripada Yang Lainnya?

Ada beberapa faktor yang membuat saya memilih web hosting panel ini.

1. Harga Lisensi Versi Berbayar Murah

Sebelumnya saya memakai Webuzo versi berbayar dengan harga lisensi USD 25 per tahun. Namun harga lisensi CWP pertahun setengah dari harga lisensi Webuzo.

BACA JUGA :  Emulator Android Paling Ringan Terbaik Bisa Download Disini Ya!

2. Mempermudah Konfigurasi Server Yang Ribet Dan Memakan Waktu Kalau Dikerjakan Manual

Sebelumnya, kalau saya pengen buat konfigurasi webserver Nginx + Varnish + Apache + PHPFPM stack bakalan memakan waktu, karena harus atur konfigurasi dasar secara manual untuk semua server.

Sementara itu, kalau install CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel ini, saya hanya mengatur konfigurasi webserver untuk semua domain saya dengan beberapa klik saja.

Karena konfigurasi dasarnya akan dibuat secara otomatis oleh Web Hosting Control panelnya. Tentu saja itu akan menghemat banyak waktu yang berharga. Sebelumnya, saya harus edit manual satu persatu untuk membuat konfigurasi server tiap domain.

3. User Friendly

Tampilannya cukup user friendly, jadi learning curve atau waktu belajar untuk mengenalnya enggak perlu waktu lama. Untuk saya, dari level nggak tahu dan nggak pernah pegang sama sekali sampai ke level terbiasa perlu waktu sekitar 3 mingguan saja.

Struktur halaman administrasinya nggak jauh berbeda dengan WordPress CMS yang sering saya gunakan, semua menu penting berada pada sisi kiri. Jadi nggak bikin nyasar ya.

4. Ringan, Dan Gak Perlu Spek Server Yang Terlalu Bagus

CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel ini bisa berjalan pada server 32/64 bit dengan minimal RAM 512. Jadi ya memang enteng sih buat diinstall di server spek kentang.

Selain itu web hosting control panel ini bisa diinstall di sistem operasi linux CentOS 6.x,7.x. Karena itu, sebagai pengguna Linux CentOS untuk server sejak lama, saya tidak ragu lagi ketika pindah ke CWP.

Fiturnya Utama Yang Menarik Apa Saja?

Kalau disuruh sebutin fitur dari web hosting control panel yang ini semuanya ya bakalan banyak. Bisa bisa tulisan ini isinya fitur CWP semua. Karena itu saya akan sebutkan yang menarik saja.

Terutama fitur yang memang mungkin dibutuhkan oleh sebagian besar server administrator pemula seperti saya. Kalau kamu mau tahu fitur lengkapnya, kamu bisa baca saja disini.

1. Apache, Nginx, LiteSpeed Webserver Tersedia Di CWP

Pilihan konfigurasi webserver di CWP Centos Web Panel aka Control Web Panel.
Pilihan konfigurasi webserver di CWP Centos Web Panel aka Control Web Panel.

Ada beberapa pilihan dan konfigurasi webserver yang bisa digunakan di CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel ini. Tentu saja aplikasi webserver yang sudah terkenal seperti Apache, Nginx dan bahkan LiteSpeed juga tersedia disini.

Bisa dipilih sesuai kebutuhan masing masing. Yang menarik, konfigurasi tiap domain bisa berbeda beda. Jadi misa domain1.com webservernya menggunakan Apache, domain2.com bisa menggunakan Nginx atau yang lainnya.

Jadi ya sangat fleksible untuk diatur. Untuk konfigurasi webserver stack yang tersedia disini daftarnya sebagai berikut ya. Mungkin bisa jadi pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk memakai CWP.

  • Apache saja
  • Nginx saja
  • LiteSpeed Enterprise ( Gratis 30 hari saja, kalau mau pake ini harus beli lisensi LiteSpeed Enterprise )
  • Nginx + Apache
  • Nginx + Varnish
  • Nginx + Varnish + Apache

Untuk bloggerpi.com, saya menggunakan stack Nginx + Varnish + Apache + PHP-FPM. Karena saya bisa memanfaatkan caching di Nginx dan Varnish agar website loading lebih cepat dan bisa mendapatkan skor pagespeed Google Insight yang bagus.

2. PHP Switcher Dan PHP-FPM Selector

Keberadaan fitur ini di CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel memungkinkan untuk menggunakan lebih dari versi 1 versi PHP di server. Jadi tiap domain bisa menggunakan versi PHP yang berbeda-beda juga.

3. MySQL Database

Untuk CMS seperti WordPress itu menggunakan database, jadi MySQL database itu wajib ada. CWP sendiri menyediakan Maria DB secara default, dan PHPMyAdmin untuk manajemen database lewat website.

4. Email Server

Email server dibutuhkan untuk membuat email custom dengan menggunakan domain kamu. Contohnya [email protected] Untuk membuat email server seperti itu, dibutuhkan beberapa software seperti Postfix, Dovecot, Mailboxes, Forwarders, AntiSpam & AntiVirus.

