Rekomendasi SEO Youtube Tool Gratis Untuk Riset Keyword Kata Kunci Di Youtube

Rekomendasi SEO Youtube tool gratis untuk riset keyword atau kata kunci di Youtube. Terutama buat kamu yang lagi mengembangkan channel baru. Hal ini penting kamu ketahui, karena riset kata kunci adalah salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum membuat video baru di Youtube, atau ketika kamu ingin melakukan optimasi pada video kamu yang sudah tayang.

Entah kamu sudah berpengalaman atau masih Youtuber Pemula, SEO Youtube tool ini bisa kamu gunakan. Tentu saja dengan versi gratisnya pun sudah bisa kamu manfaatkan untuk melakukan riset kata kunci di Youtube ya. Atau kalau kamu memang perlu yang berbayar, silahkan dicoba dari salah satu yang direkomendasikan disini.

SEO Youtube tool dibawah ini bisa digunakan salah satu, atau juga bisa digunakan beberapa. Karena tidak semuanya memiliki fitur sama. Bahkan ada fitur yang saling melengkapi. Jadi ada baiknya kamu menggunakan beberapa tool riset kata kunci Youtube gratis ini sekaligus. Karena kalau kamu menggunakan beberapa sekaligus, tentu hasilnya akan lebih maksimal.

Oke, mari bloggerpi.com bahas satu persatu ya! Beberapa dari tool dibawah ini sering bloggerpi gunakan untuk keperluan riset kata kunci channel Youtube blogerpi di bloggerpi.com/youtube disini, dan juga channel utama yang bertema traveling di Youtube.com/catperku. Kamu boleh subscribe ke kedua channel tersebut ya.

Rekomendasi SEO Youtube Tool Gratis Untuk Riset Keyword Kata Kunci Di Youtube

Kita mulai dari yang pertama!

1. Keyword.io, Bagus Untuk Riset Kata Kunci Yang Panjang

Buat yang belum tahu, keyword.io adalah salah satu Youtube SEO tool yang cocok untuk riset kata kunci panjang. Perlu kamu ketahui, bersaing pada kata kunci yang panjang ini biasanya lebih mudah. Buat para Youtuber pemula yang channelnya masih baru, tentu saja akan lebih mudah bersaing pada kata kunci panjang atau long tail keywords.

Menggunakan keyword.io ini mudah banget. Kamu cukup memasukkan satu atau dua kata kunci utama, nanti keyword.io ini akan membuat daftar kata kunci. Misalnya, untuk contoh ini saya memasukkan kata kunci utama “touring”. Disini keyword.io akan membuat daftar ide kata kunci panjang atau long tail keyword.

Setelah itu tinggal kamu pilih saja mana kata kunci yang ingin kamu pakai. Langkah selanjutnya adalah memeriksa dari tiap kata kunci yang kita pilih satu persatu. Dilihat mana saja kata kunci yang pencariannya banyak, namun persaingannya rendah. Untuk melakukan ini bisa menggunakan Youtube SEO tool lain yang bakal dibahas dibawah.

2. Keywords Everywhere, Dulu Gratis Dan Powerfull, Tapi Sekarang Kalau Mau Fleksible Harus Berbayar

Dulu, Keywords Everywhere ini adalah SEO Youtube tool terbaik gratis untuk mencari kata kunci baik di Youtube atau untuk blog. Data yang didapatkan dari Keywords Everywhere in sangat lengkap. Selain data jumlah pencarian, data detail dari CPC (Cost Per Click) dan pesaingan tiap kata kunci juga ada.

Namun sekarang untuk hasil data selengkap itu, kamu harus menggunakan Keywords Everywhere versi berbayar. Salah satu kelebihan Keywords Everywhere ini menurut bloggerpi adalah sistem pembayarannya adalah “pay as you go”. Jadi akan berguna untuk kamu yang tidak terlalu sering mencari kata kunci. Jadi untuk Youtuber Pemula cukup cocok juga. Karena biasanya masih baru mulai bikin video.

Harga paling murah Keywords Everywhere adalah USD 10. Pada harga itu kamu bisa menggunakannya untuk mencari sampai 100.000 kata kunci. Rasanya sudah cukup banyak ya. Seratus ribuan kata kunci itu bisa buat ratusan video lah. Nggak terlalu mahal kan ya? Untuk menggunakan Keywords Everywhere kamu hanya perlu install sebuah plugin/extension yang diintegrasikan ke browser seperti Google Chrome atau Firefox.

3. TubeBuddy, SEO Youtube Tool Yang Sangat Powerful

Kalau kamu memang hanya ingin fokus pada konten video di Youtube, kamu bisa menggunakan SEO Youtube tool ini. Namanya TubeBuddy, salah satu tool yang sangat berguna buat pengembangan channel Youtube. TubeBuddy ini bukan hanya beguna untuk riset kata kunci saja lho.

Namun bisa digunakan untuk melakukan optimasi channel Youtube kamu di bagian lainnya. TubeBuddy juga mempunyai fitur rank tracker, yang bisa kamu gunakan untuk melacak posisi video kamu berada pada ranking berapa di hasil pencarian Youtube.

Seperti misalnya, salah satu fitur TubeBuddy yang paling saya sukai adalah tag suggestion, atau rekomendasi tag yang bisa digunakan untuk video. Jadi tidak perlu lagi pusing memikirkan tag apa yang cocok untuk video terbaru kamu.

Yang menyenangkan lagi, fitur TubeBuddy ini terintegrasi dengan sempurna di Youtube Sudio. Semua fiturnya menyatu dengan Youtube Studio dengan rapi, dan bisa langsung digunakan.

Jadi tidak perlu lagi membuka website lain hanya untuk optimasi channel Youtube kamu. Untuk menggunakannya, kamu cukup install Google Chrome Extension TubeBuddy saja.

Tersedia versi TubeBuddy berbayar dengan fitur yang lebih lengkap dan tanpa batasan disini. Namun untuk Youtuber pemula, kamu bisa juga menggunakan TubeBuddy versi gratis dulu. Saya juga menggunakan versi gratis untuk mengembangkan channel bloggerpi.com.

4. Ubersuggest, bisa digunakan untuk Youtube dan Blog Sekaligus!

 

 

Kombinasi antara konten blog dan Youtube bisa mendatangkan banyak traffic organik. Karena itu saya suka melakukan embed video pada blogpost. Alasannya adalah, selain saya bisa mendapatkan traffic blog dari Google Search, video Youtube saya juga bisa mendapatkan banyak view. Salah satu SEO Youtube tool gratis yang saya gunakan untuk keperluan mencari kata kunci di Youtube dan blog adalah UberSuggest ini.

Tools ini gratis bisa digunakan oleh siapapun. Bahkan bisa digunakan tanpa perlu mendaftar. Namun kalau kamu tidak mendaftar, ada batasan beberapa kali pencarian saja. Agar bisa mendapatkan banyak kuota riset kata kunci, dan kamu bisa menggunakan fitur UberSuggest yang lebih lengkap, sebaiknya kamu mendaftar saja.

Kamu hanya perlu punya akun google untuk mendaftar disini. Cukup mudah kok proses pendaftarannya, tidak perlu banyak isi data. Lalu, untuk cara menggunakan UberSuggest dalam hal riset kata kunci bagaimana, kamu bisa melihatnya pada video Youtube  yang ada di atas ya.

5. KeywordTool.io, Terbaik Untuk Mencari Ide Kata Kunci

KeywordTool.io, SEO Youtube Tool Terbaik Untuk Mencari Ide Kata Kunci

KeywordTool.io ini adalah salah satu SEO Youtube tool yang sangat berguna untuk mencari ide kata kunci untuk video kita. Data yang ditampilkan dari KeywordTool.io ini sebenarnya adalah data dari autosuggest Youtube. Namun oleh KeywordTool.io diracik menjadi lebih rapi.

Untuk versi gratis dari KeywordTool.io, kamu hanya bisa melihat daftar ide kata kunci yang bisa kamu gunakan. Namun pada versi gratisnya, kamu tidak bisa melihat berapa data jumlah penarian, trend kata kunci selama 12 bulan terakhir, CPC dan kompetisi tiap kata kunci.

Kalau kamu ingin melihat semua data tersebut, kamu harus menggunakan versi yang berbayar. Namun untuk mencari ide kata kunci pada tahap awal, versi gratis sudah lebih dari cukup.

Kamu bisa memanfaatkan KeywordTool.io untuk riset kata kunci pendek atau panjang. Biasanya saya menggunakan ini kalau ingin mengumpulkan ide kata kunci sebanyak banyaknya, untuk kemudian saya proses dengan tool yang lainnya.

6. Google Trends, SEO Youtube Tool Gratis Dari Google Untuk Melihat Trend Yang Sedang Banyak Dicari

Google Trends, SEO Youtube Tool Gratis Dari Google Untuk Melihat Trend Yang Sedang Banyak Dicari

Biasanya saya menggunakan Google Trends untuk melihat sebuah trend di Youtube sedang naik atau turun. Sudah pasti kalau sebuah topik di Youtube sedang naik, atau mulai naik, membuat videonya tidak akan rugi. Nah, kalau trend sebuah topik tersebut sedang turun, ya itu artinya lebih baik membuat video dengan topik yang lainnya.

Ya, Google Trends ini adalah SEO Youtube tool gratis yang sangat berguna untuk melihat dan menentukan kapan kamu harus membuat suatu video dengan topik tertentu. Tentu akan menjadi sebuah ide bagus, kalau kamu membuat video dengan topik yang sedang populer. Jadi kamu tidak hanya membuang waktu untuk membuat video dengan topik yang tidak banyak dicari.

Tentu saja Google Trends bukan hanya menyajikan data dari topik yang sedang populer saat ini. Namun kamu juga bisa mencari tahu trend naik turun dari sebuah kata kunci. Misalnya, untuk contoh saya menggunakan kata kunci “Touring”. Dari gambar tangkapan layar, terlihat trend kata kunci tersebut naik turun.

Data inilah yang bisa kamu manfaatkan, untuk membuat keputusan apakah kamu akan membuat video tersebut atau tidak. Google Trends ini bisa menyajikan data dari beberapa jam terakhir, hingga sampai beberapa tahun terakhir. Jadi memang ini adalah tool yang cocok untuk melakukan riset dari sebuah kata kunci di Youtube ya.

7. Rapidtags.io, Bisa Membuat Tag Di Youtube Secara Otomatis

Rapidtags.io adalah salah satu Youtube SEO tool yang sangat berguna nih. Karena fungsi dari Rapidtags.io adalah untuk membuat tag yang relevan dengan konten video di Youtube kamu secara otomatis. Sudah pada tahu kan, kalau tag di Youtube adalah salah satu faktor yang bisa membuat konten video kamu mendapatkan ranking yang bagus di hasil pencarian Youtube.

Bahkan setting tag dengan benar ini adalah salah satu cara agar channel Youtube kamu banyak yang nonton. Untuk menggunakan Rapidtags.io ini mudah. Kamu cukup memasukkan kata kunci utama video Youtube kamu, atau bahkan bisa juga kamu masukkan judul video terbaru kamu pada lokasi seperti contoh gambar tangkapan layar diatas.

Setelah itu, Rapidtags.io akan membuat tag secara otomatis dengan fitur tag generator yang dimilikinya. Setelah itu kamu tinggal menggunakan tag tersebut pada video terbaru di Youtube kamu. Gampang banget kan? Dengan menggunakan tag yang benar, potensi mendapatkan banyak view di Youtube kamu akan semakin besar.

8. VidIQ, Alternatif Selain Menggunakan TubeBuddy

VidIQ ini adalah SEO Youtube tool yang fungsinya agak mirip dengan TubeBuddy. Kamu bisa mencari data pencarian, kompetisi tiap kata kunci, dan banyak fitur lain terkait dengan Youtube SEO menggunakan vidIQ ini.

Jadi bisa dibilang ini adalah pilihan lain untuk kamu coba selain TubeBuddy. Karena fitur yang dimiliki memang hampir mirip sekali dengan TubeBuddy.

9. Kotak Pencarian Youtube, SEO Youtube Tool Gratis Paling Mudah Untuk Digunakan Pemula

Kotak Pencarian Youtube, SEO Youtube Tool Gratis Paling Mudah Untuk Digunakan Pemula

Tanpa menggunakan SEO Youtube tool apapun, sebenarnya kamu sudah bisa mencari ide kata kunci untuk video terbaru di channel Youtube kamu. Kamu bisa memanfaatkan kotak pencarian Youtube untuk mencari ide kata kunci tersebut.

Misalnya, ketika saya mengetik “touring, Youtube akan merekomendasikan banyak kata kunci turunan lainnya seperti pada gambar tangkapan layar yang ada diatas.

Jadi kamu bisa memilih satu dari sekian banyak ide kata kunci yang direkomendasikan oleh Youtube tersebut. Namun kelemahannya, kamu tidak bisa melihat data berapa jumlah pencarian, CPC, dan data penting lain terkait SEO Youtube.

Kamu bisa menggunakan Google Chrome Extension seperti Keywords Everywhere untuk hasil data yang lebih lengkap, jika kamu menggunakan fitur kotak pencarian Youtube ini.

***

Nah, bagaimana? Semoga rekomendasi SEO Youtube tool diatas bisa bermanfaat ya. Terutama buat kamu Youtuber Pemula yang baru saja mulai mengembangkan channel Youtube. Kalau merasa tulisan ini bermanfaat, boleh juga lho dibagikan ke teman kamu yang lainnya.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply