Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube Bagaimana?

Cara mendapatkan banyak view di Youtube tahun 2020 bagaimana? Kalau boleh jujur, setiap Youtuber pemula termasuk saya pasti punya pertanyaan ini. Selalu mencari tahu bagaimana agara video di Channel Youtube kita banyak yang nonton. Padahal kalau baru memulai buat channel Youtube itu, sebaiknya fokus ke membuat konten terbaik saja dulu. Itu yang paling penting.

Namun demikian, bukan berarti mencoba mencari banyak viewer di Youtube sambil mengembangkan channel tidak bisa dilakukan. Karena itu, disini saya mau mencoba berbagi pengalaman. Karena setelah sekitar 1 tahun lebih fokus mengembangkan channel utama saya di Youtube.com/catperku, saya banyak belajar hal baru terkait cara mendapatkan banyak view di Youtube.

Sebenarnya sampai sekarang pun saya juga masih belajar, trial and error untuk bisa mengembangkan channel baru saya bloggerpi.com/youtube dengan cepat. Hambatannya tentu saja di bagian rutin membuat konten, itu memang yang paling berat untuk dilakukan. Dibandingkan cara mendapatkan banyak view di Youtube dengan cepat lainnya.

Soalnya memang dari segala macam tips dan trik, yang sudah pasti bisa menambah banyak view  itu ya dengan rutin membuat konten. Apalagi kalau tiba-tiba dapat jatah trending. Views dan subscriber bisa langsung meledak tuh. Pernah ada satu video saya yang views-nya meledak, hingga mengakibatkan bertambah sekitar 3000 an subcriber dalam 3 hari. Itu bisa terjadi kalau kamu rutin membuat video.

Nah, untuk cara lainya, kamu bisa melanjutkan membaca tulisan di bloggerpi.com ini sampai selesai ya. Karena disini akan banyak membahas tips dan trik untuk menambah banyak view!

Ini Dia Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube Tahun 2020

Silahkan dicoba semua, agar channel kamu makin banyak viewernya!

Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube.
Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube.

1. Setting Channel Youtube Kamu Dengan Benar

Ini bagian terpenting dari cara mendapatkan banyak view di Youtube tahun 2020 ya. Karena dengan melakukan setting channel Youtube kamu dengan benar, berpotensi meramaikan channel kamu. Dengan setting yang benar ini juga ada kemungkinan video di channel kamu direkomendasikan oleh algoritma Youtube kepada orang-orang yang relevan dengan channel kamu.

Hal yang perlu kamu perhatikan terkait setting channel Youtube ini terutama pada kata kunci untuk channel kamu. Karena dengan memilih kata kunci yang benar untuk channel kamu, memperbesar kemungkinan channel kamu ditemukan lewat pencarian, atau direkomendasikan oleh Youtube. Untuk cara setting channel Youtube agar bisa banyak yang nonton pernah bloggerpi tuliskan dengan lengkap disini. Atau bisa juga dengan menonton video di bawah ini.

 

2. Tentukan Fokus Branding Dan Niche Channel Kamu

Membuat channel dengan niche atau topik gado gado sebenarnya juga enggak apa. Namun saya amati, kebanyakan channel yang cepet ramai itu kalau topiknya fokus. Hanya membahas satu topik saja terus menerus. Jadi kalau misalnya kamu bahasnya tentang traveling seperti channel Youtube saya youtube.com/catperku, terus saja bahas traveling.

Soalnya fokus ke satu topik ini adalah salah satu cara mendapatkan banyak view di Youtube. Karena dengan fokus, algoritma Youtube tidak akan salah kalau mau merekomendasikan video di channel kamu. Kalaupun kamu mau membahas topik yang sedikit melenceng, pastikan tidak melenceng jauh. Misalya saya kadang juga mereview gadget traveling atau membuat motovlog Indonesia di channel saya.

Gadget mungkin tidak ada hubungannya dengan tema traveling, tapi kalau gadget traveling masih relevan dengan tema utama. Terus untuk motovlog kan sebenarnya berhubungan dengan otomotif ya, tapi karena masih nyambung dengan jalan-jalan, jadi ya tidak masalah. Kira-kira penjelasannya seperti itu.

3. Rutin Dan Konsisten Buat Video Baru Di Channel Youtube Kamu, Adalah Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube Paling Pasti!

Ini juga cara mendapatkan banyak view di Youtube tahun 2020 yang paling penting. Karena tips dan trik untuk menambah views di Youtube yang manapun tidak akan bekerja kalau kamu jarang upload video baru di Youtube. Kalau mau ekstrim, ya dengan upload setiap hari sudah pasti makin banyak yang lihat video kamu. Itu berarti viewer channel kamu juga makin banyak.

Terus, biasanya tiap ada video baru di channel Youtube kamu itu, algoritma youtube akan berusaha merekomendasikan video kamu ke subscriber dan orang yang mungkin suka dengan video kamu. Itu artinya, kalau kamu rutin bikin video, makin sering pula video kamu direkomedasikan oleh Youtube.

Rutin Dan Konsisten Buat Video Baru Di Channel Youtube Kamu, Adalah Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube Paling Pasti!
Rutin Dan Konsisten Buat Video Baru Di Channel Youtube Kamu, Adalah Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube Paling Pasti!

4. Selalu Tingkatkan Kualitas Video

Mungkin kamu awalnya kurang bisa edit video. Hal itu enggak masalah. Yang penting kamu tetap mau belajar berproses, untuk membuat video di channel Youtube kamu makin bagus. Saya pun begitu, ketika mulai membuat video untuk diupload di Youtube pertama kali, saya belum memikirkan apakah video yang saya buat itu bagus apa enggak editannya.

Yang penting buat dulu, sambil terus menerus belajar edit video yang bagus. Soalnya, kalau nunggu bisa edit video bagus, ya enggak jalan channel saya. Wong saya basicnya memang bukan video editor. Yang lucu nih, kadang kalau saya niat banget edit video, dibagus-bagusin, yang nonton videonya dikit. Eh, giliran basic editing, cut, tempel, render, videonya malah meledak, yang nonton banyak.

Jadi editan video bagus bukan jaminan channel Youtube kamu banyak yang nonton. Karena saya juga sering lihat ada channel yang editan videonya bagus banget, tapi subscribernya dikit, yang nonton dikit, karena memang jarang upload. Namun kalau kamu memang mau belajar edit video yang bagus, mungkin mulai coba memilih video editor untuk Youtube di PC atau video editor di Smartphone Android kesukaanmu saja. Ada banyak, yang gratisan juga ada.

Lakukan Optimasi SEO Youtube Pada Tiap Video Kamu.
Lakukan Optimasi SEO Youtube Pada Tiap Video Kamu.

5. Lakukan Optimasi SEO Youtube Pada Tiap Video Kamu

Jadi yang namanya SEO bukan cuma buat website dan Blog ya. Karena kamu bisa melakukan optimasi SEO di Youtube juga. Optimasi SEO pada video di channel kamu juga merupakan salah satu cara mendapatkan banyak view di Youtube yang paling ampuh untuk terus menerus mendapatkan traffic. Bahkan misalnya video kamu tidak trending.

Bahkan sampai sekarang, salah satu sumber views terbanyak di channel utama saya Youtube.com/catperku berasal dari hasil pencarian. Dan, biasanya kalau traffic yang datang dari hasil pencarian itu nilai iklannya cukup lumayan besar. Jadi yang namanya optimasi SEO di Youtube itu saya rekomendasikan untuk dilakukan, agar views channel kamu makin banyak.

6. Lakukan Channel Walking, Berkomentar Pada Video Channel Lain Dengan Tema Yang Masih Relevan Dengan Channel Kamu

Kalau dulu jamannya blogger lagi hits ada yang namanya Blog Walking, di era Youtube ada juga yang namanya Channel Walking. Ini juga merupakan salah satu cara mendapatkan banyak view di Youtube yang cukup efisien. Apalagi kalau kamu menggunakan metode blakchat, memanfaatkan celah di Youtube dengan comment bot seperti pada berita bot Logan disini.

Ya, mereka ini memanfatkan teknik yang namanya comment bot. Saya tahu strateginya seperti apa, dan memang cara ini cukup efektif. Tapi saya tidak akan membeberkannya disini. Karena itu berarti sama saja dengan membiarkan banyak comment bot berkeliaran di Youtube. Yang bisa menyebabkan ekosistem konten kreator di Youtube terganggu.

Yang saya sarankan adalah melakukan comment walking secara manual saja. Usahakan komentar di channel Youtube yang sudah rame dan niche/topiknya masih relevan dengan channel kamu. Kalau kamu bisa mendapatkan top comment, bukan cuma views yang akan bertambah. Namun subscriber pun juga akan bertambah dengan cukup lumayan.

Promosikan Video Kamu Di Blog Dan Media Sosial.
Promosikan Video Kamu Di Blog Dan Media Sosial.

7. Promosikan Video Kamu Di Blog Dan Media Sosial

Promosi, promosi dan promosi! Itu yang masih saya lakukan sampai saat ini. Karena ini memang salah satu cara mendapatkan banyak view di Youtube. Ini juga merupakan cara untuk mendapatkan subscriber juga lho. Saya paling gencar promosi ketika subscriber saya masih dibawah 1000. Kalau gak salah, setiap ketemu teman selalu saya todong buat subscribe.

Lalu untuk metode promosi yang cukup efiesien ya dengan membagikan video kamu di media sosial seperti di facebook, twitter, atau Instagram. Meski gak sebanyak views dari hasil pencarian, namun traffic dari sosial media juga sudah lumayan. Atau, kalau kamu punya blog sendiri, kamu bisa embed video kamu di artikel yang relevan.

Bisa juga menggunakan cara yang totalitas seperti saya. Membuat blog khusus yang isinya video dari Youtube yang diembedd di dalam setiap post. Blognya sendiri di catperku.info disini. Ini saya lakukan karena saya bisa melakukan share secara otomatis ke media sosial jika menggunakan blog. Sementara kalau sharing langsung satu per satu bakalan lumayan repot juga.

8. Buat Giveaway Di Channel Kamu

Kalau kamu punya modal, ini juga merupakan cara mendapatkan banyak view di Youtube tahun 2020 yang efisien. Tapi kekurangan dari cara ini adalah, viewernya enggak semuanya loyal. Karena banyak dari mereka yang mau melihat video kita atau subscribe karena iming-iming hadiah giveaway saja. Namun bukan berati tidak ada yang kemudian menjadi viewer loyal channel kita ya. Yang jelas, cara ini bisa dicoba.

Jangan Gunakan Cara Mendapatkan Banyak View Di Youtube Dengan Aplikasi!

Nah, ini yang perlu diwaspadai Youtuber pemula, terutama yang lagi ngejar 4000 jam tayang dan 1000 susbcriber. Jangan menggunakan aplikasi penambah viewer atau subscriber di Youtube. Ini bukan cara mendapatkan banyak view di Youtube yang legal dan sesuai TOS Youtube.

Karena kalau kamu sampai ketahuan menggunakan aplikasi penambah view atau subscriber di Yotube, jangan harap akun kamu bisa dimonetise dan mendapatkan uang di Youtube dengan Google Adsense. Yang paling parah, channel kamu bisa kena banned permanen! Ngeri kan?


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply