Cara Upload Video Ke Youtube Dengan HP Smartphone Dan PC Laptop

Mungkin kamu Youtuber pemula dan belum tahu bagaimana cara upload video ke Youtube dengan HP atau dengan menggunalan PC Laptop. Karena itu disini bloggerpi akan berbagi cara mudah untuk mengunggah video ke channel Youtube kamu dengan menggunakan Smartphone.

Semoga dengan tutorial singkat ini bisa bermanfaat. Terutama buat kamu yang baru banget belajar atau baru kenal dengan yang namanya Youtube. Boleh juga lho subscribe channel Youtube bloggerpi disini.

Buat yang belum tahu, Youtube adalah salah satu platform media sosial yang menyajikan konten video. Video tersebut diunggah oleh para pengguna Youtube yang kemudian disebut Youtuber. Para Youtuber ini mengunggah video ke Youtube dengan harapan bisa mendapatkan uang dari Google Adsense.

Namun ada juga yang mengunggah video ke Youtube karena hobi. Pada artikel ini Bloggerpi.com hanya akan membahas bagaimana cara upload video ke Youtube dengan menggunakan HP Smartphone atau PC Laptop.

Kalau kamu ingin belajar jadi Youtuber pemula, kamu bisa belajar dengan membaca tulisan tutorial persiapan jadi Youtuber Pemula disini. Atau bisa juga membaca tulisan tutorial Youtuber lainnya di bloggerpi.

Cara Upload Video Ke Youtube Dengan HP Smartphone

Cara Upload Video Ke Youtube Dengan HP Smartphone Dan PC Laptop.
Cara Upload Video Ke Youtube Dengan HP Smartphone Dan PC Laptop.

Ada dua cara, mari kita mulai dengan cara pertama.

Cara Upload Pertama

Gunakan aplikasi YouTube untuk Android guna mengupload video dengan merekam video baru atau memilih video yang ada:

  1. Login dulu ke channel kamu dengan menggunakan aplikasi YouTube di HP Smartphone Android atau Apple. Pada contoh kali ini bloggerpi.com menggunakan smartphone Android. Kalau sudah login, tampilannya kira-kira akan seperti ini.
    Halaman home di Youtube.
  2. Atau bisa juga seperti dibawah ini kalau kamu sudah berpindah ke halaman channel kamu. Dibawah ini adalah tampilan dari halaman channel Youtube.com/catperku.
    Cara upload video ke Youtube dengan HP Smartphone itu mudah.
    Halaman channel kamu di Youtube.
  3. Untuk cara upload ke Youtube dengan HP Smartphone Android atau IPhone sebenarnya tidak berbeda jauh. Untuk kasus HP Android, kamu bisa cari pada bagian atas aplikasi, lalu ketuk logo kamera seperti pada contoh gambar tangkapan layar.
    Cara upload video ke Youtube dengan HP Smartphone itu mudah.
    Ada beberapa menu yang harus dipilih pada langkah ini. Penjelasan ada dibawah.
      • Pilihan Video : Ini adalah untuk kamu yang mau upload video ke channel kamu.
      • Pilihan Live : Ini digukan untuk kamu yang mau live. Hasil live di Youtube juga bisa disimpan.
      • Pilihan Story : Fungsinya mirip seperti story di Instagram, namun tidak akan hilang selama 7 hari kalau gak salah. Fitur ini baru muncul setelah 10 ribu subscriber.
      • Pilihan Post : Ini untuk update bagian community di youtube seperti disini.
  4. Setelah tap atau ketuk menu “Video” seperti pilihan diatas, akan muncul seperti contoh tangkapan layar dibawah. Kamu bisa pilih menu “Rekam ” video baru atau kamu bisa juga memilih video yang sudah kamu rekam dan edit pada galeri smartphone kamu.
    Cara upload video ke Youtube dengan HP Smartphone itu mudah.
    Bisa memilih merekam dulu, atau memilih video yang sudah ada di HP.
  5. Setelah kamu pilih video atau selesai merekam video, kamu bisa menambahkan judul video dengan maksimal 100 karakter. Tambahkan juga deskripsi video Youtube yang akan kamu upload. Deskripsi video Youtube ini maksimal 5.000 karakter. Kamu bisa melakukan Optimasi SEO di Youtube pada langkah ini. Terus, cara upload ke Youtube dengan HP bagian ini sama baik di Android atau IPhone.
    Cara upload video ke Youtube dengan HP Smartphone itu mudah.
    Usahakan diisi dengan lengkap, agar orang mudah menemukan video kamu ketika melakukan pencarian di Youtube.
  6. Selain menambahkan judul dan deskripsi, kamu juga bisa menggunakan beberapa fungsi tambahan seperti berikut ini :
    • Kamu bisa menambahkan filter ke video yang kamu upload.
    • Kamu bisa melakukan Trim video atau memotong video sebelum diupload dengan menarik ujung kotak putih di bawah video yang akan kamu upload.
  7. Setelah semua selesai ditambahkan, tinggal ketuk “Upload” yang berada di pojok atas untuk mulai mengupload video kamu.
  8. Langkah selanjutnya untuk pengaturan lebih lanjut, buka saja Youtube Studio setelah proses upload video tadi selesai. Disitu kamu bisa lebih laluasa untuk mengatur setelan penonton video kamu.

Cara Upload Kedua

Selain diatas ada juga cara upload video ke Youtube dengan HP yang kedua. Cara ini bisa dilakukan kalau video yang akan kamu upload sudah siap, dan sudah ada di galery HP Smpartphone kamu. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini.

  1. Pilih video yang sudah Ada Di Galery Seperti pada gambar tagkapan layar dibawah.
    Pilih video yang ingin kamu upload, dari HP Smartphone kamu.
  2. Pilih bagikan atau share seperti pada gambar tangkapan layar diatas.
  3. Setelah itu, pilih aplikasi Youtube pada daftar aplikasi yang ada di Smartphone kamu.
    Setelah tap Share, pilih share ke Aplikasi Youtube.
  4. Langkah selanjutnya hampir sama dengan sebelumnya, yaitu dimulai dengan mengisi Judul, Deskripsi, Lokasi dan lain-lainnya.

Setelah itu kamu tinggal menunggu hingga proses upload selesai. Gampang banget kan cara uploadnya? Lebih susah juga edit video di Android buat Youtube 😀

Cara Upload Video Ke Youtube Dengan PC Laptop

Berbeda dengan cara upload video ke Youtube dengan HP Smartphone, cara upload video ke Youtube dengan PC Laptop ini jauh lebih mudah. Kamu hanya perlu membuat Youtube dengan laptop. Baru kemudian kamu membuka Youtube Studio, dan mengikuti cara upload seperti yang dijelaskan pada video tutorial Youtube dibawah ini.

 

 

Nah, bagaimana? Semoga tutorial singkat cara upload video ke Youtube dengan HP Smartphone dan PC Laptop yang ada disini bisa bermanfaat ya teman-teman. Kalau kamu merasa tulisan ini berguna, boleh kok dibagikan ke teman yang lainnya. Kamu juga bisa membaca tulisan lain tentang tutorial Youtube di bloggerpi ya. Terimakasih!


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply