Cara Riset Kata Kunci Youtube Agar Video Banyak Yang Nonton Bagaimana Ya?

Cara riset kata kunci Youtube agar video banyak yang nonton itu bagaimana sih? Sebelum saya melanjutkan ke pembahasan lebih detail, sebenarnya saya sudah menyinggung sedikit tentang ini di tulisan “Optimasi SEO Youtube” disini. Jadi kamu juga bisa membaca tulisan itu untuk lebih memahami bagaimana optimasi SEO di Youtube agar video yang kamu buat banyak yang nonton terus.

Di tulisan ini sendiri, saya akan membahas beberapa cara riset kata kunci Youtube dengan beberapa tools. Mulai dari tools gratisan yang sering saya pakai, hingga Youtube SEO tools yang berbayar. Sebenarnya, baik menggunakan yang gratisan atau berbayar itu kadang hasilnya gak jauh berbeda. Hanya saja, kalau menggunakan tools berbayar akan jauh lebih mudah dan menghemat waktu.

Namun yang jelas, mau menggunakan tools yang manapun, kamu harus tau bagaimana cara riset kata kunci Youtube agar video banyak yang nonton terlebih dahulu. Masalah kamu mau menggunakan tools berbayar atau gratisan itu ya tergantung selera masing masing ya. Karena cara menuju sukses tiap Youtuber pemula itu berbeda beda. Oke, mari lanjutkan saja!

Cara Riset Kata Kunci Youtube Agar Video Banyak Yang Nonton Bagaimana Ya?

Dibawah ini akan saya bagikan dan jelaskan beberapa cara riset kata kunci Youtube agar video banyak yang nonton.
Dibawah ini akan saya bagikan dan jelaskan beberapa cara riset kata kunci Youtube agar video banyak yang nonton.

Ada beberapa tools yang saya rekomendasikan untuk dicoba disini. Yang cukup sering saya pakai itu namanya Ubersuggest. Terus ada beberapa lagi yang bisa kamu pakai juga seperti TubeBuddy, Keywords Everywhere, Keyword.io dan bahkan kamu bisa menggunakan Youtube Search Box saja. Nanti di bawah bakal saya perjelas satu per satu ya.

1. Ubersuggest, bisa digunakan untuk Youtube dan Blog Sekaligus!

Karena sampai sekarang saya masih aktif mengelola beberapa blog seperti travel blog catperku.com dan bloggerpi.com ini, jadi saya lebih sering menggunakan tools riset kata kunci yang bisa digunakan di Youtube dan Blog sekaligus. Seringnya setiap saya bikin konten di Youtube itu juga saya buatkan tulisannya di blog. Nah, Ubersuggest ini menurut pengalaman saya bisa diandalkan untuk keperluan ini. Kalau mau tahu cara penggunaanya, bisa tonton video tutorial menggunakan Ubersuggest ini dibawah.

 

 

2. TubeBuddy, Youtube SEO Tools Yang Sangat Powerfull

Kalau kamu cuma fokus pada pembuatan konten video di Youtube, ini adalah salah satu tool riset kata kunci Youtube yang saya rekomendasikan. Apalagi kalau kamu menggukanan TubeBuddy versi berbayar yang bisa kamu temukan disini. Bisa dibilang ini adalah salah satu all in one tools yang bisa digunakan untuk fokus mengembangkan channel Youtube agar makin bayak penontonnya.

TubeBuddy sangat powerfull untuk pengembangan konten video di Channel Youtube kamu.

Fungsinya bukan hanya untuk cari kata kunci saja ya. Ada beberapa hal lainnya yang bisa digunakan. Kamu bisa mulai mencoba menggunakan versi gratisnya dulu sebelum memakai yang berbayar. Ini adalah tools favorit saya selain beberapa lainnya. Kapan kapan saya bakal bahas lebih detail deh mengenai TubeBuddy ini. Bisa subscribe dulu ke bloggerpi.com/youtube dan aktifkan loncengnya kalau tidak mau ketinggalan video terbaru dari saya.

3. Keywords Everywhere, Dulu Gratis Dan Powerfull, Tapi Sekarang Kalau Mau Fleksible Harus Berbayar

1 credit satu kata kunci, cocok untuk Youtuber pemula dengan modal terbatas.

Beberapa waktu lalu, Keywords Everywhere ini adalah tools terbaik gratisan untuk digunakan mencari kata kunci lengkap dengan data jumlah pencarian, CPC (Cost Per Click) dan pesaingan tiap kata kunci. Namun sekarang ini adalah tools berbayar. Tools ini berguna untuk kamu yang tidak terlalu sering mencari kata kunci, karena model pembayarannya adalah “pay as you go”, jadi tiap kali membayar, kamu mendapat jatah pencarian kata kunci.

Misal, paling murah untuk USD 10 kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari sampai 100.000 kata kunci. Nggak terlalu mahal kan ya? Keywords Everywhere ini adalah sebuah plugin yang diintegrasikan ke browser seperti Google Chrome atau Firefox. Jadi cara penggunaanya adalah dengan menginstall plugin Keywords Everywhere ini ke dalam salah satu browser ini.

4. Keyword.io, Bagus Untuk Riset Kata Kunci Yang Panjang

Keyword.io ini cocok untuk mencari data kata kunci yang panjang.

Kalau kamu mau mencari tahu bagaimana cara riset kata kunci Youtube yang panjang, kamu bisa menggunakan Keyword.io ini. Karena tool ini menurut saya adalah salah satu yang terbaik untuk fungsi tersebut. Kamu bisa mencari data untuk kata kunci “destinasi liburan lebaran keluarga murah”, maka ini adalah tools paling tepat untuk pencarian long tail keywords. Apalagi, ini adalah tools yang bisa digunakan secara gratis juga. Kapan-kapan saya bakal jelasin cara penggunaan Keyword.io ini dengan lebih lengkap di channel Youtube bloggerpi deh. Jadi boleh subscribe dulu ya.

5. Youtube Search Box, Gratis Tapi Bagus Untuk Mencari Ide Atau Topik

Biasanya topik populer di Youtube itu akan secara otomatis direkomendasikan lewat box pencarian Youtube Search.
Biasanya topik populer di Youtube itu akan secara otomatis direkomendasikan lewat box pencarian Youtube Search.

Meski ini tools gratisan karena memang sudah menjadi bagian dari Youtube, namun ini tidak bisa diremehkan fungsinya. Bahkan sejak saya membuat channel pertama saya youtube.com/catperku dan masih menjadi Youtuber pemula, saya sudah menggunakan tools ini. Youtube Search Box atau kotak pencarian Youtube ini sangat berguna kalau lagi bingung mau bikin video apa.

Fitur dari Youtube ini sangat berguna untuk membantu mencari ide kata kunci sebelum kemudian saya melanjutkan riset lebih lanjut mengenai Ide yang saya dapatkan dari kotak pencarian Youtube ini. Saya rasa, ini adalah alat yang cukup powerfull untuk membangun channel Youtube dari nol. Terutama untuk yang budgetnya terbatas.

***

Nah, diatas adalah beberapa Youtube SEO Tools dan beberapa cara riset kata kunci Youtube agar video banyak yang nonton. Bisa kamu coba semuanya, atau dipilih sesuai yang kamu suka. Namun yang jelas, ada banyak jalan menuju kesuksesan menjadi Youtuber pemula. O iya, sebelum ke bagian ini, sebaiknya kamu sudah melakukan setting Channel Youtube kamu dengan benar seperti yang pernah saya tulis di bloggerpi.com ini ya.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply