Cara Menggunakan Youtube Studio Terbaru Untuk Pemula!

Mungkin kamu baru saja memulai Channel Youtube, dan ingin tahu bagaimana cara menggunakan Youtube Studio terbaru 2020. Sebenarnya cukup mudah untuk membiasakan diri dengan dashboard manajemen channel Youtube terbaru tersebut. Tapi ya yang namanya membiasakan diri memang perlu waktu. Apalagi kalau sudah terbiasa dengan dashboard manajemen channel yang lama seperti saya.

Nah, untuk memper cepat proses itu, kamu bisa mencoba belajar menggunakan Youtube Studio terbaru 2020 disini. Bloggerpi akan coba menjelaskan secara detail mengenai fungsi dan menu yang ada pada halaman administrasi channel Youtube ini. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi untuk megetahui bagaimana cara upload video di Youtube, atau dimana lokasi Analytics Youtube berada.

Dengan mengenal lebih dekat tentang halaman administrasi channel Yotube kamu, itu berarti sudah menjadi langkah awal yang baik untuk belajar jadi Youtuber pemula. Karena sudah tentu sebelum belajar hal lain mengenai bagaimana cara edit video di Youtube atau bagaimana cara optimasi SEO di Youtube, kamu harus kenal dahulu dengan Youtube luar dalam

Oke, mari dimulai saja ya perkenalannya!

Cara Menggunakan Youtube Studio Terbaru 2020 Untuk Pemula!

Bagian terpenting dari Youtube studio ketika baru memulai channel Youtube sebenarya ada pada menu setting, karena sebelum mulai membuat konten atau apapun, bagian tersebut harus diisi semua dulu. Namun, tentunya setiap menu yang ada disini juga perlu kamu ketahui agar kedepannya channel kamu makin sukses.

Paling tidak itu yang saya lakukan pada channel Youtube utama saya youtube.com/catperku. O iya, untuk bahasa yang digunakan pada contoh dashboard YT disini menggunakan bahasa inggris ya. Karena saya terbiasa menggunakan bahasa tersebut. Bukan karena apa, namun kadang bahasa inggris istilah teknis suka aneh kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Tapi strukturnya pasti sama kok, mau pake bahasa apapun juga.

1. Menu Dashboard Youtube Studio

Menu Dasboard Di Youtube Studio.
Menu Dasboard Di Youtube Studio.

Ini adalah bagian utama dari halaman administrasi Channel Youtube kamu. Hal yang pertama kali diperlihatkan ketika kamu membuka Youtube Studio. Oke, mari bahas satu persatu ya mengenai apa saja yang berada di menu “Dashboard” ini.

1. Latest Video Performance

Bagian ini berisi statistik utama dari video yang terakhir kamu upload. Biasanya yang paling saya perhatikan dari bagian ini adalah “Impressions click-through rate” dan “Average view duration”. Karena itu memberikan gambaran singkat apakah video yang terakhir saya buat disukai orang dan thumbnail dari video tersebut menarik perhatian orang untuk klik videonya atau enggak.

2. Latest Post

Bagian ini adalah informasi status update terakhir pada bagian Community di Youtube disini. Jadi kayak semacam update status terakhir kamu di Youtube apa. Saya jarang update status disini sih. Biasanya update kalau pengen promosi video terbaru saja.

3. News

Kalau ini adalah berita terbaru dari pihak Youtube. Biasanya kalau ada informasi fitur baru updatenya disini. Jadi bagian ini cukup penting buat diperhatikan.

4. Creator Insider

Ini berisi video dari Channel Youtube Creator Insider. Biasanya berisi informasi terbaru mengenai Youtube dan fiturnya, juga tips dan trik seputar Youtube.

5. Important Notification

Bagian ini wajib selalu diperhatikan, karena tiap ada notifikasi penting akan muncul disini. Biasanya kalau ada Copyright Claim informasinya akan muncul di bagian Youtube Studio yang ini. Dan notifikasi yang disini biasanya juga harus kamu respon secepatnya. Terutama kalau ada Copyright Claim karena lagu.

6. Channel Analytics

Pada bagian Channel Analytics ini berisi berapa jumlah subscriber kamu sampai saat ini, juga ringkasan data channel Youtube kamu selama 28 hari terakhir untuk Views, Watch Time dan penghasilan adsense.

7. Recent Subscriber

Harusnya ini menggambarkan siapa saja subscriber terbaru di Channel Youtube kamu. Tapi entah kenapa rasanya ini tidak akurat, karena tidak selalu update. Gak terlalu penting juga sih sebenarnya bagian ini.

2. Menu Videos

Menu Videos.

Bagian ini juga tidak kalah penting buat kamu yang mau belajar cara menggunakan Youtube Studio 2020. Untuk bagian yang perlu kamu ketahui sebagai berikut.

1. Kategori Konten

Pada bagian ini berisi kategori konten yang terlah kamu upload ke Channel Youtube kamu seperti :

  • Uploads : Konten video yang sudah kamu upload.
  • Live : Video live streaming yang sudah kamu simpan.
  • Stories : Konten story Youtube yang belum expired.

2. Kotak Pencarian

Kotak pencarian ini bisa kamu gunakan untuk mencari video yang sudah kamu upload ke Channel Youtube kamu di Youtube studio. Kalau videonya sudah banyak seperti punya saya, bakalan susah kalau harus scroll satu per satu.

3. Filter Video

Ini berguna untuk menyaring video kamu berdasarkan kategori yang sudah disediakan di Youtube Studio. Untuk filternya berupa :

  • Copyright Claims : Menyaring video berdasarkan status Copyright Claims. Berguna untuk mencari video mana saja yang kena Copyright Claims.
  • Description : Menyaring berdasarkan deskripsi video.
  • Monetization : Menyaring video berdasarkan status monetisasi. Pilihannya adalah Monetized, Not Monetized, Limited.
  • Title : Menyaring video berdasarkan judul.
  • Views : Menyaring video berdasarkan jumlah views.
  • Visibility : Menyaring berdasarkan status penayangan video. Pilihannya adalah Public, Private, Unlisted, Has Schedule, Draft.

4. Detail Video

Berisi keterangan dari video yang sudah kamu upload seperti :

  • Video : Berisi judul dan deskripsi.
  • Visibility : Status penayangan video.
  • Monetization : Memperlihatkan apakah video sudah dimonetisasi atau belum. Kalau sudah dimonetisasi warnanya hijau.
  • Restriction : Memperlihatkan apakah video kamu terkena pembatasan akibat Copyright Claim atau tidak.
  • Date : Tanggal kapan video dipublikasikan.
  • Views : Jumlah views di video.
  • Comments : Jumlah komentar di video.
  • Like (vs. dislikes) : Jumlah likes dan dislike video.

3. Menu Playlist

Menu Playlist.

Menu Playlist di Youtube Studio ini juga tidak kalah penting untuk kamu perhatikan. Karena menggunakan playlist ini dengan benar, bisa memperbesar kemungkinan video kamu ditemukan pada hasil pencarian Youtube. Untuk lebih jelasnya, akan bloggerpi.com bahas secara terpisah ya. Untuk sementara, bloggerpi.com akan sedikit membahas 3 bagian penting dari halaman playlist.

  1. Buat Playlist : Ini untuk membuat playlist Youtube yang baru.
  2. Edit Playlist : Untuk menambahkan video ke playlist, juga menggantin nama dan deskripsi playlist.
  3. Kembali Ke Youtube Studio : Untuk kembali ke halaman administrasi channel Youtube kamu.

4. Menu Analytics

Cara menggunakan Youtube Studio - memahami menu Youtube analytics.
Menu Analytics.

Bagian menu Analytics ini juga tak kalah penting buat Youtuber Pemula yang ingin belajar cara menggunakan Youtube Studio 2020. Karena disini berisi informasi tentang  semua data konten video yang sudah kamu buat.

Dari data yang ada disini, kamu bisa melihat kata kunci apa yang banyak menemukan video kamu, berapa penghasilan tiap video, dan video apa saja yang banyak disukai di channel kamu.

Untuk bagian Analytics, akan bloggerpi.com jelaskan di tulisan terpisah ya. Karena bakal panjang banget kalau dijelasin disini. Malah bakal bisa jadi satu tulisan sendiri untuk bagian Youtube Analytics.

5. Menu Comment

Menu Comment.

Kamu akan menemukan semua komentar yang masuk ke channel Youtube kamu pada menu yang ini. Kamu juga bisa menyaring dengan filter khusus. Seperti misalnya menyaring berdasarkan komentar yang belum kamu balas. Bagian ini penting, karena menurut saya channel Youtube yang bagus adalah yang rajin balas komentar para viewer-nya.

6. Menu Subtitles

Menu Subtitles.

Bagian menu ini berisi informasi tentang subtitle atau caption video. Kalau kamu tidak memerlukan caption atau subtitle untuk video kamu, bagian dari Youtube Studio yang ini kurang begitu penting. Namun kalau video kamu diberikan caption, atau kamu memperbolehkan orang lain untuk membuat subtitle video kamu, pilihan untuk moderasi subtitle ada disini.

7. Menu Setting Youtube Studio

Cara menggunakan Youtube Studio bagian Setting ini juga penting untuk dipelajari.
Menu Setting.

Menu setting di Youtube Studio juga tak kalah penting untuk kamu pelajari. Karena ini adalah bagian yang harus kamu isi bahkan sebelum kamu membuat video pertama di Channel Youtube kamu. Untuk tutorial cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton bisa kamu baca disini. Atau bisa juga kamu lihat video tutorial cara setting channel Youtube dibawah ini.

 

8. Menu Copyright Youtube Studio

Menu Copyright Youtube Studio
Menu Copyright Youtube Studio.

Bagian ini juga tak kalah penting diketahui untuk kamu yang mau belajar cara menggunakan Youtube Studio 2020. Karena menu ini berguna banget untuk melaporkan video kamu yang di-reupload atau diunggah ulang oleh orang lain. Biasanya mereka ini dikenal sebagai reuploader. Nah, untuk tutorial cara melaporkan reuploader yang reupload video di Channel Youtube kita pernah saya bahas secara mendetail disini. Atau kamu juga bisa melihatnya pada video di bawah ini.

 

 

9. Menu Monetization

Menu Monetization.

Biasanya bagian ini bakal sering dilihat oleh Youtuber pemula yang channelnya belum dimonetisasi. Karena pada menu Monetization ini bisa memperlihatkan perkembangan channel kita apakah sudah memenuhi syarat minimal monetisasi atau belum. Sudah pada tahu kan kalau syarat minimal monetisasi channel Youtube itu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 365 hari terakhir?

Jadi kalau belum memenuhi syarat ya belum bisa dapat duit atau gajian dari Youtube. Kebetulan channel bloggerpi.com/youtube belum memenuhi persyaratan tersebut. Baru terpenuhi sebagian seperti gambar tangkapan layar diatas. Jadi, ada yang mau bantu subscribe dan tonton video di channel bloggerpi biar bisa segera dimonetisasi? Subscribe gratis kok, enggak pake bayar. Hehee!

10. Menu Audio Library Dan Menu Create ( Upload Video / Create Post / Live )

Menu Audio Library Dan Menu Create ( Upload Video – Create Post – Live ).

Menu Audio Library di Youtube Studio ini kalau diklik atau dibuka akan mengarahkan ke halaman Youtube Audio Library. Halaman tersebut berisi banyak musik gratis yang bisa digunakan untuk video kamu. Mengenai informasi musik gratis untuk video di Youtube dapatnya dari mana saja pernah bloggerpi bahas di tulisan ini ya.

Terus untuk menu “Create” seperti yang ditunjukkan pada gambar tangkapan layar diatas adalah untuk kamu upload video, memulai live streaming dan juga untuk membuat post di halaman Community pada channel youtube kamu. Lalu mengenai tutorial upload video di Youtube bisa kamu lihat sendiri pada video yang ada dibawah ini ya.

 

 

***

Nah, kira-kira diatas adalah informasi cara menggunakan Youtube Studio 2020 terbaru untuk Youtuber pemula. Mungkin ada yang baru belajar Youtube dan memerlukan informasi ini. Kalau kamu merasa informasi ini bermanfaat boleh ya dibagikan. Siapa tahu ada teman kamu yang juga memerlukan tutorial Youtube di bloggerpi.com ini. Terimakasih!


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply