Peralatan Youtuber Gaming Pemula Yang Harus Disiapkan Apa Saja Ya?

Peralatan Youtuber Gaming pemula yang harus disiapkan apa saja ya? Saya penasaran pengen coba main game model jaman now, tapi buat streaming di Youtube gitu. Sebagai mantan gamer kelas berat, saya kok rasanya pengen aktif main game lagi. Jaman dulu enggak ada tuh yang namanya main game lalu diunggah ke Youtube.

Paling banter ya main Play Station One di rental, Game Boy Advance di emulator pc yang sampe bikin bolos sekolah SMA hampir sebulan, atau minimal tiap malam pergi ke warnet buat main Ragnarok Online pas jaman kuliah. Duh, jadi ketahuan deh angkatan berapa. Hahaha! Makanya saya jadi pengen tahu peralatan Youtuber Gaming pemula yang harus disiapin itu apa saja.

Dan tentu saja bakal saya ceritain di bloggerpi.com ini. Rencananya nanti juga pengen bikin konten gaming saja. Cuma belum tahu bakal diupload ke channel bloggerpi yang baru disini: bloggerpi.com/youtube. Atau, bikin channel baru lagi yang khusus Gaming ya? Menurut kamu? Kembali ke topiknya, dari hasil riset, saya menemukan beberapa peralatan Youtuber Gaming pemula yang harus disiapin nih.

Oke, lanjutin ceritanya dibawah saja!

Peralatan Youtuber Gaming Pemula Yang Harus Disiapkan Apa Saja Ya?

Sebagian sih saya sudah punya, tapi biar lebih afdol, saya jabarkan saja dibawah ini ya! Minimal, harus ada ini kalau mau main game.

Peralatan Youtuber Gaming Pemula Yang Harus Disiapkan Apa Saja Ya?
Peralatan Youtuber Gaming Pemula Yang Harus Disiapkan Apa Saja Ya?

1. Smartphone, Laptop Gaming Atau PC Gaming

Nah, video game jaman sekarang itu nggak cuma bisa dimainkan di PC atau Laptop Gaming saja. Bahkan Smartphone ini sudah bisa digunakan sebagai peralatan Youtuber Gaming pemula yang mau memulai karir Gamer Professional. Tentu saja, akan lebih baik lagi kalau ada Smartphone dan Laptop Gaming atau PC Gaming. Dengan begitu, kamu bisa memainkan mobile game seperti PUBG atau PC Game seperti GTA 5. Makin banyak game yang kamu mainkan, makin banyak konten Gaming yang bisa kamu buat dan kamu ungah ke channel Youtube Gaming kamu.

2. Headset / Headphone

Sebenarnya saya lebih suka main game dengan menggunakan perangkat speaker. Namun ya yang namanya main game pasti berisik, apalagi kalau memainkan Game First-person shooter (FPS). Kalau terlalu berisik bisa bisa dimarahin sama emak deh. Makanya, solusi dari masalah ini adalah kamu harus punya headset atau headphone. Ini adalah salah satu peralatan Youtuber Gaming yang wajib dipunyai. Selain kamu bisa bermain game dengan maksimal, kamu nggak akan mengganggu orang lain meski suara game begitu berisik.

3. External Microphone

Agar konten gaming kamu lebih menarik dan lebih interaktif, kamu harus memberikan tambahan berupa komentar selama bermain game. Entah tips saran, atau sekedar berkomentar untuk menghibur penonton konten kamu. Nah, karena itulah External Microphone ini menjadi salah satu peralatan Youtuber pemula yang berguna banget. Biar kesannya konten gaming kamu gak monoton dan gak sama dengan konten lain karena ditambah suara kamu sendiri.

4. Software Perekam Layar

Saya beli software perekam layar Action! pas lagi diskon. Harganya cuma 13 dolar saja.
Saya beli software perekam layar Action! pas lagi diskon. Harganya cuma 13 dolar saja.

Namanya juga konten gaming, jadi cara bikin kontennya ya pake software perekam layar.  Dan sejauh ini ada dua software perekam layar yang bisa saya rekomendasikan untuk dijadikan salah satu peralatan Youtuber Gaming pemula. Yang pertama adalah Bandicam, dan yang kedua adalah Action – Screen Recording Software dan Gameplay Recorder dari mirilis.

Saya sih lebih seneng pake yang kedua, beli lisansi original pas lagi diskon cuma 13,7 USD saja. Software perekam layar ini juga yang saya pakai untuk buat konten di channel Youtube bloggerpi.com yang baru. Untuk ulasannya, nanti saya buatkan review tersendiri di tulisan dan video ya. Jadi mohon ditunggu saja dan subscribe dulu ke channel Youtube Bloggerpi!

5. Software Video Editor

Selain software perekam layar, software video editor juga penting banget. Karena mungkin ada konten video game yang gak bisa langsung diunggah begitu saja. Harus melalui proses edit terlebih dahulu, sebelum diunggah ke channel Youtube Gaming kamu. Nah, kalau masalah Software Video Editor ini saya pernah mengulas beberapa di tulisan tentang Software Video Editor gratisan tapi legal disini.

6. Channel Youtube

Anggap saja, semua peralatan Youtuber Gaming pemula sudah lengkap. Itu berarti langkah selanjutnya adah membuat channel Youtube yang akan kamu isi dengan konten gaming. Untuk langkah persiapan membuat channel youtube baru bisa kamu baca disini, lalu untuk setting awal Channel Youtube kamu yang baru kamu bisa membacanya disini. Atau buat kamu yang mau mencoba platform live streaming untuk gamer, kamu juga bisa mencoba di Twitch.tv ya.

7. Video Game

Tentu saja, kalau mau membuat konten gaming di Youtube, kamu harus punya gamenya ya. Jaman sekarang cari game itu gampang. Dari yang gratisan sampai berbayar bisa ditemukan dengan mudah di Internet. Katanya sih kalau buat Youtuber Gaming pemula cobain bikin konten gaming yang sudah populer dulu. Ntar juga mau saya coba deh. Mungkin saya pengen main game GTA 5, atau Modern Warfare saja. Atau kamu punya saran game apa yang bagus buat dimainkan? Boleh kasih tau saya di kolom komentar ya.

Kalau mau membuat konten gaming di Youtube, kamu harus punya gamenya.
Kalau mau membuat konten gaming di Youtube, kamu harus punya gamenya.

8. Internet Yang Stabil Nan Cepat

Internet cepat buat apa memang? Duh, jangan kayak kebanyakan kominfo negara wakanda deh. Ya sudah jelas koneksi Internet yang stabil nan cepat ini biar kalau mau upload konten ke Youtube bisa cepat. Terus buat streaming juga bisa lebih lancar. Kalau internet kamu lambat yah, bakalan susah kalau mau streaming. Sebaiknya sih menggunakan koneksi yang unlimited, bukan yang pake kuota biar nyaman.

9. Kursi Gaming Nyaman

Main game biasanya bakal menghabiskan waktu berjam-jam di depan Laptop gaming atau PC Gaming. Karena itu keberadaan Kursi Gaming yang nyaman itu penting banget ya teman-teman. Bahkan bisa dibilang ini adalah salah satu peralatan Youtuber Gaming pemula yang harus ada. Biar gak sakit kalau main game dalam waktu yang lama.

10. Layar Untuk Green Screen

Ini bukan hal utama untuk dimiliki ketika baru memulai. Namun buat kamu yang sudah mau menjadi gamer Youtuber professional, memiliki peralatan ini juga tidak ada ruginya. Dengan menggunakan layar Green Screen ini memungkinkan kamu untuk tampil di sudut layar ya. Untuk versi ekonomisnya sebenarnya bisa diakali dengan gabungan kamera dan software perekam layar yang bisa merekam layar sekaligus menggabungkan video dari kamera seperti yang saya lakukan di channel youtube bloggerpi.com terbaru.

11. Kamera

Agar konten gaming yang kamu buat menjadi unik, kamu harus bisa “nongol” di layar dengan memanfaatkan kamera. Dengan cara ini juga bisa mengurangi konten gaming kamu dicuri orang dan direupload lagi ke  ChannelYoutube lain. Kamu bisa menggunakan kamera eksternal yang dihubungkan ke Laptop dengan HDMI, atau bisa juga mengunakan web cam yang ada dilaptop. Sudah cukup sih itu sebenarnya.

 


fahmi@bloggerpi.com

[email protected]

Penggunaan foto atau pengutipan dari Bloggerpi.com diperbolehkan, asal disertai dengan linkback aktif. Jika ditemukan penggunaan foto atau pengutipan tanpa linkback ke Bloggerpi.com, akan beresiko dihapus oleh google lewat pelaporan DMCA. Bloggerpi.com dilindungi oleh DMCA.
https://catperku.com

Leave a Reply