5. DNS

CWP juga menyediakan dns zone manager, untuk kamu yang ingin megatur DNS dari dalam server.

6. Fitur Keamanan Yang Lengkap

Yang saya suka dari CWP adalah, fitur keamanan langsung ada dan aktif sejak pertama kali diinstall. Soalnya beberapa web hosting panel lainnya harus install sendiri secara manual.

BACA JUGA :  Panduan Tutorial phpMyAdmin Lengkap Untuk Pemula

Beberapa fitur pendukung keamanan server seperti CSF Firewall, CageFS, SSL Certificates untuk HTTPS, ModSec & OWASP Rules dan masih banyak lainnya penting adanya agar keamanan server tetap terjaga dari cracker, hacker, spammer dan tentunya website AGC pencuri konten.

Cara Install CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel

Cara Instal CWP - Control Web Panel Install - Centos Web Panel Install Di CentOS 7 Server

Nah, sekarang mari mulai bahas bagaimana cara installnya. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mulai. Misalnya :

  • CWP hanya mendukung static IP Address, jadi pastikan IP Address kamu tetap ya. Karena kalau ganti IP address, ya kamu harus mengatur ulang semua konfigurasi yang ada IP Addressnya secara manual deh.
  • Setelah install, kamu tidak bisa uninstall CWP. Kalau mau uninstall, ya berarti reinstall OS Server.
  • Pastikan kamu install CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel pada sistem operasi yang masih fresh, dan belum dikonfigurasi secara kustom. Kalau di server Linode seperti yang saya pake, saya install CWP setelah buat droplet baru.

Persiapan Server Sebelum Install CWP

Sebelum install, siapkan server dengan minimal RAM 512MB, dan HDD 10 GB. Makin besar kapasitas server tentu makin bagus ya. Saya sendiri menggunakan spek server Droplet VPS Linode 8GB: 4 CPU, 160GB Storage, 8GB RAM.

Lalu untuk sistem operasi linux yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut :

  • CentOS 6.x, 7.x
  • RedHat 6.x, 7.x
  • CloudLinux 6.x, 7.x

Lalu setting beberapa bagian server seperti:

1. Setting Hostname

Perlu dicatat kalau hostname tidak boleh sama dengan nama domain apapun yang akan kamu tambahkan di server kamu. Misal, untuk domain bloggerpi.com ini, kamu bisa menggunakan hostname atau nama host server.bloggerpi.com. Untuk mengatur ini, pada linux kamu bisa menggunakan perintah

hostname server.bloggerpi.com

2. Settting Alamat IP Server

Untuk bagian ini, jika kamu menggunakan VPS biasanya sudah diatur otomatis oleh penyedia layanan.

3. Spesifikasi Harware

Untuk sistem operasi 32 bit, minimal RAM 512 MB, lalu untuk sistem operasi 64 bit minimal ram 1024 MB. Untuk setting optimal, spek yang direkomendasikan adalah RAM 4 GB ke atas agar kamu bisa menggunakan fitur email server dan antivirus.

4. Install beberapa tools yang diperlukan seperti wget dan update sistem operasi terlebih dahulu

Pastikan kamu login root dulu ya, lalu jalankan perintah ini.

Install wget

yum -y install wget

Update server

yum -y update

Restart server agar update selesai dengan sempurna

reboot

Tutorial Langkah Install CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel

Download script installernya dulu ya!

Untuk Centos 6 perintahnya sebagai berikut ini :

cd /usr/local/src
wget http://centos-webpanel.com/cwp-latest
sh cwp-latest

Untuk CentOS 7 perintahnya sebagai berikut :

cd /usr/local/src
wget http://centos-webpanel.com/cwp-el7-latest
sh cwp-el7-latest

Restart dulu ya

reboot

Perlu dicatat, untuk perintah install CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel bisa dimodifikasi dengan beberapa argument dibawahi ini

–restart yes ( tambahan argument untuk restart server setelah install selesai)
–phpfpm [5.3|5.4|5.5|5.6|7.0|7.1|7.2|7.3] (Untuk pilihan PHP default yang ingin digunakan, cuma bisa dipake satu)
–softaculous yes ( kalau mau install softaculous – script installer)

Jadi kalau saya misalnya ingin install PHP-FPM 7.3, install softaculous dan restar server setelah selesai install perintahnya kurang lebih sebagai berikut.

cd /usr/local/src
wget http://centos-webpanel.com/cwp-el7-latest
sh cwp-el7-latest -restart yes – phpfpm 7.3 – softaculous yes

Alternatif link download CWP kalau yang diatas tidak bisa

  • Untuk CentOS 6: http://dl1.centos-webpanel.com/files/cwp2-latest
  • Untuk CentOS 7: http://dl1.centos-webpanel.com/files/cwp-el7-latest

Konfigurasi CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel Di WebPanel Admin GUI

Langkah selanjutnya adalah setup atau konfigurasi CWP lewat halaman admin berbasis webnya. Untuk akses halaman tersebut, kamu harus membuka alamat IP server kamu di port 2030 untuk https dan 2031 untuk https seperti ini :

http://GANTI-DENGAN-ALAMAT-IP-SERVER-KAMU:2030/

untuk HTTPS

https://GANTI-DENGAN-ALAMAT-IP-SERVER-KAMU:2031/

Untuk user name yang digunakan login adalah sebagai berikut

  • Username : root
  • Password : password root kamu
BACA JUGA :  Cara Meningkatkan Skor Pagespeed Google Insight Mendekati Sempurna Di Wordpress Itu Begini lho!

Setelah install CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel selesai dan login ke halaman admin, yang harus kamu konfigurasi dulu sebelum mulai utak atik bagian lain adalah :

  • Setting nameserver.
  • setting IP address.
  • setting paket hosting atau edit yang default.
  • setting email root

Dan server kamu siap untuk ditambahkan domain atau subdomain. Untuk tutorial konfigurasi CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel yang detail akan dibahas setelah ini.

Konfigurasi Dasar CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel

Setelah proses instalasi diatas kamu ikuti, langkah selanjutnya tinggal konfigurasi beberapa hal penting sebelum kamu mulai menambahkan User, Domain atau melakukan setting yang lainnya. Beberapa konfigurasi yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah:

1. Update Email Admin CWP

Langkah pertama setelah berhasil login ke halaman admin CWP adalah update email untuk admin. Karena email default yang ada bukanlah email asli, namun email yang dibuat secara random oleh installer CWP.

CWP Settings > Edit Settings

Untuk mengganti email root, kamu bisa menuju lokasi setting yang disebutkan diatas. Cari kolom Admin email, lalu simpand engan klik Save Changes agar perubahan yang kamu lakukan tersimpan.

2. Ganti Port SSH

Port SSH ini secara default adalah port 22. Disarankan untuk diganti ke port lain yang masih kosong untuk mengurangi bruteforce attack SSH ke port default. Port yang digunakan bebas, berapa saja asal masih belum dipakai oleh aplikasi lain.

3. Setting Default Web Server

Untuk menggganti default web server, kamu bisa menuju lokasi setting ini :

WebServer Settings > Select WebServer

CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel ini menyediakan beberapa pilihan Webserver Stack yang bisa kamu gunakan seperti :

  • Apache Only
  • Nginx Only
  • LiteSpeed Enterprise (Gratis 30 days)
  • Nginx & Varnish
  • Nginx & Varnish & Apache

4. Pilih Versi PHP Yang Ingin Digunakan

Setelah kamu melakukan setting Web Server default, selanjutnya adalah setting default PHP yang digunakan. Untuk versi CWP gratis, kamu bisa menggunakan PHP Version Switcher yang berada di bagian menu :

PHP Settings > PHP Version Switcher

Sementara itu kalau kamu menggunakan CWP versi berbayar, atau kamu membeli lisensi, kamu bisa menggunakan PHP Selector 2 atau PHP-FPM Selector.

5. Tambah User Atau Akun Pengguna

Terakhir baru kamu bisa mulai menambahkan user baru atau pengguna baru pada lokasi menu disini :

User Account > New Account

Nah, kalau user baru atau pengguna baru di CWP tadi berhasil kamu buat, kamu baru bisa menambahkan domain pada tiap user tadi.

Kamu bisa menambahkan domain lewat akun root, atau menambahkan domain lewat akun pengguna baru yang baru saja kamu buat.

Troubleshooting Permasalahan Yang Mungkin Terjadi Pada CWP

Kadang masih ada kesalahan atau error yang terjadi pada CWP. Karena control panel ini memang masih dalam pengembangan, dan masih belum sempurnya. Error atau permasalahan yang mungkin terjadi pada Centos Web Panel adalah sebagai berikut

Nginx Only 403 Forbidden

Ini adalah kasus yang cukup bikin saya pusing, ketika saya menggunakan mode Nginx only dan PHP FPM, saya selalu mendapati error 403 dan 404 yang membuat wordpress saya tidak bisa diakses sama sekali. Ternyata untuk memperbaiki error 403 dan error 404 pada Nginx only di CWP adalah dengan mengunakan code ini:

Pastikan dulu kamu telah menambahkan kode ini pada lokasi root:

try_files $uri $uri/ /index.php?$args;

Lalu untuk perbaiki 403 forbidden da 404 not found pada Nginx Only di CWP adalah dengan eksekusi perintah ini lewat SSH

find /home/rootfolder/public_html/mywebsite.com/ -type f -print0 | xargs -0 chmod 0644

ganti mywebsite.com dengan folder tempat wordpress kamu berada.

***

Nah, untuk tutorial cara install CWP aka Control Web Panel AKA Centos Web Panel ini selesai sampai disini. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan tutorial ini. Boleh juga dibagikan ke teman lainnya, siapa tahu teman kamu juga perlu ini.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *