Download Video Di Youtube Begini Lho Caranya!

Ada beberapa cara download video di Youtube yang bisa dicoba. Download video Youtube lewat Android, atau secara online tanpa aplikasi lewat website tertentu. Keduanya sama-sama mudah kok. Yang membedakan adalah, kalau menggunakann aplikasi Android, kamu perlu install terlebih dahulu apk download Youtube ke Smartphone kamu.

Sementara itu jika kamu download video di Youtube tanpa apk atau tanpa install aplikasi, itu berarti pilihannya adalah download secara online dengan menggunakan fasilitas website downloader. Untuk cara ini kamu hanya perlu browser untuk membuka alaman website Youtube downloader tersebut. Browser apa saja bisa kamu pakai, bebas. Saya paling sering menggunakan browser Google Chrome. Kamu bisa juga menggunakan browser lain seperti Opera, Safari, Firefox atau bahkan Internet Explorer.

Namun perlu dicatat, kalau saya tidak menyarankan download konten yang dilindungi Copyright ya. Biasanya saya perlu download Youtube ini kalau mau repost konten di channel utama saya yotube.com/catperku ke IGTV di akun instagram saya @catperku ya. Karena kalau harus upload file aslinya, ukuran file yang harus diupload akan sangat besar sekali.

Bahkan ada yang 4GB lebih. Sementara itu, jika download dari Youtube, ukuranya sudah diperkecil sampai beberapa ratus mega saja, dengan kualitas HD. Oke lanjut saja ya…

Ternyata Begini Lho Caranya!

Kamu bisa memilih download video di Youtube tanpa APK ( Aplikasi Android ), atau download lewat website tertentu. Yang pertama, akan bloggerpi.com bahas cara download dengan aplikasi Android. Yang kedua, download lewat website ya.

Download video di Youtube itu begini Lho Caranya! Baca sampai selesai ya!
Download video di Youtube itu begini Lho Caranya! Baca sampai selesai ya!

Oke, Mari Bahas Cara Download Video Di Youtube Dengan Aplikasi Android

Sebenarnya ada banyak banget, kalau mau download dengan menggunakan aplikasi di Android. Namun untuk sementara, bloggerpi hanya akan membahas download video di Youtube dengan Android saja. Untuk aplikasinya, silahkan dipilih dari 9 rekomendasi aplikasi di bawah ini.

1. iTubeGo

Aplikasi Android iTubeGo.

Kamu bisa download video di Youtube dengan Aplikasi Android iTubeGo. Aplikasi ini cukup populer untuk digunakan download video dari beberapa media sosial yang sudah terkenal. Misalnya kamu bisa juga download video dari Instagram. dengan menggunakan Aplikasi Android  iTubeGo ini. Jadi memang bukan hanya khusus untuk Youtube saja ya.

Menggunakan iTubeGo memungkinan kamu untuk download video dengan kualitas HD hingga 4K. Kamu juga bisa dowload video Youtube jadi MP3 dengan bitrate 320kbps menggunakan aplikasi Android iTubeGo. Versi gratis iTubeGo ini akan menampilkan iklan. Jadi kalau memakai versi gratisnya harus tahan dengan iklan yang muncul ya. Kamu bisa download iTubeGo disini ya.

2. InsTube

InsTube adalah salah satu aplikasi download video Youtube di Android terbaik yang bisa kamu gunakan.
InsTube adalah salah satu aplikasi download video Youtube di Android terbaik yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi ini namanya InsTube. Kamu bisa gunakan ini untuk download video di Youtube dengan Aplikasi Android. Selain itu kamu juga bisa gunakan InsTube ini untuk download video dari socmed lain seperti misalnya download video dari facebook, Twiter, Instagram, atau bahkan kamu juga bisa download video di Tiktok dengan menggunakan InsTube ini. Instube gratis untuk kamu gunakan, karena aplikasi InsTube ini mendapatkan keuntungan dari iklan yang muncul di aplikasi ini.

Kelebihan dari menggunakan Aplikasi InsTube untuk download video dari Youtube adalah kamu bisa memilih beberapa pilihan kualitas video yang ingin kamu download. Resolusi video yang didukung oleh Instube adalah dari 360p, 720p, 1080p hingga 4K. Silahkan dipilih sesuai kapasitas smartphone dan kecepatan koneksi internet kamu ya. Terus untuk format yang didukung aplikasi Instube adalah Mp3, 3GP, MP4, dan M4A.

Untuk langkah menggunakan aplikasi InsTube dibawah ini ya teman-teman :

  1. Install dulu dengan melakukan Download InsTube Disini.
  2. Cari dulu video yang ingin kamu download di aplikasi Youtube lalu share ke InsTube.
  3. Atau bisa juga kamu langsung buka InsTube, kemudian tap icon Youtube yang ada di daftar menu aplikasi InsTube. Setelah itu kamu bisa mencari video yang ingin didownload.
  4. Pilih videonya, lalu tap tombol download merah yang ada di sisi kanan.
  5. Sebelum mulai download, pilih dulu kualitas videonya, dari 360p, 720p, 1080p hingga 4K. Setelah kmau pilih video akan mulai didownload. Lama waktu download video tergantung pada kecepatan koneksi internet kamu.
BACA JUGA :  Contoh Cara Membuat Slip Gaji dengan Excel

3. Snaptube

Aplikasi Android Snaptube.

Snaptube adalah salah satu aplikasi download video Youtube di Android gratis yang bisa kamu install. Tampilan Snaptube memang sederhana nan user friendly, namun bisa kamu gunakan untuk download video denan maksimal. Karena sederhana, menggunakan aplikasi Android Snaptube ini juga cukup mudah dan bisa kamu gunakan untuk download video dari Youtube dengan cepat. Kualitas hasil download Snaptube juga  bagus. Snaptube  juga mendukung untuk digunakan download video pada sosial media lain seperti di Instagram, Facebook, Twitter dan beberapa media sosial lain. Kamu bisa download Snaptube disini ya.

4. VidMate App

Aplikasi Android VidMate App.

VidMate adalah salah satu aplikai Android untuk download video di Youtube yang bisa kau pakai. VidMate icukup bisa diandalkan untuk download video dari Youtube, dan juga bisa digunakan untuk download video dari sosial media yang lainnya seperti dari Twitter, Instagramd dan Facebook.  Aplikasi Android VidMate bukan cuma buat download saja, namun juga terdapat informasi yang sedang trending di Youtube sekarang apa saja.

Salah satu keunggulan menggunakan VidMate adalah kamu bisa download video dengan lebih cepat. Kamu juga bisa langsung memainkan video yang sudah kamu download dengan VidMate. Jadi tak perlu lagi buka aplikasi media player lain untuk melihat video yang baru saja kamu download. Tentu saja itu akan sangat memudahkan untuk cek apakah video yang didownload tidak salah.

Cara menggunakan VidMate, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Install terlebih dahulu aplikasi VidMate. Link download aplikasi android VidMate App disini ya.
  2. Selanjutnya setelah diinstal, kamu tinggal jalankan aplikasi VidMate App di smartphone kamu. Tap logo Youtube yang ada di menu VidMate setelah aplikasi terbuka.
  3. Lanjutkan dengan mencari video yang ingin didownload, lewat aplikasi VidMate. Soalnya VidMate ini juga bisa berfungsi untuk mencari video seperti di aplikasi Youtube yang asli.
  4. Kalau ketemu video yang ingin kamu download, lanjutkan dengan tap tombol download yang berwarna merah dibawah video tadi. Lali pilih kualitas video yang mau didownload, tap tombol “Download” lagi. Tinggal tunggu saja proses download sampai selesai.

5. TubeMate

Aplikasi Android TubeMate.

TubeMate ini adalah salah satu aplikasi download video di Youtube dengan Aplikasi Android yang bisa kamu install di Smartphone kamu. Selain untuk download dari Youtube, TubeMate juga bisa digunakan untuk download dari beberapa media sosial lain yang memiliki konten video. Selain itu, TubeMate memiliki fitur browser didalamnya, yang bisa kamu gunakan untuk mencari video yang ingin didownlad.

Download video dengan aplikasi Android TubeMate, kamu bisa memilih kualitas dan format video yang ingin kamu simpan. Kamu juga bisa download file Mp3 dengan menggunakan Aplikasi Android TubeMate lho. Jadi bisa dibilang aplikasi ini akan berguna untuk kamu yang ingin mencari atau download musik gratis Non Copyright Song yang biasa ditemukan di Youtube. Musik tersebut biasanya dipakai untuk backsound video Youtube di Channel kamu.

Cara Menggunakan TubeMate Untuk Download Video :

  1. Install TubeMate dengan download Aplikasi Android TubeMate Disini ya.
  2. Cari video yang ingin kamu download dengan aplikasi Youtube, lalu share ke TubeMate.
  3. Atau cara alternatifnya kamu bisa buka Aplikasi TubeMate langsung, dan buka website penyedia video/media sosial yang ingin kamu download dengan browser internal TubeMate.
  4. Pilih video yang ingin didownload, dan lanjutkan dengan pemilihan kualitas video.
  5. Lalu tap tombol download yang ada pada aplikasi TubeMate. Download akan diproses oleh apalikasi TubeMate, dan tunggu sampai selesai.

6. YMusic

Aplikasi Android YMusic.

Aplikasi Android YMusic ini sebenarnya dibuat khusus untuk mendengarkan Youtube Music, agar tetap bisa memainkan konten video musik di Youtube meski sambil membuka aplikasi lainnya. Tetapi dengan YMusic ini kamu juga bisa download video di Youtube ya. Karena ini adalah salah satu Aplikasi Android yang bloggerpi.com rekomendasikan buat kamu yang mau download video dari Youtube. Kamu bisa download video dengan kualitas full HD di Youtube dengan menggunakan Aplikasi Android YMusic.

Salah satu kelebihan paling menonjol dari aplikasi Android YMusic ini adalah kemampuannya untuk melakukan penghematan penggunaan kuota data sampai 90 persen. Tentu saja ini adalah sebuah aplikasi Android yang sangat cocok buat kamu para fakir kuota. YMusic ini juga dibilang kalau bisa memainkan konten Youtube Music dengan kualitas yang baik meski koneksi internet lambat. Kalau gak percaya, dicoba saja dengan Download Aplikasi Android YMusic disini ya!

BACA JUGA :  Cara Download Video Di Instagram Bagaimana Sih? Kira-Kira Seperti Ini!

7. YT3 Youtube Downloader

Download video di Youtube dengan Aplikasi Android YT3 Youtube Downloader.
Aplikasi Android YT3 Youtube Downloader.

Kalau kamu mau download video di Youtube dengan Aplikasi Android yang simple namun powerfull, bloggerpi.com rekomendasikan untuk mencoba untuk install aplikasi YT3 Youtube Downloader ini. Desain dan tampilan aplikasi yang satu ini sederhana, namun fungsinya bisa berjalan dengan sangat baik. Namun perlu dicatat, aplikasi YT3 Youtube Downloader hanya bisa untuk melakukan download video Youtube dalam dua format file saja. Yaitu download dalam format Mp3 dan MP4.

Itu berarti kamu bisa menggunakan aplikasi YT3 Youtube Downloader untuk mengubah video jadi Mp3 di Youtube. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah kamu bisa download video atau Mp3 deengan cepat. Selain itu, untuk kamu yang ingin download video youtube ke Mp3, kamu bisa menggunakan fitur preview lagu dari YT3 Youtube Downloader dulu. Dengan fitur ini kamu bisa mendengarkan lagu Mp3-nya dulu sebelum mulai mendownloadnya. Gak ada lagi deh yang namanya salah download.

Cara memakai YT3 Youtube Downloader untuk download video ada dibawah ini ya :

  1. Install YT3 Youtube Downloader. Download aplikasi YT3 Youtube Downloader disini ya.
  2. Kalau sudah kamu install, buka aplikasi YT3 Youtube Downloader, lalu cari video yang ingin kamu download.
  3. Sebelum download, pilih format file. Pilih diantara format MP4 (Video) atau Mp3 (Audio). Jadi pilih MP4 untuk download file video, atau Mp3 untuk download file dengan format suara saja.
  4. Tunggu proses download sampai selesai. Begitu selesai, kamu bisa mendengarkan lagu atau memainkan video kamu di media player kesukaan kamu.

8. Videoder

Aplikasi Android Videoder.

Kalau kamu mau download video di Youtube dengan Aplikasi Android yang menyediakan versi gratis dan premium, bloggerpi.com merekomendasikan untuk mencoba Videoder ini saja. Meski Videoder versi gratis fungsinya sama saja dengan Videoder yang premium dan berbayar. Yang membedakan, pada versi gratis akan tayang iklan. Karena si pembuat aplikasi ini mendapatkan keuntungan dari situ. Namun, buat kamu yang mungkin tidak ingin terganggu iklan, kamu bisa beli versi premium berbayar saja. Kamu bisa download Aplikasi Videoder disini ya.

Dengan versi premium, kamu tidak akan terganggun oleh iklan. Sebenarnya ya bebas menggunakan aplikasi Videoder yang manapun. Satu yang pasti, aplikasi Videoder ini adalah salah satu Youtube video downloader yang terbaik untuk diinstal di Android. Soalnya Videoder juga bisa kamu gunakan untuk download video dari sosial media lain. Misalnya kamu bisa juga download video dari Twitter, Instagram, Viu, Facebook, Tiktok, dan lainnya selain dari Youtube. Fitur dari Videoder yang utama kira – kira ini :

  • Videoder bisa download playlist Youtube sekaligus.
  • Browser internal di aplikasi dengan Ad Blocker.
  • Kemampuan download lebih cepat sampai 10 kali.
  • Download video hingga kualitas 4K.

9. NewPipe

Download video di Youtube dengan Aplikasi Android NewPipe.
Download video di Youtube dengan Aplikasi Android NewPipe.

Kalau kamu mau download video di Youtube dengan Aplikasi Android yang open source dan gratis, cobain saja yang namanya NewPipe.  Sebenarnya fungsi utaman dari aplikasi Android NewPipe ini adalah untuk sebuah pengalaman melihat konten di Youtube yang lebih baik, dengan menghilangkan iklan di Youtube. Tapi memang ada salah satu fitur dari NewPipe di Android untuk download video dari Youtube.

Iya, kamu bisa menggunakan New Pipe untuk menyimpan video juga. Selain itu, menonton video di Aplikasi Android NewPipe kamu tetap bisa memainkan video di Youtube meski kamu sedang membuka aplikasi lainnya. Singkatnya, kamu bisa memainkan video Youtube di belakang layar. Soalnya aplikasi Youtube biasa kan menghentikan permainan video kalau kamu buka aplikasi lainnya. Nah, NewPipe ini enggak.

Untuk fitur lengkap dari Aplikasi Android NewPipe sebagai berikut :

  • Cari video di Youtube.
  • Menonton video tanpa jeda iklan, dan download dari Youtube.
  • Terdapat fungsi Subtitle, Playlist dan antrian.
  • Download video dengan cepat.

Dan, cara mengunakan NewPipe adalah sebagai berikut :

  1. Install aplikasi NewPipe. Link Download NewPipe Disini ya.
  2. Buka NewPipe, alu cari video yang ingin didownload lewat kotak pencarian NewPipe.
  3. Kalau sudah ketemu, lanjutkan dengan tap video yang ingin didownload.
  4. Setelah ketmu lanjutkan dengan tap tombol “Download”, pilih kualitas video yang ingin didownload.
  5. Tap “OK”, dan tunggu sampai proses download selesai.
BACA JUGA :  Begini Cara Download Video Dari Twitter! Baca Sampai Selesai Ya!

Link Website Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Untuk download video di Youtube tanpa aplikasi, bloggerpi.com merekomendasikan beberapa website dibawah ini ya.

1. Download Lewat y2mate

Website y2mate.com ini cukup sering saya gunakan untuk download video di Youtube tanpa aplikasi. Untuk yang menggunakan Iphone atau malas install aplikasi Android untuk download, kamu bisa buka saja website y2mate.com ini dengan browser kesukaan kamu di smartphone, PC atau laptop kamu. Karena memang tidak perlu install aplikasi yang lain lagi untuk download video.

Cara download video di Youtube tanpa aplikasi secara online lewat website y2mate.com
Cara download video di Youtube tanpa aplikasi secara online lewat website y2mate.com.

Nah, untuk download video di Youtube tanpa aplikasi menggunakan website y2mate.com ini kira-kira sebagai berikut :

  1. Cari video yang mau kamu download lewat aplikasi atau website Youtube.com.
  2. Kalau sudah ketemu, copy link video tersebut.
  3. Buka website y2mate.com disini, terutama pada bagian halaman download video disini.
  4. Lanjutkan dengan paste atau tempel link video tersebut seperti pada gambar tangkapan layar diatas ( Petunjuk no 1).
  5. Tap atau klik tombol “Start” ( Petunjuk no 2 ), setelah itu akan muncul link download.
  6. Pilih kualitas video yang mau disimpan ( Petunjuk no 3 ). Kamu bisa memilih video dengan resolusi antara 144p sampai 1080p.
  7. lalu klik saja tombol “Download” ( Petunjuk no 4 ), dan tunggu proses dowload video selesai.

2. Download Lewat savefrom.net

Website savefrom.net ini memang bisa digunakan untuk download video dari beberapa sosial media termasuk Youtube. Jadi bukan cuma Youtube, namun kamu bisa download video dari facebook, twitter dan Instagram di savefrom.net ini.  Seperti y2mate, kamu hanya perlu browser untuk mulai dowload video menggunakan website ini.

Download Lewat savefrom.net

Untuk langkah dan cara download video di Youtube tanpa aplikasi di website savefrom.net adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan atau cari videodi Youtube yang ingin kamu download. Copy link video tersebut.
  2. Buka website https://en.savefrom.net/1-youtube-video-downloader-1/ ini dengan browser.
  3. Lanjutkan dengan paste atau tempel link video YT tadi sesuai contoh pada gambar tangkapan layar diatas ( Petunjuk no 1).
  4. Tap atau klik tombol “Download” ( Petunjuk no 2 ), setelah itu akan muncul link download.
  5. Pilih kualitas video yang mau didownload ( Petunjuk no 3 ). Kamu bisa memilih video dengan resolusi antara 144p sampai 1080p.
  6. Klik tombol “Download” untuk memulai proses download seperti ( Petunjuk no 4 ), tunggu proses dowload video selesai.

3. Download Lewat Website Keepvid.ch

Download Lewat Website Keepvid.ch

Selain y2mate.com dan savefrom.net ada juga website yang namanya keepvid.ch nih. Fungsi dari keepvid.ch ini juga sama, untuk download video di Youtube tanpa aplikasi secara online lewat website. Jadi kamu tidak perlu lagi install aplikasi apapun ke smartphone, laptop atau PC kamu. Karena website ini tinggal dibuka dengan menggunakan browser seperti Google Chrome, Firefox, Safari, Opera bahkan Internet explorer.

Meskipun menggunakan Bahasa Inggris, Website keepvid.ch ini cukup user friendly. Cara menggunakannya juga mudah. Cukup ikuti saja beberapa langkah ini untuk download video secara online lewat website Keepvid.ch ini. Nah, untuk tutorial lenkapnya kurang lebih sebagai berikut dibawah :

  1. Cari atau siapkan dulu video yang ingin kamu download di Youtube. Copy link ke video tersebut.
  2. Buka website keepvid.ch pada halaman download video disini dengan browser apapun.
  3. Tempel atau paste link yang sudah kamu copy sebelumnya pada form yang ada di halaman keepvid.ch seperti pada screenshot diatas ( Petunjuk no 1).
  4. Langkah selanjutnya adalah klik tombol download ( Petunjuk no 2). File video yang akan didownload bakal disiapkan oleh websitenya.
  5. Kalau berhasil, akan muncul tombol “Download” di halaman websitenya. Kamu pilih kualitas video yang ingin disimpan
  6. Setelah kamu pilih kualitas videonya, tinggal klik/tap tombol “Download”.
  7. Tunggu sampai proses download video selesai ya.

Cara Mengubah Video Di Youtube Jadi Mp3

Untuk cara download video Youtube jadi Mp3 sebenarnya agak mirip dengan cara download video. Jadi tidak akan dibahas pada tulisan ini. Soalnya bloggerpi.com sudah pernah membahas tutorial cara download video Youtube ke Mp3 disini. Jadi kamu bisa membaca tulisan tersebut kalau mau download Mp3 ya.


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *