Cara Membuat Playlist Di Youtube Agar Video Di Youtube Makin Banyak Views!

Membuat Playlist di Youtube agar video di Youtube makin banyak views! Memangnya bisa? Ya, percaya atau enggak, memanfaatkan playlist Youtube ini memang bisa menambah views di channel Youtube kamu dengan cukup lumayan.

Jadi fungsi dari Playlist ini bukan hanya untuk mengelompokkan video berdasarkan kategori saja ya. Namun fungsi dari Playlist Youtube ini juga bisa untuk menambah views video di Youtube kamu. Karena playlist ini bisa ditemukan lewat pencarian di Youtube.

Karena itu enggak ada salahnya membuat playlist di Youtube untuk video yang sudah tayang di channel kamu ya. Nggak ada ruginya. Malah kalau kamu tahu caranya, ada salah satu Youtube Algorithm Hack untuk menambah Subscriber di Youtube dengan memanfaatkan playlist Youtube ini.

Namun karena saya juga masih riset mengenai Youtube Algorithm Hack terkait playlist ini, jadi saya belum bisa membagikan dengan detail mengenai hal itu. Efeknya memang bisa menambah subscriber, namun untuk hasil lebih detail, paling tidak perlu 3-6 bulan baru kelihatan.

Untuk sementara disini saya hanya akan membahas seputar cara membuat playlist di Youtube dan beberapa hal penting mengenai playlist. Sementara mungkin kamu bisa melihat seperti apa playlist ini di halaman channel Youtube utama saya youtube.com/catperku disini.

Cara Membuat Playlist Di Youtube Channel Video Kamu Dengan Mudah

Traffic dari Playlist di Youtube cukup lumayan, meski masih lebih banyak traffic view dari End Screen Youtube.
Traffic dari Playlist di Youtube cukup lumayan, meski masih lebih banyak traffic views dari End Screen Youtube.

Salah satu keuntungan membuat playlist terlihat jelas pada gambar tangkapan layar diatas. Yak, playlist ini adalah salah satu sumber traffic untuk channel Youtube kamu. Jadi meskipun kamu Youtuber pemula, enggak ada salahnya  melakukan optimasi channel Youtube kamu dengan membuat playlist ini.

Untuk cara membuat playlist di Youtube ada beberapa cara. Cara pertama, kamu bisa membuat playlist baru langsung ketika mau menambahkan sebuah video ke playlist. Cara kedua, kamu membuat playlistnya terlebih dahulu baru menambahkan video dengan edit.

Keduanya sama-sama mudah, namun bloggerpi.com akan membahas keduanya sekaligus. Siapa tahu ada kamu yang belum tahu mengenai kedua cara tersebut.

Cara Pertama, Buat Playlist Sekaligus Menambahkan Video

  1. Buka video di Youtube yang ingin kamu tambahkan ke playlist. Bisa video kamu sendiri, atau video orang lain.
  2. Klik menu untuk menambahkan playlist seperti yang ditunjukkan gambar tangkapan layar dibawah ini.
  3. Kamu bisa menyimpan ke playlist yang sudah ada, atau kamu bisa membuat playlist baru seperti yang dicontohkan pada gambar tangkapan layar dibawah ini.
  4. Jika kamu akan membuat playlist baru di Youtube, ikuti langkahnya seperti pada gambar tangkapan layar dibawah ini. Untuk penjelasan mengenai pilihan privasi playlist Youtube akan dijelaskan dibawah ya.
  5. Video berhasil ditambahkan ke dalam playlist yang sudah ada, atau yang baru saja dibuat.

Cara Kedua, Buat Playlist Dulu Baru Menambahkan Video

Untuk langkah kedua, caranya mungkin berbeda, namun hasil akhirnya sama. Biasanya saya menggunakan ini jika ada beberapa video berseri baru yang saya jadwalkan jam tayangnya. Dengan begitu, ketika video tersebut tayang, sudah langsung masuk ke dalam playlist tersebut. Untuk cara kedua ini langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Login ke akun Google kamu.
  2. Buka dashboard Youtube Studio Channel kamu.
  3. Klik menu “Playlists” yang berada di sebelah kiri, seperti contoh gambar tangkapan layar channel bloggerpi.com/youtube dibawah ini.klik menu playlist di Yotube Studio.
  4. Setelah klik menu itu, kamu akan dibawa ke halaman daftar playlist yang sudah ada seperti gambar dibawah ini. Lanjutkan dengan klik “New Playlist”.Halaman untuk buat playlist baru di Youtube.
  5. Isi nama playlist, pilih setting privasi playlist, lalu klik “Create” seperti contoh gambar tangkapan layar dibawah ini. Perlu dicatat, kalau kamu memilih setting privasi “Public”, playlist kamu bisa dilihat siapapun, dan bahkan bisa muncul di hasil pencarian Youtube. Untuk setting “Unlisted”, yang bisa melihat playlistnya hanya kamu dan yang punya link langsung ke playlist tersebut. Pilih “Private” kalau ingin kamu saja yang bisa melihat playlist ini.Cara membuat playlist di Yotube yang kedua.
  6. Kalau sudah, kamu akan dibawa ke halaman playlist baru yang masih belum ada isinya. Disini kamu bisa mulai mengisi deskripsi playlist baru, dan menambahkan video kedalam playlist ini.Halaman playlist di Youtube yang masih kosong dan tidak ada video di dalamnya.
  7. Untuk menambahkan video, kamu bisa mengikuti langkah ini ya.
    Klik ini untuk mulai menambahkan video ke dalam playlist ini.
    Klik ini untuk mulai menambahkan video ke dalam playlist ini.
  8. Setelah kamu klik “Add videos” akan muncul menu seperti ini. Kamu bisa menambahkan video orang lain dengan mencarinya, dengan menggunakan link lansung ke video tersebut, atau menambahkan video di channel kamu. Pada contoh ini saya menambahkan video dari Channel Youtube Bloggerpi.com.Lakukan ini untuk menambah video ke playlist di Youtube kamu.
  9. Setelah video kamu tambahkan, hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini.

Tips Membuat Playlist Agar Banyak Yang Lihat

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, membuat playlist di Youtube bisa menambah views channel Youtube kamu. Kenapa kok bisa begitu? Karena playlist ini bisa ditemukan lewat pencarian, dan bahkan bisa direkomendasikan juga oleh algoritma Youtube.

Karena itu penting buat kamu untuk membuat playlist yang berisi video di channel kamu dengan benar. Kamu bisa megikuti saran seperti gambar tangkapan layar diatas, dan beberapa tips dibawah ini.

  1. Isi nama playlist dengan kata kunci tertarget, karena ini juga merupakan salah satu tips optimasi SEO Youtube Channel kamu. Untuk riset kata kunci buat nama playlist, kamu bisa menggunakan SEO Youtube tool gratisan yang pernah bloggerpi.com tulis disini.
  2. Isi playlist yang kamu buat dengan video yang relevan. Maksud dari relavan disini adalah, video yang ada di playlist harus sesuai dengan nama playlist dan harus memiliki topik yang mirip. Misalnya, jangan sampai playlist berisi video tentang Game dicampur dengan video tutorial Youtuber Pemula.
  3. Isi deskripsi playlist, jangan sampai dikosongkan ya. Jelaskan isi dari playlist tersebut apa agar orang paham. Kabarnya ini juga merupakan salah satu faktor SEO Youtube yang menentukan apakah playlist kamu bakal muncul di hasil pencarian. Namun sampai sekarang bloggerpi.com belum menemukan data yang mendukung pernyataan tersebut. Namun enggak ada salahnya diisi ya.
  4. Embed playlist di Blog atau website agar makin banyak yang nonton video di playlist tersebut.

Cara Edit Playlist Kamu

Cara edit playlist di Youtube.
Cara edit playlist.

Apa saja yang bisa kamu lakukan pada fitur edit playlist ini? Hampir semuanya bisa kamu edit dalam playlist. Seperti misalnya menambah atau mengurangi video, mengganti nama, menambah deskripsi, mengurutkan video, hinga menghapus playlist. Untuk mulai edit playlist, langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka halaman daftar playlist.
  2. Klik “Edit Playlist”.
  3. Halaman playlist yang ingin kamu edit akan terbuka.

Cara Mengubah Setting Privasi Playlist Di Youtube

Halaman untuk mengganti setting privasi playlist.

Setelah membuat playlist di Youtube, mungkin kamu ingin playlist tersebut hanya bisa terlihat oleh kamu sendiri? Bisa kok, caranya kurang lebih sebagai berikut ya.

  1. Buka halaman Youtube Studio channel kamu.
  2. Cari menu “Playlists” yang ada di deretan sebelah kiri. Klik saja, kamu akan dibawa ke daftar playlist yang sudah kamu buat.
  3. Klik “Edit Playlist” pada salah satu playlist yang ingin kamu edit.
  4. Di bawah judul atau nama playlist, klik Lainnya .
  5. Lanjutkan dengan klik Playlist setting atau setelan playlist.
  6. Klik Advanced Settings atau Setelan Lanjutan.
  7. Cari menu drop-down “Playlist Privacy” atau “Privasi playlist”, pilih privasi baru playlist sesuai yang kamu inginkan. Pilih setting privasi “Public”, kalau kamu mau playlist kamu bisa dilihat siapapun, dan bahkan bisa muncul di hasil pencarian Youtube. Setting “Unlisted”, kalau kamu mau yang bisa melihat playlist-nya hanya kamu dan yang punya link langsung ke playlist tersebut. Pilih “Private” kalau ingin kamu saja yang bisa melihat playlist tersebut.
  8. Klik “Save” atau “Simpan”, makan setelan privasi playlist sudah berhasil diupdate.

Cara Menambah Video Secara Otomatis Ke Dalam Playlist Di Youtube

Halaman setting playlist untuk menambahkan video baru secara otomatis ke dalam playlist.

Setelah kamu membuat playlist di Youtube, kamu bisa menambahkan secara otomatis video terbaru ke dalam playlist tersebut. Jadi tiap kali ada video baru, kamu tidak perlu lagi menambahkan secara manual ke playlist. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka halaman Youtube Studio channel kamu.
  2. Cari menu “Playlists” yang ada di deretan sebelah kiri halaman Youtube Studio. Klik saja, kamu akan dibawa ke daftar playlist yang sudah kamu buat.
  3. Klik “Edit Playlist” pada salah satu playlist yang ingin kamu edit.
  4. Di bawah judul atau nama playlist, klik Lainnya .
  5. Lanjutkan dengan klik Playlist setting atau setelan playlist.
  6. Klik Advanced Settings atau Setelan Lanjutan.
  7. Klik tab “Auto Add” atau “Otomatis tambahkan”, dan tentukan aturan. Aturan ini bisa berdasarkan beberapa hal sekaligus. Untuk pilihan aturan yang ada bisa berdasarkan, judul, tag atau deskripsi video.
  8. Lanjutkan dengan klik “Save” atau “Simpan”.

Nah, bagaimana? Semoga tutorial singkat cara membuat Playlist di Youtube ini bisa bermanfaat buat kamu yang membutuhkannya. Siapa tahu memang ada yang belum paham mengenai cara menggunakan fitur playlist ini. Kalau kamu merasa tulisan ini bermanfaat, kamu bisa bagikan ke teman yang lainnya juga ya! Terimakasih.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply